Tenaga Kerja Terampil Paling Dibutuhkan di Jerman Tahun 2024

Saat ini, Jerman sedang kekurangan tenaga kerja, terutama tenaga kerja terampil. Bahkan, dilansir DW, pada 2023 lalu, Jerman mengalami kekurangan hampir 2 juta tenaga kerja terampil. Lantas, tenaga kerja terampil mana yang menjadi tenaga kerja terampil paling dibutuhkan di Jerman saat ini?

Untuk mengetahui hal tersebut, pada artikel ini, Schoters akan membahas lima tenaga kerja terampil paling dibutuhkan di Jerman pada 2024. Oleh karena itu, yuk, simak sampai habis!

5 Tenaga Kerja Terampil Paling Dibutuhkan di Jerman

1. Tenaga kerja terampil di bidang transportasi

Salah satu tenaga kerja terampil paling dibutuhkan di Jerman saat ini adalah tenaga kerja di bidang transportasi. Tenaga kerja di bidang transportasi ini meliputi supir bus, supir kontainer, dan masinis kereta.

Tenaga kerja di bidang transportasi ini dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di Jerman. Caranya adalah dengan mendorong transportasi barang dan manusia. Sebab, makin tinggi transportasi barang dan manusia, makin tinggi pula pertumbuhan ekonomi yang bisa tercapai.

2. Tenaga kerja terampil di bidang pendidikan

Selain tenaga kerja di bidang transportasi, tenaga kerja di bidang pendidikan juga menjadi tenaga kerja terampil paling dibutuhkan di Jerman saat ini. Tenaga kerja terampil di bidang pendidikan ini meliputi guru, baik guru sekolah dasar maupun sekolah menengah serta dosen perguruan tinggi.

Tenaga kerja terampil di bidang pendidikan ini dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jerman. Sebab, negara yang berada di Eropa bagian barat itu menganggap pendidikan sebagai tonggak utama kemajuan ekonomi negara.

3. Tenaga kerja terampil di bidang medis

Tenaga kerja terampil di bidang medis juga termasuk tenaga kerja terampil paling dibutuhkan di Jerman. Sebab, dilansir Xinhua, pada 2024 ini, Jerman masih mengalami kekurangan tenaga kerja terampil di bidang medis yang sangat masif.

Adapun tenaga kerja terampil di bidang medis yang saat ini dibutuhkan di Jerman meliputi perawat rumah sakit, perawat lansia, dan dokter. Tenaga kerja terampil di bidang medis tersebut dibutuhkan guna memenuhi permintaan tenaga kerja medis dalam negeri yang makin meningkat tiap tahunnya.

 

Baca Juga: Perbedaan Tenaga Kerja Terdidik dan Terampil

 

4. Tenaga kerja terampil di bidang teknologi

Tenaga kerja di bidang teknologi juga menjadi tenaga kerja terampil paling dibutuhkan di Jerman saat ini. Tenaga kerja terampil di bidang teknologi ini meliputi programmer, analis keamanan siber, hingga pengembang gim. 

Tenaga kerja di bidang teknologi tersebut dibutuhkan untuk memenuhi permintaan industri teknologi dalam negeri Jerman. Sebab, industri teknologi di Jerman kini sedang berkembang pesat. 

Dilansir International Trade Administrator, pendapat nasional dari sektor industri teknologi di Jerman terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Terakhir, pada 2023 lalu, pendapatan nasional Jerman dari sektor industri teknologi mencapai 141,6 trilliun euro atau setara Rp2,2 triliun.   

5. Tenaga kerja terampil di bidang teknik

Untuk memajukan infrastruktur, Jerman saat ini juga sedang membutuhkan banyak tenaga kerja terampil di bidang teknik. Tenaga kerja di bidang teknik ini meliputi Teknik Kimia, Teknik Sipil, hingga Teknik Lingkungan.

Nah, itu dia, Hunters, lima tenaga kerja terampil yang paling dibutuhkan di Jerman pada 2024. Oleh karena itu, peluang kerja di bidang-bidang yang telah disebutkan di atas saat ini cukup besar. Sebab, permintaan akan tenaga kerjanya juga sedang meningkat pesat 

Rekomendasi Bimbingan untuk Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.