Mengenal Sungkyunkwan University Lebih Dekat

Antusiasme pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Korea Selatan tampaknya akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Popularitas berbagai media hiburan dan produk kebudayaan Korea Selatan, lingkungan yang aman dan ramah pelajar, biaya pendidikan yang relatif lebih terjangkau dibandingkan negara-negara barat serta kualitas pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh berbagai institusi pendidikan di Korea Selatan membuat banyak pelajar tertarik untuk meletakkan Korea Selatan sebagai destinasi impian untuk lokasi belajar. Korea Selatan sendiri memiliki banyak sekali instansi perguruan tinggi yang bisa dipilih oleh pelajar internasional, dengan 6 (enam) universitas di Korea Selatan berada dalam daftar 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS Tahun 2023. Mari simak artikel berikut mengenai Sungkyunkwan University.

Salah satu universitas di Korea Selatan yang berhasil masuk dalam daftar 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia ini adalah Sungkyunkwan University, sebuah universitas berorientasi penelitian yang komprehensif dan memiliki sejarah panjang dari jaman Dinasti Joseon. Kalau kamu tertarik melanjutkan pendidikan di Sungkyunkwan University, terdapat banyak sekali informasi menarik yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar masuk ke universitas bersejarah ini. Apa saja informasi tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Informasi Umum Tentang Sungkyunkwan University

Kalau kamu penggemar drama Korea, kamu mungkin pernah mendengar salah satu drama sejarah Korea yang berjudul Sungkyungkwan Scandal, yang mengambil latar belakang di sebuah institusi pendidikan bergengsi yang sudah berdiri sejak jaman dinasti terakhir di Korea Selatan, Dinasti Joseon. Institusi pendidikan bergengsi yang didirikan atas titah kerajaan dalam drama tersebut merupakan lokasi yang diambil dari kisah nyata sekaligus cikal bakal Sungkyungkwan University sekarang. Hingga saat ini, Sungkyungkwan University yang sudah berdiri sejak tahun 1398 juga masih tetap berlokasi di daerah Suwon di tengah kota Seoul – sama seperti kampusnya yang terdahulu. Salah satu kampus yang ada di universitas ini, kampus Humanities and Social Sciences bahkan berada di area yang sama dengan 2 (dua) istana kerajaan peninggalan Dinasti Joseon yang masih terawat baik dan bisa dikunjungi wisatawan hingga saat ini, Changdeokgung dan Changgyeonggung.

Selain dari lokasinya yang dekat dengan lokasi istana kerajaan, sejarah Sungkyungkwan University yang panjang juga terlihat dari banyaknya peninggalan bersejarah yang masih bisa ditemukan di lingkungan kampus – termasuk kuil Munmyo yang berada di tengah-tengah kampus dan menjadi lokasi pelaksanaan upacara/ritual keagamaan bernama Seokejon Daeje yang dilaksanakan selama 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun pada bulan Mei dan September.

Saat ini, salah satu universitas tertua di Asia Timur ini sudah berkembang menjadi salah satu universitas swasta di Korea Selatan yang berorientasi pada riset dan memiliki banyak sekali kegiatan research and development, yang umumnya disponsori oleh perusahaan ternama di Korea Selatan seperti Samsung dan Hyundai. Sungkyungkwan University adalah salah satu universitas di Korea Selatan yang berada dalam daftar 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS Tahun 2023 dan menduduki peringkat 99 terbaik dunia.

Banyaknya kegiatan riset di Sungkyungkwan University juga membantu universitas yang sudah melahirkan banyak peneliti terkenal seperti Professor Park Nam Gyu yang bergerak di bidang chemical engineering dan Professor Lee Yong Hee di bidang fisika ini, mendapatkan peringkat 45 dalam daftar World’s Most Innovative Universities yang dirilis oleh Reuters pada tahun 2020. Tidak hanya peringkat, keseriusan Sungkyungkwan University di berbagai kegiatan riset juga mendorong BASF, perusahaan kimia nomor 1 dunia, membangun pusat R&D di area Asia di universitas ini.

Di luar kegiatan akademik, mahasiswa di Sungkyungkwan University juga memiliki kesempatan untuk bergabung dengan berbagai kegiatan sosial atau volunteer yang berafiliasi dengan universitas seperti kegiatan volunteer di Samsung Seoul Hospital, kegiatan volunteer di Kementerian Pendidikan dan kegiatan volunteer di pedesaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengikuti beragam klub mahasiswa yang menarik seperti Kingo Cheeleader, SKKU Wind Orchestra atau Chung Lang (Blue Wave) yang merupakan klub mahasiswa yang berinisiatif membuat kegiatan yang terinsipirasi oleh tradisi Dinasti Joseon di masa lalu.

Terakhir, Sungkyungkwan University juga melaksanakan banyak sekali festival menarik yang bisa diikuti oleh mahasiswa setiap tahunnya mulai dari University Festival yang dilaksanakan setiap bulan Mei setiap tahunnya, sampai School Anniversary Festival yang dilaksanakan untuk merayakan hari ulang tahun universitas pada bulan September – Oktober. Setiap festival selalu diramaikan dengan pertunjukan musik, bazaar makanan dan berbagai atraksi menarik lainnya.

Jurusan Yang Dibuka di Sungkyunkwan University

Sungkyukwan University menawarkan berbagai program studi di banyak bidang studi untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari jenjang sarjana hingga pascasarjana. Program studi yang tersedia di Sungkyunkwan University tersebar di 2 (dua) kampus yang berbeda, yaitu Humanities and Social Science Campus dan Natural Science Campus.

Program studi di jenjang sarjana Sungkyunkwan University

Program studi yang dibuka Sungkyunkwan University di jenjang Sarjana cukup bervariasi dan sejak tahun 2005, Sungkyunkwan University juga meluncurkan sistem University College untuk memberikan pengetahuan umum dan dasar kepada mahasiswa jenjang Sarjana di Sungkyungkwan University, sebelum memilih spesialisasi lebih lanjut.

Program studi jenjang S1 di Sungkyungkwan University mencakup bidang studi Korean Language and Literature, Public Administration, Media and Communication, Statistics, Business Administration, Global Business Administration, Education, Mathematics Education, Computer Education dan masih banyak lagi.

Program studi di jenjang pascasarjana

Program studi pascasarjana di Sungkyunkwan University terbagi menjadi 3 (jenis) program yang berbeda, antara lain :

  1. Graduate Programs General, yang mencakup berbagai program studi yang juga dibuka di jenjang S1. 
  2. Graduate Programs Special, yang mencakup bidang studi seperti Confucian Studies, Education, Strategic Studies, Information and Communication, Translation and TESOL, Social Welfare, Clinical Nursing Science, Business Administration, Media and Culture, Global Insurance and Pension dan Global Enterpreneurship.
  3. Graduate Programs Professional, yang mencakup bidang studi seperti Business Administration, Business, Governance, Technology Management, China, Law dan Water Resources.

Program global dual degree

Selain program studi regular, Sungkyunkwan University juga menawarkan program Global Dual Degree yang ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mencoba kesempatan belajar dengan menggunakan kurikulum internasional dan mendapatkan gelar pendidikan dari universitas di luar Korea Selatan.

Program Global Dual Degree di Sungkyunkwan University ini diselenggarakan dengan bekerjasama dengan berbagai instansi perguruan tinggi dan universitas lainnya di luar Korea Selatan, termasuk di antaranya University of Birmingham untuk program studi di bawah Department of Global Economics, University of Texas at Dallas untuk program studi di bawah College of Science, Indiana University untuk program studi di bawah Law School dan masih banyak lagi.

Persyaratan Masuk Sungkyunkwan University

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar masuk ke Sungkyunkwan University dapat berbeda-beda tergantung program studi dan jenjang pendidikan yang dituju.

Persyaratan masuk jenjang sarjana

Persyaratan untuk masuk jenjang S1 di Sungkyunkwan University dibedakan berdasarkan jalur pendaftaran yang dipilih, yaitu Korean Track (program studi yang membutuhkan kemampuan berbahasa Korea) atau English Track (program studi yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris).

Secara umum, persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk jenjang ini untuk pelajar internasional antara lain :

  1. Calon mahasiswa dan orangtua tidak memiliki kewarganegaraan ganda (dual nationality)
  2. Lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau punya kualifikasi pendidikan yang setara dengan ijazah SMA
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Korea dengan menunjukkan skor TOPIK untuk Korean Track atau memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan menunjukkan skor IELTS untuk English Track 

 

Baca Juga: Cara Belajar Hangul Bagi Pemula

 

Persyaratan masuk jenjang pascasarjana di Sungkyunkwan University

Secara umum, persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk jenjang pascasarjana bagi pelajar internasional di Sungkyunkwan University antara lain :

  1. Untuk pendaftar program Master, sudah lulus atau akan lulus dari jenjang Sarjana dah untuk pendaftar program Doktoral, sudah lulus atau akan lulus dari jenjang Master. Untuk pendaftar yang mendapatkan ijazah dari universitas dari luar Korea Selatan harus memastikan bahwa universitasnya sudah termasuk dalam daftar IAU WHED, yang berkolaborasi dengan UNESCO. Universitas yang tidak termasuk dalam daftar ini harus meminta sertifikasi khusus dari Kedutaan Korea Selatan di negara masing-masing.
  2. Memenuhi persyaratan minimal kemampuan bahasa Korea atau Inggris yang sudah ditetapkan oleh program studi tujuan. Untuk persyaratan kemampuan bahasa Inggris, skor minimal yang dibutuhkan umumnya berkisar sekitar TOEFL iBT 71 atau IELTS 5.5.

Beasiswa Yang Bisa Diikuti

Beberapa beasiswa yang bisa digunakan untuk pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Sungkyukwan University adalah sebagai berikut.

Global Korea Scholarship

Program beasiswa Global Korea Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan kepada pelajar internasional yang tertarik untuk kuliah di berbagai perguruan tinggi di Korea Selatan, termasuk Sungkyukwan University. Beasiswa ini dibuka untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari Sarjana, Master hingga Doktoral, dengan 2 (dua) jalur pendaftaran yaitu melalui Kedutaan (Embassy Track) dan melalui Universitas (University Track).

Program beasiswa ini termasuk dalam kategori beasiswa fully funded yang mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah
  2. Biaya pelatihan bahasa Korea
  3. Biaya penerbangan kelas ekonomi PP
  4. Tunjangan kedatangan sebesar 200.000 KRW yang diberikan 1 (satu) kali selama periode studi
  5. Uang saku bulanan sebesar 900.000 KRW untuk program Sarjana, 1.000.000 KRW untuk program Master dan Doktoral, 1.500.000 KRW untuk program Research
  6. Biaya asuransi kesehatan
  7. Tunjangan kemampuan berbahasa Korea (Korean Proficiency Grants) sebesar 100.000 KRW per bulan
  8. Tunjangan penyelesaian studi (Degree Completion Grants) sebesar 100.000 KRW yang diberikan 1 (satu) kali setelah studi selesai bagi pelamar jenjang Sarjana
  9. Dukungan penelitian (research support fee) bagi pelamar jenjang pascasarjana sebesar 210.000 KRW (untuk program studi di bawah Liberal Arts and Social Science) dan 240.000 KRW (untuk program studi di bawah Natural Science and Engineering)   

 

Baca Juga: Gagal Daftar Kuliah Dalam Negeri? Jangan Takut Untuk Mencoba Daftar Beasiswa di Luar Negeri!

 

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Program beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada calon mahasiswa pascasarjana, baik Master maupun Doktoral, yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di banyak perguruan tinggi dunia, termasuk Sungkyukwan University. Program beasiswa LPDP terbuka untuk seluruh bidang studi yang ditawarkan di Sungkyukwan University.

Beasiswa LPDP mencakup beberapa hal sebagai berikut :

Dana Pendidikan, termasuk di antaranya :

  1. Dana Pendaftaran
  2. Dana SPP
  3. Dana Tunjangan Buku
  4. Dana Penelitian Tesis/Disertasi
  5. Dana Seminar Internasional
  6. Dana Publikasi Jurnal Internasional

Dana Pendukung, termasuk di antaranya : 

  1. Dana Transportasi
  2. Dana Aplikasi Visa
  3. Dana Asuransi Kesehatan
  4. Dana Kedatangan
  5. Dana Hidup Bulanan
  6. Dana Lomba Internasional
  7. Dana Tunjangan Keluarga (khusus program Doktoral)
  8. Dana Keadaan Darurat (jika diperlukan)

 

Baca Juga: Mari Simak 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

 

Freshmen Scholarship

Freshmen Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Sungkyukwan University untuk semua mahasiswa internasional yang berhasil lolos ke salah satu program studi di bidang Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) serta program studi di bidang Medicine jenjang pascasarjana di Sungkyukwan University. Di bawah beasiswa ini, semua mahasiswa internasional berhak mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran masuk serta keringanan biaya kuliah sebesar 50% untuk semester pertama. Agar dapat terus menerima beasiswa di semester berikutnya, mahasiswa di bidang STEM dan Medicine di Sungkyukwan University harus dapat mempertahankan IPK sesuai ketentuan yang telah ditetapkan universitas.

Conditional Scholarship

Sungkyukwan University juga memberikan pembebasan biaya kuliah sepenuhnya (termasuk biaya pendaftaran) untuk mahasiswa jenjang pascasarjana di bidang STEM dan Medicine yang memenuhi persyaratan akademik, riset atau mendapatkan rekomendasi professor di universitas. Beasiswa ini diberikan untuk semester pertama perkuliahan, namun dapat terus dipertahankan di semester selanjutnya apabila mahasiswa memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan universitas.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Masuk Sungkyunkwan University

Ingin lolos masuk ke Sungkyukwan University? Yuk konsultasi langsung dengan konsultan expert Schoters supaya persiapan kamu mendaftar Sungkyukwan University menjadi lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan mendaftar masuk ke Sungkyukwan University? Jangan lupa untuk cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Sungkyunkwan University