7 Daftar Universitas Luar Negeri yang Memiliki Program Online

Kuliah daring atau distance learning kini makin diminati. Bukan hanya karena kemudahannya, tapi juga karena kualitasnya yang tak kalah baik dengan kuliah tatap muka pada umumnya. Jika kalian ingin kuliah online luar negeri namun terkendala pekerjaan atau alasan keluarga yang tidak bisa ditinggal, pada artikel ini kita akan membahas 7 universitas luar negeri yang memiliki program online. 

Kuliah daring ini tak hanya ditujukan pada calon mahasiswa yang mencari gelar saja, namun dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin reskill, continuing professional development, maupun mendapatkan sertifikasi keahlian tertentu. 

Selain itu, platform yang digunakan untuk kuliah daring ini juga sangat mudah dipelajari sehingga kalian tidak perlu khawatir harus belajar dari nol tentang platform atau alat yang digunakan untuk mengikuti perkuliahan. 

Pada artikel ini kita akan membahas 7 universitas luar negeri yang memiliki program online beserta program studi yang ditawarkan. Yuk simak mana saja universitas luar negeri yang memiliki program online yang bisa kalian pertimbangkan!

1. Manchester University

Universitas luar negeri yang memiliki program online yang pertama adalah Manchester University. Manchester University adalah sebuah universitas di Inggris yang menduduki peringkat 6 universitas terbaik di Inggris dan 15 di dunia menurut QS World University Rankings. Untuk menjangkau lebih banyak mahasiswa di seluruh penjuru dunia dan sebagai upaya pemerataan pendidikan, Manchester University membuka program distance learning pada Faculty of Biology, Medicine and Health (BMH).

Tak hanya pada program bergelar, Manchester University juga membuka kelas daring pada program research training dan Continuing Professional Development (CPD) short courses. 3 jurusan atau school pada jenjang S2 yang ditawarkan pada fakultas ini juga ditawarkan pada program distance learning mereka, seperti:

  1. School of Biological Sciences
  2. School of Medical Sciences
  3. School of Health Sciences

Gelar yang ditawarkan pada BMH adalah MSc, MA, MPH, dan MDPH. Selain itu, gelar MRes, yang berkutat pada keilmuan riset yang mempersiapkan kandidatnya melanjutkan studi ke jenjang PhD juga tersedia pada distance learning ini. Metode perkuliahan dilakukan menggunakan beberapa platform pembelajaran seperti Blackboard dan sarana virtual lain yang ditulis langsung oleh penanggung jawab mata kuliah yang kalian ambil. 

Selain itu, materi perkuliahan juga akan terdiri dari akses ke perpustakaan yang ada di Manchester University yang menyediakan artikel, jurnal, buku elektronik, dan bahan belajar lainnya. Pengajaran juga akan dilakukan dalam banyak jenis seperti media interaktif, diskusi bersama, podcast, video, dan kuliah yang telah direkam sebelumnya. Untuk penilaiannya, dilakukan dengan cara menulis esai, laporan, dan tugas diskusi yang dilakukan bersama teman kelas.  

Baca Juga: Ingin Kuliah di Manchester University? Yuk Simak Faktanya!

2. University of Florida 

Salah satu universitas luar negeri yang memiliki program online dan salah satu kampus terbaik di Amerika Serikat.  Menduduki peringkat 44 universitas luar negeri yang memiliki program online terbaik di Amerika Serikat dan 188 di dunia menurut QS World University Rankings, University of Florida (UF) menyediakan kemudahan dan kualitas yang tidak dapat dipandang sebelah mata. 

Terdapat beberapa jenis program online atau distance learning yang tersedia di UF. Mereka adalah:

1. Jenjang sarjana (S1)

Terdapat 24 jurusan yang dapat diambil secara online pada jenjang S1.

2. Jenjang Masters (S2)

Terdapat 87 program studi yang dapat diambil secara online pada jenjang S2.

3. Jenjang Doktor (S3)

Terdapat 8 program studi yang dapat diambil secara online pada jenjang S3.

4. Specialist

Program specialist ini tersedia untuk 3 program spesialisasi pada College of Education saja, yakni:

a. Teach Well
b. Teacher Leadership for School Improvement
c. Teaching, Learning and Facilitating Educational Change with Technology

Luaran dari program ini adalah gelar spesialis.

5. Certificate (non-gelar)

Terdapat 105 program yang dapat kalian pelajari secara online dan setelah berhasil menyelesaikannya, kalian akan mendapatkan sertifikat dari UF.

Berbagai college atau setara dengan fakultas yang menawarkan program online di University of Florida adalah:

1. Engineering
2. Agricultural & Life Sciences
3. Medicine
4. Health & Human Performance
5. Arts
6. Public Health & Health Profession
7. Business Administration
8. Education
9. Design, Construction, and Planning
10. Journalism and Communication

Dan masih banyak lagi college yang menawarkan program online dengan kualitas serupa program onsite. Untuk melihat daftar lengkapnya, kalian bisa mengunjungi laman Prospective Students University of Florida.

3. University of College London

Universitas luar negeri yang memiliki program online selanjutnya adalah University of College London. menjadi universitas luar negeri yang memiliki program online terbaik ke 4 di Inggris dan ke 8 di dunia menurut QS World University Ranking ini, menjadi universitas luar negeri yang memiliki program online dan terdapat beberapa program yang tersedia secara daring. Dalam program online yang tersedia, pembelajaran dilakukan melalui Moodle, platform pembelajaran UCL yang bernama UCL’s Virtual Learning Environment (VLE), lecture notes, dan juga podcast. 

Selain itu siswa juga diwajibkan untuk mengikuti perkuliahan yang dilakukan dengan metode grup dan forum. Beberapa program yang ditawarkan untuk program online adalah:

  1. MSc & Post graduate diploma in Crime Science
  2. MSc & Post graduate diploma in Countering Organised Crime and Terrorism
  3. MSc & Post graduate diploma in Policing
  4. MSc in Periodontology
  5. MSc in Physics and Engineering in Medicine
  6. MA in Early Years Education
  7. MSc & Post graduate diploma in Performing Arts Medicine
  8. MSc in Clinical Trials
  9. MA in Education and Technology
  10. MA in Applied Educational Leadership

Metode evaluasi dan penilaian kuliah di UCL menggunakan beberapa metode, seperti:

  1. Coursework
  2. Forum discussions
  3. Presentation and examinations

Untuk mendukung proses perkuliahan, mahasiswa mendapatkan hak untuk mengakses berbagai modul dan bahan ajar serta akses ke koleksi perpustakaan UCL termasuk pada jurnal akademik, buku elektronik, video, dan sebagainya menggunakan akun UCL yang diberikan kepada kalian. 

4. University of Liverpool 

Universitas Luar Negeri yang memiliki program online keempat adalah University of Liverpool. University of Liverpool telah memiliki program online sejak tahun 2000. Menjadi pelopor sekaligus pemimpin pada sektor program online di kawasan Eropa, University of Liverpool memiliki banyak program jenjang S2, S3, dan post graduate, serta program Continuing Professional Development (CPD) yang dapat diakses dari mana saja. 

Bertengger pada peringkat 26 universitas luar negeri yang memiliki program online terbaik di Inggris dan 190 di dunia menurut QS World University Rankings, University of Liverpool membagi program onlinenya ke beberapa tema keilmuan, seperti:

  1. Business and Management
  2. Computer Science
  3. Education
  4. Law
  5. Medicine and Health Sciences
  6. Psychology

Untuk program CPD, terdapat beberapa rumpun keilmuan yang tersedia pada program online ini, mereka adalah:

  1. Architecture, Building and Planning
  2. History
  3. Health Science
  4. Medicine
  5. Veterinary Science
  6. Physics

Dalam program online ini, kalian akan belajar menggunakan platform yang dikembangkan secara mandiri oleh University of Liverpool yang memungkinkan kalian untuk memiliki proses dan metode pembelajaran yang lebih terpersonalisasi dengan program yang kalian ambil. 

Pembelajaran akan dilakukan menggunakan metode bahan ajar interaktif, diskusi bersama teman, dan berbagai bahan ajar yang tersedia di perpustakaan seperti buku elektronik dan jurnal akademik. Lebih dari fasilitas yang tersedia, sebagai mahasiswa di University of Liverpool, kalian akan mendapatkan akses pada sumber-sumber karir, termasuk koneksi pada perusahaan yang akan mempekerjakan kalian nantinya. 

5. Boston University 

Universitas Luar Negeri yang memiliki program online kelima adalah Boston University. Boston University atau BU sudah membuka program online sejak tahun 2002 dan sudah mendapatkan banyak penghargaan sebagai program yang berkualitas tinggi dari Blackboard Exemplary Course Awards, Excellence in Institution-Wide Education, sertadari United States Distance Learning Association (USDLA). 

Semua penghargaan diatas tentunya tidak didapat secara mudah. BU telah mengedepankan kolaborasi antara instructional design, media production, dan faculty & student support dalam setiap program online mereka. Hal ini memungkinkan agar setiap materi kuliah yang diajarkan dapat dipahami dengan mudah, memiliki gambaran konteks yang lengkap, serta interaktif. Hal ini diperankan langsung oleh pada instructional designers (IDs) yang telah berpengalaman di BU.

Menduduki peringkat 30 di Amerika Serikat dan 108 di dunia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Rankings, BU membuka beberapa tipe program online:

  1. Jenjang Sarjana (S1)
  2. Jenjang Masters (S2)
  3. Jenjang Doktor (S3)
  4. Concentration
  5. Certificate (non-gelar)

Beragam program studi tersedia di program online bergengsi mereka, diantaranya adalah:

  1. Analytics
  2. Art Education
  3. City Planning & Urban Affairs
  4. Clinical Research
  5. Computer Science & IT
  6. Criminal Justice
  7. Cybersecurity
  8. Education
  9. Fundraising
  10. Gastronomy & Food Studies
  11. Health Communication
  12. Health Informatics
  13. Law
  14. Liberal Studies
  15. Management
  16. Music Education
  17. Occupational Therapy
  18. Performing Arts Enterprise
  19. Project Management
  20. Public Health
  21. Social Work
  22. Software Development
  23. Supply Chain Management
  24. Theology

Untuk daftar lengkapnya, kalian bisa langsung mengunjungi laman Boston University’s Online Degree and Certificate Programs.

6. Columbia University 

Universitas Luar Negeri yang memiliki program online keenam adalah Columbia University. Columbia University yang berada di New York ini menduduki peringkat 10 sebagai universitas luar negeri yang memiliki program online terbaik di Amerika Serikat dan 22 di dunia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Rankings. Sebagai universitas yang kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi, Columbia University juga membuka program online di berbagai sektor keilmuan dalam bentuk pendidikan bergelar, pendidikan non-gelar, maupun sertifikasi. 

Program online yang mereka tawarkan juga dalam bentuk hybrid atau campuran tatap muka dan daring, maupun daring saja. Program ini tersedia di beberapa school atau setara dengan fakultas yang ada di Columbia University, mereka adalah:

  1. School of Engineering and Applied Science
  2. School of Professional Studies
  3. School of Social Work
  4. Graduate School of Arts and Sciences
  5. Columbia Business School
  6. Earth Institute
  7. Columbia University Medical Center
  8. Columbia University Law School

Dalam program onlinenya, Columbia University bekerjasama dengan beberapa perusahaan penyedia pembelajaran online seperti Coursera, edX, dan Kadenze. Dalam upaya penyediaan program online dalam Massive Open Online Courses (MOOCs) ini, Columbia University bertujuan agar makin banyak individu yang dapat mengakses pendidikan berkualitas dari mana saja dan kapan saja dengan luaran professional certificates maupun gelar akademik.

Baca Juga: Ini Dia 13 Platform Untuk Kamu Belajar Bahasa Inggris

7. Massey University 5/292

Universitas Luar Negeri yang memiliki program online ketujuh adalah Massey University. Massey University adalah sebuah universitas luar negeri yang memiliki program online yang terletak di Palmerston North, Selandia Baru. Universitas luar negeri yang memiliki program online ini juga memiliki beberapa kampus satelit yang ada di Albany dan Wellington. Menduduki peringkat 5 sebagai universitas luar negeri yang memiliki program online terbaik di Selandia Baru dan 292 di dunia menurut QS World University Ranking, universitas ini juga menyediakan berbagai program online atau distance learning.

Meski terbilang program online, ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan mahasiswanya untuk datang ke kampus Massey University untuk melakukan contact workshop sekali atau dua kali tiap semester. 

Program online mereka tersedia untuk hampir semua program studi yang terbagi pada 5 rumpun keilmuan yang ada di Massey University, mereka adalah:

  1. Business
  2. Creative Arts
  3. Health
  4. Humanities and Social Sciences
  5. Sciences

Dalam program online di Massey University, kalian akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan mahasiswa yang mengambil program tatap muka, seperti:

  1. Diajar langsung oleh para ahli di bidangnya
  2. Mengakses bahan ajar secara online kapan saja dan di mana saja
  3. Berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan aktivitas kelas lainnya
  4. Menggunakan fasilitas perpustakaan Massey University untuk mengakses jurnal akademik maupun buku elektronik
  5. Mengumpulkan tugas secara daring

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos universitas luar negeri

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Jika kalian butuh program bimbingan lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Universitas Luar Negeri yang Memiliki Program Online