Tips Sukses Speaking IELTS agar Nilai Melesat Tinggi

bahasa inggris, 25 Okt 2022

Siapa yang tidak tahu tes IELTS? International English Language Testing System (IELTS) adalah sistem tes bahasa Inggris internasional yang terpopuler di dunia untuk keperluan studi, bekerja, dan imigrasi. IELTS menguji empat keterampilan berbahasa loh Hunters, yaitu mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking).

Jika Hunters mengikuti tes IELTS, di hari pertama peserta akan mengikuti tes listening, reading dan writing pada hari yang sama secara bertahap, tanpa jeda di antaranya. Namun, tidak seperti bagian listening, reading, dan writing, speaking section dapat diselesaikan setelah mengikuti tes lainnya secara terpisah. Speaking section berdurasi 11-14 menit dan terdiri dari wawancara lisan antara pengambil tes dan penguji.

Tes ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Pendahuluan dan wawancara (4 - 5 menit)
    Penguji akan mengajukan pertanyaan tentang dirimu, serta pertanyaan umum tentang topik yang umum seperti rumah, keluarga, pekerjaan, studi, dan minat kamu.
  • Long turn (3-4  menit, termasuk waktu persiapan)
    Penguji akan memberi kartu tugas untuk mendiskusikan topik tertentu. Hunters memiliki waktu satu menit untuk mempersiapkannya dan dua menit untuk berbicara. Penguji kemudian akan menanyakan satu atau dua pertanyaan lanjutan. Topiknya bersifat umum, dan akan meminta kamu untuk menceritakan sebuah cerita tentang diri kamu.
  • Diskusi (4-5 menit)
    Penguji akan menanyakan pertanyaan lebih lanjut tentang topik dari bagian dua. Ini adalah kesempatan Hunters untuk mengembangkan pemikiran dan memperkenalkan lebih banyak ide abstrak ke dalam percakapan.

             Baca juga: 7 Manfaat Penting Kursus Bahasa Inggris

Tips Ujian Speaking IELTS

Oleh karena terstruktur seperti wawancara, tes speaking membuat stres bagi banyak peserta. Nah, di bawah ini ada beberapa tips tes speaking IELTS untuk Hunters, agar menjadi yang terbaik dalam tes IELTS!

  1. Pilih teman belajar yang baik

    Sebelum mengambil tes IELTS speaking, ada baiknya jika kamu berlatih dengan seseorang yang juga berbicara bahasa Inggris di level yang lebih tinggi. Hal ini untuk mengembangkan kemampuan berbicaramu. Akan tetapi, jangan memilih pasangan yang kemampuannya terlampau jauh di atas kamu, agar kamu tidak berkecil hati atau bahkan meragukan kemampuan kamu sendiri.
  2. Teliti dalam merespons pertanyaan

    Jangan menanggapi pertanyaan dengan satu kalimat pendek. Kembangkan jawaban dan gunakan struktur tata bahasa yang kompleks untuk menjaga pikiran tetap mengalir, seperti klausa bersyarat dan klausa waktu. Lebih baik menggunakan tata bahasa kompleks dengan beberapa kesalahan kata daripada kalimat pendek dan sederhana.
  3. Pengetahuan kamu tidak sedang diuji

    Salah satu hal tersulit dalam tes IELTS speaking adalah kamu tidak akan mengetahui topiknya. Meskipun benar, kamu dapat mempersiapkan topik umum, kamu tidak akan mengetahui pertanyaan persisnya sampai mendengarnya langsung dari penguji. Ada kemungkinan kamu akan diberi pertanyaan tentang topik yang tidak diketahui sama sekali. Meskipun ini bukan hal yang menyenangkan, tetapi apa yang kamu ketahui tentang topik tersebut tidak terlalu berpengaruh dalam speaking IELTS. Sebab, penguji lebih tertarik pada bagaimana kamu menjawab pertanyaan daripada apa yang kamu ketahui. Penguji ingin tahu bagaimana kamu mengembangkan jawaban, meskipun kurang memahami topiknya.
  4. Jangan takut menggunakan bahasa yang rumit

    Meskipun kamu mengetahui segala hal yang perlu diketahui tentang suatu topik, kamu tidak akan mencapai skor tinggi jika hanya menggunakan bahasa sederhana dalam jawaban kamu. Sebaliknya, semakin banyak kata benda dan ide abstrak yang digunakan dalam jawaban kamu, semakin besar peluang untuk mendapatkan skor tinggi. Sebab penguji ingin melihat kamu menggunakan kosakata tingkat lanjut.
  5. Perhatikan intonasi nada dan emosi dalam menjawab

    Berbicara dengan nada monoton hanya akan membuat kamu terlihat tidak berpengalaman dan dapat merusak skor. Sebaliknya, pikirkan bagaimana kamu akan mengekspresikan diri, jika menjawab dalam bahasa asli kamu, dan menerapkan perasaan yang sama ke dalam bahasa Inggris kamu. Selain itu, menjaga kecepatan berbicara dengan stabil dan konsisten akan membantu memastikan bahwa kamu koheren, dan meninggalkan kesan yang baik secara keseluruhan dengan penguji.
  6. Percaya diri

    Tes speaking bisa dibilang merupakan komponen IELTS yang paling menegangkan. Ini benar-benar normal dan tidak ada yang memalukan. Namun, meski kamu merasa cemas, penting untuk menunjukkan sikap percaya diri. Kesan pertama yang kuat dapat sangat membantu dalam membangun hubungan dengan penguji, jadi pastikan berpakaian rapi dan terlihat bersih. Lalu sapa penguji dengan senyuman dan jabat tangannya dengan tegas. Sikap percaya diri yang kamu tunjukkan menandakan bahwa kamu siap melewati proses ini.

Bagaimana Hunters, apakah kamu merasa lebih siap untuk menjalani tes speaking IELTS? Semangat Hunters!

       Baca juga: 9 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol untuk Pemula, Mudah!

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terpercaya

Mengingat pentingnya bahasa Inggris di era modern sekarang, sudah saatnya kamu meluangkan waktu untuk mempelajari dan menguasainya. Agar hasil belajarnya maksimal, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris yang berkualitas baik seperti Schoters. Apa pun keperluanmu, baik untuk kuliah di luar negeri, tes IELTS, hingga kebutuhan bisnis, tersedia kelas bahasa Inggris yang tepat untukmu di Schoters. 

Jika Hunters tertarik dengan kursus bahasa Inggris atau kelas bahasa asing lainnya di Schoters, silakan klik di sini.

tips speaking ielts