fbpx

Test IELTS Itu Apa, Sih?

Tips & Trik

Halo, Hunters! Bagaimana persiapan study abroad kamu? Tahukah kamu kalau TOEFL maupun test IELTS menjadi salah satu persyaratan untuk study abroad? Tergantung dari beasiswa penyelenggara dan negaranya, entah itu TOEFL atau IELTS. Nah, kamu pastikan dulu ya tes apa yang kamu butuhkan. Mungkin kamu lebih familiar dengan yang namanya TOEFL, tapi apakah kamu tahu IELTS itu apa? Yuk, simak uraian di bawah ini untuk info lebih lengkapnya.

Definisi Lengkap mengenai Test IELTS

International English Language Testing System (IELTS) adalah sistem pengujian Bahasa Inggris internasional paling populer di dunia untuk tujuan studi, pekerjaan, dan imigrasi. IELTS sendiri diklasifikasikan menjadi dua jenis modul ujian, yaitu Modul Umum dan Modul Akademik.

Tipe Test IELTS

Ada 2 jenis tes IELTS

IELTS Academic: diikuti oleh mahasiswa yang ingin mendaftar program sarjana dan pascasarjana di universitas dan perguruan tinggi di negara-negara berBahasa Inggris

IELTS General Training: ditujukan bagi mereka yang melamar pendidikan menengah, profesional yang mencari pengalaman kerja, dan orang-orang yang ingin bermigrasi ke negara-negara seperti Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Inggris

Kamu bisa mengikuti IELTS Academic atau IELTS General Training, tergantung pada universitas atau perguruan tinggi tempat kamu mendaftar dan rencana kamu untuk masa depan.

          Baca Juga: Wawancara Beasiswa LPDP? Begini Tipsnya

Format Test IELTS

Kedua versi IELTS (Academic and General Training) mencakup tes listening, reading, writing dan speaking seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Listening – Tes Mendengarkan IELTS (30 menit)

kamu perlu mendengarkan empat rekaman dan kemudian menjawab pertanyaan yang diajukan. Rekaman dalam suara penutur asli Bahasa Inggris dan durasi tes adalah 30 menit.

Reading – Tes Membaca IELTS (60 menit)

Komponen Tes Membaca terdiri dari 40 soal. Berbagai jenis pertanyaan digunakan untuk menguji keterampilan membaca yang berbeda. Ini termasuk mencari pesan tersirat, gagasan utama, membaca cepat secara umum, dan mengetahui pendapat, sikap, dan niat penulis teks.

Writing – Tes Menulis IELTS (60 menit)

Dalam tes menulis IELTS kamu harus melakukan dua tugas. Topik penulisan umum sesuai dengan jenis modul yang kamu ambil.

Speaking – Tes Berbicara IELTS (11-14 menit)

Tes berbicara IELTS akan menilai kemampuan kamu berbicara Bahasa Inggris secara lisan. Tes dicatat dan dilakukan dalam dua bagian.

Nah, sekarang kamu sudah tahu format apa saja yang akan diberikan. Sebelum memulai tes yang sesungguhnya, ada baiknya jika kamu simulasi terlebih dahulu di sini.

Daftar Penyelenggara Test IELTS

  • IALF (Indonesia Australia Language Foundation)
  • IDP (International Development Program)
  • British Council Indonesia
  • SUN English
  • Central International Education
  • Sekolah Global Mandiri

Kalau kamu penasaran untuk tiap masing-masing penyelenggara tersebut, bisa kamu cek di sini, ya!

Biaya Test IELTS

Sebagai pelajar dari Indonesia, kamu harus membayar sekitar US$215 untuk IELTS General Education/Academic, US$270 untuk IELTS UKVI dan US$200 untuk IELTS Life Skills (dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan).

Mengapa Daftar Test IELTS Bersama Schoters?

  • Proses pendaftaran yang mudah dan metode pembayaran yang beragam
  • Sertifikat resmi IELTS dengan masa berlaku 2 tahun sejak diterbitkan
  • Pilihan jadwal tes beragam yang diadakan resmi oleh IDP, IALF, atau British Council

Nah, Hunters, sekarang kamu sudah paham apa itu IELTS dan hal-hal detil mengenainya. Sekarang, kalau kamu ingin mendapatkan pemahaman yang baik dalam mempersiapkan tes IELTS serta mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu, langsung saja ikut Sahabat IELTS Grouping di Schoters. Caranya gampang, langsung saja klik link di sini.

Tak hanya itu, Schoters pun mewadahi bagi kamu yang ingin mendapatkan program bundling all section IELTS dengan durasi yang singkat. Bingung program apa itu? Klik di sini untuk mengetahuinya.

 

Bingung kira-kira skor IELTS kamu akan berapa?  –>  Klik di sini untuk ikut IELTS Prediction test

Ingin daftar beasiswa, tapi bingung mulai dari mana?  –>  Di sini kamu bisa temukan solusinya.

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This