Tips Raih TOEFL CPNS Maksimal!

Beberapa instansi mensyaratkan pelamarnya untuk menyertakan sertifikat  TOEFL dengan skor tertentu sebagai salah satu dokumen dalam pendaftaran CPNS. Setiap instansi menetapkan skor TOEFL CPNS yang berbeda, dan ada juga beberapa instansi yang tidak menggunakan syarat TOEFL ini.   

Daftar Instansi yang Menggunakan Syarat TOEFL CPNS

Sebelum Hunters mendaftar, penting sekali untuk perhatikan persyaratan TOEFL di instansi yang dituju. Hal ini penting kamu ketahui karena jika salah, kesempatan kamu untuk lolos tahap seleksi administrasi tidak ada. Nah berikut ini daftar instansi yang memiliki syarat TOEFL CPNS:

  1. Pemprov DKI Jakarta (minimal 400)
  2. Kementerian ESDM (minimal 450)
  3. Kementerian PUPR (minimal 450)
  4. Kementerian PPPA (minimal 450)
  5. Arsip Nasional Republik Indonesia (minimal 450)
  6. Badan Kepegawaian Negara (minimal 450)
  7. Kejaksaan Republik Indonesia (minimal 450-500)
  8. Kementerian Luar Negeri (minimal 550)
  9. Badan Koordinasi Penanaman Modal (minimal 450)
  10. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (minimal 450)
  11. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (minimal 400)
  12. Kementerian Perindustrian (minimal 400)
  13. Kementerian BUMN (minimal 400)

 

Jenis Tes TOEFL CPNS

TOEFL CPNS

Selain memperhatikan berapa besar skor TOEFL, ketentuan syarat TOEFL CPNS yang juga harus kamu perhatikan adalah jenis tes TOEFL yang diperbolehkan.  Adapun jenis tes TOEFL yang biasanya digunakan dalam mendaftar CPNS antara lain:

1. TOEFL PBT (Paper Based Test)

Ada tiga bagian yang diuji dalam TOEFL PBT yaitu TOEFL Listening, TOEFL Structure, dan TOEFL Reading. Rentang skor TOEFL PBT adalah 217-677.

2. TOEFL CBT (Computer Based Test)

Materi yang diujikan adalah Listening, Structure, Reading, dan Writing dengan rentang skor 0-300.

3. TOEFL IBT (Internet Based Test)

Rentang skor dalam tes ini adalah 0-120, durasi tes selama 4 jam dengan materi tes mulai dari reading, writing, listening.

Tiap instansi punya ketentuan yang berbeda – beda, seperti berikut:

Kementerian ESDM

Syarat TOEFL CPNS kementerian ESDM berlaku untuk semua jabatan dengan ketentuan sertifikat yang masih berlaku, dengan skor TOEFL minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133 /Internet Based TOEFL minimal 45). Namun, khusus untuk jabatan Pengamat Gunung Api, Jenang Kapal, Mualim Kapal, Penyandang Disabilitas dan Putra/Putri Papua/Papua Barat tidak perlu melampirkan TOEFL.

Kementerian Luar Negeri

Untuk persyaratan TOEFL Kementerian Luar Negeri bagi formasi umum dan formasi khusus lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian” / cumlaude, syarat TOEFL yang harus kamu penuhi berdasarkan adalah TOEFL PBT/TOEFL Prediction/TOEFL ITP/EPT nilai minimal 550, TOEFL IBT nilai minimal 80, TOEFL CBT nilai minimal 214.

Sedangkan untuk kamu yang akan melamar melalui jalur formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat persyaratan TOEFL yang harus kamu penuhi dengan jenis TOEFL PBT/TOEFL Prediction/TOEFL ITP/EPT nilai minimal 475, TOEFL IBT nilai minimal 52, TOEFL CBT nilai minimal 150.

Kementerian Komunikasi dan Informatika

Ketentuan skor TOEFL yang memenuhi syarat yaitu TOEFL IBT skor minimal 32, TOEFL ITP/PBT skor minimal 400, TOEFL CBT skor minimal 97, TOEFL Prediction skor minimal 400. Namun syarat TOEFL ini tidak berlaku bila formasi jabatan yang kamu pilih adalah  penempatannya di LPP TVRI dan LPP RRI.

Kementerian PUPR

Sertifikat TOEFL juga masuk dalam persyaratan khusus Kementerian PUPR, yaitu TOEFL ITP skor minimal 450, TOEFL IBT skor minimal 35.

Instansi yang Tidak Ada Syarat TOEFL CPNS

Bila kamu merasa tidak bisa memenuhi syarat TOEFL, dan takut gagal. Kamu masih bisa daftar CPNS loh, karena masih ada instansi yang tidak mensyaratkan pelampiran TOEFL dalam persyaratannya. Berikut ini daftar instansi tanpa syarat TOEFL CPNS:

  1. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)
  2. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  3. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  4. Kementerian Perdagangan
  5. Kementerian Kelautan dan Perikanan
  6. Kementerian Pertanian
  7. Kementerian Perhubungan
  8. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  9. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban
  10. Lembaga Ketahanan Nasional

Jadi sudah tahu apakah instansi yang kamu pilih perlu sertifikat TOEFL atau tidak? Kalau ternyata perlu, segera lengkapi, ya! Selain melengkapi dokumen persyaratan, jangan lupa juga untuk melakukan persiapan tes SKD dengan latihan soal. Tidak perlu khawatir Hunters, karena kamu bisa belajar dan tes TOEFL di Schoters, lho!

Tips Mempersiapkan TOEFL CPNS

Berikut lima tips persiapan tes TOEFL untuk daftar CPNS:

1. Kenali Formatnya

Tips mempersiapkan tes TOEFL yang pertama adalah mempersiapkan dan memahami bagaimana strukturnya. Terdiri dari empat tugas, semuanya berdasarkan topik yang dapat kamu diskusikan baik di dalam maupun di luar kelas.

2. Pahami Skornya

Tips mempersiapkan tes TOEFL yang kedua adalah memahami berapa skornya. TOEFL menyediakan rubrik, atau kriteria penilaian, untuk menjelaskan apa yang dibutuhkan pada tugas – tugas ini. Rubrik terdiri dari empat kategori, yaitu deskripsi umum, penyampaian, penggunaan bahasa, dan pengembangan topik. 

3. Mempunyai Rencana

Sebagai peserta tes TOEFL, salah satu kesalahan terbesar yang dapat kamu lakukan adalah ketika mengikuti ujian berbicara tanpa rencana tindakan. Oleh karenanya penting untuk membuat rencana tindakan dalam setiap latihan berbicara bahasa Inggris yang kamu lakukan.

4. Mempelajari Frasa yang Berguna

Mempelajari kata dan frasa transisi dapat membantu meningkatkan kefasihan kamu dengan mengurangi jeda yang tidak perlu dan memberikan “peta jalan verbal” untuk diikuti pendengar kamu.

5. Berlatih dan Bersiaplah dengan Tutor

Tips mempersiapkan tes TOEFL yang terakhir adalah berlatih. Tidak diragukan lagi, ada banyak cara untuk mempersiapkan diri kamu sendiri untuk mendapati skor yang maksimal saat tes TOEFL. Tutor yang berpengalaman, tentunya dapat memberikan umpan balik untuk skor maksimal yang bisa kamu peroleh. Sebab, tutor bukan hanya mengajarkan, akan tetapi juga memberikan banyak sekali latihan yang efektif, seperti tentang pengucapan, tata bahasa, pilihan kata, intonasi, kecepatan, kelancaran, dan kejelasan kamu.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan TOEFL di Schoters

Butuh bimbingan TOEFL terpercaya? Hunters bisa join Program Persiapan Test TOEFL di Schoters lho! Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu tahu program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)