fbpx

Bagaimana Caranya agar Diterima di University of Oxford? Ini Tipsnya!

Artikel Pilihan, Kampus Luar Negeri, Tips & Trik

Scholarship Hunters punya mimpi untuk kuliah di universitas terbaik di Inggris? University of Oxford adalah pilihan yang pas karena menurut QS Ranking Top Universities saat ini menjadi universitas terbaik no.1 di Inggris dan no.2 di seluruh dunia. Salah satu alumninya yang terkenal dan berasal dari Indonesia adalah Maudy Ayunda yang setelah menyelesaikan kuliahnya di University of Oxford melanjutkan studinya di Stanford University, Amerika. Ingin tahu lebih dalam soal universitas ini? Simak informasi dan tips cara mendaftarnya berikut ya!

Baca Juga: Inilah 6 Alasan Maudy Ayunda Jadi Inspirasi

Fakultas yang Ditawarkan

University of Oxford memiliki beberapa jenjang pendidikan, yaitu Undergraduate (S1) dan Graduate (S2 dan S3). Universitas ini juga menawarkan berbagai macam program studi yang tersebar di divisi-divisi berikut.

Divisi Humaniora

 

Divisi Kedokteran dan Medis

 

Divisi Matematika, Fisika, dan Ilmu Pengetahuan Alam

 

Divisi Ilmu Sosial

Persyaratan Pendaftaran

Melansir dari halaman resmi Perhimpunan Pelajar Indonesia Oxford, persyaratan yang dibutuhkan agar dapat medaftar dan diterima di University of Oxford untuk jenjang S1  pada umumnya memerlukan ijazah yang setara dengan SMA di Inggris, yaitu menggunakan skor A-level atau International Baccalaureate (IB). Ijazah dari beberapa sekolah di Indonesia yang memiliki program A-level atau IB dapat digunakan untuk mendaftar. Jika Hunters tidak memiliki skor A-level maka bisa diambil dengan mengikuti ujiannya sendiri. Untuk persyaratan lengkapnya bisa dilihat di sini. 

Untuk jenjang S2 dan S3, tidak perlu memiliki skor A-level, kamu bisa langsung mendaftar. Hanya perlu mengikuti persyaratan dan ketentuan dari masing-masing program studi yang tentunya berbeda-beda. Jadi, lulusan S1 di kampus Indonesia sangat bisa langsung mendaftar S2 dan S3 di University Oxford ya! Untuk melihat persyaratan lengkapnya, silakan cek di sini.

Baca Juga: Mengenal Tes SAT, A Level, dan EJU

Cara Pendaftaran

Pendaftaran untuk University of Oxford dapat dilakukan secara online. Untuk jenjang S1 dilakukan di akun UCAS (www.ucas.com) dan untuk jenjang S2 serta S3 dilakukan di website resmi universitas  di www.ox.ac.uk/admissions/graduate/applying-to-oxford

Tahap seleksi penerimaan di University of  Oxford beragam, tapi yang pasti adalah seleksi administrasi/dokumen dan seleksi wawancara. Untuk jenjang S1 kadang terdapat tes tertulis dan written work untuk beberapa jurusan.

 

Mau kuliah di University of Oxford dengan beasiswa? Bisa kok! Yuk, mulai persiapkan studimu dengan berkonsultasi pada expert beasiswa ini di Schoters.

Pin It on Pinterest

Share This