Cek Info Harga Tes TOEFL iBT & Tips Capai Skor Maksimal

Tips & Trik, 02 Sep 2022

Tes TOEFL iBT kian banyak dicari oleh Scholarship Hunters, apakah Hunters salah satunya, Hunters? Bagaimana tidak, skor TOEFL iBT Official Test merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar beasiswa kampus impian atau untuk melamar jenjang pekerjaan yang selevel lebih tinggi lagi.

Pada artikel kali ini, supaya Hunters semakin paham perihal TOEFL iBT, Minters menyajikan bahasan yang mencakup pengertian tes TOEFL iBT, materi tes TOEFL iBT, harga tes TOEFL iBT, trik jitu capai target skor tes, dan pilihan terbaik layanan tes TOEFL iBT. Yuk, kita kulik bersama hingga tuntas!

Pengertian Tes TOEFL iBT

Tes TOEFL iBT (internet–based test) adalah salah satu bentuk tes berbahasa Inggris internasional yang berbasis daring dengan pemutakhiran dari sebelumnya (computer–based) atau (paper–based test). Sejak peluncuran perdana tahun 2005, mulanya tes TOEFL iBT hanya diperuntukkan oleh para pelajar di Amerika Serikat dan Australia, tetapi seiring dengan kebutuhan tes semakin merambah di berbagai sudut negara, hingga detik ini sudah banyak belahan negara yang mencanangkan layanan tes TOEFL iBT.

Materi Tes TOEFL iBT

Terdapat empat sub materi tes TOEFL iBT, di antaranya yaitu: Listening, Reading, Speaking, dan Writing.

Pada bagian Listening, rentang durasi waktu tesnya yakni 60–90 menit. Para peserta tes akan mendengarkan enam–sembilan percakapan yang masing-masing memiliki rentang durasi waktu tiga–sembilan menit. Per bagian sub percakapan, para peserta tes akan menjawab soal sebanyak lima–enam butir pertanyaan.

Pada bagian Reading, rentang durasi waktu berkisar 60–100 menit dengan jumlah butir soal sebanyak empat–enam bacaan. Per bacaan memiliki panjang hingga 700 kata. Para peserta tes akan menjawab 12–14 butir pertanyaan seputar bacaan yang telah disajikan. Isi bacaan mencakup dari berbagai sumber akademis, seperti halnya buku l, jurnal, artikel, surat kabar, dll.

Pada bagian Speaking, rentang durasi waktu yang diberikan kepada para peserta tes berkisar 20 menit dan dibagi menjadi enam soal; dua soal pertama akan meminta peserta tes untuk membicarakan topik yang diberikan oleh penguji tes. Topik yang disajikan kepada para peserta tes yaitu topik informal seputar pengalaman atau kejadian menarik yang pernah dialami oleh para peserta tes.

Peserta tes akan memiliki rantang durasi waktu berpikir berkisar 10–15 detik, lalu peserta tes akan menyampaikan jawabannya selama 30 detik.

Pada bagian Writing, sub tes dipecah menjadi dua bagian: integrated essay dan independent essay dengan total waktu keseluruhan 50 menit. Pada subtes integrated essay, para peserta akan membaca bacaan, lalu mendengarkan percakapan antara dua orang yang membahas tentang bacaan.

Setelah itu, para peserta tes akan menulis tulisan sepanjang 150–225 kata mengenai bacaan dan percakapan tersebut berkisar 20 menit, sedangkan pada bagian independent essay, para peserta tes akan menuliskan esai sepanjang 300–350 kata sesuai dengan topik yang diberikan oleh penguji tes dengan waktu 30 menit.

Harga Tes TOEFL iBT

Dari olah data dari berbagai sumber internet, kisaran harga tes TOEFL iBT terbaru 2022 di Indonesia yaitu untuk TOEFL iBT Prediction Test mulai Rp300.000, TOEFL iBT Preparation Test mulai Rp1.500.000, dan TOEFL iBT Official Test mulai dari Rp3.000.000–Rp5.000.000.

 

5 Tips Jitu Capai Target Skor Tes TOEFL iBT

1. Tingkatkan keterampilan komputer

TOEFL iBT sekarang menjadi format TOEFL yang paling umum. Jika keterampilan komputer Hunters buruk dapat membuat Hunters  gugup, ceroboh, dan lamban dalam mengerjakan tes. Tingkatkan peluang Hunters untuk mengoperasikan komputer dengan mengenal komputer dan memanfaatkan sepenuhnya tutorial komputer pra-tes. Pelajari instruksi bagian sebelumnya juga merupakan keharusan, agar Hunters tidak bingung dan menghemat waktu selama ujian.

2. Pelajari saksama berbagai jenis pertanyaannya

Kedengarannya jelas, tetapi bacalah setiap pertanyaan, pilihan jawaban dengan cermat, dan berhati-hatilah terhadap pilihan yang mengganggu–yang mungkin terlihat benar pada pandangan pertama, tetapi salah.  Pastikan untuk memeriksa ulang pilihan Hunters sebelum mengklik untuk mengonfirmasi jawaban dan lanjutkan.

3. Bangun keterampilan memori

Hunters dapat membuat catatan atau selama bagian Listening, tetapi tetap penting untuk berlatih mendengarkan percakapan yang lebih panjang dan mengingat detail penting.  Seluruh bagian Listening membutuhkan waktu 40–90 menit yang bisa melelahkan jika Hunters tidak berlatih selama itu. Berlatihlah di rumah dalam kondisi ujian yang sebenarnya untuk memaksimalkan peluang Hunters untuk berhasil dalam ujian.

4. Asah esai mulai sekarang

TOEFL iBT mengharuskan Hunters menulis esai tentang topik yang ditugaskan. Ingatlah bahwa isi ide topik dan kampus sama pentingnya dengan bahasa Inggris yang benar dalam esai. Berlatih tidak hanya menulis esai pendek 30 menit, tetapi juga mengembangkan ide-ide pendukung untuk suatu topik dan membuat kerangka yang cepat dan efektif. Untuk latihan lebih lanjut, manfaatkan kelas menulis bahasa Inggris, di mana pembimbing akan memberi Hunters umpan balik yang cepat tentang esai dan membantu dalam mempertajam keterampilan menulis esai.

5. Kelola waktu 

Banyak pertanyaan menjebak Hunters yang akan membuang-buang waktu, jadi hindari hal ini dengan menetapkan batas yang cermat untuk setiap pertanyaan sebelum Hunters memulai bagian ini. Pun, penguasaan teknik membaca cepat dan memindai amatlah penting. Dengan belajar teknik membaca, Hunters tidak akan kehilangan poin untuk jawaban yang salah, jadi tebaklah meskipun Hunters tidak yakin.

Rekomendasi Tes TOEFL iBT Termurah

Hunters tidak perlu kebingungan untuk mendapatkan layanan tes TOEFL iBT baik jenis TOEFL iBT Prediction Test, TOEFL iBT Preparation Test, ataupun TOEFL iBT Official Test yang termurah dan terbaik. Hunters bisa melirik jasa layanan tes dari Schoters! Melalui jasa Schoters, segudang keuntungan akan Hunters dapatkan di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Layanan tes yang aman, mudah, dan tepercaya;
  2. Bersertifikat resmi dari lembaga tes;
  3. Mendapat umpan balik pembahasan dari tutor;
  4. Metode pembayaran yang beragam;
  5. Bisa memilih ketersediaan slot waktu tes sesuai kebutuhan;
  6. Rekaman bimbingan virtual untuk TOEFL iBT Preparation Test;
  7. Akurasi kumpulan soal TOEFL iBT Prediction Test 90% mirip dengan Official Test;
  8. Ada banyak promo menarik berupa potongan harga!

 

Schoters telah berhasil membantu para scholarship hunters lebih dari 10.000++, sekarang giliran kamu yang menjadi pemegang slot beasiswa kampus selanjutnya! 

Nantikan artikel bahasan menarik lainnya dalam Blog Schoters, ya!