Tips Study Plan Beasiswa Anti Bingung dan Langkah Penulisannya

Tips & Trik, 14 Okt 2022

Membuat rencana belajar biasa dibutuhkan untuk beberapa beasiswa. Hal ini juga sering menjadi kebingungan untuk para Scholarship Hunter. Yuk belajar dengan Schoters dengan tips study plan beasiswa di bawah ini!

Apa itu Study Plan Beasiswa?

Sebelum kamu tahu lebih jauh tentang tips menulis study plan beasiswa, kamu harus tahu definisi dan tujuan utama dari dokumen ini. Meski tidak semua, beberapa beasiswa seperti GKS meminta kandidat untuk membuat perencanaan belajar.

Study plan atau rencana belajar adalah garis besar rencana belajar selama kamu kuliah. Meliputi apa saja yang akan kamu pelajari, tujuan kamu dalam mempelajari bidang studi tersebut dan bagaimana kamu akan mencapainya nanti. Sedangkan tips study plan beasiswa yang paling utama adalah untuk menyambungkan tujuan dan visi misi beasiswa. Lebih lengkapnya, ikuti tahapannya berikut ini!

Hal yang Harus Kamus Isi di Study Plan Beasiswa

Tips study plan beasiswa adalah kamu mengikuti format penulisan yang dikehendaki, mulai dari bahasa, layout, dan lain sebagainya. 

Kemudian, mulailah dengan menentukan tujuan studimu. Kamu bisa memulai dengan tujuan seperti mata kuliah yang mau diambil, menyelesaikan penelitian dengan subjek dan profesor tujuanmu, lulus tepat waktu, atau bahkan magang di lembaga tertentu selama kuliah. 

Setelah menjabarkan tujuan tersebut, kamu bisa menjabarkan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan tujuan tersebut. Contohnya seperti, mengikuti kelompok penelitian di kampus, mengikuti kegiatan volunteer, dan lain sebagainya. 

           Baca juga: 8 Tips Jitu Membuat CV untuk Beasiswa yang Baik

Lakukan Research di Study Plan Beasiswa

Setelah menentukan tujuan dan rencana kegiatan yang akan kamu lakukan selama masa studi, tips study plan beasiswa kedua adalah dengan melakukan penelitian yang mendalam tentang kampus, jurusan, dan mata kuliahmu.

Kamu bisa memulai dengan mencari tahu tentang profesor dan keahliannya, komunitas yang tersedia, proses belajar mengajar, silabus, dan lain sebagainya. Hingga kamu merasa mendapatkan gambar yang jelas tentang bagaimana kamu akan belajar nanti dan menjabarkannya pada study plan yang akan kamu buat.

Sambungkan dengan Visi Misi Beasiswa yang Kamu Tuju

Selain melakukan research tentang universitas, sambungkan tujuan belajarmu dengan visi misi beasiswa yang kamu tuju. Tips study plan beasiswa ini bisa sangat membantumu di tahap seleksi.

Hal yang bisa kamu lakukan seperti mencari tahu kerja sama antara Indonesia dengan negara atau lembaga pemberi beasiswa yang kamu tuju, bidang studi yang menjadi prioritas mereka, hingga mencari tahu tentang profil mahasiswa seperti apa saja yang mereka cari.

Setelah itu kamu bisa menambahkan penjelasan bagaimana hasil dari studimu bisa berguna bagi negara atau lembaga pemberi beasiswa tersebut. 

Selain mengikuti beberapa tips study plan beasiswa di atas, pastikan kamu juga menyiapkan dokumen lainnya sebelum deadline ya. Jika ternyata kamu masih bingung, Schoters punya jalan keluarnya. Klik link di bawah untuk informasi lebih lanjutnya!

           Baca juga: Top 20 Pertanyaan Umum Interview Beasiswa Beserta Jawabannya

Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri

Hunters, itu dia tips ampuh menulis study plan beasiswa luar negeri. Selain study plan, tentunya masih banyak hal yang perlu dipersiapkan secara matang agar bisa lolos beasiswa incaranmu, seperti CV, essay, dan lainnya. Butuh tips-tips persiapan dokumen beasiswa lain?  Ketahui langsung tips-tipsnya dari mentor expert Schoters.

Cara praktis untuk melengkapi berkas persyaratan juga bisa kamu dapatkan di berbagai layanan Schoters.

tips study plan beasiswa