Kenali Universitas Favorit di China, Tsinghua University

Tsinghua University

Tsinghua University berada di peringkat 14 dengan overall score 90,1 berdasarkan QS World University Rankings 2023. Universitas ini terletak di Beijing, China. Program yang ditawarkan antara lain, 87 program sarjana, 83 program pascasarjana, dan doktoral. Universitas ini berdiri sejak tahun 1911, sekitar 111 tahun yang lalu.

Universitas Tsinghua didirikan di Beijing pada 29 April 1911 sebagai dampak dari Pemberontakan Boxer yang telah dibayarkan oleh Tiongkok kepada Amerika Serikat telah mencapai jumlah yang berlebih. Kemudian dana tersebut digunakan sebagai beasiswa bagi para mahasiswa Tiongkok untuk belajar di Amerika Serikat. Universitas ini awalnya berfungsi sebagai sekolah persiapan bagi mahasiswa yang akan dikirim oleh pemerintah Tiongkok untuk belajar di Amerika Serikat.

Pada tahun 1928, Tsinghua mengubah namanya menjadi Universitas Nasional Tsing Hua. Lalu, setelah berakhirnya Perang Saudara Tiongkok pada tahun 1949, presiden Universitas Tsinghua diikuti oleh banyak guru besar lainnya, melarikan diri ke Taiwan dan mereka mendirikan Institut Teknologi Nuklir Nasional Tsing Hua pada tahun 1955, yang kemudian diubah namanya menjadi Universitas Nasional Tsing Hua Taiwan. Revolusi Kebudayaan mengakibatkan Universitas Tsinghua ditutup total. Barulah pada tahun 1978, setelah Revolusi Kebudayaan berakhir, universitas ini mulai menerima mahasiswa lagi. Meski demikian, Universitas Tsinghua tetap berada di deretan atas sekolah di Tiongkok.

 

Alumni Tsinghua University

Universitas Tsinghua telah menghasilkan banyak lulusan terkemuka, terutama di bidang politik, akademik, dan industri. Alumni terkemuka yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Tsinghua, antara lain: 

  1. Xi Jinping, Presiden Tiongkok dan menjabat posisi senior dalam politik Tiongkok termasuk Sekretaris Jenderal PKT,
  2. Hu Jintao, mantan Sekretaris Jenderal PKT dan Presiden Tiongkok,
  3. Wu Bangguo, mantan Ketua Kongres Rakyat Nasional,
  4. Zhu Rongji, mantan Perdana Menteri Tiongkok, serta 
  5. Huang Ju, mantan Wakil Perdana Menteri Pertama, dan masih banyak lagi. 

Sejak tahun 2016, alumni Tsinghua lebih banyak menempati posisi di bidang politik ketimbang alumni universitas terkenal lainnya. Selain itu, Tsinghua juga dikenal telah mendidik miliarder paling banyak daripada universitas mana pun di Tiongkok.

 

Jurusan Unggulan

Adapun jurusan/bidang studi yang menjadi unggulan, yaitu : 

  1. Ilmu Komputer, 
  2. Kedokteran, 
  3. Teknik Sipil, 
  4. Bioteknologi dan Mikrobiologi Terapan, serta 
  5. Teknik Mesin. 

Tsinghua University telah menyediakan sekitar 400 perusahaan dan lapangan pekerjaan berbasis teknologi. Universitas ini berkomitmen untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan dunia, melalui pengajaran, penelitian, dan inovasi.

Jurusan lainnya yang tersedia sebagai berikut:

  1. School of Architecture
  2. School of Civil Engineering
  3. School of Environment
  4. School of Mechanical Engineering
  5. School of Aerospace
  6. Department of Electrical Engineering
  7. School of Information Science and Technology
  8. Institute for Interdisciplinary Information Science
  9. Department of Engineering Physics
  10. Department of Chemical Engineering
  11. School of Materials Science and Engineering
  12. School of Science
  13. School of Life Sciences
  14. School of Public Policy and Management
  15. School of Economics and Management
  16. School of Social Sciences
  17. School of Humanities
  18. School of Law
  19. Academy of Arts and Design

 

Cara Mendaftar di Tsinghua Universitas

Tahap awal untuk Hunters yang ingin kuliah di universitas ini adalah kamu harus mendaftarkan diri secara online melalui website Tsinghua University dan mengikuti test NCAT (National College Admission Test) yang diadakan oleh universitas ini. Sedikit info nih, Tsinghua University setiap tahunnya menerima 3.300 mahasiswa dengan rasio mahasiswa sarjana yang diterima di kampus ini secara kasar berada di atas 0,1% dari NCAT. Oleh karena itu, dengan rasio yang sangat kecil dan nilai pendaftaran yang sangat tinggi, menjamin kualitas masuk dari para mahasiswa, nih!

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Kesempatan Hunters untuk masuk di universitas ini juga besar, kok. Hal itu bisa kita ketahui dari data jumlah mahasiswa internasional yang berada di Tsinghua University, yaitu sekitar 3.200 mahasiswa yang tersebar dari 128 negara. Jadi, tetap optimis ya untuk menuntut ilmu hingga ke negeri China!

Untuk mendapatkan info lengkapnya, kamu bisa mengaksesnya di website kampus atau email ke admissions@tsinghua.edu.cn Selain itu, Hunters juga perlu tahu bahwa biaya kuliah di Tsinghua University terbagi menjadi beberapa klasifikasi, lho! Ada biaya awal pendaftaran, biaya kuliah per tahun, biaya akomodasi per hari, dan juga biaya asuransi per tahunnya.

 

Tertarik kuliah di Tsinghua University dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa,  persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Beasiswa Kuliah di Tsinghua University

Berikut ini beberapa beasiswa yang dapat kamu raih untuk kuliah di Tsinghua University, antara lain: 

Beasiswa Chinese Government Scholarship (CGS)

Chinese Government Scholarship bisa jadi jalan buat kamu yang mau kuliah ke China, khususnya di Tsinghua University. Beasiswa CGS Tiongkok ini merupakan beasiswa untuk mahasiswa internasional yang ingin studi S1, S2, S3 atau yang ingin melakukan penelitian di Negeri Tirai Bambu. Yuk simak informasi beasiswa CGS!

Tentang beasiswa CGS Tiongkok

Chinese Government Scholarship menawarkan dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa penuh dan parsial yang bergantung pada cara pendaftaran. Ada dua cara pendaftaran, yaitu mendaftarkan diri langsung melalui universitas tujuan atau Kedutaan Besar China di Indonesia.

Apabila kamu mendaftarkan diri melalui universitas tujuan, jika kamu beruntung mendapatkan beasiswa, maka beasiswanya berupa beasiswa penuh. Sedangkan jika mendaftar melalui Kedutaan Besar China di Indonesia, kamu bisa mendapatkan beasiswa penuh atau pun parsial.

 

Baca Juga : Simak Lebih Lanjut Langkah-Langkah Mendaftar Beasiswa CGS

 

Program-program beasiswa CGS

CGS menawarkan beberapa program beasiswa sebagai berikut:

  1. Chinese Government Scholarship – Bilateral Program
    Beasiswa dari Pemerintah China untuk kuliah S1, S2, atau S-3 di China, untuk negara yang menjalin kerjasama bilateral dengan China. Beasiswanya bisa berupa beasiswa penuh ataupun sebagian (parsial). 
  2. Chinese Government Scholarship – Great Wall Program
    Beasiswa penuh para peneliti baru dan peneliti senior yang ingin melanjutkan kuliah di China. Pemberi beasiswa ini adalah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).
  3. Chinese Government Scholarship – Chinese University Program
    Beasiswa penuh dari Pemerintah China untuk mahasiswa internasional program S2 dan S3 di China. 
  4. Chinese Government Scholarship – AUN Program
    Beasiswa yang berasal dari ASEAN University Network (AUN) untuk kuliah S2 atau S3 di China. tujuan beasiswa ini adalah mempererat hubungan kerjasama antara China dengan negara – negara ASEAN.
  5. Chinese Government Scholarship – WMO Progam
    Beasiswa parsial program WMO (World Meteorological Organization) untuk kuliah S1 atau S2. Bidang beasiswa ini terbatas hanya untuk hidrologi, meteorologi, serta pengawasan dan manajemen sumber daya air di China.

Cakupan beasiswa CGS

Fasilitas beasiswa ini meliputi:

  1. Biaya kuliah
  2. Biaya akomodasi (tempat tinggal)
  3. Asuransi kesehatan
  4. Biaya buku
  5. Uang saku/bulan untuk program S1 = 2500 RMB (± 5 juta rupiah per bulan), untuk program S2 = 3000 RMB (± 6 juta rupiah per bulan, untuk program S3 = 3500 RMB (± 7 juta rupiah per bulan)

Akan tetapi, jika Hunters mendapatkan beasiswa parsial maka fasilitas beasiswanya bisa berupa satu atau beberapa dari fasilitas beasiswa penuh.

Kriteria pelamar

Syarat untuk bisa mendaftar beasiswa CGS Tiongkok adalah sebagai berikut: 

  1. Bukan warga negara China
  2. Berada dalam kondisi kesehatan yang baik (dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan)
  3. Berusia maksimal 25 tahun untuk S1, 35 tahun untuk S2 dan 40 tahun untuk S3

Persyaratan dokumen

Dokumen yang harus Hunters siapkan jika ingin mendaftarkan diri pada beasiswa CGS Tiongkok meliputi:

  1. Formulir pendaftaran di laman resmi atau di laman universitas China
  2. Salinan ijazah
  3. Transkrip nilai
  4. Dua surat rekomendasi
  5. Proposal riset atau rencana studi
  6. Dokumen sah dari wali hukum di China (untuk pelamar berusia kurang dari 18 tahun)
  7. Hasil karya dalam bentuk CD (untuk pelamar di bidang musik dan seni)
  8. Salinan paspor
  9. Foreigner Physical Examination Form (untuk pelamar yang berencana tinggal di China lebih dari 6 bulan)
  10. Surat penerimaan (LoA) universitas tujuan (apabila ada)
  11. Sertifikat HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì) / Chinese Proficiency Test (apabila ada)

Cara pendaftaran beasiswa CGS Tiongkok

Ada dua cara pendaftaran beasiswa CGS. Jika ingin mendaftar untuk beasiswa penuh, daftarlah melalui universitas China tujuanmu. Namun, jika ingin mendaftar untuk beasiswa penuh atau pun parsial, Hunters bisa mendaftar melalui Kedutaan Besar Republik Rakyat Cina di Indonesia di Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.2, RT.5/RW.2, Kuningan, Kota Jakarta Selatan. Saat mengirim berkas pendaftaran, tandai “Aplikasi Beasiswa Pemerintah China” pada amplop pendaftaran beasiswamu.

 

Beasiswa Ministry of Commerce of People’s Republic of China – China Scholarship Council (MOFCOM-CSC)

Selain beasiswa CGS, ada juga beasiswa Ministry of Commerce of People’s Republic of China-China Scholarship Council (MOFCOM-CSC) yang bisa Hunters coba apply jika ingin studi di Tsinghua University. Berikut informasinya:

Informasi umum

Beasiswa yang disediakan atas kolaborasi antara Kementerian Perdagangan (Ministry of Commerce) dengan China Scholarship Council ini diberikan untuk jenjang S2 dan S3. Berikut ini informasi umum seputar beasiswa MOFCOM-CSC:

  1. Beasiswa ini dikhususkan untuk program yang diajarkan dalam bahasa Inggris (kelas internasional)
  2. Durasi beasiswa ini berbeda – beda tergantung jenjangnya:
    1. S2: 1 hingga 2 tahun
    2. S3: 3 tahun
  3. Untuk mendaftar pada beasiswa ini, pendaftar dipersilakan untuk menghubungi bagian The Economic and Commercial Counselor’s Office (ECCO) yang ada di kedutaan besar China di Jakarta. Tenggat waktu pendaftaran juga akan diinformasikan lebih lanjut oleh petugas kedutaan

Cakupan beasiswa

  1. Biaya kuliah (tuition fee)
  2. Biaya buku
  3. Biaya penelitian
  4. Biaya kelas internasional
  5. Biaya bimbingan thesis/disertasi
  6. Asrama mahasiswa
  7. Biaya hidup:
    1. S2: CNY 36.000 per tahun
    2. S3: CNY 42.000 per tahun
  8. Biaya ketibaan CNY 3.000
  9. Asuransi kesehatan
  10. Tiket pesawat pergi-pulang

 

Baca Juga : Ingin Kuliah di China? Simak Kelebihan Kuliah di China

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Tsinghua University

Ingin lolos Tsinghua University? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester