Ini Top 5 Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Dunia!

Jurusan Psikologi barangkali adalah salah satu jurusan yang tidak pernah kehilangan peminat dari tahun ke tahun. Ada banyak sekali alasan yang mendorong mahasiswa memilih Psikologi sebagai jurusan yang diminati, mulai dari alasan professional hingga minat pribadi. Secara garis besar, ilmu Psikologi dapat membantu kamu memahami perilaku, motivasi serta dinamika kepribadian seseorang dalam berbagai aspek kehidupan sehingga tidak heran kalau kemudian, mahasiswa Psikologi memiliki banyak kesempatan untuk membangun karier di berbagai bidang yang berbeda. Lulusan jurusan psikologi tidak hanya memiliki kesempatan untuk menjadi seorang psikolog saja, namun juga bisa bekerja di hampir seluruh bidang seperti human resource management, marketing, health care dan masih banyak lagi. Selain kesempatan karier yang beragam, jurusan Psikologi juga membantu kamu untuk mengenal diri sendiri dan orang-orang sekitar kamu dengan lebih baik.

Kalau kamu tertarik untuk mempelajari ilmu psikologi dengan melanjutkan studi di luar negeri, kamu perlu tahu beberapa universitas jurusan psikologi terbaik di dunia. Jadi dimana saja universitas luar negeri dengan jurusan psikologi terbaik ini? Simak daftar singkatnya di bawah ini.

Harvard University

Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2022, universitas luar negeri dengan jurusan psikologi terbaik pertama di dunia adalah Harvard University, yang juga merupakan salah satu lima besar universitas terbaik di dunia. Program studi Psikologi pertama kali muncul di Harvard University di akhir tahun 1800 berkat peran seorang tokoh bernama William James, yang merupakan seorang sejarawan dan psikolog dari Amerika Serikat yang membuka jurusan psikologi untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. Sejak saat itu, Harvard University terus menjadi universitas dengan jurusan psikologi terbaik dengan banyak alumni dari universitas ini menjadi tokoh besar dalam dunia psikologi modern yang melahirkan banyak teori psikologi yang masih digunakan sampai saat ini, termasuk di antaranya B.F Skinner yang terkenal dengan teori operant conditioning, Gordon Allport yang terkenal dengan teori personality traits yang membagi kepribadian menjadi 3 (tiga) kategori dan Henry Murray, pencipta salah satu tes kepribadian yang dikenal dengan istilah Thematic Apperception Test (TAT).

Harvard University yang juga merupakan universitas tertua di Amerika Serikat ini membuka jurusan Psikologi untuk berbagai jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana.

Jurusan psikologi jenjang sarjana

Secara khusus, program sarjana jurusan Psikologi di Harvard University ini dibagi lagi menjadi 3 (tiga) konsentrasi yang berbeda yaitu :

  1. General Track
  2. Cognitive Neuroscience and Evolutionary Psychology Track
  3. Cognitive Science Track

Jurusan psikologi jenjang pasca sarjana

Menariknya, jurusan Psikologi di Harvard University untuk jenjang pascasarjana hanya menawarkan program PhD yang kemudian dibedakan menjadi 4 (empat) area antara lain :

  1. Clinical Science

  2. Social
  3. Developmental
  4. Cognition, Brain and Behavior (CBB)

     

 

Stanford University

Universitas dengan jurusan Psikologi terbaik di dunia berikutnya berdasarkan versi QS Tahun 2022 adalah Stanford University, yang juga sama-sama berada di Amerika Serikat. Secara historis, jurusan Psikologi di Stanford University sudah mulai beroperasi sejak tahun 1892 dan merupakan salah satu program studi pertama yang dibuka di Stanford University. Jurusan Psikologi di Stanford University pertama kali dikelola oleh psikolog Amerika Serikat bernama Frank Angell, yang memiliki fokus kuat di bidang experimental psychology.

Saat ini, jurusan Psikologi di Stanford University dibuka untuk jenjang pendidikan sarjana maupun pascasarjana.

Jurusan psikologi jenjang sarjana

Untuk jenjang sarjana, sistem pendidikan di Stanford University membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih Psikologi sebagai major (jurusan utama) atau minor (dibuka bagi mahasiswa yang berminat mempelajari Psikologi namun tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan semua mata kuliah yang ditawarkan di bawah major. Dengan mengambil jurusan Psikologi sebagai minor, mahasiswa bisa mengeksplorasi ilmu psikologi dalam waktu singkat namun komprehensif).

Jurusan psikologi jenjang pasca sarjana

Sama seperti Harvard University, jurusan Psikologi untuk jenjang pasca sarjana di Stanford University juga lebih banyak menawarkan program PhD, dimana mahasiswa dapat mengambil konsentrasi khusus dalam ilmu psikologi. Satu-satunya gelar master untuk jurusan Psikologi yang ditawarkan oleh Stanford University adalah Master of Arts in Psychology dimana kualifikasi pendidikan Master ini hanya bisa diberikan kepada mahasiswa pasca sarjana yang sudah terlebih dahulu diterima masuk di program PhD, sudah memenuhi ketentuan akademik selama 2 (dua) tahun studi dan sudah menyelesaikan setidaknya 45 unit perkuliahan.

Tertarik melanjutkan studi di universitas jurusan psikologi terbaik di dunia dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

Baca Juga: Ketahui 4 Kriteria yang Cocok untuk Masuk ke Jurusan Psikologi

University of Oxford

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas luar negeri dengan jurusan psikologi terbaik ini adalah University of Oxford, yang berlokasi di Oxford, Inggris. Salah satu universitas terbaik yang juga berada dalam 5 (lima) besar universitas terbaik dunia berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS 2023 ini menawarkan jurusan Psikologi di bawah Department of Experimental Psychology yang sudah berdiri sejak tahun 1898. Sejak didirikan, jurusan Psikologi di salah satu universitas tertua di dunia ini sudah melahirkan banyak sekali tokoh-tokoh Psikologi terkenal termasuk di antaranya Donald Broadbent yang terkenal dengan selective filter theory yang menjadi dasar dalam teori information processing, Anne Treisman yang melahirkan selective attention theory yang dikembangkan dari teori yang ditulis oleh Donald Broadbent dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, jurusan Psikologi di Oxford University terus berorientasi pada kegiatan riset, khususnya dibidang behavioral neuroscience, developmental psychology, perception and cognition, social psychology dan psychological and brain health.

Jurusan psikologi jenjang sarjana

Oxford University membuka beberapa program studi untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sarjana (undergraduate) hingga pascasarjana (graduate). Untuk jenjang undergraduate, jurusan psikologi di Oxford University merupakan bidang ilmu yang masuk ke dalam kategori ilmiah dengan spesialisasi di bidang biological, cognitive, human experimental dan social and developmental psychology, sehingga melibatkan banyak kegiatan praktikum dan eksperimen.

Di jenjang ini, psikologi dapat dipelajari bidang studi utama dalam durasi 4 (empat) tahun dimana mahasiswa bisa langsung mendapatkan gelar MSci in Experimental Psychology atau dipelajari sebagai bagian dari bidang studi filsafat atau linguistik dalam durasi 3 atau 4 tahun, dimana mahasiswa kemudian bisa mendapatkan gelar BA atau MSci in Experimental Psychology. 

Jurusan psikologi jenjang pasca sarjana

Untuk jenjang Pasca Sarjana, Oxford University membuka berbagai program sebagai berikut :

  1. MSc in Psychological Research, yang merupakan gelar Master yang dapat diperoleh dalam durasi waktu 1 (satu) tahun. 
  2. MSc by Research in Experimental Psychology, yang merupakan gelar Master yang dapat diperoleh dalam durasi waktu 2-4 tahun.
  3. DPhil (PhD) in Experimental Psychology, yang merupakan gelar Doktoral yang bisa diselesaikan dalam durasi waktu 3-8 tahun.

Baca Juga: Beasiswa ke Luar Negeri untuk Jurusan Psikolog

University of Cambridge

Universitas dengan jurusan Psikologi terbaik di dunia juga berasal dari Inggris yaitu University of Cambridge, universitas yang juga mendapatkan peringkat nomor 2 terbaik dunia versi daftar yang dirilis oleh QS Tahun 2023. Jurusan Psikologi di University of Cambridge sendiri sudah memiliki sejarah yang cukup panjang, termasuk di dalamnya Laboratorium Psikologi atau Psychological Laboratory pada tahun 1912 dengan fokus utama pada kegiatan belajar dan riset di bidang psikologi eksperimen. Sejak tahun 2012, laboratorium ini kemudian bergabung dengan departemen lain di bawah University of Cambridge yang kemudian memperluas cakupan jurusan Psikologi di University of Cambridge menjadi bidang studi social and developmental psychology dengan fokus pada psikologi eksperimental, neuroscience dan biologi.

Jurusan psikologi jenjang sarjana

Jurusan psikologi di University of Cambridge dibuka di berbagai jenjang pendidikan, baik jenjang sarjana (undergraduate) maupun jenjang pascasarjana (postgraduate).

Untuk jenjang sarjana, jurusan Psikologi di University of Cambridge dibedakan menjadi 2 (dua) kategori program studi yang berbeda, antara lain :

  1. Program studi yang berada di bawah Natural Science Tripos atau bidang studi yang berhubungan dengan biological dan physical sciences.
  2. Program studi yang berada di bawah Psychological and Behavioral Science (PBS) Tripos (bidang studi yang berhubungan dengan perspektif yang dibutuhkan untuk memahami perilaku manusia, termasuk di antaranya behavioral neuroscience in animals, cognitive neuroscience in humans, neurophysiology, cognitive psychology, developmental psychology, social psychology, atyplical development dan adult psychopathology)

Kedua program studi sudah diakreditasi oleh British Psychological Society dan diajarkan menggunakan metode kelas, seminar, praktikum dan supervisi.

Jurusan psikologi jenjang pasca sarjana

Untuk jenjang pascasarjana, University of Cambridge membuka beberapa program sebagai berikut :

  1. Program PhD, yang merupakan program research yang dilakukan dalam waktu 3 (tiga) tahun. Untuk lulus dari program studi ini, mahasiswa harus menyelesaikan 1 (satu) jenis riset dan disertasi berisi 60.000 kata.
  2. Program MPhil in Psychology, yang merupakan program program research yang dilakukan dalam waktu 1 (satu) tahun. Untuk lulus dari program studi ini, mahasiswa harus menyelesaikan disertasi sepanjang 20.000 kata.   

Sebagai catatan, jurusan Psikologi di University of Cambridge tidak menawarkan program studi di bidang-bidang berikut :

  1. Clinical, counseling, educational, health atau sports and exercise psychology
  2. Program studi atau pelatihan jarak jauh
  3. Program studi pascasarjana yang sepenuhnya dilakukan di kelas (taught post graduate degrees)
  4. Program studi konversi

 

Baca Juga: Tips CV Agar Lolos Beasiswa ke Luar Negeri

University of California, Berkeley

Universitas terakhir dalam daftar universitas luar negeri dengan jurusan psikologi terbaik ini adalah University of California, yang berlokasi di Berkeley, Amerika Serikat. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1868 ini juga adalah salah satu universitas terbaik di dunia saat ini dan menduduki peringkat 27 dalam daftar universitas terbaik dunia yang dirilis oleh QS Tahun 2023. Jurusan Psikologi di University of California sudah mulai beroperasi sejak tahun 1921 dan hingga saat ini, terus berkomitmen untuk melakukan berbagai penelitian kelas dunia di bidang psikologi, termasuk di antaranya penelitian mengenai behavioral and systems neuroscience hingga social and personality.

Selain membuka program studi untuk jenjang sarjana dan pascasarjana, University of California juga membuka UC Berkeley Psychology Clinic yang bertujuan memberikan layanan terapi psikologi terbaik dengan harga yang terjangkau kepada komunitas di Bay Area dan sekitarnya. Jasa yang diberikan di UC Berkeley Psychology Clinic terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, yang membutuhkan penanganan terkait berbagai macam isu kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, trauma, gangguan tidur dan masih banyak lagi.

Jurusan psikologi jenjang sarjana

Untuk jenjang sarjana, jurusan psikologi di University of California, Berkeley mencakup beberapa bidang studi kunci sebagai berikut :

  1. Behavioral and system neuroscience
  2. Cognition
  3. Developmental
  4. Clinical science
  5. Cognitive neuroscience
  6. Social personality psychology

Jurusan psikologi jenjang pasca sarjana

Sama seperti jenjang sarjana, jurusan psikologi jenjang pascasarjana di universitas ini juga dibedakan menjadi 6 (enam) bidang studi utama. Persyaratan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masing-masing program studi dapat berbeda-beda, namun setiap program studi umumnya membutuhkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah kelas, seminar dan riset mandiri yang disupervisi. Mahasiswa juga diharapkan untuk mengambil mata kuliah di luar jurusan Psikologi, untuk menambah pengalaman belajar.

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Dunia

Ingin lolos masuk ke berbagai universitas jurusan psikologi terbaik di dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas jurusan psikologi terbaik di dunia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)