fbpx

5 Tips Meyakinkan Orang Tua Kuliah ke Luar Negeri

Tips & Trik

Melanjutkan pendidikan tinggi adalah impian banyak orang. Apalagi berkuliah di negara tertentu, pastinya bisa jadi impian sebagian pelajar. Tapi sayangnya, tidak semua niat kuliah ke luar negeri ini bisa semudah membalikkan telapak tangan. Karena, Hunters tentu tahu kan, bahwa beberapa orang tua akan ragu melepas putra-putri mereka di negeri asing.

Pikiran semisal, “nanti anakku baik-baik saja tidak?”, “kalau sakit, nanti jauh tidak bisa jenguk,” tentu sering membuat orang tua ragu. Maka dari itu, Hunters perlu tahu nih, tips meyakinkan orang tua kuliah ke luar negeri!

Schoters spill triknya di bawah ini! Check it out!

 

1. Jelaskan alasan positif di balik rencana studimu

Hunters, jangan tergesa-tergesa ketika ingin kuliah ke luar negeri. Tips meyakinkan orang tua kuliah ke luar negeri ini akan sia-sia kalau kamu belum bisa memberi penjelasan ke orang tuamu.

Pada dasarnya, selalu ada alasan di balik rencana studi. Tentunya kamu pasti punya juga, kan? Nah, kalau begitu, langkah pertama yang harus kamu siapkan adalah memberi alasan ke orang tuamu.

Untuk membuat mereka yakin, kamu mesti menjelaskan alasan positif di balik tujuan kuliah ke luar negeri. Contohnya, kamu ingin mengembangkan jati diri, lebih mandiri, mengenal budaya baru, atau ingin belajar mengelola keuangan di negeri orang.

2. Tunjukkan keseriusanmu mendapatkan kampus impian di negara tujuan

Tips meyakinkan orang tua kuliah ke luar negeri tidak sesepele ketika mau pamit berangkat ke kampus yang masih satu kota atau satu negara. Kebanyakan orang tua bisa berpikir bahwa anaknya tidak serius. Bahkan, bisa jadi impianmu diasumsikan sebagai khayalan labil yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Oleh sebab itu, kamu harus realistis dan tunjukkan secara nyata terkait keseriusanmu kuliah ke luar negeri. Kamu bisa memperlihatkan keseriusanmu melalui usaha nyata, semisal kesungguhan menyiapkan dokumen, mengikuti bimbingan persiapan studi keluar negeri , belajar memperbaiki nilai akademik, atau menerangkan motivasimu ke orang tua. Siapa tahu, hati mereka tersentuh dengan kegigihan sang anak mengejar mimpinya!

 

kuliah ke luar negeri

Baca Juga: Cara Jitu Membuat Motivation Letter (Motlet) Untuk Daftar Beasiswa

3. Beri gambaran tentang kampus, lingkungan, dan negara tujuan

Biar orang tua tak salah paham, kamu punya PR untuk memahamkan mereka. Salah satu caranya, yaitu melalui riset. Sebelum menentukan negara dan kampus tujuan, kamu harus cari tahu seluk-beluk kehidupan di sana. Selain itu, pelajari juga lingkungan, budaya, bahkan kalau perlu gambarkan suasananya.

Setelah Hunters memiliki pengetahuan yang cukup terkait negara atau kampus tujuan, orang tua akan lebih yakin dan mantap kalau pilihan anaknya sudah tepat. Meninjau seluruh aspek kuliah ke luar negeri ini penting untuk kamu komunikasikan dengan menarik, ya. Kalau perlu, perlihatkan foto atau video lingkungan kampus atau gambaran domisilimu di negara tujuan. Selain itu, akan lebih ampuh apabila kamu sudah punya kenalan terpercaya di sana agar orang tua tidak terlalu khawatir anaknya sendirian atau hilang! Bagaimana pun juga, setua apa pun seorang anak, terkadang masih jadi anak kecil di mata orang tua, kan? Itulah poin penting yang harus kamu hadapi, Hunters!

4. Buktikan kalau kamu mampu dilepas ke luar negeri

Sederhananya, selama masih di dalam negeri, apakah kamu bahkan sanggup tidur sehari tanpa orang tua? Apakah kamu sudah terbiasa jadi anak kos? Atau sebaliknya, bahkan kamu sudah homesick saat beberapa jam meninggalkan rumah? Nah, yang tahu jawabannya tentu saja kamu sendiri, ya, Hunters.

Kesiapan dan kematangan merupakan aspek penting yang akan jadi bekal studimu di kampus luar negeri. Tips meyakinkan orang tua kuliah ke luar negeri ini hanya akan berhasil jika kamu berusaha merenung dan berubah lebih matang lewat aksi. Bukan hanya siap secara pendanaan, kamu pun perlu mental yang kuat. Setelah itu, buktikan ke orang tuamu! Cara ampuh yang bisa kamu coba antara lain lewat cara hidup mandiri, seperti mengelola waktu, mengatur uang, mengorganisasikan ruangan atau tempat tinggal, dan lainnya. Kelihatan simpel, bukan? Bagaimanapun juga,  dengan niat berubah sungguh-sungguh orang tua akan jadi lebih yakin deh kalau anaknya sudah cukup mandiri!

Baca juga: Cek Tips Menaikkan Skor IELTS!

5. Pamerkan keunggulan kampus tujuan dan peluang karir

Tak ada salahnya kamu pamer ke orang tua tentang universitas atau jurusan impianmu. Kamu pun dapat menunjukkan daftar alumni terkenal untuk menambah keyakinkan orang tua. Selain itu, hal tersebut juga akan memberi gambaran akan peluang karir yang bisa didapat jika lulus dari sana.

Sebagai orang tua, kesuksesan anak tentunya kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Maka dari itu, iming-imingi kesempatan sukses itu kalau kamu masuk dan kuliah ke kampus impianmu.

Pada intinya, tips meyakinkan orang tua kuliah ke luar negeri akan efektif kalau bisa dilakukan lewat aksi. So, Hunters, kalau mau yakinkan orang tua, jangan hanya kasih mereka janji, ya! Kamu mesti bertanggung jawab dan pahami konsekuensi atas pilihanmu. Lalu, kalau sudah mantap, gas deh kuliah ke luar negeri! Nah, biar lebih well-prepared rencana belajar ke luar negerinya, kamu bisa coba ikut webinar free dari Schoters, lho. Untuk jadwal kelas, bisa tanya lewat chat ya, Hunters!

Mau tahu trik ampuh agar dapat beasiswa kuliah luar negeri? –> Segera konsultasi persiapan beasiswa dengan mentor experts kami.

Ingin tahu tahu jadwal beasiswa bulanan ke luar negeri? –> Langsung kulik Kalender Beasiswa Schoters.

meyakinkan orang tua kuliah ke luar negeri

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This