Tips Wawancara LPDP 2023 yang Perlu Hunters Persiapkan!

Hai Hunters! Sudah siap mencoba Beasiswa LPDP 2023? Nah, seperti yang diketahui bahwa setiap tahunnya LPDP atau Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan Menghadirkan berbagai program beasiswa bisa anda pilih sesuai kebutuhan pendidikan pelajar seluruh Indonesia. Dikenal sebagai salah satu program yang bergengsi, seleksi Beasiswa LPDP juga tidak main-main loh. Salah satunya adalah seleksi wawancara LPDP. Yuk simak tips wawancara LPDP yang perlu Hunters pahami dan persiapkan!

Seleksi wawancara LPDP adalah salah satu bagian yang penting dan sangat krusial. Banyak sekali pelajar Indonesia yang berprestasi tinggi tapi gagal dalam tahap ini. Karena itu, Schoters berikan beberapa tips lolos wawancara LPDP dan program bimbingannya pada artikel di bawah ini!

Selayang Pandang Beasiswa LPDP 2023

Program Beasiswa LPDP merupakan program hasil kerjasama antara kementerian keuangan, kementerian Pendidikan dan kebudayaan, serta kementerian kebudayaan. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi seluruh pelajar dari berbagai kalangan di Indonesia untuk bisa memaksimalkan potensinya dengan kuliah di luar negeri.

Beasiswa LPDP juga membuka program untuk jenjang S2 ke berbagai Universitas tidak hanya di dalam negeri, tetapi ke luar negeri. Biasanya program LPDP ini akan bekerjasama dengan berbagai Universitas terkemuka baik itu di dalam negeri maupun mancanegara dengan reputasi yang tidak perlu anda ragukan lagi.

Oleh karena itu proses seleksinya juga ketat. Sebagai kandidat kamu harus melewatkan proses seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik dan terakhir adalah seleksi wawancara LPDP! Mari simak tips wawancara LPDP supaya lolos!

Akomodasi Penerima Beasiswa LPDP

Program LPDP memang banyak memberikan berbagai akomodasi benefit yang bisa Hunters dapatkan apabila mengikuti program beasiswa ini. Misalnya seperti bebas biaya pendaftaraan, gratis SPP, mendapat tunjangan buku, biaya disertasi, biaya seminar, tesis, penelitian, biaya pembuatan visa, biaya transportasi PP, biaya wisuda, biaya hidup, biaya asuransi, dan biaya lainnya yang sudah ditanggung oleh pemerintah.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut ada serangkaian tahap yang perlu Hunters ikuti secara saksama karena setiap tahunnya permohonan program LPDP ini selalu membludak membuat pemerintah harus menyeleksi orang-orang terpilih yang layak untuk mendapatkan program beasiswa LPDP tersebut. Salah satu tahap yang harus dilalui adalah tahap wawancara yang memang membutuhkan persiapan yang khusus.

Nah, sebelum anda mengambil beasiswa LPDP serta mengikuti serangkaian prosesnya seperti wawancara ini, berikut merupakan tips wawancara LPDP yang perlu anda ketahui agar anda bisa lolos dan bisa mendapatkan beasiswa LPDP

          Baca Juga: Simak Top 20 Pertanyaan Wawancara Beasiswa di sini!

8 Tips Wawancara LPDP Supaya Lolos

1. Pahami CV

Tips wawancara LPDP yang pertama, tentunya Hunters mengisi formulir pendaftaran melalui web. Adapun sub-sub tersebut berisikan: esai, personal statement, kelebihan–kekurangan diri, pengalaman berorganisasi, hingga kontribusi yang akan Hunters lakukan ketika selepas menempuh jenjang pendidikan. Beberapa hal tersebut cobalah untuk memahami lebih detail dari jauh-jauh hari karena tentunya akan ditanyakan oleh pewawancara pada saat wawancara berlangsung.

Pada saat wawancara, sejatinya pewawancara ingin mengetahui keabsahan informasi dari CV atau latar belakang pelamar seperti apa dan bagaimana sinergi ambisi dengan realisasi yang akan dilakukan semasa menempuh pendidikan.

2. Jangan menghafal pertanyaan

Tips wawancara LPDP yang kedua adalah jangan pernah menghafal pertanyaan. Apakah Hunters salah satu tipe yang nyaman dengan menghafal pertanyaan dengan mengumpulkan berbagai informasi di berbagai blog dan forum? Cobalah mulai sekarang untuk menghindari cara tersebut karena akan membuat jawaban yang keluar dari mulut terkesan dibuat-buat, membuat diri menjadi tegang, dan membuat distraksi tingkat kefokusan Hunters.

Ketika sesi wawancara LPDP ini, cobalah untuk menjawab pertanyaan dengan lebih rileks. Hunters boleh melakukan riset tentang wawancara LPDP, terlebih mengenai program studi pilihan, tetapi jangan dijadikan patokan yang baku karena pastinya akan muncul beberapa pertanyaan tidak terduga yang mungkin saja akan membuat Hunters sedikit harus menjawab pertanyaan tersebut dengan spontan.

3. Kumpulkan referensi 

Tips wawancara LPDP yang ketiga adalah mengumpulkan berbagai referensi. Mengulik berbagai informasi atau referensi wawancara melalui teman, kerabat, alumni, ataupun laman media sosial amat Minters anjurkan untuk Hunters. Mengumpulkan referensi dapat memperkaya wawasan Hunters terkait segudang pertanyaan yang dilontarkan oleh penguji.

4. Perhatikan argumentasi jawaban

Tips wawancara LPDP berikutnya yaitu pastikan Hunters memiliki jawaban yang lebih lugas, jelas, runtut, spesifik, dan hindari jawaban yang tergolong umum. Hal itu penting untuk meningkatkan citra nilai diri Hunters dan bisa menjadi nilai plus dari para penguji. Tentunya, jawaban-jawaban yang Hunters lontarkan nantinya yang akan menjadi bahan pertimbangan dari penguji sehingga berikanlah jawaban terbaik versi Hunters sesuai dengan pengalaman pribadi tanpa harus hiperbola.

5. Natural dan jujur

Berkaitan dengan poin sebelumnya, tips wawancara LPDP berikutnya yakni jawab semua pertanyaan dengan lebih natural tanpa melebih-lebihkan.  Umumnya, dalam proses wawancara beasiswa LPDP ada tiga orang pewawancara, dua orang pakar, dan satu orang dari psikolog, artinya jika Hunters menjawab pertanyaan secara dibuat-buat–seperti berbohong–maka para penguji di dalam ruangan akan mengetahui lagak Hunters. Dengan demikian, kejujuran amat penting. Jawablah setiap pertanyaan dengan lebih natural, rileks, dan mengedepankan integritas Hunters sebagai pencari beasiswa yang memiliki nilai mutu diri.

6. Kaitkan setiap jawaban dengan poin unggulan 

Tips wawancara LPDP selanjutnya ialah saat melakukan wawancara beasiswa LPDP ini pastinya Hunters akan mendapat sesuatu yang tidak terduga. Salah satunya yaitu Hunters akan menemukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan poin-poin atau kelebihan yang Hunters miliki. Misalnya seperti prestasi apa yang sudah Hunters dapatkan serta berbagai hal-hal positif yang bisa Hunters tonjolkan kepada sang pewawancara. Hal tersebut akan membuat Hunters bisa lebih dilihat dan membuat para penguji mempertimbangkan Hunters untuk layak mendapatkan beasiswa tersebut.

7. Menenteng berkas

Tips wawancara LPDP yang ketujuh adalah saat melakukan wawancara LPDP ini, Hunters tidak perlu heran jika menemukan banyak peserta yang membawa portofolio untuk menunjang sesi wawancara agar bisa lebih berhasil dan lolos mendapat beasiswa tersebut, tetapi yang perlu Hunters perhatikan ialah pastikan portofolio yang ingin Hunters tunjukkan telah sesuai kebutuhan beasiswa.

8. Perhatikan bahasa tubuh

Tips wawancara LPDP berikutnya adalah perhatikan bahasa tubuh. Bahasa tubuh akan menjadi penilaian ketika Hunters akan menghadapi wawancara beasiswa LPDP. Dengan menjaga sikap yang baik, tata bahasa yang teratur, terstruktur, dan badan yang tegak pandangan ke depan, bisa menjadi poin terpenting. Tataplah mata para penguji atau pewawancara, jangan menoleh ke manapun, dan jangan membungkuk. Upayakan beberapa malam atau hari sebelum tes wawancara Hunters mencukupi kebutuhan asupan makanan, minuman, pola tidur teratur, dan berolahraga. Itu semua berguna supaya pada saat tes wawancara berlangsung Hunters bisa sepenuhnya fokus dan terlihat bugar.

5 Pertanyaan Umum pada Wawancara LPDP

Sejatinya pola dan tujuan wawancara LPDP akan tetap sama setiap tahunnya. Yaitu mencari kandidat yang memiliki tujuan yang jelas selama studi dan setelah studi sekaligus mencari calon pemimpin untuk Indonesia di masa depan. Berikut beberapa 5 pertanyaan umum pada wawancara LPDP!

1. Kenapa kamu ingin keluar negeri/dalam negeri?

Pertanyaan wawancara LPDP ini meskipun sederhana, harus bisa kamu jawab secara lugas. Jika kamu ingin kuliah ke luar negeri, kamu bisa menjelaskan bawah bidang studi yang kamu cari tidak ada di Indonesia. Jika Pun kamu memilih dalam negeri, kamu bisa menjawab jika ingin mendapatkan koneksi dalam negeri yang lebih banyak, dan lain sebagainya. Tips wawancara LPDP jika semakin personal jawabanmu, maka kamu akan semakin authentic. 

2. Kenapa kamu memilih bidang studi ini?

Tips wawancara LPDP jika menjawab pertanyaan wawancara ini, kamu harus tahu betul apa yang mau kamu lakukan dengan bidang studi ini. Kamu bisa mulai menjelaskan urgensi di Indonesia, prospek bidang studi ini untuk Indonesia di masa depan, dan passion kamu dalam bidang studi yang kamu pilih.

3. Kenapa kamu memilih universitas ini?

Tips wawancara LPDP ini juga salah satu pertanyaan wawancara LPDP yang sering ditanyakan. Untuk mempersiapkan pertanyaan ini kamu harus melakukan research tentang ranking universitas pilihanmu, ranking bidang studi tujuan di universitas tersebut, apakah kamu punya profesor tujuanmu dan fasilitas lain yang mungkin akan menunjang tujuan belajarmu!

4. Bagaimana rencana studimu nanti?

Tips wawancara LPDP jika menjawab pertanyaan wawancara ini akan berhubungan dengan poin di atas. Jika kamu sudah tahu seluk beluk bidang studi, universitas dna tujuanmu, kamu tidak akan kesulitan menjawab pertanyaan ini. Namun tentunya kamu tetap harus bisa mengajarkannya dengan runtut dan sistematis ya.

5. Apa saja dan bagaimana kontribusinya untuk Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan wawancara LPDP satu ini, kamu bisa membagi rencanamu menjadi tiga. Rencana jangka pendek, jangan menengah dan jangka panjang. Melalui sistem ini, kamu nantinya akan lebih mudah menjelaskan visi misimu kepada para pewawancara.

          Baca dulu: Makin Siap Raih Beasiswa LPDP, Cek Tahapan Seleksinya!

Bahasa Apa yang Digunakan Saat Wawancara LPDP?

Pertanyaan yang sering ditanyakan kandidat yang akan mengikuti seleksi wawancara LPDP adalah, bahasa pengantar selama interview. Nah, untuk bahasa yang digunakan saat wawancara LPDP sendiri sangat bergantung dengan para penggunanya. Namun, bagi kamu yang bertujuan untuk kuliah di universitas luar negeri, ada baiknya untuk mempersiapkan wawancara LPDP dengan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya ya.

Biasanya para penguji ingin melihat seberapa “jago” kamu dalam bahasa Inggris. Karena tentunya hal ini akan berhubungan dengan kesiapan kamu belajar dan survive di negeri orang. Semakin bagus kamu menjawab, kamu akan semakin bisa meyakinkan pewawancara bahwa kamu pantas dan mampu untuk menjadi awardee Beasiswa LPDP selanjutnya!

Kini Hunters pastinya sudah siap untuk mengikuti serangkaian seleksi beasiswa LPDP yang setiap tahunnya selalu diminati para Scholarship Hunters. Kendati demikian, untuk mengikuti beasiswa LPDP ini, Hunters memang harus membutuhkan persiapan yang matang dan kecakapan yang perlu diperhatikan secara lebih mendalam.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat wawancara untuk LPDP. Masih kebingungan dan merasa perlu support, sharing dan networking dari yang lebih berpengalaman? Pas banget nih, karena sekarang bisa siapin LPDP bareng Schoters Bestie! 

Bimbingan Wawancara Beasiswa Bersama Schoters

Yuk join komunitas #BestieSquad buat dapetin banyak BENEFIT kejar LPDP, GRATIS! Yang bakal kamu dapetin:

  • Webinar Series persiapan seluruh seleksi LPDP
  • Kupas tuntas tips & trik, plus sharing bareng awardee
  • Exclusive Free Class dan simulasi interview bareng mentor
  • Reminder bagi kamu biar gak ketinggalan info ter-update

Keren banget kan, bisa siapin LPDP bareng Hunters lainnya dan GRATIS. Yuk jangan sampai ketinggalan, buruan join di sini sekarang! -> bit.ly/beastiesquad-seo

tips wawancara lpdp-1