5 Rekomendasi Universitas Hukum Terbaik di Dunia

Jurusan hukum merupakan salah satu bidang studi yang paling banyak dicari di seluruh universitas di dunia. Hal ini wajar karena mengingat prospek karier yang baik ketika telah menyelesaikan pendidikannya. Bagi Hunters yang tertarik untuk belajar hukum, berikut daftar 5 universitas hukum terbaik di dunia yang dapat Hunters coba!

Perlu diketahui pula, daftar 5 universitas jurusan hukum terbaik di dunia ini ditulis berdasarkan survei QS World University Rankings 2023. Peringkat tersebut didasarkan pada kualitas pendidikan, reputasi akademik, sitasi publikasi, hingga keterlibatan internasional universitas.

1. Harvard University Law School

Universitas hukum terbaik di dunia diduduki oleh Harvard University atau banyak orang yang menyebutnya Harvard Law School (HLS). Universitas jurusan hukum terbaik di dunia ini telah didirikan sejak tahun 1817 dan memberikan pendidikan yang mendalam tentang hukum dan penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Harvard Law School sendiri dikenal telah melahirkan banyak lulusan terkenal, termasuk beberapa Presiden Amerika Serikat.

Setara dengan kualitas dan prospek karier yang diberikan, biaya masuk dan biaya kuliah di Harvard Law School cukup mahal. Biaya masuknya berkisar sebesar 85 USD dengan biaya kuliahnya sekitar 70.000 USD per tahun. Namun, Hunters bisa mengikuti program bantuan keuangan Harvard, program pekerjaan, atau mengikuti Beasiswa LPDP dari Indonesia.

2. University of Oxford

Universitas hukum terbaik di dunia selanjutnya jatuh pada University of Oxford. Sebagai salah satu kampus terkenal di dunia, University of Oxford juga dikenal dengan Program Studi Hukumnya yang biasa dikenal sebagai Oxford Law School. Pada kurikulum belajarnya, Hunters akan banyak diajarkan tentang bidang-bidang hukum seperti hukum bisnis, kesehatan, internasional hingga hukum lingkungan.

Universitas jurusan hukum terbaik di dunia ini pula menawarkan program Sarjana, Pascasarjana, hingga Bachelor of Civil Law (BCL) dan Magister Juris (MJur) yang sudah diakui secara internasional. Selain belajar, Hunters juga tetap bisa bersosialisasi dengan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tak kalah seru.

Sementara itu, untuk biaya pendaftaran dan biaya kuliah di Oxford Law School memang lebih mahal daripada universitas hukum lainnya di Inggris. Namun, hal ini akan setara dengan kesempatan dan koneksi yang Hunters dapatkan.

Biaya pendaftaran universitas hukum terbaik di dunia ini adalah £75 untuk program sarjana dan £50 untuk program pascasarjana. Sedmentara itu, untuk biaya kuliah siswa non-Uni Eropa berkisar antara £24.700 per tahun.

Namun, Hunters tetap bisa mendapatkan keringanan biaya dengan beasiswa, program hibah kampus, dan program bekerja. Salah satu beasiswa untuk pelajar Indonesia bergengsi yang bisa Hunters coba adalah Beasiswa LPDP.

3. University of Cambridge

Universitas hukum terbaik di dunia juga ada di University of Cambridge yang biasanya dikenal sebagai Cambridge Law Faculty. Di universitas jurusan hukum terbaik di dunia ini, Hunters akan dilatih untuk memiliki pemikiran kritis, analisis mendalam, dan pemecahan masalah dalam hukum itu sendiri.

Selain itu, sistem pembelajaran di universitas hukum terbaik di dunia ini juga dikenal sangat interaktif. Hunters akan banyak menemukan diskusi, seminar, dan tutorial kecil yang dipimpin oleh para dosen dan profesional.

Hal lain yang Hunters harus tahu dari universitas hukum terbaik di dunia ini adalah Hunters bisa menempuh pendidikan Sarjananya selama 3 tahun saja dan mendapatkan titel Bachelor Arts of in Law (BA Law) atau Tripos. Namun, Cambridge Law Faculty juga membuka beberapa program Pascasarjana.

Sedangkan untuk biaya kuliah untuk jenjang sarjana tiga tahun (BA Law) untuk mahasiswa non-Uni Eropa bisa mencapai £24,168 per tahun. Sementara itu, untuk beberapa program Pascasarjana lain berkisar antara £21,168 hingga £42,960 untuk pelajar Internasional.

Namun, Hunters tetap bisa mendapatkan keringanan biaya dengan beasiswa, program hibah kampus, dan program bekerja. Salah satu beasiswa untuk pelajar Indonesia bergengsi yang bisa Hunters coba adalah Beasiswa LPDP.

Melalui penjelasan pada ulasan ini, apakah daftar 5 universitas hukum terbaik di dunia itu merupakan kesempatan yang Hunters cari? Yuk konsultasikan perencanaan pendidikan di tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” bersama para mentor expert dari Schoters.

 

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

4. Yale University

Universitas hukum terbaik di dunia selanjutnya adalah Yale Law School yang sudah berdiri sejak 1824 dan menjadi salah satu institusi terbaik di Amerika Serikat. Ciri khas dari universitas jurusan hukum terbaik di dunia ini adalah fokus pendalamannya yang interdisipliner. Hunters akan banyak belajar tentang prinsip hukum, sosiologi, politik dan filosofi.

Lulusan Yale Law School sendiri dikenal dengan keterampilan analisis, kritis, kreatif dan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu hukum di dunia. Beberapa alumni dari Yale Law School antara lain Bill Clinton, Hillary Clinton, Sonia Sotomayor, Robert Rubin, hingga John Kerry.

Jika Hunters sudah tidak asing dengan beberapa nama di atas dan mengagumi sepak terjang tokoh di atas, Hunters bisa menjadikan Yale Law School sebagai target rencana belajar Hunters selanjutnya, ya.

Yale Law School sendiri membuka program khusus untuk para mahasiswa yang ingin jadi pengacara (Juris Doctor (JD)), Master of Laws untuk mendalami hukum secara global hingga studi lanjutan di bidang hukum di Doctor of Juridical Science (JSD). Sementara itu, untuk biaya kuliah di Yale Law School sekitar 70.000 USD per tahun.

Namun, Hunters tetap bisa mendapatkan keringanan biaya dengan beasiswa, program hibah kampus, dan program bekerja. Salah satu beasiswa untuk pelajar Indonesia bergengsi yang bisa Hunters coba adalah Beasiswa LPDP.

 

Baca Juga: Ketahui Informasi Lengkap Mengenai Yale University

 

5. Stanford University

Universitas hukum terbaik di dunia selanjutnya dimiliki oleh Stanford University dengan Stanford Law School yang didirikan pada tahun 1893. Stanford Law School juga memberikan pembelajaran ilmu interdisipliner tentang hukum, teknologi dan bisnis loh Hunters. 

Selain itu mereka juga menyediakan beberapa fasilitas lain untuk menunjang proses belajar mahasiswanya, seperti enter for Internet and Society, Center for Law and the Biosciences, dan Constitutional Law Center. Beberapa alumni yang berasal dari universitas jurusan hukum terbaik di dunia ini antara lain Anthony Kennedy, Kathleen Sullivan, Sandra Day O’Connor, dan lain sebagainya.

Sedangkan program yang disediakan oleh Stanford Law School untuk para mahasiswanya adalah program Juris Doctor (JD) yang ditempuh selama 3 tahun, Master of Laws (LLM), dan Doctor of the Science of Law (SDJ). Uniknya lagi Stanford Law School juga membuka kesempatan untuk mahasiswa mengambil program sertifikasi dan dual-degree, lho.

Sesuai dengan fasilitas dan koneksi yang akan Hunters dapat selama bersekolah di universitas jurusan hukum terbaik di dunia ini, biaya kuliah tahunannya memang cukup mahal.

Pada program Juris Doctor (JD) untuk ajaran 2022 – 2023 biaya kuliahnya sebesar 72,186 USD dan program Master of Laws (LLM) sekitar 74.999 USD per tahun untuk mahasiswa internasional. Namun, Hunters tetap bisa mendapatkan keringanan biaya dengan beasiswa, program hibah kampus, dan program bekerja. Salah satu beasiswa untuk pelajar Indonesia bergengsi yang bisa Hunters coba adalah LPDP.

 

Baca Juga: Stanford University dan Beasiswanya

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Hukum Terbaik di Dunia

Ingin lulus di daftar universitas hukum terbaik di dunia di atas? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester