Serba-serbi Tes IELTS untuk Beasiswa dan Pekerjaan

Tips & Trik, 18 Des 2022

Untuk mewujudkan keinginan belajar atau bekerja di luar negeri, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang terlebih dahulu, termasuk di antaranya kemampuan berbahasa Inggris. Rata-rata instansi pendidikan atau perusahaan di luar negeri umumnya meminta kandidat untuk membuktikan kemampuan berbahasa Inggris dengan menunjukkan nilai tes IELTS.

Bagaimana persiapan belajas tes IELTS Hunters? Tes IELTS menjadi salah satu jenis tes yang digandrungi oleh banyak orang guna mempersiapkan kebutuhan pendidikan lanjutan ataupun jenjang pekerjaan lanjutan. Jadi apa itu tes IELTS dan mengapa tes IELTS sering menjadi persyaratan utama untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di luar negeri? Simak informasi lengkapnya tentang tes IELTS di bawah ini. Yuk, kita kulik bersama!

Mengenal Tes IELTS

International English Language Testing System atau yang biasa disebut IELTS adalah tes kemampuan berbahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris. Tes IELTS diakui oleh lebih dari 11.000 perusahaan, institusi pendidikan dan badan imigrasi di seluruh dunia termasuk di antaranya 3.400 institusi di Amerika Serikat. Setiap tahunnya, terdapat setidaknya 3 juta orang di seluruh dunia yang mengikuti tes IELTS untuk berbagai keperluan.

Tujuan Tes IELTS 

Hasil tes IELTS biasanya digunakan untuk beberapa tujuan sebagai berikut :

  1. Tujuan migrasi ke beberapa negara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru dan Inggris, dimana hasil tes IELTS menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan visa

  2. Tujuan akademik untuk melanjutkan studi di sekolah atau perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Dalam hal ini, nilai tes IELTS digunakan untuk melihat kemampuan siswa beradaptasi dengan proses belajar mengajar di negara asing

  3. Tujuan pekerjaan di berbagai perusahaan global. Dalam hal ini, nilai tes IELTS digunakan untuk melihat kemampuan calon pegawai untuk beradaptasi dengan seluk beluk pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris sebagai kompetensi utama.

Dua Tipe Tes IELTS

Terdapat 2 (dua) jenis tes IELTS yang bisa diambil yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. Ketentuan jenis IELTS dan persyaratan minimal skor IELTS yang dibutuhkan dapat berbeda-beda sesuai dengan perusahaan atau institusi pendidikan yang dituju.

Selain itu, terdapat 2 (dua) jenis media pengerjaan yang dapat dipilih saat mengikuti tes IELTS yaitu computer based test (CBT) yang menggunakan komputer sebagai media utama selama tes berlangsung dan paper based test (PBT) yang menggunakan kertas sebagai media utama selama tes berlangsung. Selain media pengerjaan, kedua tes ini juga memiliki durasi tes dan ketersediaan jadwal yang berbeda. 

1. IELTS Academic

IELTS Academic ditujukan bagi individu yang ingin melanjutkan pendidikan di negara atau instansi pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. IELTS Academic ini mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang dengan menggunakan kosakata yang umum digunakan dalam konteks akademis.

2. IELTS General Training

IELTS General Training ditujukan untuk individu yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa gelar, keperluan pekerjaan, pelatihan kerja atau keperluan persyaratan visa ke negara-negara tertentu. IELTS General Training mengukur kemampuan berbahasa Inggris dengan menggunakan kosakata yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk lingkungan pekerjaan.

Format Tes IELTS

Kedua tipe IELTS (Academic and General Training) mencakup tes listening, reading, writing, dan speaking. Adapun penjabarannya sebagai berikut.

1. Listening Test – Tes mendengarkan (30 menit)

Pada uji tes mendengarkan, Hunters akan dihadapkan dengan enam jenis tipe soal yang berbeda-beda. Berkenaan dengan beragam macam jenis aksen atau pelafalan berbahasa Inggris, Hunters tidak diperkenankan memilih aksen mana yang akan menjadi uji tes.

Menyiasati tahap ini, Hunters harus mengenali dan memahami beragam jenis aksesn atau pelafalan berbahasa Inggris. Selain itu, selalu perkaya perbendaharaan kata agar memahami setiap pokok pembicaraan pada tes mendengarkan.

2. Reading Test – Tes membaca IELTS (60 menit)

Komponen Tes Membaca IELTS terdiri dari 40 soal. Berbagai jenis pertanyaan akan diujikan kepada Hunters dengan 14 tipe soal yang berbeda-beda.  Gunakan teknik membaca cepat dan memindai supaya Hunters bisa mengoptimalkan waktu untuk menelaah bacaan dan pertanyaan.

Hunters tidak perlu menelaah semua bacaan kata perkata dan kalimat perkalimat, tetapi ambilah kata kunci dari setiap paragraf. Cobalah dari jauh-jauh waktu sebelum tes berlangsung, Hunters melatih diri untuk membaca bermacam jenis soal reading test IELTS supaya terasah untuk mengerjakan bermacam jenis soal.

3. Writing Test – Tes menulis IELTS (60 menit)

Dalam tes menulis IELTS, Hunters harus melakukan dua tugas. Pada tugas pertama modul Akademik, Hunters akan mendapatkan pertanyaan berdasarkan gambar bagan topik tertentu. Pada tugas ini, Hunters harus menulis esai deskriptif untuk menjelaskan bagan. 

Bagan dapat berupa bagan batang, bagan garis, bagan pai, tabel, peta, dan diagram proses tentang bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana sesuatu dilakukan. Hunters perlu menulis tentang poin utama grafik, menganalisis tren atau perubahan yang terjadi, membandingkan data, atau menjelaskan proses yang terjadi. 

Sedangkan pada modul Pelatihan Umum, Hunters harus menulis surat sesuai petunjuk. Minimal pengerjaan pada tugas pertama yaitu 150 kata. Pada tugas kedua tes, Hunters harus menulis berbentuk teks diskursif yang harus berisi pendapat disertai dengan kesimpulan yang kuat.

Seraya menunjukkan kemampuan Hunters dalam menulis secara akademis, tulislah tugas IELTS kedua ini dengan gaya bahasa Inggris formal. Hunters akan mendapat tugas untuk dapat menulis karangan opini, diskusi, perbandingan kelebihan dan kekurangan, pertanyaan langsung, atau solusi.

Minimal pengerjaan pada tugas kedua yaitu 250 kata.

4. Speaking Test  – Tes berbicara IELTS (11–14 menit)

Tes berbicara IELTS akan menilai kemampuan Hunters berbicara bahasa Inggris secara lisan. Pada tes ini, kamu akan berhadapan dengan lawan bicara yang berperan sebagai penguji tes. Perbincangan Hunters dengan penguji berupa diskusi terstruktur terkait topik yang telah disediakan sebelumnya oleh lembaga tes.

Upayakan setiap pengucapan atau pelafalan kata dan kalimat dengan tutur yang jelas, konsisten, dan tidak mengulangi apa yang sudah Hunters ucapkan sebelumnya. Selain itu, tambahlah penguasaan grammar atau tata bahasa yang beragam atau yang tidak sering digunakan dalam keseharian supaya Hunters bisa mendapatkan nilai plus dari penguji tes.  

       Baca Juga : Masih bingung cara menghitung skor IELTS? Cek disini untuk tahu caranya.

Lembaga Penyelenggara Tes IELTS

IELTS diselenggarakan oleh berbagai lembaga penyelenggara di kota-kota besar di Indonesia, termasuk di antaranya :

  1. IALF (Indonesia Australia Language Foundation);

  2. IDP (International Development Program);

  3. British Council Indonesia;

  4. SUN English;

  5. Central International Education; dan

  6. Sekolah Global Mandiri.

Biaya Tes IELTS

Untuk mengikuti tes IELTS, Pelajar dari Indonesia perlu membayar sekitar US$215 untuk mengikuti tes IELTS Academic atau General Training, US$270 untuk IELTS UKVI dan US$200 untuk IELTS Life Skills (harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan).

Rekomendasi Layanan Tes IELTS

Masih bingung memilih jenis tes yang harus diikuti dan ingin tahu lebih banyak lagi informasi seputar IELTS di berbagai lembaga penyelenggara? 

Anda bisa mengikuti berbagai layanan tes IELTS yang disediakan Schoters dengan klik dan mengisi form ini. Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengikuti layanan tes IELTS resmi di Schoters adalah sebagai berikut :

  1. Proses pendaftaran yang mudah dengan metode pembayaran yang beragam

  2. Sertifikat resmi IELTS dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak diterbitkan

  3. Keleluasaan memilih jadwal tes IELTS di berbagai lembaga penyelenggara tes IELTS resmi seperti IDP, IALF atau British Council

  4. Umpan balik untuk soal dan jawaban dari tutor setelah tes IELTS selesai dilaksanakan

Selain layanan official test, anda juga bisa mengikuti berbagai layanan tes IELTS lainnya seperti layanan simulasi tes IELTS sampai layanan bimbingan tes IELTS yang berfokus pada kurikulum tes IELTS untuk membantu anda mempersiapkan diri menghadapi tes IELTS untuk berbagai keperluan.

Layanan Terbaik Tes IELTS di Schoters untuk Hunters

Hunters tidak perlu risau perihal jasa layanan tes, Schoters bisa menjadi pilihan terbaik Hunters untuk mendapatkan jasa tes yang aman, dam tepercaya.

Adapun berbagai keuntungan yang akan Hunters dapatkan yaitu:

  1. Proses  pendaftaran yang aman, mudah, dan metode pembayaran yang beragam;
  2. Bersertifikat resmi IELTS dengan masa berlaku dua tahun sejak diterbitkan;
  3. Pilihan jadwal tes beragam yang diadakan resmi oleh IDP, IALF, atau British Council; dan
  4. Mendapatkan umpan balik pembahasan soal dan jawaban dari tutor selepas tes.

Persiapkan Tes IELTS Bersama Schoters

Itulah serba-serbi tes IELTS untuk kebutuhan beasiswa kampus atau pekerjaan impian Hunters. Jika Hunters ingin mendapatkan pemahaman yang baik demi mencapai target skor tes IELTS, langsung saja ikuti Sahabat IELTS Grouping di Schoters. Caranya gampang, Hunters bisa klik di sini!

Jika ingin bertanya informasi dan pengetahuan terlengkap seputar tes IELTS, TOEFL, dan beragam kelas bahasa asing lainnya langsung -> konsultasikan di sini ya!