20 Daftar Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2023

QS World University Ranking adalah publikasi daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis setiap tahunnya oleh Quacquarelli Symonds (QS). Quacquarelli Symonds sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa analisis perguruan tinggi dunia. Juni 2022, QS kembali merilis daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 dengan menggunakan kriteria tersebut di atas.

Lantas, universitas mana saja yang berhasil menduduki 10 besar universitas terbaik di dunia tahun 2023 menurut QS? Yuk, simak ulasannya di bawah ini! Siapa tahu, daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 ini bisa menjadi pertimbangan bagi Hunters yang mau lanjut studi ke luar negeri.

Daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas terbaik di dunia tahun 2023 pertama dalam daftar ini berhasil diduduki oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat. Universitas yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini menawarkan program studi terbaik di berbagai bidang termasuk bidang engineering, physical sciences, economics, political science, urban studies, linguistics, dan philosophy.

MIT juga menduduki peringkat pertama dalam daftar Graduate Employability Ranking versi QS, yang berarti lulusan MIT merupakan lulusan yang paling dicari oleh berbagai perusahaan di dunia. Menurut survei yang dilakukan oleh MIT Careers Office, lulusan MIT banyak bekerja di perusahaan global seperti McKinsey and Bain, Google, Microsoft, Raytheon, General Electric dan masih banyak lagi.

Pelajar internasional dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di MIT dapat mencoba beberapa program beasiswa fully funded seperti Beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia (pascasarjana) dan beasiswa Fulbright dari Pemerintah Amerika Serikat (pascasarjana).

 

Baca juga: Kenal Lebih Dekat Program Studi di MIT

 

2. University of Cambridge

Universitas terbaik di dunia tahun 2023 di urutan ke-2 dalam daftar ini ditempati oleh University of Cambridge yang berlokasi di Cambridge, sebuah kota kecil di Inggris yang terletak kurang lebih 90 kilometer dari London. Universitas ini menawarkan berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan, termasuk 35 program studi di jenjang Sarjana dan 131 program studi di jenjang Pascasarjana.

Menariknya, semua program studi di bawah University of Cambridge dikelola oleh salah satu dari 31 (tiga puluh satu) colleges yang berdiri mandiri di bawah universitas. Masing-masing college memiliki peraturan internal dan proses seleksi terpisah, dengan tetap mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Universitas. Mahasiswa S1 juga akan mendapatkan college supervisions atau kelompok belajar kecil yang dilaksanakan oleh college masing-masing, sebuah metode yang sering dianggap sebagai salah satu metode belajar terbaik di dunia.

Pelajar internasional dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Cambridge University dapat mencoba beberapa alternatif beasiswa seperti beasiswa LPDP, beasiswa Chevening dari Pemerintah Inggris (pascasarjana), The Gates Cambridge Scholarship (pascasarjana) dan Cambridge Commonwealth, European and International Trust untuk seluruh jenjang pendidikan.

3. Stanford University

Urutan ke-3 dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 versi QS ditempati oleh Stanford University, perguruan tinggi yang berlokasi di California, tepatnya di area Silicon Valley, pusat teknologi dunia sekaligus rumah dari perusahaan teknologi global dunia, seperti Yahoo, Google, Hewlett Packard dan lainnya. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1885 ini membuka berbagai program studi di banyak bidang termasuk di antaranya business, education, engineering, humanities and sciences, law, medicine dan sustainability.

Selain kualitas pendidikan yang mumpuni, Stanford University juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati mahasiswa saat menempuh pendidikan di universitas ini termasuk di antaranya klub olahraga yang bervariasi. Setidaknya terdapat 32 klub olahraga yang bisa diikuti oleh pelajar di Stanford University, termasuk baseball, sepak bola, basket, squash dan lain sebagainya.

Untuk mahasiswa pascasarjana dari Indonesia yang berminat untuk melanjutkan studi di Stanford University dapat mencoba beberapa alternatif program beasiswa termasuk di antaranya beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia, beasiswa Fulbright dari Pemerintah Amerika Serikat dan Knight-Hennessy Scholarship. Sedangkan mahasiswa jenjang sarjana dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan financial aid dari universitas.

 

Baca juga: Fakta Menarik Mengenai Stanford University dan Beasiswa Knight-Hennessy

 

4. University of Oxford

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 versi QS adalah University of Oxford, salah satu perguruan tinggi tertua di dunia. Konon kabarnya, universitas yang berlokasi di kota Oxford ini sudah berdiri sejak tahun 1096.

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia tahun 2023, University of Oxford memiliki empat divisi akademik yang menjadi rumah dari berbagai program studi yang ditawarkan universitas. Divisi-divisi ini antara lain humanities division, mathematical, physical and life division, medical sciences division dan social sciences division

Selain itu, sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di dunia, Oxford University memiliki banyak bangunan dengan arsitektur kuno yang masih terawat dengan baik. Tidak sedikit film atau cerita yang mengambil latar belakang di Oxford University, termasuk di antaranya film fantasi Harry Potter.

Pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di University of Oxford dapat mencoba program beasiswa seperti Reach Oxford Scholarship dan Simon and June Li Undergraduate Scholarship untuk mahasiswa di jenjang S-1, Oxford Pershing Square Graduate Scholarship, Clarendon Fund, Jardine–Oxford Graduate Scholarships, beasiswa LPDP serta Chevening Scholarship untuk mahasiswa pascasarjana.

5. Harvard University

Peringkat ke-5 universitas terbaik di dunia tahun 2023 versi QS ditempati oleh Harvard University, perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Sama halnya dengan MIT, kompleks Harvard University juga berlokasi di Massachusetts dengan 3 (tiga) bangunan kampus utama, 15 (lima belas) museum, 28 (dua puluh delapan) perpustakaan serta berbagai klub olahraga yang bisa diikuti mahasiswa.

Harvard University barangkali adalah kampus yang namanya paling terkenal di dunia. Hingga saat ini, paling tidak 8 Presiden Amerika Serikat, 23 kepala negara bagian, 161 penerima Nobel dan 132 pemenang Pulitzer Prize adalah lulusan dari Harvard University.

Pelajar Indonesia dapat mencoba beberapa program beasiswa seperti beasiswa LPDP, beasiswa Fulbright, Aga Khan Scholarship dan World Bank Graduate Scholarship Program untuk jenjang pascasarjana. Sedangkan mahasiswa jenjang sarjana dapat mengajukan financial aid dari universitas.

 

Baca juga: Ingin Kuliah di Luar Negeri? Simak 10 Universitas Terbaik di Dunia 2023

6. California Institute of Technology (Caltech)

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 ini adalah California Institute of Technology (Caltech) yang berlokasi di Pasadena, Amerika Serikat. Perguruan tinggi yang memiliki spesialisasi bidang science dan engineering ini menjadi rumah dari banyak peneliti dunia yang melakukan riset dan inovasi teknologi yang vital untuk masa depan manusia.

Caltech menawarkan beragam program studi yang terbagi ke dalam 6 (enam) divisi akademik yang berbeda antara lain biology and biological engineering, chemistry and chemical engineering, engineering and applied science, geological and planetary science, humanities and social sciences dan physics, mathematics and astronomy. Selain itu, Caltech juga memiliki berbagai fasilitas penelitian kelas dunia seperti Jet Propulsion Laboratory (yang dimiliki oleh NASA), the Caltech Seismological Laboratory dan the International Observatory Network.

Beberapa program beasiswa yang dapat dicoba bagi pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan studi di universitas ini adalah beasiswa LPDP, beasiswa Fulbright, Roberto Rocca Education Fellowship dan lain sebagainya untuk mahasiswa jenjang pascasarjana. Sementara itu, mahasiswa jenjang sarjana tetap dapat mengajukan financial aid dari universitas.

7. Imperial College of London (ICL)

Peringkat selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 diduduki oleh Imperial College of London, yang berlokasi di London. Universitas yang memiliki spesialisasi di bidang science, engineering, medicine dan business ini membuka setidaknya 169 program studi di tingkat Sarjana dan 168 program studi lainnya di tingkat pascasarjana.

Universitas yang juga merupakan lokasi tempat band legendaris Queen pertama kali naik panggung di hadapan publik ini juga adalah salah satu universitas yang menerima paling banyak pelajar internasional. Pada tahun akademik 2020-2021, jumlah pelajar internasional di ICL yang berasal dari luar Inggris mencapai angka 61%.

Pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di universitas ini dapat mencoba beberapa alternatif program beasiswa seperti President’s Undergraduate Scholarship dan World Scientific Scholarship untuk mahasiswa jenjang sarjana, serta beasiswa LPDP, Chevening Scholarship, Deepmind Scholarship dan GREAT Imperial College London Scholarship untuk mahasiswa jenjang pascasarjana.

8. University College London (UCL)

Peringkat ke-8 dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 ditempati oleh University College London (UCL), yang juga berlokasi di London. Perguruan tinggi pertama yang berdiri di London ini membuka berbagai program studi baik di tingkat sarjana (kurang lebih 408 program studi) maupun pascasarjana (643 program studi).

Beberapa bidang studi yang menjadi keunggulan UCL adalah education, architecture and the built environment, archaeology dan anthropology. Selain itu, UCL juga merupakan salah satu universitas yang memiliki fokus kuat dalam pelaksanaan riset serta memiliki kerjasama dengan berbagai rumah sakit utama di London seperti Royal Free Hospital dan Moorfields Eye Hospital

Beberapa program beasiswa yang dapat dicoba oleh pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan kuliah di UCL adalah UCL Global Undergraduate Scholarship untuk mahasiswa tingkat sarjana serta beasiswa LPDP, Chevening Scholarship, UCL Global Master Scholarship dan Research Excellence Scholarship untuk mahasiswa tingkat pascasarjana.

9. Swiss Federal Institute of Technology (ETH Zurich)

Universitas selanjutnya yang berada dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 adalah ETH Zurich yang berlokasi di Zurich, kota terbesar di Swiss. ETH terkenal sebagai salah satu universitas terbaik dunia di bidang science dan technology yang menawarkan berbagai program studi di bidang architecture and civil engineering, engineering sciences, natural sciences and mathematics, system oriented natural sciences dan management and social sciences.

Selain kegiatan belajar mengajar, mahasiswa di ETH Zurich juga bisa menikmati berbagai kegiatan olahraga dan sosial yang diadakan langsung oleh universitas – termasuk di antaranya The Polyball, sebuah acara pesta dansa yang biasanya diadakan pada bulan November setiap tahunnya. Acara yang sudah diadakan sejak tahun 1880 ini diisi oleh berbagai grup musik dan tari serta dihadiri oleh hampir 10.000 penikmat musik setiap tahunnya.

Beberapa program beasiswa yang dapat dicoba oleh pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan kuliah di ETH Zurich adalah Swiss Government Excellence Scholarship, Excellence Scholarship and Opportunity Programme dan beasiswa LPDP untuk mahasiswa pascasarjana. Mahasiswa tingkat S1 dapat mengajukan study grants untuk mahasiswa tingkat S1.

10. University of Chicago

Universitas terakhir dalam daftar 10 universitas terbaik di dunia tahun 2023 menurut versi QS adalah University of Chicago yang berlokasi di Chicago, Amerika Serikat. Universitas ini menawarkan beragam program studi di berbagai bidang mulai dari astrophysics, molecular engineering, liberal arts, social sciences, anthropology, music dan bahasa. Selain pilihan program studi yang bervariasi, University of Chicago juga membuka banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dalam berbagai proyek penelitian yang didukung oleh universitas.

Menariknya, sebagian besar mahasiswa tingkat S1 akan tinggal di dalam salah satu asrama kampus yang ada. Masing-masing asrama kampus (residence halls) ini dibagi lagi ke dalam sistem yang dinamakan house system, yang sedikit banyak mirip dengan sistem asrama di dalam film Harry Potter. Setiap House kemudian akan berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga dan kegiatan kampus lainnya, yang pada akhirnya membangun persahabatan dan solidaritas yang kuat antara sesama anggota asrama yang sama.

Pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan studi di University of Chicago dapat mencoba berbagai program beasiswa seperti University Scholarship dan Merit Scholarship untuk mahasiswa tingkat S-1 serta beasiswa LPDP dan Fulbright untuk mahasiswa pascasarjana.

11. National University of Singapore (NUS)

Universitas yang berhasil menduduki peringkat 11 dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 yang dirilis oleh QS ini tidak lain dan tidak bukan adalah National University of Singapore (NUS). Universitas ini sudah berdiri sejak 1905.

Universitas pertama dari Asia yang muncul dalam daftar universitas terbaik di dunia 2023 versi QS ini memiliki 17 fakultas yang tersebar di 3 (tiga) kampus serta menaungi berbagai jurusan untuk banyak bidang studi seperti arts and social sciences, business, computing, continuing and lifelong education, dentistry, design and environment, medicine, law dan masih banyak lagi.

Pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di NUS dengan beasiswa dapat mencoba berbagai program beasiswa yang tersedia seperti beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship dan Science and Technology Undergraduate Scholarship untuk jenjang S1

Untuk jenjang S2 dan S3 dapat mencoba berbagai program beasiswa seperti beasiswa NUS Research Scholarship, President’s Graduate Fellowship, NUS Singa Scholarship, A*Star Graduate Scholarship, A*Star Computing and Information Science (ACIS) Scholarship dan masih banyak lagi. Selain itu, pelajar Indonesia untuk jenjang pascasarjana juga dapat mencoba program beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia.  

12. Peking University

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 lagi-lagi berasal dari Asia, yaitu Peking University yang berlokasi di Beijing, Cina. Universitas tertua di Cina yang sudah berdiri sejak tahun 1898 ini membuka berbagai jurusan di berbagai bidang studi untuk seluruh jenjang pendidikan, baik S1, S2 maupun S3, termasuk di antaranya bidang Sciences, Information and Engineering, Humanities, Social Sciences dan Economics and Management. 

Selain kualitas pendidikan yang mumpuni, Peking University juga memiliki berbagai fasilitas menarik yang mendukung proses belajar mahasiswa termasuk di antaranya 7330 koleksi perpustakaan, beragam museum seperti Museum of University History dan Arthur M. Sackler Museum of Art and Archeology dan juga berbagai festival olahraga dan kegiatan kebudayaan yang bisa diikuti seluruh mahasiswa untuk bersosialisasi seperti Beida Cup Athletic Championships, International Cultural Festival dan Singing Competition for Foreign Students.

Pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di Peking University dapat mencoba program beasiswa seperti Chinese Government Scholarship (CGS), Beijing Government Scholarship (BGS) dan Peking University Scholarship (PKUS) untuk jenjang S1, S2 dan S3. Pelajar Indonesia untuk jenjang pascasarjana juga dapat mencoba program beasiswa LPDP.

13. University of Pennsylvania

Universitas terbaik di dunia tahun 2023 peringkat ke-13 dalam daftar ini berhasil diduduki oleh University of Pennsylvania, salah satu universitas swasta yang berlokasi di Philadelphia, Amerika Serikat. Universitas yang juga termasuk dalam deretan universitas Ivy League di Amerika Serikat ini didirikan oleh Benjamin Franklin, salah satu bapak bangsa Amerika Serikat, pada tahun 1940.

Universitas ini menawarkan berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan, baik S1, S2 maupun S3, untuk bidang studi seperti arts and humanities, engineering and technology, life sciences and medicine, natural sciences dan social sciences and management.

Untuk calon mahasiswa S1 yang ingin melanjutkan kuliah di universitas ini dapat mencoba mengajukan undergraduate aid yang diberikan oleh Universitas berdasarkan kebutuhan siswa dan beberapa program beasiswa lain seperti Federal Pell Grant atau The Maguire Scholarship. Sedangkan calon mahasiswa pascasarjana dapat mencoba program beasiswa seperti beasiswa Fulbright dan beasiswa LPDP.  

14. Tsinghua University

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 adalah Tsinghua University, salah satu universitas terbaik di Cina yang sudah berdiri sejak tahun 1911. Universitas yang berlokasi di Beijing ini memiliki banyak sekali alumni kenamaan, termasuk di antaranya Presiden Cina saat ini, Xi Jinping, yang lulus dari jurusan teknik kimia pada tahun 1979.

Saat ini, Tsinghua University membuka banyak program studi untuk semua jenjang pendidikan baik sarjana maupun pascasarjana di berbagai bidang studi termasuk architecture, economics and management, civil engineering, environment, public policy and management, mechanical engineering, humanities dan masih banyak lagi.

Program beasiswa yang bisa dicoba oleh pelajar internasional di Tsinghua University antara lain Chinese Government Scholarship untuk jenjang pendidikan S1-S3, Beijing Government Scholarship untuk jenjang S1-S2, Tsinghua University Tuition Scholarship untuk jenjang S1-S3, beasiswa LPDP untuk jenjang S2-S3 dan Siemens China Scholarship untuk jenjang S3.  

15. The University of Edinburgh

Universitas yang berhasil menduduki peringkat ke-15 dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 adalah The University of Edinburgh yang berlokasi di Edinburgh, Skotlandia. Universitas yang secara resmi berdiri sejak tahun 1583 ini adalah salah satu dari 4 (empat) universitas tertua di Skotlandia dan juga salah satu universitas tertua yang terus beroperasi di dunia pendidikan barat.

Saat ini, The University of Edinburgh membuka berbagai program studi untuk jenjang S1-S3 di banyak bidang studi termasuk biological sciences, chemistry, economics, art, medical, engineering, law dan masih banyak lagi. Selain itu, berdasarkan laporan Research Excellence Framework yang dirilis pada tahun 2021 (REF2021), 90% kegiatan penelitian di Universitas Edinburgh mendapatkan bintang 3 dan 4 sehingga universitas ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang tertarik melakukan riset saat studi.

Bagi pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di The University of Edinburgh dengan beasiswa dapat mencoba berbagai program beasiswa seperti Claes Isacson Scholarship dan Margaret Campbell Scott Scholarship untuk jenjang sarjana dan program Chevening Scholarship, Claes Isacson Scholarship, Edinburgh Doctoral College Scholarships, Google European Doctoral Fellowships dan masih banyak lagi untuk jenjang pascasarjana. Pelajar dari Indonesia juga dapat mencoba beasiswa LPDP untuk jenjang S2 dan S3.  

16. EPFL

The École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) yang menduduki peringkat 16 dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 ini adalah universitas berorientasi riset yang berlokasi di Lausanne, salah satu kota di Swiss yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa pengantar utama.

Universitas yang memiliki spesialisasi di bidang natural sciences dan engineering ini adalah salah satu institusi pendidikan yang paling inovatif dan produktif di bidang pendidikan dengan lebih dari 500 laboraturium dan kelompok penelitian di kampus. Selain itu, EPFL juga salah satu dari sedikit universitas di dunia yang memiliki reaktor nuklir, reaktor fusion, super computer Gene/Q dan fasilitas bio-hazard P3 sebagai fasilitas di kampus.  

Selain bidang studi yang menjadi spesialisasi, EPFL juga membuka program studi di semua jenjang pendidikan untuk berbagai bidang studi seperti business and management dan social sciences and management. Selain program akademis, EPFL juga menyediakan berbagai fasilitas olahraga dan kegiatan budaya seperti festival musik tahunan. Salah satu festival musik tahunan tadi adalah Balelec Festival yang rata-rata dihadiri oleh 15.000 pengunjung setiap tahunnya.

Bagi pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di EPFL dengan mengajukan permohonan beasiswa kepada EPFL yang akan memberikan beasiswa sesuai dengan kebutuhan mahasiswa (needs-based scholarship). Selain itu, calon mahasiswa jenjang pascasarjana dapat mencoba program beasiswa LPDP dan juga program Swiss Government Excellence Scholarship untuk jenjang doktoral dan non-degree.

17. Princeton University

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 versi QS ini adalah Princeton University, salah satu universitas tertua dan paling prestisius di Amerika Serikat, yang berlokasi di New Jersey. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1746 ini adalah salah satu universitas riset terkemuka dunia dengan berbagai alumni terkenal seperti Michelle Obama, Eric Schmidt (komisaris Google), Pete Conrad (astronot Apollo) dan 2 (dua) mantan Presiden Amerika Serikat, James Madison dan Woodrow Wilson.

Princeton University sendiri menawarkan berbagai program studi untuk jenjang S1-S3 untuk banyak bidang studi termasuk di antaranya Anthropology, Architecture, Biophysics, Chemistry, Economics, Environmental Studies dan masih banyak lagi. Pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di Princeton University dengan beasiswa dapat mengajukan financial aid yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mahasiswa (needs-based scholarship). Sementara untuk calon mahasiswa jenjang pascasarjana, dapat mencoba program beasiswa Fulbright dan beasiswa LPDP.

18. Yale University

Universitas berikutnya dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 ini masih dari Amerika Serikat, yaitu Yale University, di New Haven, Connecticut. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1701 ini adalah salah satu institusi pendidikan tinggi tertua dan paling prestisius di Amerika Serikat. Banyak alumni Yale University merupakan tokoh ternama di Amerika Serikat termasuk 5 (lima) Presiden Amerika Serikat yaitu William Howard Taft, Gerald Ford, George H. W Bush, Bill Clinton dan George W. Bush.

Yale University membuka banyak program studi untuk seluruh jenjang pendidikan yang tersebar di berbagai bidang studi seperti arts and humanities, engineering and technology, life sciences and medicine, natural sciences dan social sciences and management.

Sama seperti universitas di Amerika Serikat lainnya, pelajar internasional yang berniat melanjutkan studi di Yale University dengan menggunakan beasiswa dapat mencoba untuk mengajukan financial aid atau fellowship yang akan diberikan universitas sesuai dengan kebutuhan masing-masing mahasiswa. Selain itu, untuk calon mahasiswa jenjang pasca sarjana, dapat mencoba program beasiswa Fulbright dan beasiswa LPDP. 

19. Nanyang Technological University (NTU), Singapore

Universitas yang menduduki peringkat 19 dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2023 adalah universitas Asia lainnya, yaitu Nanyang Technological University (NTU) yang berlokasi di Singapura. Meskipun NTU termasuk salah satu universitas muda yang baru saja berdiri pada tahun 1991, NTU secara konsisten terus masuk ke dalam deretan universitas terbaik kelas dunia yang membuka program studi untuk seluruh jenjang pendidikan di berbagai bidang studi.

Beberapa di antaranya, seperti engineering, science, business, social sciences, arts, education dan medical school yang bekerjasama dengan Imperial College London. Selain program studi tadi, NTU juga memiliki speasialisasi di bidang digital technology dan artificial intelligence dengan berbagai kerjasama dengan perusahaan teknologi seperti Alibaba, Rolls Royce, BMW, Volvo, Delta Electronics dan Singtel.

Bagi pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi di NTU dengan beasiswa dapat mencoba berbagai program beasiswa termasuk ASEAN Undergraduate Scholarship, Nanyang Scholarship, NTU-University Scholars Program (NTU-USP) Scholarship, CN Yang Scholarship dan masih banyak lagi untuk jenjang S1 serta program beasiswa Nanyang President Graduate Scholarship, NTU Research Scholarship, Singapore International Graduate Award (Singa), A*Star Graduate Scholarship dan masih banyak lagi untuk jenjang pascasarjana. Selain itu, mahasiswa dari Indonesia juga dapat mencoba program beasiswa LPDP untuk jenjang S2 dan S3.    

20. Cornell University

Universitas terakhir dalam daftar 20 besar universitas terbaik di dunia tahun 2023 versi QS adalah Cornell University yang sudah berdiri sejak tahun 1865. Universitas yang berlokasi di Ithaca, New York membuka berbagai program studi untuk jenjang sarjana dan pasca sarjana di banyak bidang studi termasuk di antaranya agricultural sciences, anthropology, arts and sciences, applied economics and management, communication, computer science, design and environmental analysis dan masih banyak lagi.

Untuk calon mahasiswa jenjang S1 yang ingin melanjutkan studi di Cornell University dengan beasiswa, dapat mengajukan grants atau financial scholarship langsung ke Universitas yang akan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masing-masing mahasiswa. Untuk calon mahasiswa jenjang pascasarjana dapat mempertimbangkan program beasiswa seperti beasiswa Fulbright dan beasiswa LPDP.

 

Baca juga: Ingin Kuliah di Luar Negeri? Yuk Simak Daftar Negara Terbaik!

 

Nah, itulah 20 daftar peringkat universitas terbaik di dunia tahun 2023. Pemeringkatan tersebut tentunya akan berbeda-beda di tiap lembaga. Namun, dari daftar 20 universitas terbaik di dunia tahun 2023 di atas, Hunters bisa mengetahui universitas mana saja yang termasuk ke dalam daftar tersebut.

 

Konsultasikan persiapan kuliah ke luar negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk, konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.

universitas terbaik di dunia tahun 2023