10 Universitas Terbaik di ASEAN 2023 dan Fakta Menariknya

Perserikatan negara-negara Asia Tenggara sudah didirikan sejak 1967 telah banyak melakukan banyak kerja sama di berbagai bidang, salah satunya pendidikan dan jalur imigrasi. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke dalam atau luar negeri yang tidak jauh dari Indonesia, biaya terjangkau tapi tetap dengan kualitas dunia, berikut 10 universitas terbaik di ASEAN 2023 yang bisa menjadi bahan pertimbangan lanjut studimu.

Kenali lebih dekat profil, fakta menarik, hingga beasiswa yang tersedia pada  masing-masing universitas terbaik di ASEAN 2023 versi QS World University Rankings 2023 berikut ini!

1. Universitas Indonesia, Indonesia

Para para Hunters, pasti sudah tidak asing dengann universita kebanggaan Indonesia satu ini. Didirikan pada tahun 1949, Universitas Indonesia menjadi salah satu kampus tertua yang ada di Indonesia. Beberapa bidang studi Sarjana yang tersedia di Universitas Indonesia antara lain:

1. Rumpun Ilmu Kesehatan

  1. Kedokteran;
  2. Kedokteran Gigi;
  3. Kesehatan Masyarakat;
  4. Ilmu Keperawatan;
  5. Farmasi.

 

2. Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi

  1. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam;
  2. Teknik;
  3. Ilmu Komputer.

 

3. Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora

  1. Hukum;
  2. Ekonomi dan Bisnis;
  3. Ilmu Pengetahuan Budaya;
  4. Psikologi;
  5. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik;
  6. Ilmu Administasi.

 

Untuk detail lebih dekatnya, kamu bisa cek jurusan Sarjana dari salah satu universitas terbaik di ASEAN 2023 ini pada link berikut ini, ya. Selain itu, Universitas Indonesia juga telah banyak bekerja sama dengan penyalur beasiswa S1 dan S2 dari lembaga dalam dan luar negeri loh.

Beasiswa di Universitas Indonesia sendiri terdiri dari program kampus dan sponsor. Pihak kampus sendiri tidak membedakan antara beasiswa kurang mampu atau berprestasi. 

Bentuk beasiswa dari kampus Universitas Indonesia

Program beasiswa dari salah satu universitas terbaik di ASEAN 2023 ini adalah berupa keringanan dari penetapan BOP-B dan beasiswa kerja paruh waktu. Beasiswa part-time adalah program untuk mahasiswa yang ingin bekerja paruh waktu di unit kerja di lingkungan UI. Kewajiban yang harus dilakukan adalah 40 jam kerja setiap bulan dengan kompensasi sebesar Rp 300 ribu per bulan. 

Bentuk beasiswa dari pihak sponsor

Beasiswa di Universitas Indonesia dari pihak sponsor biasanya berasal dari lembaga pemerintahan, perusahaan, perseorangan, yayasan dan lain sebagianya dengan berbeda skema dan manfaat. Namun biasanya beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi, kurang mampu dan beasiswa campuran.

 

2. Universitas Chulalongkorn, Thailand

Salah satu universitas terbaik di ASEAN 2023 lainnya adalah Chulalongkorn University dari Thailand. Sudah berdiri selama 105 tahun, kampus ini tetap mampu berdiri dengan tegap dan menjadi salah satu pusat pendidikan di Thailand dan menjadi tujuan banyak mahasiswa internasional. Beberapa bidang studi yang ditawarkan antara lain:

  1. Allied Health
  2. Architecture
  3. Arts
  4. Commerce and Accountancy
  5. Communication Arts
  6. Dentistry
  7. Economic
  8. Education
  9. Engineering
  10. Fine and Applied Arts
  11. Law
  12. Medicine
  13. Nursing
  14. Pharmaceutical Sciences
  15. Political Science
  16. Psychology
  17. Science
  18. Sports Science
  19. Veterinary Science

Nah selain dengan beragam bidang studi yang ditawarkan di atas, universitas terbaik di ASEAN 2023 ini juga ramah dengan para muslim loh. Universitas Chulalongkorn ini mempunyai “The Halal Science Center” yang bertujuan untuk menciptakan para pemimpin dalam penelitian, inovasi dan memverifikasi produk makanan secara ilmiah.

 

Baca Juga: Intip Chualalongkorn University, Ada Beasiswanya!

 

3. Universiti Malaya, Malaysia

Terletak di pusat kota Kuala Lumpur, Malaysia, universitas terbaik di ASEAN 2023 selanjutnya adalah Universiti Malaya. Menjadi kampus terbaik di Malaysia, Universiti Malaya memiliki lebih dari 4000 mahasiswa internasional yang melakukan studi di jenjang Sarjana, Pascasarjana, hingga Doktoral. Beberapa pilihan bidang Studi yang bisa kamu coba antara lain:

  1. Built Environment
  2. Languages and Linguistics
  3. Pharmacy
  4. Engineering
  5. Education
  6. Dentistry
  7. Business and Economics
  8. Medicine
  9. Science
  10. Computer Science and Information Technology
  11. Arts and Social Sciences
  12. Creative Arts
  13. Law 
  14. Sport and Exercise Sciences

 

Kisaran biaya untuk S2 di Universiti Malaya berkisar antara RM 22.600 hingga RM 64.000. Bagi kamu yang tertarik dengan beberapa bidang studi di atas, kamu bisa cek biaya kuliah di salah satu universitas terbaik di ASEAN 2023 pada link berikut ini.

 

4. National University of Singapore (NUS), Singapura

Mungkin bagi beberapa Scholarship Hunters, nama NUS sudah tidak asing di telinga. Salah satu universitas terbaik di ASEAN 2023 ini menawarkan fasilitas dan koneksi pekerjaan bagi para mahasiswanya. Berada di ranking 30 universitas dunia, National University of Singapore menawarkan kelas-kelas standar dunia di 16 jurusan dan 4 rumpus program studinya berikut ini:

  1. Fakultas Teknik;
  2. Ilmu Kedokteran;
  3. Bisnis dan Teknologi Komputer;
  4. Ilmu Sosial.

 

Selain itu, sebagai pelajar Indonesia kamu bisa menggunakan beasiswa LPDP untuk jenjang S2 dari pemerintah Indonesia atau ASEAN Undergraduate Scholarship untuk jenjang S1 loh. Kamu bisa lihat lebih jelas mengenai LPDP dan ASEAN Undergraduate Scholarship dengan klk program tersebut ya.

 

Baca Juga: Menarik! Beasiswa NUS S2 yang Perlu Kamu Tahu!

 

5. University of the Philippines, Filipina

Universitas terbaik di ASEAN 2023 lainnya yang tidak mau kamu lewatkan adalah University of the Philippines. Terletak di Dillman, kota Quezon, kampus ini telah berdiri sejak 1908 pada awal masa kolonial Amerika di Filipina, kampus ini memiliki sistem yang hampir sama dengan pendidikan di Amerika Serikat. 

Bidang studi yang ditawarkan berada di beberapa satellite campus yang berbeda-beda. Berikut beberapa rinciannya:

  1. UP Dillman
    Untuk bidang studi Global City Professional Schools, Extension Program in Olongapo, Dan Extension Program in Pampanga . 
  2. UP Los Baños
    Khusus untuk Professional School for Agriculture and the Environment. 
  3. UP Manila
    Khusus untuk pendidikan Ilmu Kesehatan.
  4. UP Visayas
    Terdiri dari UPV Iloilo City Campus dan UPV Tacloban College. 
  5. UP Open University
    Terdiri dari 7 pusat pembelajaran di seluruh Filipina.

 

Selain beberapa informasi di atas, University of the Philippines juga telah mencetak berbagai alumni yang berpengaruh di Filipina. Beberapa di antaranya adalah mantan presiden Filipina José P. Laurel, pendiri stasiun TV pertama di Filipina Marla Rausch, dan lain sebagianya. 

6. Universitu Brunei Darussalam, (Brunei Darussalam)

Jika berbicara mengenai universitas terbaik di Brunei Darussalam, pasti tidak akan jauh-jauh dari Universitu Brunei Darussalam (UBD). Universitas terbaik di ASEAN 2023 ini menawarkan beberapa bidang studi untuk mahasiswa internasional, antara lain:

  1. Studi Islam;
  2. Bisnis;
  3. Seni;
  4. Ilmu Alam;
  5. Ilmu Kesehatan;
  6. Ilu Asia;
  7. Studi Kebijakan;
  8. Pendidikan;
  9. Biodiversitas dan Teknologi dan Terintegrasi.

 

Menjadi salah satu universitas dunia di posisi 256, universitas terbaik di ASEAN 2023 ini menawarkan beberapa beasiswa untuk para mahasiswa internasional yang tertarik untuk menjadi bagian dari mereka. Beberapa beasiswa yang bisa kamu ikuti adalah UBD Graduate Scholarship dan UBD Bursary.

7. Ton Duc Thang University (TDTU), Vietnam

Apakah kamu pernah mendengar tentang Ton Duc Thang University (TDTU)? Universitas terbaik di ASEAN 2023 ini didirikan pada 1997 dan dikembangkan oleh Konfederasi Umum Pemburuh Vietnam. Universitas Ton Duc Thang juga menjadi universitas terbaik di Vietnam loh. Selain itu mereka juga menawarkan bidang studi yang cukup banyak loh. Berikut di antaranya:

  1. Accounting;
  2. Applied Sciences;
  3. Business Administration;
  4. Civil Engineering;
  5. Electrical and Electronic Eng;
  6. Environment and Labour Safety;
  7. Finance and Banking;
  8. Foreign Languages;
  9. Industrial Fine Arts;
  10. Information Technology;
  11. Labor Relations and Trade Unions;
  12. Law;
  13. Mathematics & Statistics;
  14. Pharmacy;
  15. Social Sciences & Humanities;
  16. Sport Science;
  17. Khanh Hoa Branch;
  18. Bao Loc Campus;
  19. Vietnam – Finland International School;
  20. TDTU College.

 

Selain dengan rentang bidang studi yang cukup luas di atas, universitas terbaik di ASEAN 2023 ini juga memiliki kerja sama di beberapa lembaga seperti California State University Monterey Bay,  Fulbright Scholar Program,  Business & Hotel Management School di Lucerne, Switzerland, dan lain sebagainya. Apakah kamu tertarik untuk mencoba bersekolah disini?

8. Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia

Pada peringkat ke-8 dalam universitas terbaik di ASEAN 2023 dipegang oleh Universitu Teknologi Malaysia. Didirikan oleh Departemen Pekerjaan Umum Malaysia pada 1975, Universiti teknologi Malaysia dikenal dengan beberapa bidang studi andalannya. Adapun bidang studi yang diajarkan adalah:

  1. Civil Engineering;
  2. Mechanical Engineering;
  3. Electrical engineering;
  4. Chemical and Energy Engineering;
  5. Computing;
  6. Science;
  7. Environment and Surveying;
  8. Social Sciences and Humanities;
  9. Management.

 

Universitas terbaik di ASEAN 2023 ini memiliki 3 kampus yang masing-masing bisa kamu temui di UTM Johor Bahru, UTM Kuala Lumpur dan UTM Pagoh. Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di UTM kamu bisa cek info lebih lengkapnya di sini

9. Mahidol University, Thailand

Universitas terbaik di ASEAN 2023 selanjutnya adalah Universitas Mahidol di Thailand. Mahidol University dikenal dengan jurusan ilmu kedokterannya. Nama ini diambil langsung dari ayah raja Bhumibol Adulyadej, Pangeran Mahidol of Songkla. Atau biasa dikenal dengan nama “Father of Modern Medicine and Public Health of Thailand”. Selain itu beberapa bidang studi yang bisa kamu pilih antara lain:

  1. Information and Communication Technology (ICT);
  2. Liberal Arts (LA);
  3. Medical Technology (MT);
  4. Medicine Ramathibodi Hospital (RAMA);
  5. Medicine Siriraj Hospital;
  6. Nursing;
  7. Physical Therapy;
  8. Pharmacy;
  9. Dentistry;
  10. Public Health;
  11. Engineering;
  12. Environment and Resource Studies;
  13. Graduate Studies;
  14. Science;
  15. Social Science;
  16. Tropical Medicine;
  17. Veterinary Science.

 

Universitas terbaik di ASEAN 2023 ini juga sangat terbuka dengan mahasiswa internasional loh. Kamu bisa download handbook dan informasi akomodasi selama belajar di Mahidol University di sini. 

10. Taylor’s University, Malaysia

Berada di Subang Jaya, Slangor, Malaysia, Taylor’s University terkenal dengan relasinya dengan beberapa institusi di Eropa. Beberapa diantaranya adalah Universitas West di Inggris dan Universitas Toulouse di Perancis. Universitas ini menawarkan 15 program studi dengan 4 fakultas diantaranya:

  1. Fakultas Inovasi dan Teknologi;
  2. Fakultas Bisnis dan Hukum;
  3. Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran;
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Hiburan.

 

Untuk lebih lanjutnya tentag 15 program di atas, kamu bisa klik linknya di sini. Tak hanya itu, pihak universitas juga menyediakan beasiswa untuk jenjang S1 dan S2 yang bisa kamu lihat melalui link berikut!

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos universitas terbaik di ASEAN 2023

Ingin lolos Universitas Terbaik di ASEAN 2023? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah. Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Universitas Terbaik di ASEAN