10 Universitas di Taiwan Top 500 Global!

Taiwan merupakan salah satu negara yang sangat mendukung adanya mahasiswa internasional di universitas negerinya. Bahkan pada tahun 2020, pemerintah Taiwan menargetkan untuk memperoleh mahasiswa internasional sebanyak 150.000. Tidak mengherankan bahwa program beasiswa untuk jenjang sarjana maupun pascasarjana bagi pelajar luar Taiwan sangat banyak ditemukan.

Nah, apabila Hunters tertarik untuk melanjutkan studi ke negara yang terkenal dengan kue nanasnya ini, berikut Schoters bagikan 10 universitas peringkat tinggi di Taiwan dan masuk dalam 500 top global.

1. National Taiwan University (NTU)

Universitas yang berlokasi di Distrik Da’an, Taipei, ini adalah universitas paling bergengsi dan prestisius di Taiwan. Universitas ini masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia yang terdiri dari 11 fakultas, 56 jurusan, 112 institusi pascasarjana, dan 4 pusat penelitian. Didirikan pada tahun 1928, universitas ini telah menghasilkan alumni yang luar biasa seperti Tsai Ing-Wen, presiden RC. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 NTU berada di peringkat ke-68.

             Baca Juga: Bedah Kampus Favorit, National Taiwan University

2. National Tsing Hua University (NTHU)

Universitas yang didirikan pada tanggal 30 Maret 1911 ini memiliki 4 fakultas, 17 jurusan dan 22 institusi penelitian. Di universitas ini, terdapat satu fakultas Ilmu Nuklir yang berfokus pada pengaplikasian tenaga nuklir secara bijak dan aman. Terkait dengan program beasiswa dan bantuan pendidikan, universitas yang terletak di kota Hsinchu ini, memberikan jumlah dana yang besar. Setiap tahun lebih dari enam ratus mahasiswa S1 dan seratus mahasiswa S2 mendapatkan bantuan dana pendidikan. Selain itu, sekitar empat ribu mahasiswa sarjana mendapatkan bantuan pendidikan terkait pendampingan pengajaran dan penelitian. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 NTHU berada di peringkat ke-180.

3. National Cheng Kung University (NCKU)

Berlokasi di Distrik Timur, Tainan, universitas negeri ini terdiri atas 9 fakultas, 43 jurusan, dan 39 institusi. Universitas yang terkenal akan keunggulan pada bidang teknik, ilmu komputer, obat dan perencanaan serta desain ini menghasilkan banyak notable alumni. Beberapa diantaranya merupakan menteri, profesor, dan ilmuwan. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 NCKU berada di peringkat ke-252.

4. National Yang Ming Chiao Tung University

Universitas Nasional Yang Ming Chiao Tung adalah universitas riset publik di Taiwan. Didirikan pada 2021 melalui penggabungan Universitas Nasional Yang-Ming dan Universitas Nasional Chiao Tung. Saat ini, terdapat 19 perguruan tinggi, 74 pusat penelitian tingkat universitas/perguruan tinggi, dan 1 rumah sakit di Yilan. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 universitas ini berada di peringkat ke-268.

5. National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan Tech)

Taiwan Tech adalah universtias teknologi pertama di Taiwan. Universitas ini terdiri dari tujuh kolese yang mencakup bidang seperti Teknik, Ilmu Komputer, Manajemen, Desain, Ilmu Sosial, Seni Liberal, Ilmu Hak Kekayaan Intelektual, dan Ilmu Terapan. Dua puluh tujuh departemen dan fakultas pascasarjana, dan lebih dari tiga puluh satu laboratorium penelitian dan pengembangan teknologi. Taiwan Tech juga memiliki fasilitas dan pengajaran yang sangat baik. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 Taiwan Tech berada di peringkat ke-314.

Tertarik untuk berkuliah di Taiwan dengan Beasiswa dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

6. National Taiwan Normal University (NTNU)

Universitas yang berfokus pada bidang pendidikan ini adalah salah satu yang terkenal dengan Pusat Pelatihan Mandarin-nya. Terdiri atas tiga kampus, yaitu Kampus Da’an (kampus utama yang merupakan pusat gedung administrasi, perpustakaan pusat, gedung pertunjukan musik dan sastra, gedung bahasa, dan pusat atletik), Kampus Gongguan (pusat kampus ilmu sains), serta Kampus Linkou dan kampus perpustakaan universitas yang menyelenggarakan kegiatan pascasarjana dan doktor. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 NTNU berada di peringkat ke-334.

7. Taipei Medical University (TMU)

Taipei Medical University, didirikan pada tahun 1960, adalah penyedia pendidikan di Taipei bagian timur, Taiwan. TMU menawarkan pilihan studi melalui 7 kolese, 12 fakultas sarjana dan 14 instutut pascasarjana. Bidang ilmu yang ditawarkan mencakup Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Keperawatan, Kesehatan Publik dan Nutrisi, Ilmu Kedokteran, Humaniora, Ilmu Sosial, dan Teknik Biomedis. Mayoritas dari 30,000 lulusan universitas bekerja di bidang Kedokteran. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 TMU berada di peringkat ke-407.

8. National Sun Yat-sen University (NSYSU)

National Sun Yat-sen University yang didirikan pada tahun 1980, adalah penyedia pendidikan di kota Kaohsiung, Taiwan. Universitas ini menawarkan pilihan studi melalui enam fakultas yang mencakup bidang seperti Seni Liberal, Sains, Teknik, Manajemen, Ilmu Kelautan, dan Ilmu Sosial. NSYCU membina koneksi dengan lebih dari 60 universitas dari lebih dari 30 negara di seluruh dunia. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 NSYSU berada di peringkat ke-412.

9. National Taipei University of Technology

Universitas Teknologi Nasional Taipei adalah universitas negeri di Taipei, Taiwan. Itu adalah anggota Aliansi Riset & Industri Global dari Kementerian Sains dan Teknologi dan diakreditasi oleh AACSB. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 universitas ini berada di peringkat ke-469.

10. Chang Gung University

Universitas Chang Gung adalah universitas swasta di Distrik Guishan, Kota Taoyuan, Taiwan. Berdasarkan QS World University Rankings 2022 universitas ini berada di peringkat ke-480.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos ke Universitas di Taiwan

Bagaimana Hunters, tertarik coba apply kuliah di Taiwan? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester