Tips University of Oxford dan Strategi Lolos Seleksi

Universitas Oxford memang dikenal dengan tahap seleksi masuknya yang sangat kompetitif. Hal ini disebabkan University of Oxford tidak hanya mencari pelajar yang cerdas saja, tetapi juga calon-calon pemimpin dunia. Meski sangat kompetitif, University of Oxford membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja untuk mendapatkan kesempatan belajar di sana.

Bagi Hunters yang punya mimpi bisa bersekolah di sana, berikut beberapa tips University of Oxford untuk lolos proses pendaftarannya. Selamat membaca!

 

Selayang Pandang University of Oxford

Didirikan pada 1096, University of Oxford menjadi salah satu universitas tertua di dunia. Sebagai salah satu “saksi bisu” sejarah Inggris dan “rumah” bagi banyak tokoh dunia masa lalu dan masa kini, kualitas Universitas Oxford telah teruji dengan waktu. Hingga saat ini, University of Oxford masih menjadi salah satu dari 5 kampus terbaik di dunia versi QS World University Rankings.

 

Kelebihan Kuliah di University of Oxford

Bagi Hunters yang masih ragu untuk melanjutkan kuliah di University of Oxford, berikut beberapa alasan kenapa Hunters harus kuliah di sini!

1. Dikelilingi oleh orang terpintar di dunia

Sebenarnya banyak alasan kenapa kamu harus kuliah di Universitas Oxford dan kamu pasti juga memiliki alasan sendiri. Namun, salah satu hal yang akan Hunters dapatkan selama studi Universitas Oxford adalah kamu akan dikelilingi oleh orang terpintar di dunia dari berbagai bidang. Bukan hanya bertemu, kamu  juga dapat langsung bekerja sama dengan mereka.

2. Belajar langsung dari para ahli

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa University of Oxford telah mencetak banyak ahli di berbagai bidang. Dengan belajar langsung dari mereka, tentunya Hunters akan mendapatkan pengalaman belajar terbaik bersama para ahli.

3. Prospek karir yang cemerlang

Dengan namanya yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, koneksi para alumni dan lembaga profesional terkenal, serta bimbingan karir selama belajar, tentunya peluang Hunters mendapatkan karir yang cemerlang akan lebih tinggi.

 

Baca Juga: Kupas Tuntas Informasi University of Oxford yang Wajib Kamu Ketahui!

 

Tips University of Oxford 

Sejalan dengan manfaat yang bisa Hunters dapatkan di atas, proses seleksi dan pembelajaran di University of Oxford juga tidak sembarangan. Selain belajar dengan giat, terdapat strategi dan tips University of Oxford yang harus kamu perhatikan. Berikut ini strategi lolos University of Oxford beserta penjelasannya!

1. Ketahui tingkat keberhasilan pada seleksi pendaftaran University of Oxford

Salah satu tips University of Oxford adalah mencari tahu banyak informasi tentang seleksi pendaftarannya. Misalnya, pada tahun 2021, Universitas Oxford mendapatkan 24.338 pendaftar dari seluruh dunia. Sedangkan kuota yang diberikan hanya 3.298. Jadi, tingkat keberhasilan pada 2021 adalah 13.52% dan tentunya angka itu dapat berubah setiap tahunnya. 

2. Ketahui jurusan yang paling kompetitif

Tips University of Oxford lainnya adalah mengetahui jurusan yang paling banyak dicari. Jurusan yang paling kompetitif di Universitas Oxford antara lain, Mathematics and Statistics, Economics and Management, Computer Science, Medicine, and Mathematics and Computer Science.

3. Mempunyai pengalaman kerja yang relevan

Jika Hunters mempunyai pengalaman kerja yang relevan dengan jurusan yang diambil, kamu bisa mendapat nilai lebih dan memudahkanmu dalam menulis esai.

4. Perhatikan esai personal statement

Salah satu hal yang paling dilihat saat tahap seleksi adalah esai Personal Statement. Pihak kampus ingin mencari seorang calon pemimpin, bukan hanya orang pintar. Jadi, pastikan kamu mengetahui apa yang ingin dicari dan memiliki rencana untuk masa depan, ya. Jika Hunters sudah tahu hal tersebut maka tips University of Oxford ini akan mudah untukmu.

5. Berlatih interview

Salah satu seleksi yang menantang ada proses interview. Tips University of Oxford untuk tahap ini adalah terus berlatih dan jangan sampai jawabanmu melenceng dari esai yang sudah Hunters tulis di atas ya.

 

Baca Juga: Info Beasiswa untuk Kuliah di Oxford University yang Bisa Kamu Coba!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri 

Ingin lulus dan dapat tips University of Oxford lebih banyak lagi? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)