Ketahui Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP dan Persiapannya

Tips & Trik, 05 Sep 2022

Kabar baik Hunters, pendaftaran Beasiswa LPDP tahun 2022 sudah dibuka! Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah RI untuk mendanai putra-putri terbaik bangsa yang ingin menempuh studi S-2 dan S-3 baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sama seperti beasiswa pada umumnya, untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP ini kamu perlu melewati beberapa tahapan seleksi terlebih dahulu. Namun dengan semakin banyaknya peminat beasiswa LPDP, persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini pun tentu semakin ketat. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui dan mempersiapkan setiap tahapan seleksi yang ada secara matang. Yuk, pahami lebih lanjut tahap-tahap seleksi beasiswa LPDP dan persiapannya!

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

Pendaftaran dan Seleksi

Jadwal

Beasiswa LPDP Tahap 1

Beasiswa LPDP Tahap 2

Pembukaan Pendaftaran

25 Februari 2022

04 Juli 2022

Penutupan Pendaftaran

27 Maret 2022

05 Agustus 2022

Seleksi Administrasi

28 Maret 2022

8 – 19 Agustus 2022

Pengumuman Seleksi Administrasi

12 April 2022

22 Agustus 2022

Seleksi Bakat Skolastik

18 April 2022

29 Agustus – 10 September 2022

Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik

7 April 2022

15 September 2022

Seleksi Substansi

06 Juni 2022

26 September – 4 November

Pengumuman Hasil Seleksi Substansi (Final)

04 Juli 2022

11 November 2022

          Baca juga: Sudah Dibuka! Cek Info Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2

Seleksi Administrasi

Pada tahap ini, pihak LPDP akan menyaring dan menilai peserta berdasarkan data dan berkas yang dikumpulkan pada saat pendaftaran. Untuk mendaftar beasiswa LPDP, kamu diharuskan membuat akun pada laman resmi Beasiswa LPDP terlebih dahulu. Setelah membuat akun, kamu dapat mengunduh booklet panduan sesuai jenis program beasiswa yang ingin kamu daftar.

Bacalah ketentuan pendaftaran dengan seksama dan siapkan berkas administrasi yang dipersyaratkan. Meski demikian, berkas-berkas tersebut sebaiknya sudah kamu siapkan dari jauh-jauh hari dengan mengacu pada ketentuan beasiswa LPDP di tahun-tahun sebelumnya. Sehingga pada saat periode pendaftaran kamu hanya perlu melengkapi hal-hal yang sekiranya masih kurang atau perlu diperbaiki lagi. Perhatikan pula batas waktu pendaftaran agar kamu bisa mengatur timeline persiapan dengan baik.

Setelah melengkapi semua persyaratan, segera lakukan pendaftaran secara online di laman resmi beasiswa LPDP. Pada tahap ini kamu harus mengunggah berkas-berkas yang dipersyaratkan. Masukkan semua berkas tersebut dalam satu folder untuk memudahkan proses pengunggahan. Terdapat pula beberapa pertanyaan basic yang perlu kamu jawab dalam form pendaftaran misalnya seperti kelebihan dan kekurangan diri. Pastikan semua bagian form sudah terisi dengan baik sebelum melakukan submit pendaftaran.

Seleksi Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik (TBS) adalah suatu rangkaian tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif dan intelgensi serta mengetahui minat dan bakat seseorang. Melalui tes ini pihak penyeleksi dapat memperkirakan apakah bidang yang dipilih calon peserta sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan apakah calon peserta mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik nantinya. Tes Bakat Skolastik juga dapat memperkirakan kemampuan seseorang dalam menghadapi hal baru. Kemampuan beradaptasi tentu sangatlah penting bagi mereka yang ingin study abroad dan tinggal di luar negeri.

Tes Bakat Skolastik umumnya terdiri dari 3 bagian soal yakni penalaran verbal, penalaran numerik, dan pemecahan masalah. Untuk mempersiapkan tahap seleksi satu ini, kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal TBS. Jangan terlalu terpaku pada soal tertentu ketika mengerjakan karena akan menghilangkan kesempatan kamu untuk menjawab soal-soal lainnya. Akan tetapi, bagi kamu yang sudah melampirkan Letter of Acceptance (LoA) Unconditional pada tahap seleksi administrasi maka tidak perlu mengikuti tahap seleksi bakat skolastik beasiswa LPDP ini.

          Baca juga: Beasiswa LPDP Khusus Para Santri, Selengkapnya di Sini

Seleksi Substansi

Mengacu pada seleksi beasiswa LPDP sebelumnya, seleksi pada tahap ini umumnya meliputi verifikasi berkas, menulis essay on the spot, leaderless group discussion (LGD), dan wawancara. Pada tahap verifikasi berkas, panitia akan memvalidasi dan mengecek kebenaran berkas-berkas kamu. Jadi jangan pernah berani memalsukan dokumen pendaftaran kamu ya Hunters!

Pada tahap essay on the spot dan LGD, kamu akan diberikan gambaran mengenai suatu isu kemudian diminta untuk menyampaikan pandangan kamu mengenai isu tersebut. Kedua tahap ini akan sangat menguji wawasan dan cara berpikir kamu dalam menanggapi suatu permasalahan. Cara terbaik dalam mempersiapkannya adalah dengan membiasakan diri untuk memantau isu-isu penting melalui berita atau platform lainnya, rajin menonton acara-acara diskusi interaktif, dan mencari teman berdiskusi. Khusus tahap essay on the spot kamu juga perlu melatih kemampuan menulis agar dapat menuangkan pemikiran kamu secara terstruktur dalam tulisan formal.

Sedangkan untuk LGD, sesuai namanya leaderless group discussion atau diskusi tanpa dipandu oleh moderator. Oleh sebab itu, dalam LGD kamu tidak perlu mengukuhkan diri agar pendapat kamu dinilai lebih unggul dari pihak lain. Justru dalam LGD kamu harus menunjukkan kemampuan bekerja dalam tim seperti bagaimana berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain, menganalisis arah diskusi, menyikapi perbedaan dan mengatasi konflik, dan lain sebagainya.

Terakhir untuk tahap wawancara, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu gambaran pertanyaan yang kemungkinan akan muncul dengan bertanya kepada awardee-awardee LPDP di tahun sebelumnya sehingga kamu dapat mempersiapkan dengan matang dan melatih kemampuan berbicara.

Gabung Komunitas Pejuang LPDP

Jika kamu tidak memiliki relasi awardee LPDP untuk bertanya mengenai wawancara maupun persiapan seleksi LPDP lainnya, jangan khawatir! Kamu bisa bergabung dalam forum khusus para pejuang LPDP untuk sharing informasi seputar beasiswa LPDP.

tahapan seleksi lpdp