Daftar Universitas Terbaik di Cina Paling Update

Kampus Luar Negeri, 22 Sep 2022

Hunters, pernah mendengar peribahasa “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina?” Peribahasa ini sering kita dengar sejak duduk di bangku sekolah ya, dan memiliki makna untuk kita mencari dan menuntut ilmu sejauh apapun. Namun, mengapa negaranya harus Cina ya? Ternyata karena banyaknya universitas terbaik dunia di Cina.

Nah, ada berbagai macam fakta menarik tentang negeri Cina untuk menjadi tempat menuntut ilmu lho! Cina merupakan salah satu negara yang memiliki peradaban sangat tinggi sebelum ilmu pengetahuan berkembang. Bahkan pada abad ke-5 sebelum Masehi, ilmu pengetahuan sudah dikuasai oleh orang Cina.

Meskipun negara Cina terkenal dengan populasi terbanyak di dunia, negara Cina memiliki banyak sekolah hingga universitas terbaik dan peringkat atas dunia. Sehingga tidak heran jika negara ini banyak menyumbang ilmu pengetahuan serta pendidikan yang ada di dunia.

Selain itu, Cina juga menjadi salah satu destinasi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan lho! Minters ingin tahu ada universitas apa saja? Yuk simak referensi di bawah ini:

1. Tsinghua University

universitas terbaik di cina

Tsinghua berada di peringkat 17 dengan overall score 89 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia Tsinghua berada di peringkat pertama berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini terletak di Beijing Cina, dengan menawarkan 87 program sarjana serta 83 program pascasarjana dan doktoral. Usia universitas ini berdiri sudah sangat lama, sejak tahun 1911 sekitar 111 tahun yang lalu. Adapun jurusan/bidang studi yang menjadi unggulan, yaitu Ilmu Komputer, Kedokteran, Teknik Sipil, Bioteknologi dan Mikrobiologi Terapan, dan Teknik Mesin. Tsinghua telah memberikan kurang lebih 400 perusahaan dan lapangan pekerjaan berbasis teknologi. Universitas ini berkomitmen untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan dunia melalui pengajaran, penelitian, dan inovasi.

2. Peking University

Berdasarkan QS World University Rankings 2022, Peking university berada di peringkat 18 dengan overall score 88,8 dan berada di peringkat kedua se-Asia menurut The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini terkenal dengan “Yan Yuan” (taman Yan), dekat dengan Distrik Haidian, di pinggiran Barat Beijing Cina. Peking University merupakan universitas nasional modern pertama yang secara resmi didirikan di Cina, serta menjadi universitas yang komprehensif dengan pendidikan dasar dan penelitian di bidang humaniora dan sains. Universitas ini berdiri sejak tahun 1898 dengan bidang studi unggulannya adalah Teknik Material, Nanosains dan Nanoteknologi, Kimia Fisik, Ilmu Komputer, dan Geosains.

           Baca juga: Kuliah Gratis di 8 Negara untuk Mahasiswa Internasional

3. Fudan University

universitas terbaik di cina

Fudan University berada di peringkat 31 dengan overall score 82,6 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia Tsinghua berada di peringkat 10 berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini terletak di Shanghai Cina dan sudah berdiri sejak tahun 1905. Universitas ini merupakan institusi pendidikan tinggi pertama yang didirikan oleh orang Tionghoa. Fudan menawarkan 19 program S-2 dan 2 program S-3 yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Adapun beberapa bidang studi yang menjadi unggulan, yaitu Farmakologi & Toksikologi, Matematika, Kimia, Biologi Sel, dan Teknik Material.

4. Zhejiang University

Zhejiang University adalah universitas riset publik nasional yang berbasis di Hangzhou, Zhejiang, Cina dan sudah berdiri sejak tahun 1897. Universitas ini menyediakan 7 program sarjana serta 7 program pascasarjana dan doktoral. Selain itu, universitas ini memiliki 37 kolese, 1 museum, serta terafiliasi dengan tujuh rumah sakit. Beberapa bidang studi yang diunggulkan adalah Pertanian, Teknologi Polimer, Ilmu & Teknologi Pangan, Ilmu Komputer, dan Kedokteran.

5. Shanghai Jiao Tong University

Universitas ini berada di peringkat 50 dengan overall score 75,6 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia, Shanghai Jiao Tong University (SJTU) berada di peringkat 13 berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. SJTU terkenal karena menghormati tradisinya, yaitu tradisi bersyukur dan tanggung jawab. Tidak hanya itu, SJTU juga terkenal sebagai kampus selektif tertua dan paling bergengsi, hal ini dikarenakan telah menjadi anggota C9 di Cina. Universitas ini berdiri sejak tahun 1898 dengan menawarkan lebih dari 100 program studi pada jenjang Sarjana, Pascasarjana, dan Doktoral.

6. University of Science and Technology of China

Berdasarkan QS World University Rankings 2022, University of Science and Technology of China (USTC) berada di peringkat 98 dengan overall score 75,6 dan berada di peringkat ke-16 se-Asia menurut The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. USTC mendapat predikat dari Departemen Ilmu dan Teknologi sebagai salah satu dari empat perguruan tinggi dengan kinerja penelitian ilmiah terbaik di Cina. Adapun beberapa bidang studi unggulan USTC, yaitu Optika, Teknologi Polimer, Kimia Fisik, Teknik Rekayasa Material, dan Kimia. Universitas ini didirikan pada tahun 1958 untuk memenuhi kebutuhan Sains dan Teknologi negara Cina, oleh karenanya universitas ini bertujuan mendidik talenta terbaik dalam Sains dan Teknologi interdisipliner.

          Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini

universitas terbaik di cina