Bedah Kampus Universitas Teknologi Malaysia: Ranking, Jurusan & Beasiswa

Melanjutkan jenjang pendidikan di Malaysia tentunya menjadi impian bagi banyak orang, terutama di Universitas Teknologi Malaysia yang merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia. Dalam artikel ini, Schoters akan membedah kampus UTM Malaysia secara lengkap, mulai dari profil universitas, ranking, lokasi dan jenjang pendidikan yang ditawarkan, jurusan, persyaratan, hingga beasiswa yang tersedia untuk bisa kuliah disana.

 

Tentang Universitas Teknologi Malaysia

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) adalah salah satu universitas terkemuka di Malaysia. Mulanya, universitas ini bernama Institut Teknologi Nasional yang kemudian diubah ke Universiti Teknologi Malaysia pada 1 April 1975. Selain itu, UTM merupakan salah satu universitas dengan riset sains dan teknologi yang terbaik di Malaysia. UTM adalah salah satu dari sedikit universitas negeri di Malaysia yang mendapatkan status sebagai universitas riset.

 

Ranking Universitas Teknologi Malaysia

Pada tahun 2024, berdasarkan QS World University Rankings, Universitas Teknologi Malaysia berhasil menempatkan diri di jajaran 200 universitas terbaik dunia. Dimana berdasarkan QS World University Rankings, Universitas Teknologi Malaysia menempati posisi ke-188 universitas terbaik di dunia.

 

Lokasi dan jenjang pendidikan

​​Universiti Teknologi Malaysia (UTM) adalah universitas teknik terbesar di Malaysia yang menawarkan berbagai program untuk semua tingkat pendidikan, mulai dari Sarjana, Magister, dan program Doktor. Kampus utamanya terletak di Skudai, Distrik Johor Bahru, sementara kampus cabangnya terletak di Kuala Lumpur. Selain mahasiswa lokal, UTM juga menerima mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara. Mahasiswa Internasional UTM berjumlah sekitar 5.000 orang yang berasal dari 120 negara.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

universitas teknologi malaysia

 

Jurusan di Universitas Teknologi Malaysia

Universitas Teknologi Malaysia memiliki 12 fakultas. Di setiap Fakultas menawarkan jurusan dan departemen yang beragam. Fakultas di Universitas Teknologi Malaysia meliputi:

  1. Faculty of Civil Engineering
  2. Faculty of Mechanical Engineering
  3. Faculty of Chemical & Energy Engineering
  4. Faculty of Electrical Engineering
  5. Faculty of Built Environment & Surveying
  6. Faculty of Computing
  7. Faculty of Science
  8. Faculty of Social Sciences & Humanities
  9. Faculty of Management
  10. Razak Faculty of Technology & Informatics
  11. Azman Hashim International Business School
  12. Malaysia-Japan International Institute of Technology. 

 

Persyaratan pendaftaran

  1. Menyelesaikan SMA kelas 12 di Indonesia dengan rata-rata rapor 85 (program sarjana).
  2. Gelar Sarjana dengan predikat baik dari Universiti Teknologi Malaysia atau institusi pendidikan tinggi lainnya yang diakui oleh Senat (program master).
  3. Gelar Master dari Universiti Teknologi Malaysia atau Institusi pendidikan tinggi lainnya yang diakui oleh Senat (program doktor).
  4. Memenuhi persyaratan untuk IELTS sesuai dengan program (5.5-6.5).
  5. Lolos interview (khusus untuk program Arsitektur dan Industrial Design).
  6. Ujian Faculty Bridging Test.

 

Beasiswa yang dapat dicoba

1. Malaysian International Scholarship (MIS): Beasiswa kuliah yang disediakan langsung oleh Pemerintah Malaysia bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana (S2 dan S3) di universitas-universitas Malaysia.

2. Malaysian Technical Cooperation Programme: Pemerintah Malaysia membuka kesempatan kepada pelajar asing untuk mengikuti Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP) untuk mengambil S2 di universitas-universitas Malaysia dengan beasiswa.

3. Beasiswa LPDP: Beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk kuliah di luar negeri.

 

Baca juga: : Ini Daftar Terbaru 10 Universitas Terbaik di Malaysia dalam QS World Rank Universities!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk Universitas Teknologi Malaysia

Ingin lolos ke Universitas Teknologi Malaysia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas teknologi malaysia

Sumber:

QS World University Rankings 2024: Top global universities. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings?countries=my
Universitas Teknologi Malaysia. https://admission.utm.my/