Singapore Management University: Pendaftaran dan Beasiswa

Singapore Management University (SMU) merupakan kampus yang dikenal dengan kualitas penelitian dan sistem pembelajarannya. Didirikan sejak tahun 2000, universitas ini telah menerima 12 ribu mahasiswa untuk program Sarjana, Pascasarjana dan program penelitian. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi perguruan tinggi di Singapura, yuk kenali Singapore Management University dari edisi Schoter bedah kampus berikut ini!

Sejarah Singapore Management University

Pembangunan Singapore Management University sebenarnya telah dicetuskan sejak tahun 1997 dengan tujuan pembangunan sebagai universitas yang berfokus pada teknologi, bisnis, dan manajemen. Hingga akhirnya, universitas ini resmi berdiri pada tahun 2000 dengan 12 tokoh pionir. Beberapa di antaranya, seperti Tan Teck Meng, Tan Chin Tiong, Leong Kwong Sin, Pang Yang Hoong, Low Kee Yang, Toh Thian Ser, Hwang Soo Chiat, Michael Gan, Tsui Kai Chong, Khoo Teng Aun, Tan Wee Liang and Low Aik Meng, dan dipimpin oleh Ho Kwon Ping.

Sejak 22 tahun berdiri, Singapore Management University telah mengembangkan delapan fakultas utama dan berbagai prestasi lainnya. Seiring berjalannya waktu, universitas ini menekankan tujuannya sebagai tombak penelitian dengan dampak global yang mengedepankan kreativitas serta mencetak calon-calon pemimpin dunia.

 

Baca Juga: Beasiswa Nanyang Technology Unviersity (NTU) di Singapura

 

Ranking dan fakultas di Singapore Management University

Singapore Management University berada di peringkat 561-570 versi QS World University Rankings 2023. Peringkat ini diikuti pada ranking ke-36 berdasarkan subjek dan kampus terbaik ke-107 di Asia. Beberapa fakultas yang ditawarkan oleh universitas ini adalah sebagai berikut:

  1. College of Integrative Studies;
  2. School of Accountancy;
  3. School of Economics;
  4. Yong Pung How School of Law;
  5. College of Graduate Research Studies;
  6. Lee Kong Chian School of Business.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai enam fakultas di atas, kamu juga bisa cek program Academy mereka melalui link berikut ini. 

Alumni berpengaruh

Setelah 22 tahun di dunia pendidikan, Singapore Management University telah mencetak banyak alumni dunia yang berpengaruh di berbagai industri. Terlebih untuk industri hiburan, politik, dan olahraga. Beberapa alumni tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Rebecca Lim (Aktris);
  2. Pornsak Prajakwit (Aktor Thailand);
  3. Pritam Singh (Politisi Singapura);
  4. Zhulkarnain Abdul Rahim (Politisi Singapura);
  5. Yip Pin Xiu (Atlet Renang Singapura);
  6. Jason Goh Koon Jong (Atlet Catur Singapura).

 

Baca Juga: Ingin Melanjutkan Pendidikan? Beasiswa MoE Singapura Solusinya!

 

Cara pendaftaran mahasiswa internasional di Singapore Management University

Bagi para mahasiswa internasional, khususnya dari Indonesia, Singapore Management University telah menyediakan banyak fasilitas untuk menunjang belajar sebagai mahasiswa internasional. Beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan sebelumnya adalah:

  1. Memiliki bukti belajar atau sekolah di lembaga formal minimal 12 tahun.
  2. Memiliki skor yang dibutuhkan (setiap fakultas berbeda-beda) dari SAT minimal 1.350 atau / ACT (American College Test) minimal 29.
  3. Memiliki sertifikat bahasa Inggris dari IELTS minimal 7 / TOEFL iBT minimal 93 / TOEFL PBT minimal 585 / PTE Academic dengan minimal skor 66 atau C1 Advanced dengan minimal skor 185.
  4. Setuju untuk mengikuti semua proses rekrutmen.

 

Untuk proses rekrutmennya, terdiri dari seleksi berkas, wawancara, writing test (untuk jurusan Hukum), dan matrikulasi. Untuk informasi lebih lanjut bagi tahap pendaftarannya, kamu bisa cek website resmi mereka di sini.

 

Beasiswa pelajar Indonesia di Singapore Management University

Sebagai kampus global dan ramah terhadap mahasiswa internasional, ada beberapa program beasiswa yang bisa kamu coba sebagai warga negara Indonesia. Berikut tiga di antaranya.

1. Great Eastern Life Actuarial Scholarship

Diberikan oleh PT Great Eastern Life Indonesia, beasiswa diperuntukkan kepada mahasiswa Indonesia yang berkuliah di fakultas Lee Kong Chian School of Business dan School of Economic di Singapore Management University. Melalui ebasiswa ini kamu bisa menikmati bantuan data pendidikan sebesar $10.000 selama satu tahun belajar. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.

2. Karim Family Foundation Scholarship 

Didirikan pada 2022, beasiswa ini menawarkan program bantuan dana penuh bagi para pelajar Indonesia yang berkuliah di Singapore Management University. Bagi kamu yang memiliki pencapaian akademik yang baik dan keterbatasan secara finansial, kamu bisa mendapatkan bantuan sebesar $20.000 per tahun. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat di sini.

3. Tahir Indonesian Scholarship

Beasiswa Singapore Management University ini diberikan oleh Dato’ Sri Prof. DR. Tahir, pendiri dari Mayapada Group. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa Indonesia dengan prestasi akademik dan kemampuan leadership yang baik. Manfaat dari beasiswa ini sebesar S$15.000 per tahunnya. Untuk informasi lebih lanjutnya, kamu bisa lihat di sini

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos universitas luar negeri 

Ingin lolos universitas luar negeri? Segera Schoters untuk mendapatkan bantuan perencanaan studi ke luar negeri kamu!

Singapore Management University