Tips Wawancara LPDP yang Perlu Hunters Persiapkan!

Tips & Trik, 27 Sep 2022

Seperti yang diketahui bahwa setiap tahunnya LPDP atau Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan setiap tahunnya menghadirkan berbagai program beasiswa bisa anda pilih sesuai kebutuhan Pendidikan anda. Program LPDP ini merupakan program hasil kerjasama antara kementerian keuangan, kementrian Pendidikan dan kebudayaan, serta kementerian kebudayaan.

Beasiswa melalui program LPDP ini sangat populer bagi orang-orang yang menginginkan beasiswa baik itu jejang S1 dan S2 ke berbagai Universitas tidak hanya di dalam negeri, tetapi ke luar negeri. Biasanya program LPDP ini akan bekerjasama dengan berbagai Universitas terkemuka baik itu di dalam negeri maupun mancanegara dengan reputasi yang tidak perlu anda ragukan lagi.

Akomodasi Penerima Beasiswa LPDP

Program LPDP memang banyak memberikan berbagai akomodasi benefit yang bisa Hunters dapatkan apabila mengikuti program beasiswa ini. Misalnya seperti bebas biaya pendaftaraan, gratis SPP, mendapat tunjangan buku, biaya disertasi, biaya seminar, tesis, penelitian, biaya pembuatan visa, biaya transportasi PP, biaya wisuda, biaya hidup, biaya asuransi, dan biaya lainnya yang sudah ditanggung oleh pemerintah.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut ada serangkaian tahap yang perlu Hunters ikuti secara saksama karena setiap tahunnya permohonan program LPDP ini selalu membludak membuat pemerintah harus menyeleksi orang-orang terpilih yang layak untuk mendapatkan program beasiswa LPDP tersebut. Salah satu tahap yang harus dilalui adalah tahap wawancara yang memang membutuhkan persiapan yang khusus.

Nah, sebelum anda mengambil beasiswa LPDP serta mengikuti serangkaian prosesnya seperti wawancara ini, berikut merupakan tips wawancara LPDP yang perlu anda ketahui agar anda bisa lolos dan bisa mendapatkan beasiswa LPDP 

          Baca Juga: Apa Itu Personal Statement? Cari Tahu Lebih Dalam di sini!

8 Tips Wawancara Lolos LPDP

1. Pahami CV

Pada saat awal mendaftar beasiswa LPDP, tentunya Hunters mengisi formulir pendaftaran melalui web. Adapun sub-sub tersebut berisikan: esai, personal statement, kelebihan–kekurangan diri, pengalaman berorganisasi, hingga kontribusi yang akan Hunters lakukan ketika selepas menempuh jenjang pendidikan. Beberapa hal tersebut cobalah untuk memahami lebih detail dari jauh-jauh hari karena tentunya akan ditanyakan oleh pewawancara pada saat wawancara berlangsung. 

Pada saat wawancara, sejatinya pewawancara ingin mengetahui keabsahan informasi dari CV atau latar belakang pelamar seperti apa dan bagaimana sinergi ambisi dengan realisasi yang akan dilakukan semasa menempuh pendidikan. 

2. Jangan Menghafal Pertanyaan

Apakah Hunters salah satu tipe yang nyaman dengan menghafal pertanyaan dengan mengumpulkan berbagai informasi di berbagai blog dan forum? Cobalah mulai sekarang untuk menghindari cara tersebut karena akan membuat jawaban yang keluar dari mulut terkesan dibuat-buat, membuat diri menjadi tegang, dan membuat distraksi tingkat kefokusan Hunters.

Ketika sesi wawancara LPDP ini, cobalah untuk menjawab pertanyaan dengan lebih rileks. Hunters boleh melakukan riset tentang wawancara LPDP, terlebih mengenai program studi pilihan, tetapi jangan dijadikan patokan yang baku karena pastinya akan muncul beberapa pertanyaan tidak terduga yang mungkin saja akan membuat Hunters sedikit harus menjawab pertanyaan tersebut dengan spontan.

bimbingan beasiswa luar negeri

3. Kumpulkan Referensi 

Mengulik berbagai informasi atau referensi wawancara melalui teman, kerabat, alumni, ataupun laman media sosial amat Minters anjurkan untuk Hunters. Mengumpulkan referensi dapat memperkaya wawasan Hunters terkait segudang pertanyaan yang dilontarkan oleh penguji.

          Baca dulu: Makin Siap Raih Beasiswa LPDP, Cek Tahapan Seleksinya!

4. Perhatikan Argumentasi Jawaban

Tips wawancara LPDP berikutnya yaitu pastikan Hunters memiliki jawaban yang lebih lugas, jelas, runtut, spesifik, dan hindari jawaban yang tergolong umum. Hal itu penting untuk meningkatkan citra nilai diri Hunters dan bisa menjadi nilai plus dari para penguji. Tentunya, jawaban-jawaban yang Hunters lontarkan nantinya yang akan menjadi bahan pertimbangan dari penguji sehingga berikanlah jawaban terbaik versi Hunters sesuai dengan pengalaman pribadi tanpa harus hiperbola.

5. Natural dan Jujur

Berkaitan dengan poin sebelumnya, jawablah semua pertanyaan dengan lebih natural tanpa melebih-lebihkan.  Umumnya, dalam proses wawancara beasiswa LPDP ada tiga orang pewawancara, dua orang pakar, dan satu orang dari psikolog, artinya jika Hunters menjawab pertanyaan secara dibuat-buat–seperti berbohong–maka para penguji di dalam ruangan akan mengetahui lagak Hunters. Dengan demikian, kejujuran amat penting. Jawablah setiap pertanyaan dengan lebih natural, rileks, dan mengedepankan integritas Hunters sebagai pencari beasiswa yang memiliki nilai mutu diri.

6. Kaitkan Setiap Jawaban dengan Poin Unggulan 

Saat melakukan wawancara beasiswa LPDP ini pastinya Hunters akan mendapat sesuatu yang tidak terduga. Salah satunya yaitu Hunters akan menemukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan poin-poin atau kelebihan yang Hunters miliki. Misalnya seperti prestasi apa yang sudah Hunters dapatkan serta berbagai hal-hal positif yang bisa Hunters tonjolkan kepada sang pewawancara. Hal tersebut akan membuat Hunters bisa lebih dilihat dan membuat para penguji mempertimbangkan Hunters untuk layak mendapatkan beasiswa tersebut.

7. Menenteng Berkas

Saat melakukan wawancara LPDP ini, Hunters tidak perlu heran jika menemukan banyak peserta yang membawa portofolio untuk menunjang sesi wawancara agar bisa lebih berhasil dan lolos mendapat beasiswa tersebut, tetapi yang perlu Hunters perhatikan ialah pastikan portofolio yang ingin Hunters tunjukkan telah sesuai kebutuhan beasiswa.

8. Perhatikan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh akan menjadi penilaian ketika Hunters akan menghadapi wawancara beasiswa LPDP. Dengan menjaga sikap yang baik, tata bahasa yang teratur, terstruktur, dan badan yang tegak pandangan ke depan, bisa menjadi poin terpenting. Tataplah mata para penguji atau pewawancara, jangan menoleh ke manapun, dan jangan membungkuk. Upayakan beberapa malam atau hari sebelum tes wawancara Hunters mencukupi kebutuhan asupan makanan, minuman, pola tidur teratur, dan berolahraga. Itu semua berguna supaya pada saat tes wawancara berlangsung Hunters bisa sepenuhnya fokus dan terlihat bugar.

Kini Hunters pastinya sudah siap untuk mengikuti serangkaian seleksi beasiswa LPDP yang setiap tahunnya selalu diminati para Scholarship Hunters. Kendati demikian, untuk mengikuti beasiswa LPDP ini, Hunters memang harus membutuhkan persiapan yang matang dan kecakapan yang perlu diperhatikan secara lebih mendalam. 

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat wawancara untuk LPDP. Masih kebingungan dan merasa perlu support, sharing dan networking dari yang lebih berpengalaman? Pas banget nihh, karena sekarang bisa siapin LPDP bareng Schoters Bestie! 

Bimbingan Wawancara Beasiswa Bersama Schoters

Join komunitas #BestieSquad buat dapetin banyak BENEFIT kejar LPDP, GRATIS! Yang bakal kamu dapetin:

  • Webinar Series persiapan seluruh seleksi LPDP
  • Kupas tuntas tips & trik, plus sharing bareng awardee
  • Exclusive Free Class dan simulasi interview bareng mentor
  • Reminder bagi kamu biar gak ketinggalan info ter-update

Keren banget kan, bisa siapin LPDP bareng Hunters lainnya dan GRATIS. Yuk jangan sampai ketinggalan, buruan join di sini sekarang! -> bit.ly/beastiesquad-seo

Cek juga -> Kalender Beasiswa Schoters  untuk informasi beasiswa di negara lain! Good luck!

kuliah ke luar negeri