8 Latihan dan Tips Hemat Saat Kuliah di Luar Negeri

Tahukah Hunters kalau kuliah di luar negeri bukan hanya tentang universitas dan beasiswa yang Hunters dapat? Untuk bertahan hidup di negara orang, Hunters perlu tahu strategi-strateginya salah satunya adalah masalah keuangan. Berikut 10 tips hemat saat kuliah di luar negeri yang bisa Hunters terapkan!

 

Selayang Pandang Tips Hemat Saat Kuliah di Luar Negeri

Sebenarnya biaya hidup di luar negeri sangat bervariasi tergantung pada negara dan kota yang Hunters tinggali. Berikut ini adalah beberapa komponen biaya hidup secara umum yang harus Hunters pikirkan:

1. Akomodasi atau tempat tinggal

2. Makanan dan minum

3. Transportasi

4. Pendidikan, mulai dari SPP, biaya buku, kegiatan lapangan dan lain sebagainya

5. Kesehatan, mulai dari asuransi, kunjungan dokter, obat dan lain sebagainya

6. Utilitas seperti listrik, air, gas, internet, telepon dan lain sebagainya

7. Keperluar pribadi

8. Hiburan dan kegiatan sosial

Penting untuk diingat bahwa biaya hidup di luar negeri dapat berubah dari waktu ke waktu dan berbeda di setiap negara. Jadi penting adanya untuk merencanakan anggaran yang sesuai sebelum berangkat ke luar negeri ya Hunters.

 

8 Tips Hemat saat Kuliah di Luar Negeri

Studi di luar negeri bisa menjadi pengalaman yang menarik, namun juga dapat memakan biaya yang tinggi. Berikut adalah 10 tips hemat yang dapat membantu Hunters saat kuliah di luar negeri:

1. Membuat perencanaan anggaran

Tips hemat saat kuliah di luar negeri yang paling penting adalah membuat perencanaan anggaran yang realistis. Rencanakan pengeluaran untuk biaya makan, transportasi, akomodasi, buku, dan keperluan pribadi lainnya. Mengontrol pengeluaran per bulannya akan membantu Hunters untuk tetap hemat sampai akhir bulan.

2. Mencari tempat tinggal yang terjangkau

Tips hemat saat kuliah di luar negeri selanjutnya adalah dengan mencari tempat tinggal yang terjangkau seperti asrama mahasiswa, rumah kos, atau apartemen bersama dengan teman sekamar. 

3. Memanfaatkan fasilitas kampus

Tips hemat saat kuliah di luar negeri yang paling cocok untuk para mahasiswa selanjutnya adalah dengan memaksimalkan fasilitas yang dimiliki oleh kampus. Banyak kampus menyediakan fasilitas gratis atau murah bagi mahasiswa, gym, perpustakaan, klub dan organisasi mahasiswa. Hunters bisa memanfaatkan fasilitas di atas untuk mengisi waktu luang dan mengurangi pengeluaran di luar kampus.

 

Baca Juga: 5 Negara dengan Biaya Hidup Paling Murah!

 

4. Menghemat biaya transportasi

Gunakan transportasi umum atau naik sepeda jika memungkinkan. Tips hemast saat kuliah di luar negeri ini akan sangat membantu daripada mengandalkan taksi atau kendaraan pribadi. Hunters  juga dapat membeli  kartu transportasi dengan diskon atau paket harian/mingguan/bulanan yang lebih murah.

5. Belanja secara cermat

Tips hemat saat kuliah di luar negeri yang membutuhkan latihan adalah belanja dengan cermat. Bandingkan harga barang-barang sebelum membeli, gunakan diskon mahasiswa jika tersedia, dan pertimbangkan untuk membeli barang bekas atau digunakan jika memungkinkan. Juga, hindari makan di luar terlalu sering dan cobalah memasak makanan sendiri untuk menghemat biaya makanan.

6. Bekerja part-time

Jika memungkinkan, Hunters juga bisa mencoba untuk bekerja paruh waktu agar menambah uang saku sekaligus mendapatkan pengalaman berbeda selama kuliah di luar negeri.

7. Jaga kesehatan

Beberapa negara memiliki biaya kesehatan yang tinggi. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dengan menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin ya Hunters.

8. Cari beasiswa untuk tips hemat saat kuliah di luar negeri

Tips hemat saat kuliah di luar negeri lainnya adalah berusaha untuk mendapatkan beasiswa sebanyak mungkin sebelum berangkat. Ada banyak program beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa internasional. Cari tahu persyaratan dan tenggat waktu aplikasinya, dan ajukan sebanyak yang Hunters bisa.

 

Baca Juga: Wajib Riset Mengenai Rincian Biaya Kuliah di Luar Negeri, Contohnya Singapura!

 

Rekomendasi Bimbingan Beasiswa dan Tips Hemat Saat Kuliah di Luar Negeri 

Ingin dapat lebih banyak tips hemat saat kuliah di luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap

tips hemat saat kuliah di luar negeri