Daftar Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2023

Kuliah di Luar Negeri, 16 Nov 2022

QS World University Ranking adalah publikasi daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis setiap tahunnya oleh Quacquarelli Symonds (QS), salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa analisis perguruan tinggi dunia. Setiap tahunnya, QS menilai hampir 1500 perguruan tinggi di dunia dengan menggunakan berbagai kriteria seperti reputasi akademik (academic reputation), reputasi pemberi pekerjaan (employer reputation), rasio fakultas dan mahasiswa (faculty/student ratio), kutipan per fakultas (citations per faculty) dan rasio pelajar dan fakultas internasional (international student ratio and international faculty ratio) untuk menentukan peringkat global masing-masing perguruan tinggi. 

Pada bulan Juni 2022, QS kembali merilis daftar universitas terbaik di dunia 2023 dengan menggunakan kriteria tersebut di atas. Universitas mana saja yang berhasil menduduki 10 besar universitas terbaik di dunia tahun 2023 menurut versi QS?

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Peringkat pertama dalam daftar ini berhasil diduduki oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat. Universitas yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini menawarkan program studi terbaik di berbagai bidang termasuk bidang engineering, physical sciences, economics, political science, urban studies, linguistics, dan philosophy.

MIT juga menduduki peringkat pertama dalam daftar Graduate Employability Ranking versi QS, yang berarti lulusan MIT merupakan lulusan yang paling dicari oleh berbagai perusahaan di dunia. Menurut survei yang dilakukan oleh MIT Careers Office, lulusan MIT banyak bekerja di perusahaan global seperti McKinsey and Bain, Google, Microsoft, Raytheon, General Electric dan masih banyak lagi.

Pelajar internasional dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di MIT dapat mencoba beberapa program beasiswa fully funded seperti Beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia (pascasarjana) dan beasiswa Fulbright dari Pemerintah Amerika Serikat (pascasarjana). Mahasiswa tingkat S-1 dapat mencoba beasiswa partial yang

2. University of Cambridge

Urutan ke-2 dalam daftar universitas terbaik ini ditempati oleh University of Cambridge, yang berlokasi di Cambridge, sebuah kota kecil di Inggris yang terletak kurang lebih 90 kilometer dari London. Universitas ini menawarkan berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan, termasuk 35 program studi di jenjang Sarjana dan 131 program studi di jenjang Pascasarjana.

Menariknya, semua program studi di bawah University of Cambridge dikelola oleh salah satu dari 31 (tiga puluh satu) colleges yang berdiri mandiri di bawah universitas. Masing-masing college memiliki peraturan internal dan proses seleksi terpisah, dengan tetap mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Universitas. Mahasiswa S1 juga akan mendapatkan college supervisions atau kelompok belajar kecil yang dilaksanakan oleh college masing-masing, sebuah metode yang sering dianggap sebagai salah satu metode belajar terbaik di dunia.

Pelajar internasional dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Cambridge University dapat mencoba beberapa alternatif beasiswa seperti beasiswa LPDP, beasiswa Chevening dari Pemerintah Inggris (pascasarjana), The Gates Cambridge Scholarship (pascasarjana) dan Cambridge Commonwealth, European and International Trust untuk seluruh jenjang pendidikan.

3. Stanford University

Urutan ke-3 dalam daftar universitas terbaik 2023 versi QS ditempati oleh Stanford University, perguruan tinggi yang berlokasi di California – tepatnya di area Silicon Valley, pusat teknologi dunia sekaligus rumah dari perusahaan teknologi global dunia seperti Yahoo, Google, Hewlett Packard dan lainnya. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1885 ini membuka berbagai program studi di banyak bidang termasuk di antaranya business, education, engineering, humanities and sciences, law, medicine dan sustainability.

Selain kualitas pendidikan yang mumpuni, Stanford University juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati mahasiswa saat menempuh pendidikan di universitas ini termasuk di antaranya klub olahraga yang bervariasi. Setidaknya terdapat 32 klub olahraga yang bisa diikuti oleh pelajar di Stanford University, termasuk baseball, sepak bola, basket, squash dan lain sebagainya.

Untuk mahasiswa pascasarjana dari Indonesia yang berminat untuk melanjutkan studi di Stanford University dapat mencoba beberapa alternatif program beasiswa termasuk di antaranya beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia, beasiswa Fulbright dari Pemerintah Amerika Serikat dan Knight-Hennessy Scholarship. Sedangkan mahasiswa jenjang sarjana dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan financial aid dari universitas.  

            Baca juga: Bedah Kampus dan Fakta Menarik Stanford University 

4. University of Oxford

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik 2023 versi QS adalah University of Oxford, salah satu perguruan tinggi tertua di dunia. Konon kabarnya, universitas yang berlokasi di kota Oxford ini sudah berdiri sejak tahun 1096. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia, University of Oxford memiliki 4 divisi akademik yang menjadi rumah dari berbagai program studi yang ditawarkan universitas. Divisi-divisi ini antara lain humanities division, mathematical, physical and life division, medical sciences division dan social sciences division

Sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di dunia, Oxford University memiliki banyak bangunan dengan arsitektur kuno yang masih terawat dengan baik. Tidak sedikit film atau cerita yang mengambil latar belakang di Oxford University, termasuk di antaranya film fantasi Harry Potter. 

Pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di University of Oxford dapat mencoba program beasiswa seperti Reach Oxford Scholarship dan Simon and June Li Undergraduate Scholarship untuk mahasiswa di jenjang S-1, Oxford Pershing Square Graduate Scholarship, Clarendon Fund, Jardine – Oxford Graduate Scholarships, beasiswa LPDP serta Chevening Scholarship untuk mahasiswa pascasarjana.  

5. Harvard University

Peringkat ke-5 universitas terbaik 2023 versi QS ditempati oleh Harvard University, perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Sama halnya dengan MIT, kompleks Harvard University juga berlokasi di Massachusetts dengan 3 (tiga) bangunan kampus utama, 15 (lima belas) museum, 28 (dua puluh delapan) perpustakaan serta berbagai klub olahraga yang bisa diikuti mahasiswa.

Harvard University barangkali adalah kampus yang namanya paling terkenal di dunia. Hingga saat ini, paling tidak 8 Presiden Amerika Serikat, 23 kepala negara bagian, 161 penerima Nobel dan 132 pemenang Pulitzer Prize adalah lulusan dari Harvard University.

Pelajar Indonesia dapat mencoba beberapa program beasiswa seperti beasiswa LPDP, beasiswa Fulbright, Aga Khan Scholarship dan World Bank Graduate Scholarship Program untuk jenjang pascasarjana. Sedangkan mahasiswa jenjang sarjana dapat mengajukan financial aid dari universitas.   

6. California Institute of Technology (Caltech)

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik 2023 ini adalah California Institute of Technology (Caltech) yang berlokasi di Pasadena, Amerika Serikat. Perguruan tinggi yang memiliki spesialisasi bidang science dan engineering ini menjadi rumah dari banyak peneliti dunia yang melakukan riset dan inovasi teknologi yang vital untuk masa depan manusia.

Caltech menawarkan beragam program studi yang terbagi ke dalam 6 (enam) divisi akademik yang berbeda antara lain biology and biological engineering, chemistry and chemical engineering, engineering and applied science, geological and planetary science, humanities and social sciences dan physics, mathematics and astronomy. Selain itu, Caltech juga memiliki berbagai fasilitas penelitian kelas dunia seperti Jet Propulsion Laboratory (yang dimiliki oleh NASA), the Caltech Seismological Laboratory dan the International Observatory Network.

Beberapa program beasiswa yang dapat dicoba bagi pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan studi di universitas ini adalah beasiswa LPDP, beasiswa Fulbright, Roberto Rocca Education Fellowship dan lain sebagainya untuk mahasiswa jenjang pascasarjana. Sementara itu, mahasiswa jenjang sarjana tetap dapat mengajukan financial aid dari universitas.   

7. Imperial College of London (ICL)

Peringkat selanjutnya dalam daftar ini diduduki oleh Imperial College of London, yang berlokasi di London. Universitas yang memiliki spesialisasi di bidang science, engineering, medicine dan business ini membuka setidaknya 169 program studi di tingkat Sarjana dan 168 program studi lainnya di tingkat pascasarjana. Universitas yang juga merupakan lokasi tempat band legendaris Queen pertama kali naik panggung di hadapan publik ini juga adalah salah satu universitas yang menerima paling banyak pelajar internasional. Pada tahun akademik 2020-2021, jumlah pelajar internasional di ICL yang berasal dari luar Inggris mencapai angka 61%.

Pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di universitas ini dapat mencoba beberapa alternatif program beasiswa seperti President’s Undergraduate Scholarship dan World Scientific Scholarship untuk mahasiswa jenjang sarjana, serta beasiswa LPDP, Chevening Scholarship, Deepmind Scholarship dan GREAT Imperial College London Scholarship untuk mahasiswa jenjang pascasarjana.  

8. University College London (UCL)

Peringkat ke-8 dalam daftar universitas terbaik 2023 ditempati oleh University College London (UCL), yang juga berlokasi di London. Perguruan tinggi pertama yang berdiri di London ini membuka berbagai program studi baik di tingkat sarjana (kurang lebih 408 program studi) maupun pascasarjana (643 program studi). Beberapa bidang studi yang menjadi keunggulan UCL adalah education, architecture and the built environment, archaeology dan anthropology.

UCL juga merupakan salah satu universitas yang memiliki fokus kuat dalam pelaksanaan riset serta memiliki kerjasama dengan berbagai rumah sakit utama di London seperti Royal Free Hospital dan Moorfields Eye Hospital

Beberapa program beasiswa yang dapat dicoba oleh pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan kuliah di UCL adalah UCL Global Undergraduate Scholarship untuk mahasiswa tingkat sarjana serta beasiswa LPDP, Chevening Scholarship, UCL Global Master Scholarship dan Research Excellence Scholarship untuk mahasiswa tingkat pascasarjana.  

9. Swiss Federal Institute of Technology (ETH Zurich)

Universitas selanjutnya yang berada dalam daftar universitas terbaik 2023 adalah ETH Zurich yang berlokasi di Zurich, kota terbesar di Swiss. ETH terkenal sebagai salah satu universitas terbaik dunia di bidang science dan technology yang menawarkan berbagai program studi di bidang architecture and civil engineering, engineering sciences, natural sciences and mathematics, system oriented natural sciences dan management and social sciences.

Selain kegiatan belajar mengajar, mahasiswa di ETH Zurich juga bisa menikmati berbagai kegiatan olahraga dan sosial yang diadakan langsung oleh universitas – termasuk di antaranya The Polyball, sebuah acara pesta dansa yang biasanya diadakan pada bulan November setiap tahunnya. Acara yang sudah diadakan sejak tahun 1880 ini diisi oleh berbagai grup musik dan tari serta dihadiri oleh hampir 10.000 penikmat musik setiap tahunnya.

Beberapa program beasiswa yang dapat dicoba oleh pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan kuliah di ETH Zurich adalah Swiss Government Excellence Scholarship, Excellence Scholarship and Opportunity Programme dan beasiswa LPDP untuk mahasiswa pascasarjana. Mahasiswa tingkat S1 dapat mengajukan study grants untuk mahasiswa tingkat S1.

10. University of Chicago

Universitas terakhir dalam daftar 10 universitas terbaik 2023 menurut versi QS adalah University of Chicago yang berlokasi di Chicago, Amerika Serikat. Universitas ini menawarkan beragam program studi di berbagai bidang mulai dari astrophysics, molecular engineering, liberal arts, social sciences, anthropology, music dan bahasa. Selain pilihan program studi yang bervariasi, University of Chicago juga membuka banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dalam berbagai proyek penelitian yang didukung oleh universitas.

Menariknya, sebagian besar mahasiswa tingkat S1 akan tinggal di dalam salah satu asrama kampus yang ada. Masing-masing asrama kampus (residence halls) ini dibagi lagi ke dalam sistem yang dinamakan house system, yang sedikit banyak mirip dengan sistem asrama di dalam film Harry Potter. Setiap House kemudian akan berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga dan kegiatan kampus lainnya, yang pada akhirnya membangun persahabatan dan solidaritas yang kuat antara sesama anggota asrama yang sama.

Pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan studi di University of Chicago dapat mencoba berbagai program beasiswa seperti University Scholarship dan Merit Scholarship untuk mahasiswa tingkat S-1 serta beasiswa LPDP dan Fulbright untuk mahasiswa pascasarjana.  

             Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

Konsultasikan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.

universitas terbaik di dunia 2023