Ingin Skor IELTS Tinggi? Berikut Tips Writing IELTS

bahasa inggris, 25 Okt 2022

Writing merupakan salah satu komponen dari tes IELTS. Tes writing sendiri terbagi menjadi dua soal, yaitu task 1 yang meminta peserta untuk menuliskan laporan berdasarkan grafik, bagan atau diagram yang diberikan, dan task 2 yang meminta peserta untuk menuliskan esai berdasarkan topik yang diberikan.

Tes ini akan Hunters lalui dengan dua tes lainnya, yaitu reading dan listening, mungkin juga bisa dengan tes speaking pada hari yang sama. Sehingga penting untuk menjaga kondisi tubuh sebelum melakukan tes IELTS. Pastikan Hunters memiliki istirahat yang cukup sebelum tes IELTS, karena kelelahan akan secara langsung mempengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi. 

Nah selain itu, juga ada beberapa tips yang dapat membantu Hunters dalam mempersiapkan tes writing IELTS, yuk simak!  

Tips Ujian Writing IELTS

1. Bacalah pertanyaan dengan baik

Pertama, bacalah pertanyaan dengan baik, jika perlu garisbawahi poin penting yang perlu dijelaskan agar membantu Hunters untuk menjawab dengan relevan dan mencegah bahasan yang keluar dari topik. Pada task 1, kamu perlu menghubungkan tulisan dengan data-data yang bisa didapatkan dari diagram, bagan, ataupun grafik. Gunakanlah data- ata atau gambar yang ada untuk mendukung pernyataan Hunters. Sementara pada task 2, kamu akan diminta untuk menuliskan argumen. Hunters perlu menegaskan jawaban setuju atau tidak dari awal, dan memberikan alasan yang jelas dengan didukung oleh contoh - contoh yang relevan.

2. Kerjakan task 2 terlebih dahulu

Task 2 bernilai dua kali lipat dari task 1. Oleh karena itu, kerjakanlah task 2 terlebih dahulu untuk memastikan Hunters dapat menyelesaikannya dengan baik. Selain itu, gunakanlah academic writing, jangan gunakan bahasa Inggris lisan dalam jawaban kamu. Usahakan juga Hunters dapat mengerjakan semua task-nya dengan baik, agar mendapatkan skor yang lebih maksimal.

          Baca juga: Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC

3. Ingat akan word limit

Jangan menulis lebih sedikit dari word limit yang diberikan. Task 1 diminta untuk menuliskan minimal 150 kata dan task 2 minimal 250 kata. Jika Hunters menulis kurang dari word limit yang diberikan, maka nilai kamu akan dikurangi. Akan tetapi, bukan berarti Hunters harus menulis jawaban dengan terlalu panjang ya. Tetap harus ingat dengan batas waktu yang diberikan. Sebab yang dinilai adalah kualitas tulisan, bukan kuantitasnya. Nah untuk mengetahui apakah telah mencapai target word limit, sebaiknya Hunters hitung jumlah baris tulisan, bukan kata per kata. Oleh karenanya, setiap kali berlatih menulis, hitunglah perkiraan berapa kata yang biasa kamu tuliskan dalam tiap barisnya.

4. Perhatikan gaya tulisan

IELTS mengharuskan gaya penulisan formal. Sehingga jangan menyingkat atau menggunakan bahasa slank dalam tulisan, pastikan ejaannya sudah benar dan tepat. Sebab hal ini masuk dalam penilaian. Sebaiknya Hunters alokasikan waktu untuk merencanakan tulisan dan memeriksa ulang tulisan kamu. Tim penilai tidak akan membaca kata per kata dari tulisan Hunters, jadi gunakanlah kalimat yang tegas. Aturlah tulisan kamu dalam paragraf yang teratur, supaya penilai bisa menangkap poin yang ingin disampaikan dengan jelas.

Apakah Hunters sudah menerapkan tips diatas? Semangat Hunters, semakin rajin kamu berlatih semakin kamu dapat menguasai pola soal yang diberikan, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan skor tinggi yang diharapkan.

       Baca juga: Serba-serbi Tes IELTS untuk Persiapan Beasiswa dan Pekerjaan

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terpercaya

Mengingat pentingnya bahasa Inggris di era modern sekarang, sudah saatnya kamu meluangkan waktu untuk mempelajari dan menguasainya. Agar hasil belajarnya maksimal, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris yang berkualitas baik seperti Schoters. Apa pun keperluanmu, baik untuk kuliah di luar negeri, tes IELTS, hingga kebutuhan bisnis, tersedia kelas bahasa Inggris yang tepat untukmu di Schoters. 

Jika Hunters tertarik dengan kursus bahasa Inggris atau kelas bahasa asing lainnya di Schoters, silakan klik di sini.

tips writing IELTS