6 Universitas Terbaik di China Paling Update 2023

Hunters, apakah kamu pernah mendengar peribahasa “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”? Peribahasa ini sering kita dengar sejak duduk di bangku sekolah. Peribahasa ini juga dan memiliki makna untuk kita mencari dan menuntut ilmu sejauh apapun. Namun, mengapa negaranya harus China, ya? Jawabannya adalah karena banyaknya universitas terbaik di China.

Nah, ada berbagai macam fakta menarik tentang negeri China untuk menjadi tempat menuntut ilmu. China merupakan salah satu negara yang memiliki peradaban sangat tinggi sebelum ilmu pengetahuan berkembang. Bahkan pada abad ke-5 sebelum Masehi, ilmu pengetahuan sudah dikuasai oleh orang China.

Meskipun China terkenal dengan populasi terbanyak di dunia, China memiliki banyak sekolah hingga universitas terbaik dan peringkat atas dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika negara ini banyak menyumbang ilmu pengetahuan serta pendidikan yang ada di dunia.

Lebih lanjut, China juga menjadi salah satu destinasi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan. Minters ingin tahu ada universitas apa saja yang ada di China? Untuk itu, yuk, simak referensi di bawah ini!

1. Tsinghua University

Universitas terbaik di China pertama dalam daftar ini adalah Tsinghua University. Tsinghua University berada di peringkat ke-17 dengan overall score 89 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara itu, di Asia, Tsinghua University berada di peringkat pertama berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini terletak di Beijing China, dengan menawarkan 87 program sarjana serta 83 program pascasarjana dan doktoral.

Usia universitas ini berdiri sudah sangat lama, sejak tahun 1911 sekitar 111 tahun yang lalu. Adapun jurusan/bidang studi yang menjadi unggulan, yaitu Ilmu Komputer, Kedokteran, Teknik Sipil, Bioteknologi dan Mikrobiologi Terapan, dan Teknik Mesin. Tsinghua telah memberikan kurang lebih 400 perusahaan dan lapangan pekerjaan berbasis teknologi. Universitas ini berkomitmen untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan dunia melalui pengajaran, penelitian, dan inovasi.

2. Peking University

Peking University merupakan salah satu universitas terbaik di China. Berdasarkan QS World University Rankings 2022, Peking university berada di peringkat 18 dengan overall score 88,8 dan berada di peringkat kedua se-Asia menurut The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini terkenal dengan “Yan Yuan” (taman Yan), dekat dengan Distrik Haidian, di pinggiran Barat Beijing China.

Peking University merupakan universitas nasional modern pertama yang secara resmi didirikan di China, serta menjadi universitas yang komprehensif dengan pendidikan dasar dan penelitian di bidang humaniora dan sains. Universitas ini berdiri sejak tahun 1898 dengan bidang studi unggulannya adalah Teknik Material, Nanosains dan Nanoteknologi, Kimia Fisik, Ilmu Komputer, dan Geosains.

 

Baca juga: Tertarik Lanjutkan Studi di China? Simak Beasiswa CGS 2023!

 

3. Fudan University

Fudan University juga merupakan salah satu universitas terbaik di China. Universitas ini berada di peringkat ke-31 dengan overall score 82,6 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara itu, di Asia, Fudan University berada di peringkat 10 berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini terletak di Shanghai China dan sudah berdiri sejak tahun 1905.

Universitas ini merupakan institusi pendidikan tinggi pertama yang didirikan oleh orang Tionghoa. Fudan menawarkan 19 program S-2 dan 2 program S-3 yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Adapun beberapa bidang studi yang menjadi unggulan, yaitu Farmakologi & Toksikologi, Matematika, Kimia, Biologi Sel, dan Teknik Material.

4. Zhejiang University

Zhejiang University adalah universitas riset publik nasional yang berbasis di Hangzhou, Zhejiang, China. Salah satu universitas terbaik di China ini sudah berdiri sejak tahun 1897.

Zhejiang University menyediakan 7 program sarjana serta 7 program pascasarjana dan doktoral. Selain itu, universitas ini memiliki 37 kolese, 1 museum, serta terafiliasi dengan tujuh rumah sakit. Beberapa bidang studi yang diunggulkan adalah Pertanian, Teknologi Polimer, Ilmu & Teknologi Pangan, Ilmu Komputer, dan Kedokteran.

5. Shanghai Jiao Tong University

Universitas ini berada di peringkat 50 dengan overall score 75,6 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia, Shanghai Jiao Tong University (SJTU) berada di peringkat 13 berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. SJTU terkenal karena menghormati tradisinya, yaitu tradisi bersyukur dan tanggung jawab.

Tidak hanya itu, sebagai universitas terbaik di China, SJTU juga dikenal sebagai kampus selektif tertua dan paling bergengsi, hal ini dikarenakan telah menjadi anggota C9 di China. Universitas ini berdiri sejak tahun 1898 dengan menawarkan lebih dari 100 program studi pada jenjang Sarjana, Pascasarjana, dan Doktoral.

Tertarik dengan kuliah di Universitas Terbaik China dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

6. University of Science and Technology of China

Universitas terbaik di China terakhir dalamm daftar ini adalah University of Science and Technology of China (USTC). Berdasarkan QS World University Rankings 2022, USTC berada di peringkat 98 dengan overall score 75,6 dan berada di peringkat ke-16 se-Asia menurut The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. USTC mendapat predikat dari Departemen Ilmu dan Teknologi sebagai salah satu dari empat perguruan tinggi dengan kinerja penelitian ilmiah terbaik di China.

Adapun beberapa bidang studi unggulan USTC, yaitu Optika, Teknologi Polimer, Kimia Fisik, Teknik Rekayasa Material, dan Kimia. Universitas ini didirikan pada tahun 1958 untuk memenuhi kebutuhan Sains dan Teknologi negara China, oleh karenanya universitas ini bertujuan mendidik talenta terbaik dalam Sains dan Teknologi interdisipliner.

 

Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa daftar universitas terbaik di China yang bisa jadi pilihanmu! Jadi, dari daftar di atas, universitas mana yang jadi impianmu?

 

Siap mendaftar beasiswa impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

universitas terbaik di China