Tau Gak Sih Einstein Pernah Kuliah Disini ?

Kampus Luar Negeri, 05 Sep 2022

Albert Einstein atau yang lebih dikenal dengan Einstein adalah ilmuwan fisika teoritis yang dipandang luas sebagai salah satu ilmuwan terbesar dan juga sangat populer di abad ke-20. Einstein mengemukakan teori relativitas dan banyak menyumbang bagi para pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan juga kosmologi. Dan dimanakah Einsten kuliah ? berikut jawabannya.

Fisikawan yang terkenal dengan teori atom E=MC² nya ini pernah kuliah di  Universitas terbaik di Belanda  yaitu Universitas Leiden, merupakan Universitas tertua sekaligus terbaik di negeri Flying Dutchman. Jadi reputasinya tak perlu ditanyakan lagi universitas ini berdiri di tahun 1575, didirikan oleh pangeran William dari keluarga kerajaan Belanda yang sampai saat ini masih memerintah negeri Belanda.

Waktu itu sebenarnya sebelum universitas Leiden ini berdiri terdapat sebuah universitas di Belanda bagian selatan. Universitas Leuven namanya, namun di bawah kekuasaan Spanyol (dinasti Habsburg sisi Spanyol, bukan Hungaria, Red). Nah karena itu mengimbangi sekaligus mewadahi bangkitnya abad pencerahan ilmu pengetahuan di Eropa pada massa Renaissance inilah universitas ini didirikan. Dipilihnya kota Leiden ini juga unik. Pangeran William yang punya julukan “Pangeran Oranye” ini bahu membahu dengan rakyat Leiden untuk menghadapi invasi Spanyol yang dipimpin raja Felipe II pada tahun 1574. Karena itulah universitas ini didirikan di kota Leiden ini, sebagai penghormatan untuk masyarakat Leiden.

 

Universitas Leiden
Universitas Leiden

 

baca juga : beasiswa harvard university 2019 dibuka

Universitas yang letaknya ada di utara Belanda ini memiliki sekitar 24.000 mahasiswa. Memiliki puluhan jurusan yang terbagi dalam 7 fakultas. Antara lain ada ilmu pemerintahan dan hubungan internasional, hukum, matematika dan sains, ilmu sosial, arkeologi, kedokteran dan humaniora. Universitas ini memiliki kelebihan pada studi arkeologi, bahasa, agama maupun budaya Eropa maupun Asia, termasuk Indonesia. Kabar baik bagi anda yang ingin studi mengenai budaya global maupun regional.

Universitas ini menurut Times Higher Education World University Rankings (THE) menempati posisi 67 dunia pada tahun 2016. Alumninya telah meraih 16 gelar Nobel dari berbagai bidang. Selain Albert Einstein ada nama John Quincy Adams (presiden ke 6 AS), John Stuart (Mantan Perdana Menteri Inggris) dan sederet nama dunia pernah berkuliah di sini.

Oh ya, hampir semua keluarga kerajaan Belanda juga berkuliah di sini. Pengen kuliah bareng kaum ningrat ini? Atau pengen kenalan sama Sinyo atau Noni Belanda? Hehehe… bisa jadi. Alumni dari Indonesia? Oh banyak, hehehe. Ada nama sekelas Bapak Mohammad Hatta, Pak Boediono, Sultan Hamengkubuwono IX. Ketiganya adalah mantan wakil Presiden RI, wor Keren banget kan? Selain itu ada nama Sutan Sahrir, sampai ahli hukum tanah air Pak Jimly Asshiddiqie adalah alumni universitas ini. Echm… Luar Biasa.

Siapa nih dari kalian yang ingin kuliah di Universitas Leiden ?

~Schoters~

Your Dream Partners