fbpx

6 Tips Persiapan Test GMAT Agar Dapat Hasil Maksimal!

Tips & Trik

Halo Hunters! Untuk kalian para pemburu gelar  Master atau Doktoral di bidang manajemen dan bisnis  pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu tes yang biasa dijadikan salah satu persyaratan untuk bisa diterima di kampus luar negeri yaitu test GMAT. Kali ini Schoters akan memberikan informasi terlengkap untuk Tes GMAT, mulai dari apa itu test GMAT hingga tips agar bisa mendapatkan nilai tes GMAT semaksimal mungkin! Simak dengan baik ya, Hunters!

Baca Juga: Yuk Prediksi Skor Tes IELTS-mu di Schoters!

Mengenal Test GMAT

Graduate Management Admission Test atau biasa disingkat GMAT merupakan tes standarisasi khusus program Master dan Doktoral di bidang manajemen dan bisnis. Tes GMAT digunakan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan calon mahasiswa dalam menganalisa informasi yang bersifat kuantitatif serta seberapa jauh dalam memahami bacaan-bacaan yang rumit. Skala Nilai GMAT memiliki rentang nilai dari 200-800. Secara umum, universitas-universitas  di dunia tidak pernah mematokkan skor minimal untuk tes GMAT sendiri. Namun, akan lebih baik jika Hunters mempersiapkan nilai skor semaksimal mungkin untuk meningkatkan tingkat kesempatan lolos di universitas yang Hunters inginkan.

Jenis Soal Test GMAT

Soal Test GMAT terbagi menjadi 4, yaitu:

    • Analytical Writing Assesment
    • Integrated Reasoning
    • Verbal Reasoning
    • Quantitative Reasoning

Pada tes bagian Analytical Writing Assesment, Hunters akan  menganalisis alasan di balik beberapa argumen yang diberikan dan kita diharapkan dapat memberikan kritik terhadap argumen tersebut. 

Notes : Waktu pengerjaan Tes GMAT umumnya adalah 3 Jam 30 Menit 

 

Tips Lolos Test GMAT 

1. Buat Study Plan dari sekarang

Test GMAT adalah salah satu tes yang biasa menjadi persyaratan untuk melanjutkan studi Master Business Administration. Persiapan pendaftaran kuliah ke luar negeri tidak hanya tes GMAT saj, kalian juga perlu menyiapkan dokumen lainnya seperti surat rekomendasi, esai pribadi, CV, dan lain-lain. Oleh sebab itu, penting untuk membuat study plan yang terstruktur sehingga jam belajar untuk persiapan tes GMAT juga dapat maksimal. Jadi, jangan sampai terlena dengan hanya mempersiapkan tes GMAT saja ya, hunters!

2. Identifikasi kelemahan diri sendiri dalam menghadapi tes GMAT 

Mengetahui kelemahan diri adalah fondasi awal untuk mulai belajar untuk tes GMAT. Ketika mengetahui kelemahan maka akan mudah untuk mengidentifikasi titik kuat dan titik lemah. Pelajari lebih dalam lagi materi yang menurut Hunters cukup lemah dan perkuat materi yang Hunters yakin sudah cukup yakin di materi tersebut. Dengan begitu, hunters akan lebih matang untuk menghadapi semua soal tes GMAT.

3. Mengasah diri dengan soal GMAT yang bervariasi

Soal tes GMAT sangat bervariasi mulai dari yang paling umum hingga khusus. Jika hunters mempelajari test GMAT dari berbagai varian soal, secara tidak langsung hunters akan mengetahui pola pertanyaan yang akan sering keluar di tes GMAT.

4. Mengerjakan Soal Test Matematika dengan Strategi

Pada bagian tes matematika/ kuantitatif, sudah sangat umum jika Hunters harus mengerjakan dengan strategi. Salah satunya strategi yang tepat adalah dengan sistem melihat jawaban terlebih dahulu. Contohnya adalah ketika Hunters menemukan jenis soal persamaan, Hunters dapat mencoba dengan melihat jawaban terlebih dahulu lalu cocokkan jawaban dengan soal yang ditanyakan.

5. Membuat kerangka terlebih dahulu untuk bagian Esai

Sangat disarankan untuk membuat kerangka tulisan terlebih dahulu ketika ingin mengerjakan soal pada bagian essai. Caranya adalah dengan menulis di kertas coret-coretan yang akan diberikan pada saat tes GMAT. Tujuan membuat kerangka terlebih dahulu untuk mempermudah Hunters mengingat poin penting yang akan diisi pada saat soal essai.

6. Gunakan proses eliminasi pada ujian GMAT

Selain dari strategi melihat jawaban, strategi lainnya adalah proses eliminasi. Jawaban yang sekiranya tidak benar dapat dieliminasi terlebih dahulu lalu akan terlihat pilihan jawaban yang lebih sedikit dan memperbesar kemungkinan jawaban akan benar.

 

Persiapan Test GMAT

Setelah Schoters memberikan tips lolos tes GMAT diatas, kurang lengkap rasanya jika tidak menjelaskan apa saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi tes GMAT. Yuk cek penjelasan dibawah ini!

1. Belajar dengan rutin

Belajar yang maksimal adalah mengedepankan kualitas dibanding kuantitas. Luangkan waktu 2-3 jam per hari namun konsisten sehingga Hunters dapat terbiasa mengerjakan latihan soal tes GMAT.

2. Mencari Tutor dan Daftar Bimbingan Persiapan GMAT

Belajar Tes GMAT sendiri memang bisa-bisa saja, namun kalau dengan Tutor akan lebih terarah dan pastinya akan maksimal. Schoters sarankan agar Hunters  mencari tutor yang bukan cuma dapat mengerjakan soal GMAT namun juga berpengalaman pernah mengikuti test GMAT, ya! 

Jika Hunters bingung mencari tutor yang dapat membantu proses belajar tes GMAT, kalian bisa mengikuti bimbingan Persiapan GMAT bersama Schoters, lho.

Berikut informasi lengkap dari Bimbingan Persiapan GMAT di Schoters :

  • Bimbingan secara privat (1on1) online via google meet
  • Bimbingan akan dilaksanakan pada waktu yang disepakati antara student dan tutor
  • Bimbingan dapat dilaksanakan dengan total durasi sesuai paket yang dipilih (20 jam, 40 jam, 60 jam), dalam kurun waktu mulai dari pertemuan pertama dilaksanakan (disepakati antara student dan tutor).
  • Kurikulum menyesuaikan dengan target skor yang dibutuhkan oleh Hunters

Selain itu, cakupan layanan Persiapan GMAT di Schoters pun sangat menguntungkan Hunters, lho!

  • Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar akan dilaksanakan secara online dengan total durasi sesuai dengan paket yang telah dipilih oleh Hunters 

  • Buku Pembelajaran

Hunters sudah pasti akan mendapatkan buku untuk menunjang KBM juga lho!

  • Practice Test

Pada bahasan tips lolos  tes GMAT diatas, sudah tertulis bahwa latihan soal akan mengasah diri untuk memperoleh skor maksimal pada test GMAT. Pas banget nih, dengan mengikuti bimbingan GMAT di Schoters, Hunters akan mendapatkan soal-soal latihan yang tentunya akan meningkatkan kemampuan Hunters dalam menghadapi ujian GMAT nantinya.

———————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————

Schoters adalah platform bimbingan persiapan beasiswa dan kuliah ke luar negeri terlengkap di Indonesia. Kami menyediakan layanan konsultasi persiapan beasiswa luar negeri, bimbingan bahasa asing, prediction test, penerjemah bahasa asing, dan lainnya.

Jika Hunters tertarik untuk mendapatkan layanan tersebut, segera konsultasikan dengan mentor experts Schoters yuk atau langsung klik banner di bawah ini. Selain itu, kalau Hunters  ingin tahu jadwal beasiswa lainnya, dapat cek di Kalender Beasiswa ya! Good luck Hunters!


test gmat - schoters

Pin It on Pinterest

Share This