Universitas Manchester: Kupas Tuntas Profil hingga Info Beasiswa

Universitas Manchester tidak hanya bergengsi di Inggris saja, tetapi juga di dunia! Makanya, banyak pelajar Indonesia yang ingin kuliah di sini. Memangnya apa sih yang membuat kampus ini istimewa? Yuk, simak alasan mengapa kampus ini menjadi pilihan pelajar Indonesia dalam artikel ini.

Tentang Universitas Manchester

University of Manchester memiliki 38.000 mahasiswa, 9.000 diantaranya merupakan mahasiswa internasional. Universitas ini terkenal dengan kualitas akademik dan penelitiannya yang luar biasa. Manchester juga merupakan anggota dari Russell Group. Saat ini, University of Manchester memiliki 25 orang pemenang Penghargaan Nobel di antara para staf dan mahasiswa. Terlebih lagi 91% lulusannya langsung mendapatkan kerja atau melanjutkan kuliah. Manchester memiliki klub dan komunitas terbanyak, yaitu lebih dari 480 dan lulusannya paling sering menjadi target incaran perusahaan daripada universitas lainnya.

Program Studi Universitas Manchester

Universitas ini tersedia untuk undergraduate dan postgraduate program, dengan beberapa pilihan major sebagai berikut:

  1. Accounting, Economics and Finance
  2. Arts
  3. Business and Management
  4. Computing and Information Systems
  5. Engineering
  6. Science
  7. Social Sciences & Humanities
  8. English Language Courses

 

Biaya Kuliah untuk Mahasiswa Internasional

Biaya kuliah di Universitas Manchester untuk mahasiswa internasional berkisar mulai dari £17.000/ Rp296.600.000,- sampai dengan £21.000/ Rp366.400.000,-.

Layanan untuk Mahasiswa Internasional

University of Manchester memiliki tim yang berdedikasi untuk menyediakan beragam layanan kepada mahasiswa seperti penjemputan di bandara, acara sambutan dan orientasi, informasi visa dan imigrasi, kursus bahasa Inggris, dan jalan – jalan di UK. Manchester juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan seperti dokter, perawat dan dokter gigi. Semua mahasiswa memiliki akses penuh pada pusat kesehatan. Biaya kesehatan mahasiswa full-time sudah ditanggung oleh National Health Service.

Peringkat

Universitas ini berhasil menempati peringkat ke-28 QS World Rankings 2023, ke-40 pada Guardian University Guide 2020, ke-55 pada Times Higher Education World University Rankings 2020, dan ke-33 di Academic Ranking of World Universities 2019. Pada Research Excellence Framework 2014, 83% aktivitas penelitiannya pada berbagai bidang jenjang sarjana dan pascasarjana menerima bintang 3 dan 4 serta menerima peringkat ke-5 untuk kekuatan penelitian.

Akomodasi

University of Manchester menyediakan lebih dari 8.000 kamar dengan berbagai jenis pilihan akomodasi untuk semua mahasiswa. Mahasiswa internasionalnya dijamin untuk menempati akomodasi yang dikelola kampus.

Keunggulan Universitas Manchester

Sebelum merencanakan studimu ke suatu kampus, kamu pasti mencari apa saja sih keunggulan dari kampus tersebut. Begitu juga Universitas Manchester, kampus ini memiliki banyak nilai lebih yang menjadi daya tarik mahasiswa Indonesia. Berikut adalah alasan-alasan Universitas Manchester jadi kampus idaman.

1. Termasuk Russell Group

Russell Group merupakan kelompok yang terdiri dari 24 perguruan prestisius di Inggris yang maju di bidang riset dan penelitian dengan tujuan pencapaian akademis. Universitas Manchester sendiri termasuk ke dalam Russell Group. Bagi lulusan universitas ini biasanya mendapatkan gaji 10% lebih tinggi dibandingkan lulusan universitas lain.

2. Deretan alumni terkenal

Alumni Universitas Manchester juga tidak kalah terkenal! Kamu tahu Benedict Cumberbatch? Yap, pemeran Dr. Strange ini pernah mengambil program S1 untuk jurusan drama, lho. Selain itu, Vidi Aldiano juga pernah mengambil pendidikan S2 di kampus ini. Bahkan, ia sukses mendapat predikat cumlaude!

3. Kesempatan karier global terbuka lebar

Keuntungan kuliah di kampus ini adalah memiliki kesempatan untuk berkarir global. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahkan lulusan dari universitas ini mendapat gaji 10% lebih tinggi dibandingkan lulusan lainnya. Kamu juga bisa melanjutkan berkarir di Inggris dengan mengajukan Post-Study Work Visa!

Persyaratan Mendaftar

1. Jenjang Sarjana

    1. Bagi pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan dengan kurikulum internasional seperti A level atau IB diploma, jika nilai akhir ijazah memenuhi persyaratan, maka bisa mencoba untuk mengajukan pendaftaran ke jenjang S1 langsung. 
    2. Bagi pelajar yang tidak memiliki nilai A level/IB yang memuaskan, masih bisa mendaftar via program foundation
    3. Bagi pelajar yang menempuh pendidikan dengan kurikulum nasional, wajib menempuh program foundation sebelum melamar ke program S1 University of Manchester. 

 

Baca Juga: Ketahui Bedanya A Level dan IB untuk Daftar Universitas Luar Negeri

 

2. Jenjang Pascasarjana

Selanjutnya, untuk postgraduate hanya perlu mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan, serta mengisi formulir online.

Beasiswa Kuliah di Universitas Manchester

Global Future Scholarship

University of Manchester dengan bangga menawarkan penghargaan dengan total lebih dari £1,7 juta kepada mahasiswa internasional, untuk memulai studi mereka. Beasiswa ini hanya menanggung tuition fee saja.

Sport Scholarships

Beasiswa ini menanggung tuition fee dan stipend hingga £1500 untuk biaya pelatihan atau kompetisi.

Master’s Scholarships for UK/EU/international Students

Beasiswa ini hanya menanggung tuition fee saja.

 

Baca Juga:  Maksimalkan Peluang Lolos Beasiswa dengan Kesan Baik saat Wawancara. Yuk Simak Tipsnya disini!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Manchester

Ingin lolos Universitas Manchester? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat Universitas Manchester? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)