Tips Sukses Speaking IELTS agar Nilai Melesat Tinggi

Siapa yang tidak tahu tes IELTS? International English Language Testing System adalah sistem tes bahasa Inggris internasional yang terpopuler di dunia untuk keperluan studi, bekerja, dan imigrasi. IELTS menguji empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking).

Jika Hunters mengikuti tes IELTS, kamu akan mengerjakan tes listening, reading dan writing pada hari yang sama secara bertahap, tanpa jeda di antaranya. Sementara, speaking section dapat diselesaikan setelah mengikuti tes lainnya secara terpisah.

Bagian dalam Speaking IELTS

Ketika Hunters melakukan tes speaking IELTS, akan berlangsung dalam bentuk diskusi interaktif secara tatap muka bersama seorang penguji yang tersertifikasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baiknya kemampuan kamu berkomunikasi dengan bahasa Inggris lisan dalam situasi kehidupan nyata. Tes speaking dilakukan dalam durasi 11-14 menit dan terbagi atas tiga bagian, yaitu:

Tes ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Pendahuluan dan wawancara (4 – 5 menit)
    Penguji akan mengajukan pertanyaan tentang dirimu, serta pertanyaan umum tentang topik yang umum seperti rumah, keluarga, pekerjaan, studi, dan minat kamu.
  2. Long turn (3-4  menit, termasuk waktu persiapan)
    Kamu akan berbicara tentang sebuah topik. Topik ini tertera dalam sebuah kartu yang disebut juga IELTS Cue Card atau Candidate Task Card, dan dipilih oleh penguji. Setelah mempersiapkan diri selama satu menit penuh, kamu akan dipersilahkan berbicara selama sekitar satu sampai dua menit hingga penguji menyatakan cukup dan kamu bisa berhenti. Selanjutnya, kamu akan diberi beberapa pertanyaan tanggapan yang perlu dijawab.
  3. Diskusi (4-5 menit)
    Hunters akan mendiskusikan topik dari bagian 2 sebelumnya dengan penguji secara lebih rinci. Di sini kamu akan diberikan pertanyaan lebih lanjut untuk mengupas topik tersebut. Baik untuk modul tes IELTS Academic maupun untuk IELTS General Training, kamu akan menjalani tes speaking dengan format yang sama yaitu secara tatap muka dengan salah satu penguji IELTS tersertifikasi. Nah inilah kesempatan Hunters untuk mengembangkan pemikiran dan memperkenalkan lebih banyak ide abstrak ke dalam percakapan.

             Baca Juga : IELTS Official Test untuk Beasiswa dan Pekerjaan

Penilaian dalam Tes Speaking IELTS

Perlu diketahui, untuk mendapatkan nilai terbaik dalam IELTS speaking, kamu harus menampilkan seluruh kemampuan berbahasa. Berbicara dengan lancar, dengan tempo yang konsisten tanpa terbata – bata, percaya diri tanpa mengoreksi kesalahan, serta secara alami memakai intonasi dengan tepat, akan mencerminkan kamu layak mendapatkan nilai atau skor band yang cukup. Lebih dari itu, menggunakan diksi (vocabulary) dan idiom yang kaya, menata grammar, menggunakan struktur kalimat yang kompleks namun tetap efektif, merupakan hal yang mutlak dilakukan agar skor band Hunters dapat mencapai nilai tertinggi.

Poin-poin berikut sangat memengaruhi nilai akhir:

  1. Cara kamu mengutarakan opini dan informasi mengenai topik yang diberikan
  2. Panjang penyampaian jawaban
  3. Cara kamu mengorganisir pemikiran dan mengekspresikannya dengan jelas
  4. Cara kamu menganalisa, mendiskusikan dan mempertimbangkan topik-topik umum

Skor IELTS yang tergolong bagus berkisar diantara 6 hingga 9. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa persiapan sebelum melakukan tes sangatlah penting.

Tips Ujian Speaking IELTS

Oleh karena terstruktur seperti wawancara, tes speaking membuat stres bagi banyak peserta. Nah, di bawah ini ada beberapa tips tes speaking IELTS untuk Hunters, agar menjadi yang terbaik dalam tes IELTS!

1. Pilih teman belajar yang baik

Sebelum mengambil tes IELTS speaking, ada baiknya jika kamu berlatih dengan seseorang yang juga berbicara bahasa Inggris di level yang lebih tinggi. Hal ini untuk mengembangkan kemampuan berbicaramu. Akan tetapi, jangan memilih pasangan yang kemampuannya terlampau jauh di atas kamu, agar kamu tidak berkecil hati atau bahkan meragukan kemampuan kamu sendiri.

2. Bicara lebih banyak dari penguji

Meskipun IELTS membingkai tes berbicara sebagai percakapan antara kamu dan penguji, sebenarnya tidak demikian. Cara yang lebih baik untuk memikirkannya adalah bahwa kamu merupakan subjek wawancara. Penguji ada di sana untuk bertanya dan mendengarkan dengan saksama jawaban kamu.

3. Teliti dalam merespons pertanyaan

Jangan menanggapi pertanyaan dengan satu kalimat pendek. Kembangkan jawaban dan gunakan struktur tata bahasa yang kompleks untuk menjaga pikiran tetap mengalir, seperti klausa bersyarat dan klausa waktu. Lebih baik menggunakan tata bahasa kompleks dengan beberapa kesalahan kata daripada kalimat pendek dan sederhana.

 4. Anggap seperti sedang bercerita

Meskipun akan menjadi menarik jika jawaban dari pengalaman kamu sendiri, tidak ada aturan yang mengatakan bahwa harus mengatakan yang sebenarnya. Kamu hanya diminta untuk menceritakan sebuah cerita dengan bahasa. Buat sesuatu yang menarik, gunakan kosakata dan tata bahasa dengan teliti untuk melakukannya.

5. Pengetahuan kamu tidak sedang diuji

Salah satu hal tersulit dalam tes IELTS speaking adalah kamu tidak akan mengetahui topiknya. Meskipun benar, kamu dapat mempersiapkan topik umum, kamu tidak akan mengetahui pertanyaan persisnya sampai mendengarnya langsung dari penguji. Ada kemungkinan kamu akan diberi pertanyaan tentang topik yang tidak diketahui sama sekali. Meskipun ini bukan hal yang menyenangkan, tetapi apa yang kamu ketahui tentang topik tersebut tidak terlalu berpengaruh dalam speaking IELTS. Sebab, penguji lebih tertarik pada bagaimana kamu menjawab pertanyaan daripada apa yang kamu ketahui. Penguji ingin tahu bagaimana kamu mengembangkan jawaban, meskipun kurang memahami topiknya.

6. Jangan takut menggunakan bahasa yang rumit

Meskipun kamu mengetahui segala hal yang perlu diketahui tentang suatu topik, kamu tidak akan mencapai skor tinggi jika hanya menggunakan bahasa sederhana dalam jawaban kamu. Sebaliknya, semakin banyak kata benda dan ide abstrak yang digunakan dalam jawaban kamu, semakin besar peluang untuk mendapatkan skor tinggi. Sebab penguji ingin melihat kamu menggunakan kosakata tingkat lanjut.

7. Luangkan waktu untuk brainstorming

Sama seperti dalam wawancara kerja, tidak apa – apa meluangkan waktu untuk memikirkan pertanyaan sebelum memberikan tanggapan. Ini dapat membantu kamu untuk tidak bertele – tele. Jika kamu khawatir akan keheningan yang canggung, kamu selalu dapat memberi tahu penguji bahwa kamu perlu waktu untuk menenangkan pikiran.

8. Perhatikan intonasi nada dan emosi dalam menjawab

Berbicara dengan nada monoton hanya akan membuat kamu terlihat tidak berpengalaman dan dapat merusak skor. Sebaliknya, pikirkan bagaimana kamu akan mengekspresikan diri, jika menjawab dalam bahasa asli kamu, dan menerapkan perasaan yang sama ke dalam bahasa Inggris kamu. Selain itu, menjaga kecepatan berbicara dengan stabil dan konsisten akan membantu memastikan bahwa kamu koheren, dan meninggalkan kesan yang baik secara keseluruhan dengan penguji.

9. Percaya diri

Tes speaking bisa dibilang merupakan komponen IELTS yang paling menegangkan. Ini benar-benar normal dan tidak ada yang memalukan. Namun, meski kamu merasa cemas, penting untuk menunjukkan sikap percaya diri. Kesan pertama yang kuat dapat sangat membantu dalam membangun hubungan dengan penguji, jadi pastikan berpakaian rapi dan terlihat bersih. Lalu sapa penguji dengan senyuman dan jabat tangannya dengan tegas. Sikap percaya diri yang kamu tunjukkan menandakan bahwa kamu siap melewati proses ini.

10. Ikut kelas khusus persiapan IELTS

Pastikan kamu benar – benar siap menghadapi tes speaking IELTS. Walau merasa yakin sudah pandai berbahasa Inggris, peluang nilai tinggi akan meningkat jika mengikuti kelas persiapan intensif.

Bagaimana Hunters, apakah kamu merasa lebih siap untuk menjalani tes speaking IELTS? Semangat Hunters!

       Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Skor IELTS Speaking

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terpercaya

Mengingat pentingnya bahasa Inggris di era modern sekarang, sudah saatnya kamu meluangkan waktu untuk mempelajari dan menguasainya. Agar hasil belajarnya maksimal, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris yang berkualitas baik seperti Schoters. Apa pun keperluanmu, baik untuk kuliah di luar negeri, tes IELTS, hingga kebutuhan bisnis, tersedia kelas bahasa Inggris yang tepat untukmu di Schoters. 

Jika Hunters tertarik dengan kursus bahasa Inggris atau kelas bahasa asing lainnya di Schoters, silakan klik di sini.

tips speaking ielts