7 Universitas Seni Terbaik Dunia dan Informasi Beasiswanya

Kampus Luar Negeri, 14 Okt 2022

Bagi kamu yang punya passion dan mimpi di bidang seni dan ingin menambah pengetahuanmu tentang bidang yang akan kamu ambil, 7 universitas seni terbaik dunia ini dapat memberikan fasilitas dan jejaring yang berkualitas untukmu.

Berikut informasi singkat dan beasiswa dari 7 universitas seni terbaik dunia yang Schoters rangkumkan khusus untuk kamu!

1. Royal College of Art

Royal College of Art, London merupakan universitas seni terbaik dunia dengan peringkat pertama versi QS World University Rankings untuk studi Seni dan Design. Royal College of Art didirikan pada 1837 dan terus berkembang dengan 40 program pascasarjana.

Royal College of Art membuka beasiswa untuk pelajar Indonesia melalui program LPDP, Chevening Scholarship, The RCA Logitech Scholarships, dan The Tony Snowdon Scholarship (untuk mahasiswa yang memiliki keterbatasan fisik dan sensori).

2. University of the Arts, London

Posisi kedua untuk universitas seni terbaik dunia adalah University of Arts London dengan skor 94 versi QS World University Rankings 2022. UAL didirikan pada 2004 dan telah menerima mahasiswa internasional dari 130 negara. University of Arts London memiliki 6 kampus yang masing-masing berfokus di banyak macam seni, mulai dari profesional artis, praktisi, kritikus, designer dan teoritis.

Beasiswa yang ditawarkan University of Arts London untuk mahasiswa Indonesia antara lain Chevening Scholarship, UAL International Postgraduate £50,000 Scholarship, dan UAL Home Postgraduate Scholarships.

          Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

3. The New School

Parsons School of Design atau The New School, merupakan universitas seni terbaik dunia yang ada di New York. The New School merupakan perguruan tinggi khusus seni terbaik di US. Sistem pendidikan yang diberikan menuntut kamu untuk berpikir kreatif, kritis dan terus bereksperimen.

The New School sendiri lebih menyarankan untuk mencari beasiswa dari lembaga luar seperti Amerika Association of University Women, Cappex, Fastweb, dan lain sebagainya. 

4. Rhode Island School of Design (RISD)

Universitas Seni Terbaik Dunia selanjutnya adalah Rhode Island School of Design di Amerika Serikat. RISD menawarkan lebih dari 90 studi Saraja dan 30 program studi untuk Pasca Sarjananya. 

Beasiswa yang bisa kamu coba sebagai pelajar Indonesia antara lain Federal Student Aid (FAFSA), Society of Presidential Fellows, dan lain sebagianya.

5. Politecnico di Milano

Universitas seni terbaik dunia selanjutnya ada di Italia, Politecnico di Milano. Didirikan pada 1863, perguruan ini telah mencetak alumni dunia seperti Renzo Piano, Aldo Rossi, and Giulio Natta. Politecno ni Milano juga merupakan universitas terbaik di dunia.

Beasiswa yang dapat dinikmati oleh pelajar Indonesia yang sedang belajar di sini antara lain Beasiswa Invest Your Talent in Italy, DSU Scholarship, dan lain sebagainya.  

6. Aalto University

Universitas seni terbaik dunia menurut QS World University Ranking 2022 selanjutnya adalah Aalto University di Finlandia. Aalto University dikenal dengan ciri khasnya yang memadukan teknologi dan seni. 

Finlandia sendiri membebaskan biaya sekolah untuk mahasiswa internasional, tapi kamu masih bisa menggunakan beasiswa lain untuk biaya hidup sehari-hari. Beasiswa yang bisa kamu coba adalah Aalto University Scholarship, Aalto University Incentive Scholarship, dan Finland Scholarship dari Kementerian Pendidikan dan Budaya. 

7. Pratt Institute 

Salah satu universita seni terbaik dunia selanjutnya ada di Amerika Serikat, Pratt Institute. Didirikan pada Oktober 1887, Pratt Institute telah mencetak banyak lulusan dunia dan berfokus di multikultural aspek pada seni, desain, dan bisnis.

Pratt Institute juga memberikan beberapa beasiswa kepada mahasiswa terbaiknya seperti Presidential Merit-Based Scholarships, National Scholastic Scholarships, Alma H. Borgfeldt Scholarship, Piaule Scholarship, dan lain sebagainya. 

Bagi kamu yang tertarik dengan salah satu 7 universitas seni terbaik dunia di atas, kamu sudah bisa menyiapkannya dari sekarang ya. Agar persiapanmu lebih maksimal, ikut konseling Schoters pada link di bawah ini!

          Baca juga: Beasiswa S-2 Luar Negeri Fully Funded, Coba Daftar Yuk!

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa yang harus kembali ke indonesia