Simak Tips Kuliah di Stanford University ala Maudy Ayunda

Kalau kamu tertarik kuliah dan sukses menyelesaikan studi di Stanford University seperti Maudy Ayunda, ada beberapa tips kuliah di Stanford University ala Maudy Ayunda yang perlu kamu ketahui. Seperti apa tipsnya? Simak ulasan lengkap tentang tips kuliah di Stanford University ala Maudy Ayunda di bawah ini.

Maudy Ayunda adalah artis dan penyanyi kenamaan Indonesia yang tidak hanya memiliki karier yang cemerlang di dunia seni namun juga aktif di dunia sosial, politik dan ekonomi Indonesia. Artis yang pernah ditunjuk untuk menjadi juru bicara Pemerintah Indonesia untuk presidensi KTT G20 di Bali pada bulan November 2022 juga terkenal tidak pernah melupakan pendidikan saat membangun karier di dunia hiburan. Hal ini bisa dilihat dari riwayat pendidikan Maudy yang tidak sembarangan, mulai dari Oxford University di Inggris di jenjang Sarjana hingga Stanford University di Amerika Serikat.

 

Overview Stanford University

Stanford University adalah salah satu universitas terbaik dunia yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Pada tahun 2023, salah satu universitas terbesar di Amerika Serikat ini berhasil menduduki peringkat ke-3 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh QS. Stanford University terutama terkenal dengan program science, technology, engineering dan mathematics (STEM) yang menjadi andalan utama universitas dan telah menghasilkan banyak teknologi yang kini digunakan di seluruh dunia. Tidak hanya itu, Stanford University juga memiliki andil besar dalam mengembangkan Silicon Valley, sebuah area penting di utara California yang kini menjadi pusat perkembangan teknologi dunia.

 

Maudy Ayunda di Stanford University

Di Stanford University, Maudy mengambil jurusan administrasi bisnis sekaligus jurusan pendidikan yang merupakan passion Maudy sejak awal. Setelah selesai menempuh studi dalam kurun waktu 2 (dua) tahun, Maudy lalu lulus dengan 2 (dua) gelar sekaligus (joint degree) MA/MBA in Education and Business Administration. Hebatnya lagi, Maudy menyelesaikan studinya menggunakan beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia.    

 

Baca Juga: Simak Beasiswa untuk Studi di Stanford University

 

5 Tips Kuliah di Stanford University ala Maudy Ayunda  

Tentu saja, menjadi mahasiswa di salah satu universitas terbaik di dunia tidaklah mudah. Apa saja yang perlu kamu lakukan agar dapat menyelesaikan studi dengan baik? Simak beberapa tips kuliah di Stanford University ala Maudy Ayunda berikut ini. 

1. Memahami Konsep

Saat kuliah, kamu biasanya akan berhadapan dengan banyak materi yang harus dipelajari. Dibandingkan menghafal, memahami konsep atau inti dari masing-masing materi tadi adalah strategi yang lebih efektif untuk membantu kamu mengingat materi kuliah.

2. Menulis Untuk Membantu Belajar Lebih Mudah

Menulis untuk membantu mengingat materi pelajaran dengan lebih mudah. Banyak penelitian sudah menunjukkan bahwa menulis di atas kertas membuat otak bekerja lebih banyak ketimbang menghafal seperti biasa, sehingga kita juga bisa mengingat lebih mudah.

3. Membaca Buku

Tentu saja, tips kuliah di Stanford University ala Maudy yang tidak boleh ketinggalan adalah rajin membaca buku untuk membuka wawasan dan menambah ilmu pengetahuan. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kebiasaan membaca buku tidak sedikit, loh. Selain membantu kamu saat belajar, membaca buku juga bisa membantu kamu mengasah kemampuan bahasa asing, meningkatkan fokus hingga menambah kreativitas. Saking senangnya membaca, Maudy bahkan menjadikan perpustakaan sebagai rumah keduanya.

Kalau kamu tidak tertarik membaca buku, kamu juga mendapatkan informasi berguna dari internet dan berbagai media sosial lainnya. Tentu saja, kamu harus pintar-pintar memilih bacaan yang kamu temukan di internet.

4. Bersikap Adaptif dan Fleksibel Dengan Lingkungan Sekitar

Saat kuliah, belajar sendirian barangkali bukan metode paling efektif untuk mendapatkan hasil maksimal. Maudy sendiri menyarankan untuk banyak bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar saat menempuh studi. Selain mendapatkan teman baru yang bisa kamu ajak bertukar pikiran, kamu juga membangun network yang berguna di masa depan nantinya.

5. Menjaga Study–Life Balance

Disiplin dan fokus belajar adalah salah satu kunci sukses saat melanjutkan studi di perguruan tinggi. Meskipun demikian, kamu juga bisa tetap meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu suka di luar jam belajar, seperti Maudy Ayunda yang tetap menyisihkan waktu untuk bermusik. Kehidupan yang seimbang antara belajar dan hobi akan membuat pikiran kamu lebih tenang dan mengurangi stress sehingga kamu juga bisa lebih konsentrasi saat belajar nantinya. 

 

Baca Juga: Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Maudy Ayunda!

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Stanford University

Ingin lolos masuk ke Stanford University seperti Maudy Ayunda? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Stanford University? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

tips kuliah di Stanford University ala Maudy Ayunda