Tokutei Ginou Perhotelan: Pekerjaan, Gaji hingga Persyaratan

Tokutei Ginou adalah program yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang untuk menerima tenaga kerja asing dari luar negeri. Dari 14 bidang yang ada, perhotelan termasuk ke salah satunya dan banyak dibutuhkan karena permintaan tenaga kerja yang sangat tinggi. Permintaan ini menjadi tinggi akibat Jepang sedang menghadapi kekurangan kerja yang cukup serius. Artikel ini akan memberikan informasi Tokutei Ginou Perhotelan secara lengkap, mulai dari pekerjaan yang dilakukan, persyaratan, hingga gaji.

 

A. Pekerjaan yang dilakukan saat bekerja perhotelan di Jepang

1. Resepsionis

Resepsionis bertugas mengatur dan melayani proses check-in dan check-out setiap tamu. Ketika tamu datang ke hotel, seorang resepsionis akan melayani tamu tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Resepsionis juga harus memahami layanan hotel dengan sangat baik karena nantinya akan memberikan informasi tersebut kepada tamu. Selain itu, seorang resepsionis juga harus memiliki kemampuan bahasa Jepang maupun bahasa Inggris yang baik.

2. Housekeeping

Housekeeping adalah bidang pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menjaga perawatan, kebersihan, dan perbaikan seluruh gedung hotel. Beberapa pekerjaannya adalah seperti room boy atau room maid, laundry and linen, houseman section, dan lain-lain bergantung pada penempatan pekerja di dalam hotel.

3. Restoran

Setiap hotel umumnya memiliki restoran, termasuk pula di Jepang. Restoran terbagi menjadi dua bidang, yaitu di bagian produk dan bagian pelayanan. Bidang pelayanan adalah pekerja yang bertugas untuk melayani para tamu yang makan di restoran hotel, sedangkan bidang produk adalah para pekerja yang bertanggung jawab untuk menyajikan makanan.

 

B. Persyaratan Tokutei Ginou Perhotelan

1. Laki-laki dan perempuan.

2. Usia minimal 18 tahun.

3. Tinggi dan berat badan proposional (umumnya tinggi laki-laki mulai dari 160 cm, sedangkan wanita 155 cm).

4. Pendidikan minimal adalah lulusan SMA atau SMK atau Paket C.

5. Tidak memiliki riwayat penyakit kronis, seperti penyakit jantung,TBC, dan patah tulang.

6. Memiliki kemahiran bahasa Jepang minimal pada JLPT N4 atau JFT A2.

7. Memiliki sertifikat kemampuan.

 

Baca Juga : Kerja di Perairan Jepang dengan Visa Tokutei Ginou Perikanan!

 

C. Gaji bidang perhotelan di Jepang

Gaji yang didapatkan selama bekerja di bidang perhotelan di Jepang akan disesuaikan kembali dengan masing-masing perusahaan karena setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda-beda. Besaran gaji juga ditentukan oleh wilayah tempat bekerja, jam kerja, hingga shift atau jam lembur. Namun, umumnya standar gaji yang didapatkan di bidang perhotelan Jepang berkisar dari Rp18,000,000 sampai Rp35,000,000 per bulan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan Tokutei Ginou Perhotelan

Tertarik mengikuti Tokutei Ginou Perhotelan? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan Tokutei Ginoumu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.