Tokutei Ginou: Definisi, Persyaratan, dan Cara Daftar

Apa itu Tokutei Ginou?

Tokutei Ginou merupakan visa kerja keahlian khusus bagi warga negara asing yang ingin bekerja di Jepang. Pemilik visa tersebut memungkinkan mereka untuk bekerja di perusahaan Jepang dengan hak dan kewajiban yang sama dengan pekerja Jepang. Hal ini bisa menjadi peluang bagi Hunters yang ingin meraih pengalaman kerja internasional serta memperluas jaringan profesional.

 

Persyaratan mendaftar Tokutei Ginou

Untuk mendaftar Tokutei Ginou, terdapat dua persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Sertifikat Bahasa Jepang: Sertifikat Bahasa Jepang yang dimaksud yaitu sertifikat JLPT N4 atau sertifikat JFT Basic A2.
  2. Lolos Ujian Keterampilan: Ujian keterampilan yang dimaksud merupakan ujian keterampilan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Jepang sesuai bidang pekerjaan yang dipilih.

Batasan usia program Tokutei Ginou

Program Tokutei Ginou tidak memiliki batasan usia maksimal namun minimal berusia 18 tahun. Namun, Hunters juga harus memperhatikan bahwa beberapa pekerjaan mungkin memiliki persyaratan usia tertentu berdasarkan kebutuhan sektor tersebut.

 

Baca Juga: Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Bekerja di Jepang

 

5 dokumen pendaftaran Tokutei Ginou

Untuk mendaftar program Tokutei Ginou, Hunters akan memerlukan setidaknya lima dokumen utama:

  1. Paspor yang masih berlaku.
  2. Formulir permohonan visa dan dan pasfoto terbaru dengan ukuran 4,5 x 3,5 cm
  3. Foto kopi KTP.
  4. Certificate of Eligibility.
  5. Hasil cetak Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (E-KTLN) yang diterbitkan lewat Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) BNP2TKI.

Cara dan tahapan mendaftar

Proses pendaftaran Tokutei Ginou melibatkan beberapa tahapan:

  1. Registrasi di IPKOL: Registrasi dapat dilakukan melalui situs https://karirhub.kemnaker.go.id/ssw dan mencari lowongan pekerjaan yang diminati dengan klik Lowongan kemudian Kerja di Jepang.
  2. Kirim Lamaran: Kirimkan lamaran pekerjaan beserta dokumen yang diperlukan kepada perusahaan yang menawarkan posisi tersebut.
  3. Seleksi dan Wawancara: Jika lamaran Hunters diterima, Hunters mungkin akan diundang untuk wawancara serta ujian Bahasa Jepang dan ujian keterampilan oleh Perusahaan Penerima / Accepting Organization (AO).
  4. Persetujuan: Jika Hunters berhasil melewati tahapan seleksi, perusahaan akan memberikan persetujuan untuk melanjutkan proses pendaftaran resmi.
  5. Pendaftaran Resmi: Isi formulir pendaftaran resmi Tokutei Ginou dan serahkan dokumen-dokumen yang diminta.
  6. Pengajuan Visa: Setelah diterima dalam program, Hunters dapat mengajukan permohonan visa khusus untuk bekerja di Jepang.

 

Dimana saya bisa mendaftar Tokutei Ginou?

Cara mendaftar Tokutei Ginou yang disepakati oleh kedua negara adalah melalui Layanan Informasi Pasar Kerja Online atau IPKOL yang beralamat disini. Sementara website resmi untuk mengajukan Visa Khusus Tokutei Ginou dapat klik di sini.

 

Baca Juga: Aplikasi Yang Membantu Mempelajari Bahasa Jepang

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Daftar Tokutei Ginou

Tertarik untuk mendaftar program Tokutei Ginou? Yuk konsultasikan dengan konsultan expert dari Schoters agar persiapan bekerja di luar negeri Hunters lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan mengikuti program Tokutei Ginou? Cek program terbaik dari schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.