6 Tips Lolos Beasiswa AAS: Dijamin Lolos!

Kalau kamu berminat melanjutkan pendidikan tinggi jenjang S2 dan S3 di berbagai universitas di Australia namun khawatir dengan kendala biaya, kamu mungkin bisa mencoba mendaftar Australia Awards Scholarship (AAS).

Sebuah program beasiswa yang dibuka setiap tahunnya oleh Pemerintah Australia untuk semua pelajar internasional yang ingin kuliah di jenjang pascasarjana di Australia. Beasiswa AAS termasuk beasiswa yang paling kompetitif mengingat jumlah peminatnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Jadi apa saja hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesempatan kamu diterima di program beasiswa ini? Simak berbagai tips lolos beasiswa AAS yang bisa kamu coba di bawah ini.

 

Overview Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia sejak tahun 1953 kepada berbagai negara di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. 

Beasiswa ini dibuka untuk seluruh calon mahasiswa di jenjang pascasarjana, baik Master maupun Doktoral, tanpa batasan usia. Meskipun demikian, untuk mendorong pemerataan sasaran beasiswa, AAS juga mendorong pendaftar dari Kelompok Sasaran Pemerataan (Equity Target Groups) yang terdiri dari dan masyarakat dari Provinsi sasaran pemerataan, penyandang disabilitas dan perempuan kelompok rentan.

Beasiswa AAS juga termasuk kategori beasiswa fully funded yang mencakup beberapa komponen pembiayaan sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah yang diperlukan selama durasi studi
  2. Biaya pelatihan persiapan pra-keberangkatan ke Australia
  3. Biaya penerbangan
  4. Uang saku selama durasi studi
  5. Biaya asuransi kesehatan
  6. Biaya visa pelajar
  7. Biaya lainnya yang diperlukan

 

Tips lolos beasiswa AAS

Beberapa tips lolos beasiswa AAS yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Bacalah Persyaratan Secara Lengkap

Sama seperti program beasiswa lainnya, program beasiswa AAS juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk meningkatkan kemungkinan untuk diterima ke dalam beasiswa ini, pastikan kalau kamu sudah memenuhi semua syarat yang telah ditentukan oleh AAS.

2. Pastikan kamu memiliki dokumen pendukung yang dibutuhkan

AAS juga meminta pendaftar untuk memasukkan beberapa dokumen pendukung ke dalam portal pendaftaran secara lengkap agar dapat dipertimbangkan untuk menerima beasiswa, jadi pastikan kamu sudah menyiapkan dengan baik dokumen pendukung yang dibutuhkan, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

3. Pastikan kamu sudah memilih bidang studi prioritas untuk AAS

Setiap tahunnya, AAS menentukan bidang studi yang menjadi prioritas bagi pendaftar program beasiswa AAS. Pastikan kamu sudah memilih bidang studi prioritas yang sesuai dengan ketentuan AAS. Untuk pendaftaran AAS tahun 2023, bidang studi prioritas yang dibuka untuk program beasiswa ini adalah bidang studi yang berhubungan langsung dengan Covid 19 Development Response Plan, yaitu :

  1. Ketahanan Kesehatan
  2. Stabilitas
  3. Pemulihan Ekonomi

4. Pilih kampus tujuan yang sesuai dengan minat 

Beasiswa AAS menyerahkan pilihan kampus tujuan kepada pendaftar beasiswa sehingga kamu harus menentukan terlebih dahulu pilihan kamu sebelum memasukkan aplikasi. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan bidang studi prioritas yang telah ditentukan AAS.

5. Perhatikan tenggang waktu 

Perhatikan batas waktu penyampaian beasiswa AAS yang tercantum dalam website Australia Awards Scholarship. Catat waktu dan tanggal penting yang perlu kamu ketahui sehingga kamu tidak ketinggalan dalam proses seleksi. 

6. Isi formulir dengan lengkap

Saat pendaftaran, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Isi formulir tersebut dengan lengkap, jangan sampai ada yang terlewatkan. 

 

Rekomendasi bimbingan lolos beasiswa AAS  

Ingin berhasil lolos Beasiswa AAS? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswa AAS kamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat lolos beasiswa AAS? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)