fbpx
Info Beasiswa
Stanford University dan Beasiswa Knight-Hennessy

Stanford University dan Beasiswa Knight-Hennessy

Halo, Hunters! Kamu pasti sudah tidak asing dengan Stanford University, bukan? Universitas berkelas dunia ini menawarkan berbagai bidang keilmuwan dengan kualitas pengajaran yang sangat bagus. Nah, kalau kamu ingin menjadi bagian dari universitas ini, yuk kulih lebih dalam informasinya melalui artikel ini!

Sekilas tentang Stanford University

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Stanford University? Salah satu universitas terbaik di dunia ini diresmikan pada tahun 1885. Lokasinya di San Francisco Bay Area, kurang lebih 60 km di tenggara San Francisco. Universitas ini didirikan oleh Jane dan Leland Stanford dan diberi nama The Leland Stanford Junior University untuk mengenang putra semata wayang mereka Leland Jr.. Leland Jr. meninggal akibat demam tifoid pada usia 15 tahun pada tahun 1884. 

Setelah anak mereka meninggal, Jane dan Leland Stanford ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk anak-anak di California. Mereka berdedikasi menciptakan universitas. 

Universitas ini mulai dibuka pada 1 Oktober 1891 dengan 555 mahasiswa baru. Oleh karena tujuan Jane dan Leland Stanford adalah mencari cara abadi mengenang putranya, Stanford University sempat membatasi penerimaan mahasiswa perempuan. Meskipun demikian, lambat-laun pembatasan tersebut mulai ditiadakan. 

Ranking Stanford University

Stanford University merupakan universitas prestise di dunia. Universitas ini merupakan salah satu kampus terbesar di Amerika Serikat. Pada tahun 2022, QS World University Ranking 2023 menempatkan universitas ini pada posisi 3 sebagai universitas terbaik dunia di antara lebih dari 1.600 universitas di 99 negara di dunia. Sementara itu, universitas ini menempati ranking 2 sebagai universitas terbaik di Amerika Serikat. 

Jurusan di Stanford University

Universitas ini terkenal dengan entrepreneurial spirit-nya dan telah berhasil mencetak para pengusaha yang sukses. Namun, sejatinya ada ratusan jurusan dari tujuh sekolah/fakultas di universitas ini. Ketujuh fakultas/sekolah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Business.
  2. Earth, Energy, dan Environmental Sciences.
  3. Education.
  4. Engineering. 
  5. Humanities and Sciences. 
  6. Law.
  7. Medicine. 

Stanford University

         

          Baca Juga: Beasiswa Jardine: Kuliah Gratis di Universitas Top Inggris – Schoters

 

6 Fakta Menarik tentang Stanford University

Mau tahu apa fakta menarik universitas ini? Hal-hal unik yang bisa kamu temukan adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki maskot dengan nama tidak resmi Stanford Tree (kostum dibuat setiap tahun).
  2. Hoover Tower sepanjang 285 kaki (sekitar 87 m) yang dibangun pada tahun 1941 (jika berada di menara ini maka pengunjung bisa melihat keindahan seluruh area kampus).
  3. Big Game (Battle of the Bay) yang merupakan pertandingan sepak bola tahunan melawan University of California Berkeley Golden Bears. 
  4. Fountain Hopping, tradisi melompat ke dalam air mancur serta berlari mengelilingi air mancur di kampus utama.
  5. The Wacky Walk, tradisi mahasiswa merayakan kelulusan dengan berjalan ke lapangan sepak bola dengan mengenakan kostum unik seperti kostum tentara Romawi, astronout, dinosaurus, dan masih banyak yang lainnya.
  6. Banyak tim olahraga sukses termasuk banyak mahasiswa yang menjadi peraih medali pada ajang olimpiade.  

Beasiswa Knight-Hennessy 

Salah satu beasiswa yang bisa kamu coba jika ingin kuliah S-2 atau S-3 di sini adalah Beasiswa Knight Hennessy.

Apabila menjadi penerima beasiswa ini, maka kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah penuh.
  2. Tunjangan biaya hidup
  3. Tunjangan uang saku untuk keperluan kuliah (buku, asrama, dan kebutuhan akademik lainnya);
  4. Biaya tiket pesawat untuk satu kali penerbangan tahunan dari dan ke Stanford 
  5. Tunjangan tambahan untuk penelitian atau konferensi.

 

          Baca Juga: Beasiswa Fulbright untuk Kuliah S2 dan S3 di Amerika Serikat – Schoters

 

Persiapan Kuliah ke Luar Negeri bersama Schoters

Ingin kuliah ke Stanford University tetapi ragu bagaimana profil kamu?     ->     Yuk konsultasikan keluh-kesah kamu ke konsultan ahli Schoters!

Mau tau beasiswa apa saja yang bisa kamu coba jika mau kuliah ke Amerika?     ->     Jangan sampai ketinggalan update jadwal pendaftaran beasiswa di kalender Schoters.

Kamu belum tahu harus mulai menyiapkan dari mana untuk keperluan studi di luar negeri?     ->     Temukan program terbaik yang cocok untuk kamu di sini! Semoga berhasil yaa! 

Stanford University

0
X
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]