Universitas Pennsylvania Amerika Serikat

University of Pennsylvania terletak di kota Philadelphia, Pennsylvania, di negara Amerika Serikat. Universitas Pennsylvania adalah salah satu dari sedikit universitas di Amerika Serikat yang terwujud pada waktu yang hampir beriringan dengan saat negara didirikan. Alhasil, University of Pennsylvania membanggakan sejarah yang kaya ini. Universitas ini masuk kedalam klasifikasi universitas Ivy League yang bergengsi.

Informasi Umum Universitas Pennsylvania

Universitas Pennsylvania merupakan lembaga keempat tertua pendidikan tinggi di Amerika Serikat, serta universitas pertama dengan kedua studi sarjana dan pascasarjana di Amerika Serikat. Universitas Pennsylvania juga sebagai lembaga akademis pertama dengan model multidisiplin yang berkonsentrasi pada beberapa fakultas menjadi satu lembaga. Benjamin Franklin, yaitu pendiri Universitas Pennsylvania, menyarankan program pendidikan yang berfokus pada pendidikan praktis untuk perdagangan dan pelayanan publik, klasik dan teologi.

Program akademik dan penelitian yang dipimpin oleh tiap fakultas di universitas ini sangat produktif. Pasalnya, dalam sepuluh tahun terakhir saja sembilan anggota fakultas atau lulusan telah memenangkan Hadiah Nobel. Selama sejarah panjang, universitas juga telah menghasilkan sejumlah besar alumni hebat. Ini termasuk 12 kepala negara (termasuk satu Presiden Amerika Serikat), tiga hakim agung Amerika Serikat, pendiri perusahaan teknologi, firma hukum internasional, dan lembaga – lembaga keuangan global, serta belasan milyarder.

Universitas Pennsylvania menawarkan berbagai departemen akademik, sebuah perusahaan penelitian dan sejumlah program pelayanan publik. Hal ini terutama untuk sekolah medis, sekolah kedokteran gigi, sekolah bisnis, sekolah hukum, komunikasi sekolah, sekolah perawat, sekolah kedokteran hewan, ilmu – ilmu sosial dan humaniora, serta pengajaran biomedis dan penelitian. Semakin tertarik Hunters?

Baca Juga: Intip 3 pilihan Beasiswa Lanjut Studi ke Amerika

 

Motto Universitas Pennsylvania

Universitas Pennsylvania menggunakan penyair besar Romawi, karya Horace untuk merancang mottonya. Mottonya adalah “Apa hukum kosong yang tersedia tanpa tata krama yang bagus?”. Kata – kata ini diubah secara berjenjang selama bertahun – tahun. Hingga motto saat ini adalah “Hukum tanpa tata krama tidak bermanfaat”, ini cuma sedikit modifikasi dari kata – kata asli Horace. University of Pennsylvania, juga diketahui sebagai University of Penn, dengan bangga menyatakan bahwa hukum tanpa tata krama tidak bermanfaat, seharusnya memeriksa hukum dan tata krama sendiri secara menyeluruh.

Program Studi Universitas Pennsylvania

Universitas Pennsylvania memiliki banyak departemen atau sekolah seperti Sekolah Teknik dan Sains Terapan, Sekolah Keperawatan, Sekolah Tinggi Seni dan Ilmu Pengetahuan dan Sekolah Wharton, B-School. University of Pennsylvania terkenal karena mensupport para mahasiswanya untuk mengejar karir multidisiplin. Universitas mendesak mahasiswanya untuk belajar lebih dari satu gelar pada satu waktu dan untuk mengejar jurusan dalam mata pelajaran yang tidak umum dipelajari. Ini juga memungkinkan tingkat fleksibilitas yang besar dalam kurikulum kursusnya, sehingga pelajar yang memiliki anak dan pelajar yang bekerja bisa belajar dengan nyaman di universitas.

University of Pennsylvania adalah rumah bagi sebagian sekolah pascasarjana, kursus profesional dan program penelitian. Beberapa sekolah ini adalah Fakultas Tata Universitas Pennsylvania, Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania, Sekolah Wharton, Sekolah Pascasarjana Seni & Sains Universitas Pennsylvania, Fakultas Teknik dan Sains Terapan Universitas Pennsylvania, dan sekolah lainnya.

Tingkat Penerimaan Universitas Pennsylvania

University of Pennsylvania memiliki prosedur penerimaan yang ketat dan menerima yang terbaik. Umumnya cuma menerima 16% dari jumlah pelamar yang mendaftar ke universitas ini. Hal ini menandakan bahwa mereka yang diterima sudah mendapatkan posisi teratas di sekolah menengah mereka masing – masing. Hanya 60% hingga 65% dari kandidat yang diterima benar – benar lewat program pendaftaran universitas. University of Pennsylvania diperingkatkan sebagai salah satu dari 10 universitas paling susah menerima penerimaan di semua Amerika Serikat.

Kehidupan Di Universitas Pennsylvania

Tidak ada keraguan tentang fakta bahwa kampus ini dibenahi dengan bagus dan menawan. Terbukti, arsitek universitas sudah menyalin gaya arsitektur Oxford dan Cambridge, saat merancang University of Pennsylvania. Segala sudut di universitas terdiri dari bangunan – bangunan Gothic yang megah. University of Pennsylvania menawarkan sekitar lima belas perpustakaan dan jutaan buku. Museum Universitas Pennsylvania memamerkan peninggalan dan artefak yang tidak terhitung jumlahnya kepada semua pengunjungnya.

University of Pennsylvania memungkinkan pelajar untuk menginap di daerah sekitar universitas selama tahun pertama mereka. Universitas Pennsylvania juga mensupport mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam kesibukan olahraga, seperti sepak bola, rugby, dan bola basket. University of Pennsylvania cukup tenar karena menjadi sentra aksi. University of Pennsylvania adalah salah satu dari sedikit universitas di Amerika Serikat yang tenar dengan keaktifan dan motivasinya. Pennsylvania adalah daerah yang sungguh – sungguh bagus untuk belajar dan menjalankan penelitian.

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa masuk Universitas Pennsylvania dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa kuliah di Universitas Pennsylvania yang bisa dicoba, persyaratan dokumen, hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Beasiswa untuk Studi di Universitas Pennsylvania

Beasiswa Fulbright adalah beasiswa yang ditanggung secara penuh oleh Pemerintah AS melalui AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation / yayasan pertukaran Indonesia – Amerika). Beasiswa ini terbuka untuk siapa pun yang tertarik  mendaftar untuk program S-2 maupun S-3.  AMINEF bertanggung jawab mengelola beasiswa Fulbright untuk mahasiswa internasional terutama di Indonesia. Beasiswa Fulbright diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kerjasama masyarakat Indonesia dan Amerika melalui pendidikan dan pertukaran budaya oleh pemerintah Indonesia dan AS.

Fakta Tentang Beasiswa Fulbright

1. English speaking country, pelamar beasiswa Fulbright harus memiliki sertifikat IELTS/TOEFL sebagai bukti bahwa kemampuan berbahasa Inggris  sudah memenuhi syarat.

2. Tanpa batasan umur dan diwajibkan pulang ke negara asal setelah masa studi, sehingga beasiswa ini diprioritaskan bagi calon yang berencana mengajar di Indonesia.

3. Dukungan finansial dan proses pendaftaran ke universitas. Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan, kecuali yang berhubungan dengan Kedokteran atau Perawatan Pasien dan Komunikasi Klinis dengan pasien.

4. Kesempatan kuliah di kampus Ivy League (asosiasi dari delapan kampus universitas di Amerika Utara). Lima diantaranya adalah Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth University, dan Harvard University. Universitas – universitas ini telah meraih banyak prestasi, salah satunya juga telah berhasil menjadi peraih Nobel. 

Cakupan Beasiswa Fulbright

  1. Dukungan visa J-1
  2. Tiket pesawat (PP) Indonesia – Amerika Serikat
  3. Biaya kuliah ditanggung secara penuh
  4. Biaya hidup selama di AS dan biaya terkait lainnya
  5. Biaya asuransi kesehatan dan kecelakaan

 

Baca Juga: Lihat 10 Universitas Amerika Terbaik di Dunia Menurut QS Ranking World

 

Syarat Beasiswa Fulbright

  1. WNI yang bukan merupakan penduduk tetap Amerika Serikat atau sedang bertempat tinggal di Amerika Serikat
  2. Telah menyelesaikan gelar Sarjana (S-1)
  3. Memiliki IPK minimal 3.0 (skala 4.00)
  4. Skor TOEFL ITP minimal 550 atau setara 6.5 IELTS
  5. Memiliki kualitas kepemimpinan dan menunjukkan pengalaman dalam pelayanan sosial yang baik
  6. Persiapkan dan tunjukkan pekerjaan di bidang pilihan penelitian
  7.  Fasih berbahasa Inggris
  8. Memiliki prestasi akademik yang sangat baik
  9. Menunjukkan kemampuan praktis untuk menyelesaikan atau melakukan studi pascasarjana / S-2 penuh waktu di Amerika Serikat
  10. Menunjukkan tekad yang kuat untuk kembali mengabdi ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright
  11. Bersedia bekerja minimal lima tahun setelah menyelesaikan program beasiswa dan sebelum pensiun

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Pennsylvania

Ingin lolos Universitas Pennsylvania? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat Universitas Pennsylvania? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester