fbpx

Universitas Terbaik di Brunei Darussalam

Kampus Luar Negeri

Kalau Amerika Serikat memiliki Ivy League dan Korea Selatan memiliki S.K.Y Universities, Brunei Darussalam juga punya perguruan tinggi unggulan, lho, Hunters!

Negara yang masih satu benua dengan Indonesia ini terkenal dengan universitas top yang menawarkan keunikan masing-masing, baik bagi pelajar lokal maupun internasional.

Lalu, apa saja universitas terbaik di Brunei Darussalam? Simak lengkapnya di bawah ini, ya, Hunters!

1. Institute of Brunei Technical Education (IBTE)

Institute of Brunei Technical Education atau IBTE berdiri pada tahun 2014. Meski terbilang muda untuk kategori sebuah perguruan tinggi, tapi IBTE sudah mampu menduduki label sebagai institusi yang diperhitungkan, lho.

IBTE sendiri berlokasi di Gadong dan terdiri dari dua jaringan kampus, yaitu IBTE Central dan IBTE Satellite yang terdiri dari tujuh kampus antara lain adalah Mechanical Campus, Nakhoda Ragam Campus, Sultan Bolkiah Campus, Business Campus, Jefri Bolkiah Campus, Agro-Technology Campus, dan Sultan Saiful Rijal Campus.

Dengan membawa misi untuk menghadirkan institusi pendidikan teknis yang dinamis, IBTE memegang beberapa core values, seperti nilai kompetensi, kolaborasi, unggul, teamwork, inovasi, serta integritas. Nilai-nilai ini pun dibuktikan dengan adanya kolaborasi bersama Menteri Pendidikan Brunei Darussalam pada tahun 2019 melalui Rencana Strategis (Renstra) yang bertujuan untuk mewujudkan transformasi pengalaman pelajar dan menghadirkan jaringan yang inklusif.

2. Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)

Masih berada di daerah yang sama dengan IBTE, Universiti Islam Sultan Sharif Ali didirikan pada 2007 di kota Gadong. UNISSA merupakan perguruan tinggi unggulan berbasis agama Islam. UNISSA juga telah bekerja sama dengan afiliasi ternama, seperti Afro-Asian Universitity Forum (AAUF) dan Association of Commonwealth Universities (ACU)

Program studi yang ditawarkan oleh UNISSA terdiri dari tingkatan pre-bachelor, seperti diploma, hingga tingkat S-2 (master’s degree) dan S-3 (doctorate’s degree). Selain jenjang studi yang beragam, UNISSA memiliki fakultas dengan bidang variatif, mulai dari bidang keagamaan seperti hukum syariah, bahasa arab, hingga manajemen dan penelitian.

Ada pun di samping program akademik, UNISSA juga memberikan fasilitas lain yang dapat mendukung kegiatan produktif para pelajarnya. Fasilitas ini terdiri atas perpustakaan, asrama, fasilitas olahraga, beasiswa, hingga exchange program bagi pelajar luar negeri.

Baca Juga: Serba-Serbi Beasiswa Kuliah di Brunei Darussalam

3. Brunei Polytechnic

Mengusung motto “be innovative”, Brunei Polytechnic berhasil membuktikan kedudukannya hingga masuk dalam jajaran universitas terbaik di Brunei Darussalam. Brunei Polytechnic sendiri terletak di Bandar Seri Begawan dan diresmikan sejak 2012. Di samping pelajar lokal, PB juga membuka jalur untuk mahasiswa internasional. PB memiliki banyak fasilitas yang akan menunjang kegiatan belajar, mulai dari fasilitas akademik hingga non-akademik seperti perpustakaan universitas dan fasilitas olahraga.

PB mempunyai lima fakultas yang terdiri atas berbagai jenis keilmuan, antara lain: School of Business, School of Information Technology, School of Science and Engineering, School of Petrochemical dan School of Health Sciences.

universitas terbaik brunei darussalam

4. Brunei University of Technology

Diresmikan pada 1982, Universiti Teknologi Brunei (UBT) berada di wilayah Gadong, UBT berhasil menunjukkan pencapaian progresif. Pada tahun 2019, UBT menduduki peringkat 442 dalam QS World University Rankings. Peringkat UBT naik secara signifikan pada 2020 berada di urutan ke-379, tahun 2021 urutan ke-350, sampai pada 2022 ini berhasil mencapai posisi terbaik di urutan 344.

Memiliki fokus utama dalam praktik “beramal dan kemahiran”, UBT menawarkan program studi mulai dari tingkat pre-bachelor, lho, Hunters. UBT memiliki banyak program mulai dari program desain, bisnis, informatika dan lainnya.

5. Universiti Brunei Darussalam (UBD)

Menempati urutan ke-250 dalam QS World University Rankings 2022, UBD menjadi universitas terbaik ke-69 di Asia. Tak hanya unggul dari segi akademik, perguruan tinggi yang berdiri pada tahun 1985 ini memiliki  berbagai program pendukung, semisal dengan adanya 8 research institutes yang menjadi wadah pengembangan studi.

Dengan misi “towards human perfection”, UBD menyediakan 8 fakultas yang terdiri atas:

  1. Academy of Brunei Studies
  2. Centre for Lifelong Learning
  3. Faculty of Arts and Social Sciences
  4. Faculty of Integrated Technologies
  5. Faculty of Science
  6. Institute of Policy Studies
  7. Language Centre
  8. Sultan Hassanal Bolkiah Institute of Education
  9. School of Digital Science
  10. Pengiran Anak Puteri Rashidah Sa’adatul Bolkiah Institute of Health Sciences
  11. UBD School of Business and Economics

Baca Juga: Cek Panduan Daftar Beasiswa Malaysia 

Universiti Brunei Darussalam (UBD) berlokasi di Gadong dan telah memiliki jaringan kerja sama yang luas dengan berbagai lembaga. Bentuk kolaborasi ini antara lain yaitu dengan Association of Commonwealth Universities (ACU) dan Association of Southeast Asian Institutions of Higher Learning (ASAIHL).

Selain networking yang luas, UBD juga melebarkan jangkauan penerimaan mahasiswa dengan membuka beasiswa untuk pelajar internasional. Program beasiswa ini terbuka untuk jenjang S-1, S-2, dan S-3. Lebih dari sepuluh tahun lalu, UBD membuka pintu studi bagi pelajar luar negeri dengan bantuan pendanaan mulai dari biaya SPP, buku, makan, hingga dana kesehatan.

Untuk mendapat beasiswa ini, tentunya calon kandidat harus up to date dalam memantau jadwal pendaftaran beasiswa, ya, Hunters! Karena untuk jadi salah satu yang lolos di universitas top 1 Brunei Darussalam ini, tentunya perlu kematangan dalam menyiapkan seluruh persyaratan beasiswa. Jadi, ambil ancang-ancang sebelum deadline datang!

universitas top brunei darussalam

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This