Universitas Edinburgh: Info Lengkap Profil dan Beasiswanya

Universitas Edinburgh pasti sudah tidak asing ditelinga para pejuang kuliah di luar negeri, terlebih bagi para Hunters yang bercita-cita sekolah di Inggris Raya. Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia The University of Edinburgh memberikan pengalaman belajar, fasilitas dan jejaring internasional untuk para alumninya.

Penasaran dengan profil Universitas Edinburgh? Yuk ikuti terus informasi lengkapnya tentang The University of Edinburgh yang Schoters rangkumkan khusus untuk Hunters!

Selayang Pandang Universitas Edinburgh

Sejak berdiri pada tahun 1583, The University of Edinburgh telah mencetak banyak alumni dan cendikiawan terkemuka di dunia. Mulai dari peraih Nobel, astronom, hingga Perdana Menteri. Didirikan dengan mengikuti “ Scottish Enlightenment” di abad ke-18, Universitas Edinburgh telah menjadi garis depan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan pemikiran kritis.

Alumni Berpengaruh dari Universitas Edinburgh

Dalam misinya untuk membentuk masa lalu, masa kini dan masa depan, Universitas Edinburgh menjadi “rumah” bagi beberapa alumni terkemuka.

Beberapa diantaranya adalah:

  1. Alexander Graham Bell, penemu telepon, peneliti dan insinyur. 
  2. David Hume, seorang filsuf, ekonom, dan penulis esai yang dikenal karena skeptisisme dan empirisme filosofisnya.
  3. Joseph Black, ahli kimia di balik penemuan panas laten dan karbon dioksida.
  4. James Hutton, ‘Bapak Geologi Modern’.
  5. Sir Arthur Conan Doyle terinspirasi untuk menciptakan karakter terkenalnya, Sherlock Holmes.
  6. James Young Simpson memelopori anestesi melalui penemuannya tentang sifat kloroform.
  7. Emeritus Peter Higgs, fisikawan teoritis yang dianugerahi Hadiah Nobel Fisika untuk prediksi Higgs Boson tahun 1974.
  8. Charles Robert Darwin, seorang naturalis, ahli biologi, ahli geologi dan penemu teori Evolusi. 
  9. Sarojini Naidu, Indian political activist and a poet. 
  10. Pippa Middleton, adik dari Kate Middleton dan seorang penulis, English Socialite dan komunis.

Dan lain sebagainya. Apakah ada nama-nama yang Hunters kenal di atas?

Lokasi Universitas Edinburgh

The University of Edinburgh terletak di Old College, South Bridge, Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya dan bisa diakses melalui transportasi umum maupun pribadi. Untuk informasi lebih lanjut tentang denah kampus dan akses untuk disabilitas, bisa Hunters lihat melalui link berikut ini

Ranking dan Jurusan di Universitas Edinburgh

Sebagai salah satu kampus terbaik di dunia, Universitas Edinburgh ada di peringkat ke-15 dunia menurut QS World Ranking University 2023. The University of Edinburgh menyediakan jenjang pendidikan untuk Sarjana hingga Pasca Sarjana dengan rentang bidang studi seperti:

  1. College of Arts, Humanities and Social Sciences
  2. College of Medicine and Veterinary Medicine
  3. College of Science and Engineering

Yang mana beberapa pilihan studi di atas dibagi kembali ke beberapa jurusan. Sedangkan jurusan andalan dari Universitas Edinburgh adalah:

  1. Arts and Humanities
  2. Biology and Biochemistry
  3. Biotechnology and Applied Microbiology
  4. Cardiac and Cardiovascular Systems
  5. Cell Biology
  6. Chemistry
  7. Chemical Engineering
  8. Clinical Medicine

Apakah Hunters sedang mencari beberapa pilihan bidang studi di atas? Kalau iya, mungkin Universitas Edinburgh bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Hunters. Yuk kenali prosedur pendaftaran di The University of Edinburgh di bawah ini.

Melalui penjelasan ranking dan jurusan di atas, apakah Universitas Edinburgh merupakan universitas yang cocok untuk Hunters? Yuk konsultasikan perencanaan pendidikan di tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” bersama para mentor expert dari Schoters.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Proses Pendaftaran di Universitas Edinburgh

Dalam proses pendaftaran di Universitas Edinburgh ada beberapa tahapan yang harus Hunters perhatikan. Proses pendaftarannya juga sangat detail dan Hunters harus menyiapkan setiap dokumen yang akan dibutuhkan. Berikut step by step yang harus Hunters lakukan.

1. Pilih jurusan tujuanmu. Hunters bisa pilih jurusan yang sesuai dengan Hunters pada link daftar bidang studi S1 dan S2 berikut. 
2. Mempersiapkan berkas pendaftaran melalui UCAS (the Universities and Colleges Admission Service). Beberapa berkas yang harus Hunters persiapkan antara lain:

  1. Surat Tanda Tamat Belajar Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas (STTB – SMA) atau Ijazah terbaru yang Hunters punya.
  2. Surat Referensi
  3. Surat Rekomendasi
  4. Sertifikasi Bahasa Inggris.

Persyaratan bahasa Inggris bervariasi antar bidang studi yang dipilih. Tetapi secara umum Anda memerlukan izin dalam bahasa Inggris di nilai berikut atau lebih tinggi:

  1. National 5 at C

  2. SQA Standard Grade at 3
  3. SQA Intermediate 1 at A
  4. SQA Intermediate 2 at C
  5. GCSE/IGCSE at C or 4
  6. Level 2 Certificate at C (Level 2 Functional Skills English is not accepted for entry)
  7. IB Standard Level at 5 (English ab initio is not accepted for entry)
  8. IB Middle Years Programme English Language and Literature at 5

3. Memilih sistem pembelajaran Part Time atau Full Time.

4. Membayar uang pendaftaran.

5. Mendaftar setiap dokumen yang telah dipersiapkan.

6. Melakukan proses seleksi berkas, wawancara, tes dan portfolio.

7. Menunggu pengumuman.

Meski persyaratan dan prosedurnya terlihat agak rumit, Hunters bisa menaklukannya dengan mempersiapkan dokumen pendaftaran jauh-jauh hari ya.

Baca Juga: Simak 11 Fakta Menarik Jika Kuliah di Inggris Itu Seru, Ada Universitas Edinburgh!

Beasiswa Pelajar Indonesia di Universitas Edinburgh

Bagi para Hunters yang punya cita-cita untuk berkuliah di Edinburg University tapi terkendala dengan biaya. Universitas Edinburgh telah menyiapkan beberapa program bantuan dana yang bisa Hunters gunakan sebagai WNI (Warga Negara Indonesia). Berikut beberapa programnya.

The Sheila Cannell Postgraduate Award

Satu beasiswa akan diberikan kepada pelamar yang diterima di program Magister satu tahun di Sekolah Sejarah, Klasik, dan Arkeologi dengan manfaat beasiswa sampai £2,000 untuk satu tahun akademik. Beasiswa Universitas Edinburgh ini akan diberikan berdasarkan prestasi akademik. Kandidat harus memiliki, atau mengharapkan untuk memperoleh, gelar kehormatan kelas satu Inggris atau yang setara di luar negeri.

Edinburgh Global Undergraduate Mathematics Scholarships

Beasiswa Universitas Ediburgh ini diberikan kepada pelamar internasional yang menunjukkan kinerja akademik yang luar biasa. Tak tanggung-tanggung, manfaat yang bisa Hunters dapatkan sebesar £5,000 loh.

Beasiswa ini diberikan kepada pelamar dengan status biaya Internasional yang diterima untuk masuk penuh waktu ke program gelar sarjana yang diselenggarakan di School of Mathematics. Beasiswa tidak tersedia untuk siswa yang sudah mengikuti program dan juga tidak tersedia untuk siswa yang mempelajari Matematika sebagai bagian dari program gelar yang diselenggarakan oleh universitas dan fakultas lain.

Baca Juga: Beasiswa di Inggris Fully Funded

Sustainability and Social Impact Scholarships

University of Edinburgh Business School menawarkan hingga 20 beasiswa yang mencakup sebagian dari biaya untuk mahasiswa Magister yang memulai studi pada bulan September 2023. Beasiswa akan diberikan kepada kandidat yang berkomitmen pada tanggung jawab sosial dan keberlanjutan, terutama dalam lingkungan bisnis.

Pihak fakultas menawarkan hingga 20 beasiswa antara £5.000 dan £10.000 yang mencakup sebagian dari biaya kuliah untuk mahasiswa Master. Penghargaan ini akan dapat dipertahankan selama satu tahun akademik dan akan secara otomatis dibayarkan untuk biaya kuliah Hunters.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri 

Ingin lulus universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester