5 Universitas Islam di Turki dan Rekomendasi Beasiswanya

Dikenal sebagai negara transkontinental yang menjadi pertemuan budaya Eropa dan Asia, Turki menjadi negara yang kaya akan warisan peradaban dunia, salah satunya adalah peradaban agama Islam. Bagi Hunters yang ingin melanjutkan studi Islam di Turki, berikut 5 pilihan universitas Islam di Turki dan beasiswa untuk pelajar Indonesia!

Kenapa Kuliah di Turki?

Mungkin kamu sudah banyak mendengar keindahan dan kelebihan dari negara Turki. Tapi apakah hal-hal yang menjadi kelebihan untuk melanjutkan studi di Turki? Yuk ikuti beberapa fakta menariknya  berikut sebagai salah satu bahan pertimbangan kamu!

1. Kurikulum internasional

Menjadi simbol bersatunya dua benua, Turki menjadi salah satu tempat pertukaran pengetahuan dan lahirnya para ilmuwan sains, filosofi dan Islam. Turki sendiri menyediakan universitas yang menyediakan lebih dari 20 ribu mata kuliah berbahasa Inggris. Selain itu, Turki juga menyediakan program beasiswa yang dapat kamu ikuti sebagai pelajar Indonesia.

2. Biaya hidup yang terjangkau

Selain kamu bisa mendapatkan kesempatan belajar dari para ahli terbaiknya, biaya hidup di Turki juga cukup terjangkau dari negara lainnya. Selain itu masyarakat Turki juga dikenal ramah kepada mahasiswa internasional, salah satunya dari Indonesia. Dengan lingkungan yang mendukung, tentunya proses belajarmu akan semakin nyaman.

3. Kualitas penelitian dan inovasi

Menjadi peringkat ke-7 di bidang penelitian dan sains di antara negara OECD lainnya, Turki mempunyai jejak yang baik dalam pertumbuhan ilmuwan, engineer dan, teknisi. Hal ini menunjukkan adanya banyak peluang bagimu untuk mengembangkan proyek penelitian.

Baca Juga: Kenali Turkiye Burslari Scholarship 2023

5 Universitas Islam di Turki

Selain dikenal dengan perkembangan teknologinya seperti di atas, Turki juga menawarkan beberapa pilihan universitas Islam di Turki. Berikut Schoters rangkumkan 5 universitas Islam di Turki versi Gyanberry 2023.

1. İstanbul 29 Mayıs University

Universitas Islam di Turki yang pertama adalah İstanbul 29 Mayıs University. Universitas yang didirikan oleh yayasan agama Islam, Turkish Religious Foundation (Türkiye Diyanet Vakfı – TDV) pada 2010 ini merupakan universitas swasta yang berfokus pada pendidikan dan ilmu sosial.

Kampus utamanya sendiri berada di Bağlarbaşı, Üsküdar yang berada dekat dengan situs Istanbul, Masjid Bosphorus, dan Stasiun Metro Bus.

Sedangkan untuk beberapa pilihan fakultas yang bisa kamu pilih antara lain:

  1. Faculty of Letters
  2. Faculty of Education
  3. Faculty of Law
  4. Faculty Economics and Administrative Sciences
  5. Faculty of Theology
  6. Social Sciences Institute
  7. School of Foreign Languages

Sedangkan untuk rincian jurusan setiap fakultas dan cara pendaftaran sebagai mahasiswa internasional bisa kamu lihat di sini. 

2. İstanbul Bilgi University

Universitas Islam di Turki terbaik selanjutnya adalah İstanbul Bilgi University yang didirikan pada 7 Juni 1994 dan disetujui oleh Turkish Grand National Assembly. Salah satu universitas Islam di turki ini memiliki motto “Non scholae, sed vitae discimus” atau artinya “Belajar tidak untuk sekolah, tapi untuk hidup”. Hingga saat dia berdiri saat ini universitas Islam di turki ini telah menerima 20 ribu lebih mahasiswa dan 60 ribu lebih alumni.

Sedangkan untuk bidang studi yang diberikan, İstanbul Bilgi University memiliki 8 fakultas utama, antara lain :

  1. Faculty of Law
  2. Faculty of Communication
  3. Faculty of Business
  4. Faculty of Architecture
  5. Faculty of Engineering and Natural Sciences
  6. Faculty of Health Sciences
  7. Faculty of Social Sciences and Humanities
  8. Faculty of Applied Sciences

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar salah satu fakultas di atas, kamu bisa mengikuti proses administrasinya di link ini. Sedangkan bagi kamu yang tertarik dengan program internasional yang dimiliki oleh İstanbul Bilgi University ini, kamu bisa klik link-nya di sini. 

3. Yeditepe University

Telah berdiri sejak 1996, salah satu universitas Islam di Turki ini dibangun langsung oleh Istanbul Egitim ve Kultur Vakfi (ISTEK – Istanbul Educational and Cultural Foundation). Universitas Yeditepe sendiri dibangun oleh pedoman Ataturk yaitu, untuk membentuk generasi yang modern, ingin tahu, dilengkapi dengan semua kualifikasi yang diperlukan dalam dunia bisnis dan semua keterampilan teknologi yang diperlukan, berpengalaman dalam budaya yang berbeda dan secara pribadi berkembang dengan baik.

Secara garis besar, universitas Islam di Turki ini menawarkan 14 bidang studi, antara lain :

  1. Faculty of Architecture
  2. Faculty of Arts and Sciences
  3. Faculty of Communication
  4. Faculty of Computer and Information Sciences
  5. Faculty of Dentistry
  6. Faculty of Economy and Administrative Sciences
  7. Faculty of Education
  8. Faculty of Engineering
  9. Faculty of Fine Arts
  10. Faculty of Health Sciences
  11. Faculty of Law
  12. Faculty of Medicine
  13. Faculty of Pharmacy

Sedangkan untuk beberapa program beasiswa yang ditawarkan langsung dari kampus salah satunya adalah YKS (Yeditepe University Scholarship). Beasiswa ini memberikan beasiswa penuh dan mengcover seluruh biaya pendidikan. Namun untuk beberapa kandidat lainnya, kamu bisa mendapatkan diskon SPP sebesar 25% hingga 50% . Informasi lengkapnya bisa kamu lihat di sini.

Baca Juga : Ini Dia Tips Mendapatkan Beasiswa Turki!

Tertarik melanjutkan studi di Turki dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

4. Marmara Üniversitesi

Menjadi salah satu universitas Islam di Turki yang tertua, Marmara Üniversitesi berdiri pada 16 Januari 1883 yang sebelumnya menjadi SMA di awal tahun pertamanya. Universitas Islam di Turki ini terkenal dengan kualitas penelitian dan sekolah pendidikannya. Sejak dia berdiri, Mamara Üniversitesi telah membuka banyak fakultas, antara lain:

  1. Ataturk Faculty of Education
  2. Faculty of Science
  3. Faculty of Law
  4. Faculty of Communication
  5. Faculty of Architecture and Design
  6. Faculty of Political Sciences
  7. Faculty of Technology
  8. Faculty of Dentistry
  9. Faculty of Financial Sciences
  10. Faculty of Economics
  11. Faculty of Human and Society Sciences
  12. Faculty of Engineering
  13. School of Phys. Educ. and Sports
  14. School of Medicine
  15. Faculty of Pharmacy
  16. Faculty of Fine Arts
  17. Faculty of Theology
  18. Faculty of Business Administration
  19. Faculty of Health Sciences
  20. Faculty of Technical Education
  21. School of App

Cukup beragam bukan pilihan bidang studinya? Hal ini dikarenakan dari tujuan universitas ini berdiri sendiri, yaitu untuk menjawab permasalahan dan memberi solusi pada ekonomi, politik, budaya, dan masalah lainnya yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, Mamara Üniversitesi menjadi salah satu daftar universitas Islam di Turki!

5. Boğaziçi University 

Universitas Islam di Turki yang ke-5 adalah Boğaziçi University. Bertujuan untuk menjadi lembaga pendidikan yang mencetak generasi yang inovatif, kreatif untuk menjadi ujung mata tombak penelitian dari luar. Beberapa bidang studi yang ditawarkan ialah:

  1. Faculty of Arts and Sciences
  2. Faculty of Economics and Administrative Sciences
  3. Faculty of Education
  4. Faculty of Engineering
  5. Faculty of Law
  6. Faculty of Managerial Sciences
  7. The School of Foreign Languages

Meskipun begitu, saat ini Boğaziçi University belum membuka beasiswa apapun. Namun, kamu tak perlu khawatir, kamu bisa bisa mengikuti beasiswa pemerintah Turki di bawah ini.

Beasiswa Turkiye Burslari untuk Pelajar Indonesia

Jika kamu ingin mendaftar salah satu universitas Islam di atas tapi belum ada beasiswa yang ditawarkan, kamu bisa mengikuti program Turkiye Burslari Scholarship ini. Beasiswa ini diberikan oleh pelajar S1, S2, S3, Research Program, hingga sekolah bahasa Turki. Beberapa persyaratannya adalah:

  1. KTP/paspor/kartu identitas resmi lainnya
  2. Pas foto terbaru
  3. Hasil Ujian Nasional (jika ada)
  4. Ijazah/Surat Keterangan Lulus
  5. Transkrip nilai
  6. Sertifikat penghargaan (opsional)
  7. Hasil ujian internasional (GRE, GMAT, SAT, dan lainnya) jika diminta oleh pihak universitas
  8. Sertifikat kemampuan bahasa (TOEFL, DELF, dan lainnya) jika diminta oleh pihak universitas

Untuk manfaat beasiswanya sendiri, kamu bisa mendapatkan uang saku, biaya akomodasi, tiket pesawat PP, asuransi kesehatan, SPP, penempatan jurusan, dan universitas serta kursus bahasa Turki selama 1 tahun.  Tertarik untuk mencoba? Yuk ikut program pilihan Schoters di bawah ini! 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Islam di Turki

Ingin lolos universitas islam di Turki? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester