15 Universitas Terbaik di Amerika, Rangking 2023

Menuntut ilmu memang tidak ada batasnya. Bisa di usia berapapun dan bahkan bisa sampai ke negeri tetangga. Termasuk kuliah di US atau Amerika Serikat. Banyak mahasiswa tanah air yang bercita – cita untuk menuntut ilmu di negeri Paman Sam ini. Hunters, salah satunya?

Amerika Serikat merupakan tujuan studi luar negeri paling populer, dengan lebih dari 750.000 siswa internasional mengejar program impian di berbagai universitas berkualitas. Sejumlah institusi Amerika diberi peringkat tinggi oleh penyedia peringkat universitas seperti QS World University Rankings dan Times Higher Education World University Rankings, yang mencapai konsistensi tinggi dalam aspek – aspek seperti hasil penelitian dan kontribusi luar biasa untuk industri masing – masing.

Terlepas dari penawaran pendidikan tingginya yang sangat baik, AS menawarkan banyak kegiatan baik yang terikat kota maupun bertema alam, untuk memenuhi kebutuhan Hunters yang ingin menjelajah dan tenggelam dalam pengalaman baru, lho! Bagi Hunters yang ingin mengejar jalur foundation, sarjana atau pascasarjana di AS, peringkat universitas dapat memberikan gambaran apakah institusi tersebut tepat untuk Hunters.

Oleh karena itu, Schoters telah mengumpulkan universitas terbaik di AS untuk tahun 2023 di bawah ini, yuk simak!

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT merupakan salah satu universitas teknologi terbaik di dunia yang telah menempati peringkat pertama dari lima kategori tingkatan universitas terbaik. Untuk versi QS World University Rangkings 2023, Massachusetts Institute of Technology menempati  rangking  pertama. Sementara versi THE World University Rankings 2023, MIT menempati rangking kelima.

Massachusetts Institute of Technology merupakan institusi riset swasta yang berlokasi di kota Cambridge tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT sendiri memiliki lima kampus dan satu program kerjasama dengan World Hole Oceanographic Institution, sehingga jika ditotalkan terdiri dari 32 departemen yang dikhususkan pada bidang Sains dan Teknologi.

Massachusetts Institute Of Technology dibangun untuk menjawab kemajuan teknologi serta industri yang sedang berkembang di Amerika Serikat. Pada tahun 1861 Amerika Serikat mendirikan Universitas Massachusetts Institute of Technology dan mulai dibuka pada tahun 1865.  Pada tahun 1916, Massachusetts Institute of Technology mulai memperluas daerahnya. Massachusetts Institute of Technology dibangun di atas areal tanah seluas 168 hektar. Selama kurun waktu 60 tahun belakangan ini, Massachusetts Institute of Technology juga mulai menambah cabang ilmu lain diluar Sains dan Teknologi, seperti Manajemen, Ekonomi, Ilmu Politik, dan Biologi.

Massachusetts Institute of Technology memiliki lima departemen utama, yaitu:

  1. The Department of Architecture
  2. The Department of Urban Studies + Planning
  3. The Media Laboratory
  4. The Center for Real Estate
  5. The Program in Art, Culture and Technology

 

          Baca Juga : Ingin Kuliah S2 di Amerika? Ini Dia Beasiswa Fulbright!

 

Stanford University

Stanford University merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang diresmikan pada tahun 1885. Lokasinya di San Francisco Bay Area, kurang lebih 60 km di tenggara San Francisco. Universitas ini didirikan oleh Jane dan Leland Stanford dan diberi nama The Leland Stanford Junior University untuk mengenang putra semata wayang mereka. Leland Jr. meninggal akibat demam tifoid pada usia 15 tahun pada tahun 1884. 

Setelah anak mereka meninggal, Jane dan Leland Stanford ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk anak – anak di California. Sehingga mereka berdedikasi menciptakan universitas. Stanford University mulai dibuka pada 1 Oktober 1891 dengan 555 mahasiswa baru. Oleh karena tujuan Jane dan Leland Stanford adalah mencari cara abadi mengenang putranya, Stanford University sempat membatasi penerimaan mahasiswa perempuan. Meskipun demikian, lambat laun pembatasan tersebut mulai ditiadakan. 

Stanford University merupakan salah satu kampus terbesar di Amerika Serikat, dengan rangking ketiga versi QS World University Rangkings 2023 dan versi THE World University Rankings 2023. Hal ini juga dibarengi oleh kualitas jurusan di Stanford University. Adapun tujuh departemen utama yang dimiliki oleh Stanford University, sebagai berikut:

  1. Business Department
  2. Earth Department
  3.  Education Department
  4.  Engineering Department
  5. Humanities & Sciences Department
  6. Law Department
  7.  Medicine Department

 

Harvard University

Selama ini mungkin banyak orang yang mengira bahwa Harvard University didirikan oleh John Harvard. Namun faktanya, kampus ini pertama kali dibentuk berdasarkan hasil pemungutan suara di Pengadilan Agung Massachusetts dan resmi berdiri pada 8 September 1636. John Harvard sendiri adalah seorang filantropi yang mendonasikan setengah dari tanah miliknya dan 400 buku untuk pengembangan Universitas Harvard pada tahun 1638. Atas kontribusi besarnya, John Harvard diabadikan menjadi sebuah patung yang dikenal sebagai ikon dari kampus Harvard. Kini Harvard University sudah memiliki kampus yang tersebar di wilayah Cambridge dan Boston, Massachusetts.

Berdasarkan data QS World University Rankings 2023, Harvard University merupakan universitas rangking kelima terbaik di dunia. Sedangkan menurut data THE World University Rankings 2023, Harvard University menempati rangking kedua terbaik di dunia.  Berbagai prestasi telah diraih oleh universitas ini. Harvard bahkan tercatat sebagai kampus yang menghasilkan penerima Nobel terbanyak di dunia yaitu sebanyak 161 orang. Tidak hanya itu, Presiden Amerika Serikat sejauh ini paling banyak juga berasal dari Harvard University lho, yakni sejumlah delapan orang presiden.

Harvard University memiliki sembilan departemen utama, yaitu:

  1.  Harvard Business School
  2. Harvard Faculty of Arts and Sciences
  3. Harvard University Graduate School of Design
  4.  Harvard School of Dental Medicine
  5. Harvard Divinity School
  6. Department of Comparative Literature Harvard University
  7. Department of the Classics Harvard University
  8. Kennedy School of Government
  9.  Harvard Graduate School of Education

 

California Institute of Technology

California Institute of Technology yang berlokasi di California, didirikan pada 1891. Penerimaan mahasiswa baru mencapai sekitar 2.100 orang. Jurusan yang tersedia di universitas ini seperti Biologi, Kimia dan Teknik Kimia, Teknik dan Sains Terapan, Ilmu Geologi dan ilmu Planet, Humaniora dan Ilmu Sosial, Fisika Matematika dan Astronomi dan program antardisiplin ilmu. Universitas menjamin akomodasi bagi semua mahasiswa sarjana dan tahun pertama bagi semua mahasiswa pascasarjana.

Berdasarkan data versi versi QS World University Rankings 2023 dan versi THE World University Rankings 2023, California Institute of Technology berada di peringkat global keenam. Rata-rata, lebih dari 98% mahasiswa pascasarjana yang masuk di Caltech, ditawarkan paket dukungan keuangan berbasis prestasi yang membayar semua biaya sekolah dan memberikan tunjangan. Bahkan, semua mahasiswa doktoral memiliki dukungan finansial penuh dalam bentuk fellowship internal atau eksternal, asisten penelitian, asisten pengajar, atau beberapa kombinasi dari fellowship dan dukungan asisten.

 

Baca Juga: 10 Besar Universitas Terbaik di Amerika Menurut QS

 

University of Chicago

University of Chicago membuka kelas pertamanya pada 1892, berlokasi di Chicago, Illinois. Universitas ini menawarkan gelar Sarjana Seni dan Sains. Program sarjana tersebut meliputi bidang Biologi, Fisika, Ilmu Sosial, Humaniora, dan studi antar cabang ilmu pengetahuan. Program master yang ditawarkan diselenggarakan di Sekolah Pascasarjana Bisnis, Studi Kebijakan Publik, Sekolah Hukum, Kedokteran dan Administrasi Layanan Sosial.

Berdasarkan data versi versi QS World University Rankings 2023, University of Chicago menempati ranking 10 global. Sementara versi THE World University Rankings 2023, University of Chicago menduduki peringkat 13 global.

Adapun ranking lainnya sebagai berikut:

 

Universitas Top di Amerika Versi QS World University Rankings 2023

Universitas

Peringkat Global

University of Pennsylvania

13

Princeton University

16

Yale University

18

Cornell University

20

Columbia University

22

Johns Hopkins University

24

University of California, Berkeley

27

Northwestern University

32

New York University

39

University of California, Los Angeles

44

 

Universitas Top di Amerika Versi THE World University Rankings 2023

Universitas

Peringkat Global

Princeton University

7

University of California, Berkeley

8

Yale University       

9

Columbia University

11

University of Pennsylvania

14

Johns Hopkins University

15

University of Toronto

18

Cornell University

20

University of California, Los Angeles

21

University of Michigan-Ann Arbor

23

  

Ingin Kuliah di Universitas Terbaik Amerika dengan Beasiswa?

Bagaimana, masih bingung juga Hunters? Tenang saja, kamu bisa diskusikan terkait pilihan mayor dan universitas di Schoters, lho!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)