5 Universitas Teknik Mesin Terbaik di Dunia

Jika kamu memiliki hobi mengutak-atik mesin, kamu bisa mempelajari jurusan teknik mesin. Pada umumnya, teknik mesin mempelajari konversi energi, sistem termal, mesin fluida, hingga merancang suatu mesin yang efisien. Hal lainnya yang juga dipelajari ialah ilmu dan teknik material. Di mana, pembelajaran ini difokuskan kepada bagaimana suatu jenis bahan dapat memenuhi fungsi tertentu atau kualifikasi suatu peralatan mesin. Kali ini, Schoters akan membahas 5 universitas teknik mesin terbaik di dunia. Yuk, simak hingga selesai!

 

Daftar universitas Teknik Mesin terbaik di dunia

Berikut ini adalah 5 universitas dengan jurusan teknik mesin terbaik di dunia.

1.   Stanford University

Universitas Teknik Mesin terbaik di dunia pertama dalam daftar ini ada Stanford University. Stanford University ini terletak di Amerika Serikat, tepatnya di Stanford, California. Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1885. Universitas ini memiliki kegiatan yang menjangkau masyarakat langsung. Selain itu universitas ini memiliki program kemanusiaan dan sebuah rumah sakit pendidikan.

Stanford University menawarkan program sarjana, master, dan doktor. Tidak hanya teknik mesin saja, universitas ini menawarkan jurusan aeronautika dan astronautika, bioteknologi, teknik kimia, teknik sipil, ilmu komputer, teknik elektro, teknik sistem lingkungan, ilmu dan teknik manajemen, serta ilmu dan teknik material.

2.   Oxford University

Universitas Teknik Mesin terbaik di dunia kedua dalam daftar ini ada Oxford University. Oxford University merupakan kampus yang terpercaya jika kamu ingin melanjutkan pendidikan disini. Universitas ini terletak di kota Oxford, Inggris, yang berjarak sekitar 97 km di sebelah barat laut London. 

Tingkat drop out juga sangat rendah dan dibawah rata-rata DO Inggris sebesar 5,3%. Hal yang menarik lainnya adalah Oxford University merupakan perguruan tinggi tertua di dunia. Terkait sistem belajar, kamu akan dibuat nyaman oleh suasananya. Terdapat banyak bangunan kuno yang dijadikan sebagai ikon kota seperti museum Ashmolean, gedung teater Sheldonian, dan perpustakaan Bodleian.

Selain itu, universitas ini dipenuhi ruangan terbuka hijau yang terdapat taman dan sungai. Jika kamu mencari jurusan teknik, kamu bisa menemuinya di jurusan yang berkaitan dengan matematika, fisika, dan sains. Lalu, kamu harus memilih ilmu teknik (Department of Engineering Sciences).

 

Baca Juga: Simak Berbagai Beasiswa Untuk Kuliah di Oxford University!

 

3.   Imperial College of London

Universitas Teknik Mesin terbaik di dunia selanjutnya ada Imperial College of London. imperial College London merupakan perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 2007. Imperial College of London juga kerap disapa dengan sebutan “The Imperial College of Science, Technology and Medic”.

Universitas ini terdiri dari empat fakultas inti yaitu ilmu pengetahuan alam dan kedokteran, teknik, Imperial College Business School, dan pusat studi co-kurikuler yang memiliki 40 departemen lembaga dan pusat penelitian. Khususnya, pada fakultas teknik memiliki total 49 jurusan.

4.   Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan universitas yang memiliki lima kampus serta satu program kerjasama dengan World Hole Oceanographic Institution (WHOI). Jika ditotalkan, terdiri dari 32 departemen yang dikhususkan untuk bidang Sains dan Teknologi salah satunya ialah jurusan Teknik.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan disini, universitas ini berada di kota Cambridge seberang sungai Charles dan Distric Bay di Boston, Amerika Serikat. Adapun jurusan bidang teknik dan teknologi yang ada di MIT adalah teknik kimia, arsitektur, teknik mesin, teknik aeronautika dan astronautika, biologi, rekayasa biologi, metalurgi, elektor, sistem rekayasa, dan lainnya.

5.    University of Cambridge

Universitas Teknik Mesin terbaik di dunia terakhir dalam daftar ini adalah University of Cambridge. University of Cambridge terletak 50 mil di Utara London dan memiliki enam kampus utama dalam berbagai bidang, yaitu seni dan humaniora, ilmu biologis, kedokteran klinis, humaniora dan ilmu sosial, ilmu fisika, dan ilmu teknologi.

Adapun jurusan teknik dengan berbagai macam, seperti Teknik Dirgantara dan Geotermal, Bioteknologi, Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknik Informatika dan Komputer, Teknik Instrumentasi dan Kontrol, serta Teknik Mesin.

 

Baca Juga: Ketahui Berbagai Beasiswa Untuk Studi Jenjang Master di Amerika Serikat!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos universitas Teknik Mesin terbaik di dunia

Ingin lulus di daftar universitas teknik mesin terbaik di dunia? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas teknik mesin terbaik di dunia