SIM Singapore: Jurusan, Pendaftaran, dan Beasiswanya

Singapore Institute of Management atau sering dikenal sebagai SIM Singapore merupakan kampus terbaik di Negeri Singa. SIM Singapore sendiri juga telah menerima banyak mahasiswa dari Indonesia, lho.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai SIM Singapore? Untuk itu, yuk, lihat sejarah, keunggulan, pilihan jurusan, prosedur pendaftaran, dan beasiswa di SIM Singapore yang sudah dirangkumkan Schoters untuk dalam ulasan di bawah ini!

Selayang pandang SIM Singapore

Singapore Institute of Management telah berdiri sejak 50 tahun lalu sejak tahun 1964 dengan visi untuk memajukan sumber daya manusia di Singapura. Dengan memfokuskan diri pada inovasi dan mengembangkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan guna kerja. Melalui model pembelajaran long-life learning SIM Singapore mengedepankan kurikulum dan lingkungan belajar yang berguna bagi karir mahasiswanya.

Institusi yang bekerja sama dengan SIM Singapore

Selain track record selama 50 tahun dan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh SIM Singapore, kampus ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas terbaik di dunia. Beberapa daftarnya adalah sebagai berikut:

  1. La Trobe University Australia;
  2. Monash College;
  3. RMIT University;
  4. The University of Sydney;
  5. University of Wollongong Australia;
  6. Grenoble Ecole de Management;
  7. The University of Warwick;
  8. University of Birmingham;
  9. University of London;
  10. University of Stirling;
  11. University at Buffalo.

 

Jenjang dan jurusan yang tersedia

Singapore Institute of Management membuka 4 jenjang pembelajaran yaitu, Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Certificat/Foundation dengan pilihan skema Full-time, Part-time, belajar di kampus dan secara online. Adapun untuk pilihan bidang studi yang ditawarkan oleh SIM Singapore yaitu:

  1. Arts and Social Sciences;
  2. Business;
  3. IT and Computer Science;
  4. Construction and Management;
  5. Fashion, Design and Luxury Management;
  6. Geographic Information Science;
  7. Nursing.

 

Untuk detail setiap jurusan yang bisa Hunters pilih, Hunters bisa lihat di website resmi SIM Singapore di sini. 

Melalui penjelasan jenjang dan jurusan di atas, apakah SIM Singapore merupakan universitas yang cocok untuk Hunters? Yuk, konsultasikan perencanaan pendidikan di tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” bersama para mentor expert dari Schoters.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Prosedur pendaftaran

Hampir sama dengan semua universitas saat ini, Hunters bisa mendaftar lewat website resmi Singapore Institute of Management secara online. Beberapa tahapan yang harus Hunters lewati seperti menyiapkan dokumen, mendaftar, mendapatkan dokumen diperiksa dan pengumuman penerimaan mahasiswa baru. Adapun beberapa dokumen yang harus Hunters persiapkan antara lain:

  1. Pastikan Hunters memenuhi persyaratan akademik dan bahasa Inggris untuk program ini.
  2. Pindai salinan sertifikat pendidikan Hunters yang relevan. Misalnya, sertifikat Level ‘O’ dan ‘A’, diploma, sertifikat gelar, transkrip ujian, dll. Salinan yang diterjemahkan dan disahkan diperlukan jika dokumen-dokumen ini tidak dalam bahasa Inggris. Pada tanggal penutupan aplikasi, Hunters harus telah mencapai kualifikasi minimum yang diperlukan untuk program tersebut.
  3. Pindai salinan NRIC, FIN, atau paspor (untuk pelamar internasional)
  4. Siapkan foto digital berukuran paspor yang memenuhi persyaratan berikut:
    1. Diambil dalam 3 bulan terakhir;
    2. Latar belakang putih;
    3. Format JPEG, 400 x 514 pixel;
    4. Ukuran file sekitar 60KB.
  5. Jika Hunters melamar program Pascasarjana atau Master University of Warwick atau University of Birmingham, Hunters juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut:
    1. Pernyataan tujuan;
    2. CV;
    3. Dua surat referensi.

 

Adapun untuk baiaya pendaftarannya sendiri adalah sebesar 486.00 Dollar Singapore untuk mahasiswa internasional dan bisa Hunters bayarkan melalui Credit Card (Visa or Master), PayNow, dan eNets.

 

Baca Juga: Pelajari Bahasa Ini Jika Tertarik Berkuliah di Singapore!

 

Beasiswa pelajar Indonesia di SIM Singapore

Salah satu beasiswa yang bisa Hunters gunakan sebagai pelajar dari Indonesia di  Singapore Institute of Management adalah SIM Singapore Undergraduate Scholarship! Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang punya prestasi di bidang akademik dan non akademik (terlebih untuk mereka yang memiliki bakat di olahraga dan seni). Beasiswa ini memberikan manfaat sebesar 15,000 Dollar Singapore bagi setiap awardee.

Beberapa persyaratannya, antara lain, adalah sebagai berikut:

  1. Terbuka untuk warga negara Singapura, penduduk tetap, dan pelajar internasional.
  2. Level ‘A’ Singapore-Cambridge GCE yang Luar Biasa, Diploma Politeknik Lokal, IB Diploma, atau kualifikasi setara Kelas 12.
  3. Memiliki kontribusi komunitas yang mengesankan dan catatan keterlibatan kegiatan ko-kurikuler.
  4. Memiliki kepemimpinan yang kuat, keterampilan interpersonal dan komunikasi.
  5. Harus secara terpisah mencari masuk ke program pilihan mereka dan harus diterima untuk masuk sebelum diberikan beasiswa.

 

Adapun untuk informasi lebih lanjut tentang SIM Singapore Undergraduate Scholarship ini, Hunters bisa klik link-nya di sini

 

Baca Juga: Tempuh Pendidikan S-3 di Singapore International Graduate Award

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos universitas luar negeri 

Ingin lulus universitas luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

sim singapore