Singapore Management University: Pendaftaran dan Beasiswa

Singapore Management University (SMU) merupakan kampus yang dikenal dengan kualitas penelitian dan sistem pembelajarannya. Didirikan sejak tahun 2000, Singapore Management University telah menerima 12 ribu mahasiswa untuk program Sarjana, Pascasarjana dan program penelitian. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi perguruan tinggi di Singapura, yuk kenali Singapore Management University dari edisi Schoter bedah kampus berikut ini!

Sejarah Singapore Management University

Pembangunan Singapore Management University sebenarnya telah dicetuskan sejak tahun 1997 dengan tujuan pembangunan sebagai universitas yang berfokus pada teknologi, bisnis dan manajemen.

Hingga akhirnya Singapore Management University resmi berdiri pada tahun 2000 dengan 12 tokoh pionir seperti, Tan Teck Meng, Tan Chin Tiong, Leong Kwong Sin, Pang Yang Hoong, Low Kee Yang, Toh Thian Ser, Hwang Soo Chiat, Michael Gan, Tsui Kai Chong, Khoo Teng Aun, Tan Wee Liang and Low Aik Meng, dan dipimpin oleh Ho Kwon Ping.

Sejak 22 tahun berdiri, Singapore Management University telah mengembangkan 8 fakultas utama dan berbagai prestasi lainnya. Seiring berjalannya waktu Singapore Management University menekankan tujuannya sebagai tombak penelitian dengan dampak global yang mengedepankan kreativitas serta mencetak calon-calon pemimpin dunia.

          Baca Juga: Intip! Beasiswa Nanyang Technology Unviersity (NTU) di Singapura

Ranking dan Fakultas di Singapore Management University

Singapore Management University berada di peringkat #561-570 versi QS World University Rankings 2023. Peringkat ini diikuti pada ranking ke-36 berdasarkan subjek dan kampus terbaik ke-107 di Asia. Beberapa fakultas yang ditawarkan oleh Singapore Management University adalah sebagai berikut:

  1. College of Integrative Studies
  2. School of Accountancy
  3. School of Economics
  4. Yong Pung How School of Law
  5. College of Graduate Research Studies
  6. Lee Kong Chian School of Business

Untuk informasi lebih lanjut mengenai enam fakultas di atas, kamu juga bisa cek program Academy mereka melalui link berikut ini. 

Alumni Singapore Management University

Setelah 22 tahun di dunia pendidikan, Singapore Management University telah mencetak banyak alumni dunia yang berpengaruh di berbagai industri. Terlebih untuk industri hiburan, politik dan olahraga. Beberapa alumni dari Singapore Management University antara lain:

  1. Rebecca Lim (Aktris)
  2. Pornsak Prajakwit (Aktor Thailand)
  3. Pritam Singh (Politisi Singapura)
  4. Zhulkarnain Abdul Rahim (Politisi Singapura)
  5. Yip Pin Xiu (Atlet Renang Singapura)
  6. Jason Goh Koon Jong (Atlet Catur Singapura)

Apakah ada nama-nama yang kamu kenali di atas? Bagi kamu yang ingin menjadi salah satu alumni Singapore Management University seperti mereka, berikut beberapa tata cara pendaftaran mahasiswa internasionalnya.

          Baca Juga: Ingin Melanjutkan Pendidikan? Beasiswa MoE Singapura Solusinya!

Cara Pendaftaran Mahasiswa Internasional di Singapore Management University

Bagi para mahasiswa internasional, khususnya dari Indonesia, Singapore Management University telah menyediakan banyak fasilitas untuk menunjang belajar sebagai mahasiswa internasional. Beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan sebelumnya adalah:

  • Memiliki bukti belajar atau sekolah di lembaga formal minimal 12 tahun.
  • Memiliki skor yang dibutuhkan (setiap fakultas berbeda-beda) dari SAT minimal 1.350 atau / ACT (American College Test) minimal 29.
  • Memiliki sertifikat bahasa Inggris dari IELTS minimal.7 / TOEFL iBT minimal 93 / TOEFL PBT minimal 585 / PTE Academic dengan minimal skor 66 atau C1 Advanced dengan minimal skor 185.
  • Setuju untuk mengikuti semua proses rekrutmen.

Sedangkan untuk proses rekrutmennya sendiri terdiri dari seleksi berkas, wawancara, writing test (untuk jurusan Hukum), dan matrikulasi. Untuk informasi lebih lanjut bagi tahap pendaftarannya, kamu bisa cek website resmi mereka di sini.

 

Beasiswa Pelajar Indonesia di Singapore Management University

Sebagai kampus global dan ramah terhadap mahasiswa internasional, ada beberapa program beasiswa yang bisa kamu coba sebagai warga negara Indonesia. Berikut 3 diantaranya.

Great Eastern Life Actuarial Scholarship

Diberikan oleh PT Great Eastern Life Indonesia, beasiswa diperuntukkan kepada mahasiswa Indonesia yang berkuliah di fakultas Lee Kong Chian School of Business dan School of Economic di Singapore Management University. Melalui ebasiswa ini kamu bisa menikmati bantuan data pendidikan sebesar $10.000 selama satu tahun belajar. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.

Karim Family Foundation Scholarship 

Didirikan pada 2022, beasiswa ini menawarkan program bantuan dana penuh bagi para pelajar Indonesia yang berkuliah di Singapore Management University. Bagi kamu yang memiliki pencapaian akademik yang baik dan keterbatasan secara finansial, kamu bisa mendapatkan bantuan sebesar $20.000 per tahun. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat di sini.

Tahir Indonesian Scholarship

Beasiswa Singapore Management University ini diberikan oleh Dato’ Sri Prof. DR. Tahir, pendiri dari Mayapada Group. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa Indonesia dengan prestasi akademik dan kemampuan leadership yang baik. Manfaat dari beasiswa ini sebesar S$15.000 per tahunnya. Untuk informasi lebih lanjutnya, kamu bisa lihat di sini

Hunters Ingin Kuliah di Singapura dengan Beasiswa?

Menarik bukan kuliah di Singapore Management University ini? Terlebih dengan beasiswa yang berlimpah untuk mahasiswa Indonesia. Yuk ikuti persiapan kelas ke luar negeri bareng Schoters melalui link dibawah ini!

beasiswa taiwan