Panduan Cara Menulis Study Plan GKS dan Contohnya Lengkap!

Kabar baik bagi Hunter yang sedang mempersiapkan lamaran beasiswa GKS! Kali ini Schoters akan bedah tata cara menulis study plan GKS yang tepat sasaran dan efektif kamu. Yuk cek info lengkapnya berikut ini!

 

Selayang pandang Beasiswa GKS

Global Korea Scholarship atau juga sering dikenal sebagai Korean Government Scholarship Program adalah program bantuan dana penuh dari pemerintah Korea Selatan untuk para mahasiswa dunia yang ingin menimba ilmu di perguruan tinggi Korea Selatan. Beasiswa GKS juga memberikan bantuan dana kepada 5 jenjang yaitu D3, S1, S3, S3, dan Program penelitian.

Manfaat beasiswa GKS yang bisa kamu terima juga tidak sedikit. Sebagai awardee beasiswa GKS kamu berhak mendapatkan tunjangan tiket pulang pergi, tunjangan kedatangan, biaya pendidikan, biaya sehari-hari, dana penelitian dan cetak tesis, pelatihan bahasa Korea dan asuransi kesehatan.

Sedangkan informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini bisa kamu lihat di artikel Schoters berikut ini. 

 

Baca Juga: Cek Informasi Lengkap tentang beasiswa GKS

 

Cara menulis Study Plan GKS

Salah satu berkas krusial yang dibutuhkan saat mendaftar program ini adalah study plan GKS. Berkas study plan GKS merupakan sebuah esai yang menjelaskan rencana dan tujuan kamu ketika belajar di universitas. Sehingga pihak panitia beasiswa GKS dapat melihat apakah kamu kandidat yang tepat untuk program beasiswa ini.

Kamu dapat menulis study plan GKS dalam bahasa Korea atau Inggris dan jumlah halaman tidak lebih dari 3 halaman. Pastikan juga kamu menyampaikan sekilas tentang dirimu dan tujuan-tujuan selama kuliahmu adalah tujuan yang realistis. Berikut rincian cara menulis study plan GKS yang tepat sasaran!

1. Peningkatan Kemampuan Bahasa

Pada paragraf pertama, kamu bisa mendisukisan beberapa poin tentang kemampuan bahasa yang kami miliki. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab antara lain:

  1. Apakah kamu punya kemampuan berbahasa Korea atau Inggris?
  2. Bagaimana kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Korea?
  3. Bagaimana kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris?
  4. Apa tujuanmu yang berkaitan dengan kemampuan bahasa Korea dan Inggris?
  5. Dari mana dan siapa kamu akan meningkatkan kemampuan bahasa Korea dan Inggris kamu?

Setelah menjawab beberapa pertanyaan di atas. Kamu bisa melanjutkan ke bagian dua isi dari study plan GKS.

2. Tujuan dan Rencana Belajar

Pada paragraf kedua, kamu akan mulai menjelaskan tujuan apa saja yang ingin kamu capai selama belajar di universitas Korea dan bagaimana kamu meraihnya. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab di esaimu:

  1. Universitas dan jurusan apa yang kamu pilih? Dan kenapa kamu memilihnya?
  2. Apa goal yang kamu berikan kepada dirimu ketika belajar di sana? (lebih ke hal akademis)
  3. Bagaimana kamu akan mencapai tujuan tersebut? (jawab dengan realistis)
  4. Selain bidang akademis, apakah ada hal lain yang ingin kamu capai saat belajar di universitas dan jurusan yang kamu pilih?

Setelah menjawab beberapa pertanyaan di atas. Kamu bisa melanjutkan ke bagian tiga isi dari study plan GKS.

3. Rencana masa depan setelah lulus

Pada sesi terakhir, beasiswa GKS ingin melihat rencana dan tujuan kamu selanjutnya ketika sudah mendapatkan apa yang ingin kamu capai di paragraf di atas. Hal ini penting di study plan GKS, karena panitia ingin melihat apakah kamu adalah calon pemimpin yang mereka cari. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab.

  1. Apa rencanamu setelah lulus?
  2. Apakah kamu ingin melanjutkan studi ke tingkat lebih tinggi?
  3. Apakah kamu akan menetap di Korea Selatan setelah lulus?
  4. Apakah kamu akan pindah atau melanjutkan studi ke luar negeri setelah lulus?

Setelah menjawab beberapa pertanyaan di atas. Kamu bisa melanjutkan ke bagian penutup dari study plan GKS. Tapi, perlu diingat kalau beberapa cara menulis study plan GKS di atas bukan sesuatu yang “ajeg” dan wajib kamu ikuti. Kamu bisa memoles esai study plan GKS versimu sendiri tetapi tetap dengan esensi yang tepat ya.

 

Baca Juga: Ini Dia Cara yang Dijamin Dapat Meloloskan Kamu Beasiswa GKS

 

Contoh Study Plan GKS

Bagi kamu yang masih kesusahan untuk menulis study plan GKS di atas. Kamu bisa cek contoh study plan GKS melalui link berikut ini.

 

Rekomendasi bimbingan Persiapan Study Plan dan beasiswa GKS

Ingin dibimbing untuk menulis study plan dan lolos beasiswa GKS? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk menulis study plan dan lolos beasiswa GKS? Cek program terbaik dari Schoters  untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)