fbpx

Tips Beasiswa LPDP 2021: Apa yang Harus Dipersiapkan?

Info Beasiswa

Scholarship Hunters, kalian sudah siap untuk mendaftar beasiswa LPDP 2021 yang akan buka di bulan Mei 2021 ini belum? Beasiswa LPDP diberikan oleh Kementerian Keuangan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang mencakup gratis biaya kuliah dan biaya hidup per bulannya khusus untuk Warga Negara Indonesia.

Jika kamu berminat untuk melanjutkan kuliah di luar negeri untuk jenjang S1, S2, dan S3, fix beasiswa ini adalah pilihan yang terbaik. Yuk, simak pengalaman dari alumni beasiwa LPDP yang juga mentor di Schoters. Intip tips dan informasi proses seleksinya ya agar kesempatan lolos semakin besar!

Pengalaman Mendapat Beasiswa LPDP

Halo Hunters! Perkenalkan aku adalah alumni dari University of Glasgow, Inggris, yang telah menyelesaikan studi Master di program Physics: Advanced Materials. Aku berkesempatan kuliah di Inggris dengan beasiswa LPDP di tahun 2019. Aku mau berbagi informasi dulu nih soal proses seleksi dari beasiswa LPDP yang sudah aku lalui pada tahun itu.

Tahapan seleksinya lumayan banyak. Pertama ada seleksi documents screening. Di tahap ini kamu haru mengisi dokumen administrasi yang disyaratkan dari LPDP. Selanjutnya, peserta yang lolos akan mengikuti beberapa tes tulis, seperti tes potensi akademik, tes kepribadian, dan essay on the spot, dan lainnya. Kamu juga akan mengikuti tes wawancara serta LGD (Leaderless Group Discussion).

Dari semua pengalaman yang sudah aku lewati, pengalaman yang paling berkesan itu saat wawancara dan LGD sih. Aku harus berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan dari interviewer, bahkan aku sampai sering ngomong sendiri depan cermin. Pertanyaan yang ditanyakan pun beragam, mulai dari mengapa memilih program ini, topik penelitian yang akan diambil, sampai pertanyaan seperti kejadian sulit yang pernah kamu lalui dalam hidupmu.

Yang penting Hunters, harus siap dan percaya diri. Berikut tips-tips yang akan aku berikan agar kalian lolos beasiswa LPDP:

1. Teliti Saat Mengisi Persyaratan Seleksi Administratif

Screening dokumen adalah tahap awal dalam proses penyeleksian beasiswa LPDP ini. Alhasil, kamu harus teliti dalam mengisi dokumen yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat deadline. Persiapkan dokumen persyaratannya pun harus dari jauh-jauh hari karena beasiswa LPDP termasuk beasiswa yang syarat dokumen-dokumen nya cukup banyak.

2. Kuatkan Essay dan Rencana Studi

Kunci agar kamu lolos seleksi tahap administratif adalah essay yang bagus. Biasanya kamu akan disuruh membuat study plan/rencana studi yang jelas dan terarah. Tentukan program jurusan dan universitas yang kamu incar dengan mantap. Penulisan essay dan rencana studi pun tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa kaidah yang harus kalian ikuti dan pastikan essay kalian mempunyai bagian-bagian berikut:

  • Pembukaan
  • Isi
  • Penutup

Di bagian pembukaan kita bisa mulai dengan berbagai cara, misalnya menyajikan fakta.

Baca juga: Tips Menulis Essay untuk Beasiswa LPDP 2021

3. Tingkatkan Skor TOEFL dan IELTS

Sertifikat bahasa merupakan komponen penting yang wajib dilengkapi peserta beasiswa LPDP 2021. Tahun lalu, minimal skor yang ditetapkan LPDP untuk studi program magister di luar negeri, yaitu TOEFL iBT® 80; IELTS™ 6,5; TOEIC® 800; atau TOAFL 550. Pendaftar program doktoral luar negeri skor minimalnya TOEFL iBT® 94; IELTS™ 7,0; TOEIC® 850; atau TOAFL 550. Jika skormu masih kurang, segera tingkatkan ya dengan perbanyak latihan dan ikuti kembali tesnya. Kalian bisa juga mengikuti kelas persiapan tes bahasa Inggris di sini.

4. Jangan Termakan Hoax, Cari Informasi yang Benar

Dengan banyaknya informasi yang beredar, kalian juga harus pandai memilah-milah berita dan cari sumber yang jelas. Pastikan semua informasi yang kamu terima benar, kalau ragu silakan tanyakan langsung ke pihak LPDP atau cari mentor yang juga alumni dari beasiwa LPDP ini agar kalian bisa terus dibimbing dan update dengan informasi tersebut. Dengan begitu, kalian bisa tanya-tanya soal kelengkapan dokumen, cara penulisan rencana studi yang baik, dan lainnya.

5. Letter of Acceptance

Jika kalian mempunyai Letter of Acceptance (LoA) atau surat penerimaan di Universitas yang kalian incar maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini akan semakin lebih besar. LoA ini akan menjadi nilai plus untuk profilmu juga loh. Cara mendapatkan LoA ini pun beragam, cukup lihat di website kampus incaran masing-masing ya!

Baca Juga: Tips Membuat Motivation Letter untuk Beasiswa

Ingin cari tahu lebih dalam soal beasiswa LPDP 2021 dan dibimbing oleh mentor alumni beasiswa ini? Cek di sini ya! 

Pin It on Pinterest

Share This