4 Tahapan Seleksi LPDP 2024, Ketahui Informasi Lengkapnya!

Kabar baik Hunters, pendaftaran Beasiswa LPDP tahun 2024 akan kembali dibuka segera! Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah RI untuk mendanai putra-putri terbaik bangsa yang ingin menempuh studi S2 dan S3 baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sama seperti beasiswa pada umumnya, untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP ini Hunters perlu melewati beberapa tahapan seleksi terlebih dahulu.

Namun dengan semakin banyaknya peminat beasiswa LPDP, persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini pun tentu semakin ketat. Maka dari itu, Hunters perlu mengetahui dan mempersiapkan setiap tahapan seleksi yang ada secara matang. Yuk, pahami lebih lanjut tahap-tahap seleksi beasiswa LPDP dan persiapannya!

 

Alur tahapan seleksi LPDP

1. Jadwal pendaftaran dan seleksi LPDP 2024

Pendaftaran dan Seleksi

Jadwal*

Beasiswa LPDP Tahap 1

Beasiswa LPDP Tahap 2

Pembukaan Pendaftaran

25 Januari – 25 Februari 2024

9 Juni – 9 Juli 2024

Seleksi Administrasi

27  Februari – 11 Maret 2024

10 – 23 Juli Agustus 2024

Pengumuman Seleksi Administrasi

14 Maret 2024

27 Juli 2024

Seleksi Bakat Skolastik

27 – 29 Maret 2024

7 – 9 Agustus 2024

Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik

5 April 2024

16 Agustus 2024

Seleksi Substansi

10 – 15 April dan 2 – 31 Mei 2024

4 September – 27 Oktober 2024
Pengumuman Hasil Seleksi Substansi (Final)

8 Juni 2024

7 November 2024

Intake Tercepat

Juli 2023

Januari 2024

*estimasi dari tahun sebelumnya

 

Baca juga: Berikut Informasi Pendaftaran dan Pengumuman Beasiswa LPDP Tahap 2

 

2. Seleksi administrasi LPDP 2024

Pada tahap ini, pihak LPDP akan menyaring dan menilai peserta berdasarkan data dan berkas yang dikumpulkan pada saat pendaftaran.

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, Hunters diharuskan membuat akun pada laman resmi Beasiswa LPDP terlebih dahulu. Setelah membuat akun, Hunters dapat mengunduh booklet panduan sesuai jenis program beasiswa yang ingin kamu daftar.

Bacalah ketentuan pendaftaran dengan seksama dan siapkan berkas administrasi yang dipersyaratkan. Meski demikian, berkas-berkas tersebut sebaiknya sudah Hunters siapkan dari jauh-jauh hari dengan mengacu pada ketentuan beasiswa LPDP di tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga pada saat periode pendaftaran kamu hanya perlu melengkapi hal-hal yang sekiranya masih kurang atau perlu diperbaiki lagi. Perhatikan pula batas waktu pendaftaran agar Hunters bisa mengatur timeline persiapan dengan baik.

Setelah melengkapi semua persyaratan, segera lakukan pendaftaran secara online di laman resmi beasiswa LPDP. Pada tahap ini Hunters harus mengunggah berkas-berkas yang dipersyaratkan.

Masukkan semua berkas tersebut dalam satu folder untuk memudahkan proses pengunggahan. Terdapat pula beberapa pertanyaan basic yang perlu Hunters jawab dalam form pendaftaran misalnya seperti kelebihan dan kekurangan diri. Pastikan semua bagian form sudah terisi dengan baik sebelum melakukan submit pendaftaran.

 

3. Seleksi Tes Bakat Skolastik (TBS)

Tes Bakat Skolastik (TBS) adalah suatu rangkaian tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif dan intelegensi serta mengetahui minat dan bakat seseorang.

Melalui tes ini pihak penyeleksi dapat memperkirakan apakah bidang yang dipilih calon peserta sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan apakah calon peserta mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik nantinya.

Tes Bakat Skolastik juga dapat memperkirakan kemampuan seseorang dalam menghadapi hal baru. Kemampuan beradaptasi tentu sangatlah penting bagi mereka yang ingin study abroad dan tinggal di luar negeri.

Tes Bakat Skolastik umumnya terdiri dari 3 bagian tes:

A. Tes verbal

1. Tes ini mengukur kemampuan peserta dalam memahami pertanyaan dan teks berbahasa.

2. Soal dalam tes ini berupa teks panjang dengan pertanyaan terkait.

3. Keterampilan penalaran diperlukan untuk memahami soal yang kompleks.

4. Kesulitan soal dapat ditingkatkan dengan memberikan teks yang panjang dan berbelit-belit.

B. Tes penalaran numerik

1. Tes ini mengukur kemampuan peserta dalam berhitung dan memecahkan masalah numerik.

2. Soal dalam tes ini mirip dengan tes TIU pada seleksi CPNS dan UTBK.

3. Soal dalam tes ini mencakup deret aritmatika, aritmatika, logika bilangan, dan lain-lain.

C. Tes penalaran masalah

1. Tes ini mengukur kemampuan peserta dalam memecahkan masalah dengan pemikiran logis.

2. Soal dalam tes ini berisi masalah yang harus dipecahkan oleh peserta.

3. Persiapan untuk tahap ini dapat dilakukan dengan berlatih mengerjakan soal TBS.

4. Penting untuk tidak terlalu terpaku pada satu soal agar tidak kehilangan kesempatan menjawab soal lainnya.

Keterangan tambahan:
Bagi peserta yang telah melampirkan Letter of Acceptance (LoA) Unconditional pada tahap seleksi administrasi, tidak perlu mengikuti tahap seleksi Bakat Skolastik LPDP.

Tertarik dengan beasiswa LPDP dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Baca juga: Simak Contoh Essay LPDP Disini Untuk Hasil Yang Lebih Maksimal

 

4. Seleksi Substansi LPDP 2024

Tahap ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan calon penerima beasiswa dalam memahami isu-isu global, terkini, dan strategis serta menilai potensi kepemimpinan dan kontribusi yang dapat diberikan oleh calon penerima beasiswa pada masa depan.

Mengacu pada seleksi beasiswa LPDP sebelumnya, seleksi pada tahap ini umumnya meliputi verifikasi berkas, wawancara, dan Asesmen Kepribadian dan Integritas (AKI). Berikut adalah penjelasan tahapan seleksi Substansi LPDP 2024, meliputi:

1. Verifikasi Berkas

Peserta diminta untuk mengunggah berkas-berkas persyaratan seperti KTP, ijazah, transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris, dan dokumen pendukung lainnya. Berkas-berkas ini akan diverifikasi oleh tim LPDP. Pada tahap verifikasi berkas, panitia akan memvalidasi dan mengecek kebenaran berkas-berkas Hunters. Jadi jangan pernah berani memalsukan dokumen pendaftaran kamu ya Hunters!

2. Wawancara

Tahapan wawancara, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu gambaran pertanyaan yang kemungkinan akan muncul dengan bertanya kepada awardee-awardee LPDP di tahun sebelumnya sehingga Hunters dapat mempersiapkan dengan matang dan melatih kemampuan berbicara.

 

tahapan seleksi lpdp

 

7 tips menghadapi rangkaian seleksi tes LPDP

1. Pastikan dokumen yang diunggah sesuai dan update

Pastikan dokumen yang kalian unggah sesuai dengan apa yang diminta pada jenis beasiswa yang kalian daftar.

Seluruh jenis dokumen yang diminta sudah tertera pada booklet yang dipublikasikan oleh panitia seleksi LPDP. Baca dengan teliti booklet tersebut, dan jika perlu buatlah daftar tersendiri agar kalian tidak lupa jenis dokumen yang diminta.

2. Siapkan dokumen tepat waktu dan masih berlaku

Beberapa dokumen seperti surat rekomendasi, sertifikat kecakapan berbahasa asing, dan lainnya memerlukan proses dan waktu yang cukup lama untuk memperolehnya. Pastikan pula dokumen-dokumen tersebut masih berlaku ya. 

3. Cermati bahasa tubuh kalian saat wawancara

Bersikaplah dengan sopan, jaga eye contact dengan para pewawancara saat kalian menjawab pertanyaan mereka, serta duduk dengan tegap.

Jawab pertanyaan dengan langsung dan tidak bertele-tele. Jika perlu, berikan contoh pada tiap argumen yang kalian berikan dalam menjawab pertanyaan pewawancara.

4. Persiapkan jawaban yang tepat untuk wawancara

Pertanyaan untuk wawancara sangat beragam dengan topik dari tugas akhir, kegiatan kuliah, hingga rencana masa depan.

Untuk itu, jauh hari sebelum wawancara buatlah daftar dari apa yang pernah, sedang, dan akan kalian lakukan agar saat wawancara kalian tidak perlu mengingat-ingat lagi. Lakukan juga mock interview dengan orang lain agar kalian lebih terbiasa dalam melakukan tanya jawab.

5. Pahami program studi tujuan dengan baik

Pewawancara mungkin saja menanyakan kaitan program studi tujuan dengan rencana masa depan kalian.

Untuk itu pahami dengan baik keunikan program studi yang kalian pilih agar dapat lebih baik mengaitkannya dengan rencana masa depan serta kontribusi kalian terhadap Indonesia kedepannya.

6. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait pertanyaan wawancara

Di internet banyak berseliweran cerita para pendaftar beasiswa LPDP tentang tipe pertanyaan yang mereka dapat. Buatlah daftar pertanyaan dari cerita mereka dan rancang jawabannya sesuai dengan kondisi kalian.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan agar lolos tahapan seleksi LPDP 

Ingin lolos beasiswa LPDP? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa LPDP? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)