Jadwal, Biaya, dan Tips Lolos Ujian HSK

Ujian HSK atau Hanyu Shuiping Kaoshi adalah ujian resmi yang dirancang oleh organisasi Hanban di Tiongkok untuk menguji kemampuan orang asing dalam berbahasa Mandarin. Nah siapa Hunters yang ingin mengikuti tes HSK? Yuk simak dulu infonya agar lebih matang persiapannya.

Tingkat kesulitan HSK

Level

Kosakata

Soal Ujian HSK

HSK 1

150

20 listening 20 reading

HSK 2

300

35 listening 25 reading

HSK 3

600

40 listening 30 reading 10 writing

HSK 4

1200

40 listening 40 reading 15 writing

HSK 5

2500

45 listening 45 reading 10 writing

HSK 6

5000

50 listening 50 reading 1 writing

  1. Lulus HSK 1 – Mengenal dasar dan pengucapan Mandarin serta percakapan singkat dalam beberapa situasi.
  2. Lulus HSK 2 – Mampu menggunakan Mandarin dalam percakapan dalam situasi umum.
  3. Lulus HSK 3 – Mampu menggunakan Mandarin dalam percakapan sehari-hari. Dibutuhkan untuk tinggal di Tiongkok.
  4. Lulus HSK 4 – Mampu menggunakan Mandarin dalam percakapan dengan native dalam situasi formal maupun non-formal. Dibutuhkan untuk bekerja di Tiongkok.
  5. Lulus HSK 5 – Menguasai Mandarin secara lisan dan tulisan. Mampu membaca koran dan majalah. Dibutuhkan untuk kuliah di Tiongkok.
  6. Lulus HSK 6 – Menguasai Mandarin pada level tertinggi seperti seorang native, serta memahami budaya dan sejarah Tiongkok.

 

Baca Juga: Persiapan Makin Matang dengan Kursus Bahasa Mandarin

 

Biaya pendaftaran ujian HSK

Level

Biaya

HSK 1

Rp. 220.000

HSK 2

Rp. 280.000

HSK 3

Rp. 380.000

HSK 4

Rp. 480.000

HSK 5

Rp. 550.000

HSK 6

Rp. 650.000

Sertifikat ujian HSK

Sebagai standar yang diakui internasional, sertifikat HSK diperlukan untuk melanjutkan studi atau bekerja di perusahaan Tiongkok. Untuk mendapatkan beasiswa ke Tiongkok, pada umumnya memerlukan sertifikat HSK 3-5. Satu bulan setelah kamu mengikuti ujian, Hunters dapat melihat nilai secara online.

Kamu dinyatakan lulus jika total nilai mencapai 60% (120 poin untuk HSK 1-2 atau 180 poin untuk HSK 3-4). Nah dalam 2-3 bulan kamu akan menerima sertifikat HSK, yang berlaku hingga 2 tahun setelah tanggal ujian.

Cara pendaftaran ujian HSK

Hunters dapat mendaftar dengan cara menghubungi lokasi ujian. Kamu perlu membayar biaya ujian HSK dan mengirimkan scan identitas diri (KTP, paspor, atau kartu pelajar). Setelah terdaftar sebagai peserta ujian, kamu akan mendapatkan satu lembar kartu ujian.

Tips lolos ujian HSK

Kurangnya persiapan adalah alasan mengapa beberapa pelajar bahasa Mandarin gagal dalam ujian HSK, bahkan ketika mereka berpikir bahwa mereka sudah siap. Oleh karenanya, Hunters perlu menentukan langkah apa yang harus diambil untuk kelulusan tersebut.

1. Pahami HSK dan pastikan level mana yang harus diambil

Dapatkan gambaran umum tentang apa sebenarnya HSK dan silabusnya. Sebab ketika kamu sudah paham apa tujuannya, maka akan lebih mudah untuk merealisasikannya.

2. Buatlah rencana studi yang komprehensif

Setelah kamu terbiasa dengan struktur tes, saatnya untuk membuat rencana studi yang mencakup semua. Ini akan memberi kamu gambaran yang baik tentang bagaimana akan mempersiapkan diri untuk ujian. Ujian HSK umumnya berfokus pada keterampilan berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca, serta kosa kata dan tata bahasa.

3. Belajar kosakata dan tata bahasa

Ada daftar kosakata tertentu untuk setiap level. Flashcards adalah metode yang dicoba dan benar, seperti Pleco (sistem kartu dan kamus). Ada banyak sinonim dalam kosakata tingkat tinggi HSK, kamu dapat membeli beberapa buku tentang sinonim yang memberikan contoh dan penjelasan dalam bahasa Mandarin dan Inggris.

 

Baca Juga: Kursus Bahasa Mandarin Untuk Pemula, Cek Info Selengkapnya!

 

4. Lakukan tes latihan sebanyak mungkin

Mengambil tes latihan HSK yang berjangka waktu sangat membantu untuk persiapan kamu, karena itu akan seperti mengikuti ujian yang sebenarnya. Selesaikan sebanyak mungkin latihan, periksa kembali jawaban kamu dan cari tahu penyebab kesalahannya.

5. Tingkatkan kemampuan mendengarkan setiap hari

Kebanyakan orang kurang terampil dalam mendengarkan dibandingkan dengan aspek pembelajaran bahasa lainnya. Untuk menjadi pendengar yang lebih baik, kamu harus rileks terlebih dahulu. Bacalah pertanyaan – pertanyaan pada ujian HSK untuk membantu kamu memahami bagian yang didengarkan. Ketika kamu mendengar beberapa kata yang tidak diketahui, jangan menghabiskan waktu lama untuk itu dan lewati saja.

6. Ikut kursus

Kursus akan membantu kamu dalam persiapan ujian, dan dengan terlibat dalam kelompok belajar, kamu akan mendapatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan kepercayaan diri.

Mengikuti ujian HSK, merupakan cara yang baik untuk mendapatkan bukti kemampuan bahasa Mandarin Hunters. Selain itu juga untuk mendorong kamu memperdalam pemahaman bahasa dan kemauan untuk terus belajar.

Rekomendasi bimbingan bahasa Mandarin di Schoters

Butuh bimbingan Bahasa Mandarin terpercaya? Join Kelas Bahasa Mandarin by Schoters. Konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)