10 Tips Menghadapi Tips Ujian TOPIK, Simak Informasi Lengkapnya!

Sebagian calon mahasiswa pasti punya ketertarikan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Banyak pelajar internasional seperti pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya terutama di Korea Selatan. Namun, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ialah sertifikat kecakapan bahasa Korea. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, pelajar harus mengikuti Test of Proficienci in Korean (TOPIK).

Pelaksanaan tes ini dilaksanakan oleh Institut Nasional Pendidikan Internasional di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan. Sertifikat ini dapat digunakan untuk mengikuti program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Korea Selatan, mendaftar berbagai universitas di Korea Selatan, melamar pekerjaan, mendapat sertifikasi pengajar bahasa Korea, dan mendapatkan izin tinggal permanen, serta visa kerja di Korea Selatan.

Mengikuti tes TOPIK ini tentu saja tidak mudah dan harus serius dalam mengerjakannya. Oleh karena itu, ada tips yang bisa membantu kamu agar lulus tes TOPIK:

 

1. Tips Ujian TOPIK Membaca Hangeul dengan Cepat dan Tepat

Hangeul merupakan huruf alpabet Korea. Dalam tes TOPIK, peserta akan diminta untuk membaca dan mendengar masing-masing soal yang telah disajikan dalam tes TOPIK. Jika ingin merasakan kemudahan dalam mengerjakan bagian tes membaca dan mendengar, kamu harus sering latihan membaca hangeul dan mengejanya satu persatu.

 

2. Tips Ujian TOPIK Menguasai Angka Korea

Angka Korea juga merupakan hal penting. Kamu perlu menghafal dan memahami masing-masing angka dalam bahasa Korea. Pada soal mendengarkan, angka Korea yang pertama kali akan muncul dalam tes TOPIK. Angka Korea terdiri dari Sino Korea dan Bilangan Asli Korea.

 

3. Tips Ujian TOPIK Memahami Tata Bahasa

Pertanyaan yang disajikan pada tes TOPIK tentu saja menggunakan banyak bahasa. Agar kamu mudah dalam mengerjakan tes ini, disarankan kamu harus memahami satu persatu kalimat awal dan kalimat akhir, kalimat yang menyatakan masa lampau dan masa sekarang, kalimat formal dan informal, dan sebagainya.

 

4. Tips Ujian TOPIK Mengingat Kosa Kata

Perbanyak menghafal berbagai macam kosa kata Korea, hal ini akan memudahkan kamu untuk mengerjakan soal tes TOPIK.

 

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cepat

 

5. Menganalisa Pertanyaan

Menganalisa pertanyaan memiliki peran penting saat mengerjakan tes. Kamu harus lebih bisa memahami pola dan pertanyaan yang sulit serta kosa kata yang digunakan.

 

6. Latihan Try Out TOPIK

Ketika kamu mengerjakan soal latihan try out TOPIK, usahakan kamu sedang berada pada posisi tes TOPIK sungguhan. Hal ini akan membantu kamu untuk mengerjakan soal secara mandiri tanpa bertanya atau melihat kunci jawaban.

 

7. Sering Mendengarkan Soal-Soal Latihan TOPIK

Untuk mengakses soal-soal latihan TOPIK, kamu bisa menggunakan YouTube atau unggahan yang ada di media sosial. Latihan ini membantu kamu untuk terlatih dalam mendengarkan dan pelafalan bahasa Korea.

 

8. Menilai Diri Sendiri

Menilai diri sendiri juga termasuk bagian penting. Kamu harus mempelajari kelemahan dan kelebihan kamu dalam mempelajari bahasa Korea. Jika merasa banyak kekurangan kosa kata Korea, kamu bisa mencatat kosa kata yang belum kamu pahami.

 

9. Tidak Mengulangi Audio

Untuk melatih agar lebih fasih, ketika kamu mendengarkan audio sebaiknya kamu tetap melanjutkan suara audio tersebut dan tidak di ulang-ulang. Hal ini akan melatih kemampuan kamu untuk menjawab setiap pertanyaan. Ketika sudah selesai, kamu bisa mengkoreksi jawaban serta memperbaiki kesalahan.

 

10. Mendengarkan Drama atau Musik Korea

Jika kamu bosan, kamu bisa belajar dari drama dan musik Korea lho! Hal ini tentu saja menyenangkan dan mengurangi rasa bosan. Kamu bisa belajar bahasa Korea dengan melihat subtitle atau mendengarkan musik korea untuk melatih kemampuan mendengar.

 

Baca Juga: Tertarik Ingin Kuliah di Korea Selatan? Simak Biaya Kuliah di Korea!

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Tips Ujian TOPIK

Ingin dapat bimbingan tips ujian TOPIK? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Tips Ujian TOPIK