7 Tips Meyakinkan Orang Tua untuk Kuliah ke Luar Negeri

Kuliah di Luar Negeri, 11 Nov 2022

Meski terdengar sepele dan tidak lebih penting dari persiapan IELTS/TOEFL dan membuat personal statement, mendapatkan restu dari keluarga merupakan hal yang penting. Bagi kamu yang sedang berjuang untuk mendapatkan beasiswa tapi terhalang restu, berikut Schoters berikan 7 tips meyakinkan orang tua untuk kuliah ke luar negeri.

1. Bicarakan Tentang Manfaat Pendidikan di Luar Negeri

Seperti yang kita tahu, fasilitas, kualitas dan jaringan pendidikan di Indonesia tidak sama dengan luar negeri. Untuk itu bicarakan dan berikan pemahaman kepada orang tuamu tentang manfaat sekolah di luar negeri. Tips meyakinkan orang tua untuk kuliah ke luar negeri ini bertujuan agar mereka memiliki satu pandangan denganmu dan menjadikan pendidikan sebagai bentuk investasi masa depanmu. 

2. Tekankan Tentang Dampaknya pada Karir di Masa Depan

Hampir berhubungan dengan tips meyakinkan orang tua untuk kuliah ke luar negeri di atas, jika orang tuamu masih kurang percaya coba kamu tekankan tentang dampaknya pada karir impianmu ke depannya.

Kamu bisa menjelaskan dari segi pekerjaan yang lebih luas dan gaji yang lebih besar jika kamu bersekolah di luar negeri. Terlebih dengan jaringan yang sudah kamu dapat di sana. 

3. Berikan Contoh Teman atau Keluarga yang Pernah Kuliah ke Luar Negeri

Jika kamu masih belum mendapatkan kepercayaan sepenuhnya dari mereka dari 3 tips meyakinkan orang tua untuk kuliah ke luar negeri kamu bisa memberikan contoh teman atau keluarga yang pernah kuliah ke luar negeri. Kamu bisa meminta testimoni dari mereka untuk lebih bisa meyakinkan orang tuamu.

            Baca juga: Informasi Beasiswa Kuliah dan Tips Mendapatkannya

4. Buat Financial Planning 

Tips meyakinkan orang tua untuk kuliah ke luar negeri lainnya adalah memberi tahu tentang persiapan kamu selama tinggal, salah satunya adalah dengan financial planning. Dengan mempersiapkan hal-hal krisis seperti ini, kamu sekaligus bisa menanamkan kepercayaan orang tua untuk keputusanmu.

5. Yakinkan Mereka Tentang Keselamatanmu

Selain financial planning kamu juga bisa meyakinkan keselamatanmu kepada orang tua. Tips meyakinkan orang tua untuk kuliah ke luar negeri ini bisa digunakan terlebih bagi kamu yang menggunakan beasiswa. Karena biasanya mereka sudah mencantumkan asuransi kesehatan atau perjalanan sebagai manfaat beasiswa mereka. 

6. Tunjukkan Bahwa Kamu Serius dan Bertanggung Jawab dengan Pilihanmu

Melalui persiapan yang sudah siapkan, tunjukkan bahwa kamu serius dan bertanggung jawab terhadap pilihanmu. Tunjukkan pada mereka kalau kamu sudah siap dengan segala skenario. 

7. Janjikan kalau Kamu akan Terus Berhubungan dengan Keluarga 

Selain itu, janji kalau kamu akan terus menghubungi keluarga di rumah walaupun dengan jarak yang jauh dan zona waktu yang berbeda. Atau kamu bisa menjadwalkan untuk saling telpon 1 hingga 2 kali seminggu dengan keluarga di rumah.

Berikut beberapa tips meyakinkan orang tua untuk kuliah ke luar negeri. Untuk lebih mematangkan persiapanmu, kamu bisa ikut program konseling persiapan beasiswa Schoters di bawah ini!

     Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

Konsultasikan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.

tips meyakinkan orang tua untuk kuliah ke luar negeri