Mau Kuliah di Korea Selatan? Ini Kampus dan Beasiswa Terbaiknya

Info Beasiswa, 05 Sep 2022

Korea Selatan merupakan sebuah semenanjung yang berada di kawasan Asia Timur yang menjadi negara Demokratis. Sebagai negara maju di kawasan tersebut, kamu bisa merasakan dan menikmati kualitas pendidikan standar negara maju tanpa harus jauh-jauh terbang ke belahan dunia lainnya. Kamu akan belajar bagaimana budaya dan kehidupan masyarakat di sana yang penuh dengan berbagai inovasi. Jika kamu memang tertarik untuk kuliah di negara penghasil kimchi ini, berikut beberapa kampus dan beasiswa terbaik di Korea Selatan ini bisa kamu jadikan pilihan.

Kampus Terbaik Korea Selatan versi QS Top Universities

1. Seoul National University

Kampus Terbaik di Korea | Seoul National University
Kampus Terbaik di Korea | Seoul National University

Seoul National University adalah Universitas dengan peringkat tertinggi di Korea Selatan. Seoul National University adalah salah satu dari tiga universitas SKY yang bergengsi. Universitas yang dibangun di tahun 1946 ini juga mempunyai portofolio kerjasama internasional yang hebat, sampai saat ini terdapat 289 universitas di 58 negara yang telah bekerjasama dengan Seoul National University.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Kampus Terbaik di Kore Selatan | KAIST
Kampus Terbaik di Korea Selatan | POSTECH

KAIST adalah institusi Korea peringkat kedua tertinggi dan merupakan universitas berbasis riset pertama yang didirikan di Korea Selatan. Berlokasi di Daejeon, sebagian besar program di KAIST berada di bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika). Universitas ini menempati urutan ke-39 dari institusi teratas dunia.

3. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

Kampus Terbaik di Korea Selatan | POSTECH
Kampus Terbaik di Korea Selatan | POSTECH

POSTECH adalah universitas Korea Selatan pertama yang secara resmi dijuluki kampus bilingual pada tahun 2010 dengan mayoritas program dan proses perkuliahan di tingkat junior, senior, hingga pascasarjana diajarkan dalam bahasa Korea dan Inggris.  POSTECH adalah universitas riset swasta yang menempati peringkat ke-77 di dunia dan peringkat ke-26 di Asia. Terletak di kota Pohang, POSTECH mempunyai Taejoon Park Digital Library yang terkenal dengan 355.000 koleksi bukunya.

Baca Juga: 7 Universitas Terbaik di Belanda

4. Korea University

Kampus Terbaik di Korea | Kore University
Kampus Terbaik di Korea | Korea University

Korea University merupakan universitas swasta berbasis riset yang termasuk dalam trio SKY. Sebagai 3 besar universitas bergengsi di Korea Selatan, universitas ini memiliki persaingan jangka panjang dengan Universitas Yonsei yang tercermin dalam banyak acara olahraga kompetitif melegenda di antara keduanya. Memiliki peringkat ke-69 di dunia dan peringkat ke-11 di peringkat Asia, universitas ini juga menampung banyak mahasiswa internasional dengan persentase 11% dari total keseluruhan jumlah murid. Fakultas hukum di Universitas ini terkenal karena menawarkan salah satu program hukum sarjana paling bergengsi di negara ini.

5. Sungkyunkwan University

Universitas Terbaik di Korea | Sungkyunkwan University
Universitas Terbaik di Korea | Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University adalah universita tertua yang bediri di Korea Selatan. Berdiri di tahun 1389, universitas ini memiliki dua kampus utama,  kampus Humaniora dan Ilmu Sosial di Seoul dan kampus Ilmu Pengetahuan Alam di selatan Suwon. Sungkyunkwan dianggap memiliki salah satu sekolah kedokteran terbaik di negara ini (peringkat 101-150 secara global di peringkat subjek dan kedua di Korea Selatan), yang berafiliasi dengan Samsung Medical Center yang terkenal di dunia.

Selain kampus, beasiswa di Korea pun beragam ditawarkan. Kamu bisa mencoba beberapa beasiswa berikut:

1. Beasiswa Government Korea Scholarship (GKS)

Beasiswa ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu undergraduate, associate, dan graduate (S1, S2, S3). Pendaftaran beasiswa GKS dibagi ke dalam dua jalur pendaftaran, yaitu jalur kedutaan/embassy dan jalur universitas. Beasiswa ini mencakup pesawat pulang-pergi kelas ekonomi, allowance sebesar 900.000 won/bulan (S1) dan 1.000.000 won/bulan (S2 dan S3), asuransi kesehatan, biaya tempat tinggal, biaya riset, language training fee, dissertation printing cost (S2 dan S3), dan tuition fee serta beasiswa tambahan 100.000 won bagi yang dapat berbahasa korea dengan baik.

Informasi lainnya silakan kunjungi: Halaman Resmi KGSP

2.Beasiswa LPDP

Beasiswa Pendidikan Indonesia Program Reguler selanjutnya disebut BPI Reguler adalah beasiswa yang dikelola oleh LPDP yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia untuk menempuh jenjang pendidikan magister (S2) dan doktoral (S3). Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan.

Informasi lainnya silakan kunjungi: Halaman Resmi LPDP

3. Art Major Asian (AMA) Scholarship

Program beasiswa Art Major Asian (AMA) adalah beasiswa S1 dan S2 untuk mendukung siswa dengan bakat artistik untuk melanjutkan studi di Korea University of Arts dalam rangka mempromosikan pertukaran pelajar internasional dalam bidang pendidikan di atas asas persahabatan dua negara. Pendaftaran beasiswa di mulai Mei-Juni. Beasiswa ini mencakup biaya perkuliahan untuk 8 semester, tunjangan sekitar 800.000 KRW per bulan, asuransi Kesehatan, tiket pesawat pulang dan pergi, kursus bahasa dan budaya korea.

Informasi lainnya silakan kunjungi: Halaman Resmi AMA Scholarship

4. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) Scholarship

KAIST memberikan beasiswa kepada lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi S1 (dan S2) di Korea Selatan. Program studi di KAIST, di antaranya fisika, matematika, kimia, biologi, teknik mesin, teknik penerbangan, teknik listrik, ilmu komputer, teknik sipil dan lingkungan, desain industri, teknik industri dan sistem, teknik bio dan brain, teknik kimia dan biomolekuler, ilmu dan teknik material, teknik nuklir dan quantum, dan manajemen bisnis dan teknologi. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah penuh selama 8 semester, tunjangan 350 KRW /bulan dan asuransi kesehatan nasional.

Dokumen yang diperlukan form aplikasi, statement of Financial Resources, surat rekomendasi, CV, transkrip nilai selama tiga tahun, hasil nilai UN, paspor dan KTP, sertifikat bahsa inggris (Minimal TOEFL iBT 83 atau TOEFL PBT 560, IELTS 6.5, atau TOEIC 720), sertifikat penghargaan dan prestasi (jika ada). Pendaftaran dibuka tanggal 3 September – 26 Oktober 2018.

Informasi lainnya silakan kunjungi: Halaman Resmi Beasiswa S1 KAIST

          Baca Juga: Beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) Sudah Buka!

Ikuti Bimbingan Kuliah ke Korea Selatan

Ingin kuliah ke Korea Selatan dengan beasiswa? --> Ikuti bimbingan persiapan beasiswa bersama mentor lulusan Korea Selatan di Schoters!

kuliah di korea selatan