Daftar Universitas Terbaik di Jepang Paling Terbaru

Fakta Menarik, 06 Okt 2022

Sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kuliah di universitas terbaik di Jepang? Kamu tidak sendiri, karena ada banyak pelajar internasional lainnya yang juga berminat menjalani studi di negeri Sakura ini. Selain keindahan alam dan budaya yang kental, mutu pendidikan dan dukungan yang tersedia bagi pelajar disana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar internasional.

Jepang merupakan negara dengan sistem pembelajaran terbaik di Asia. Oleh karena itu, tidak heran banyak pelajar termasuk pelajar Indonesia memilih menempuh pendidikan di sana. Selain sistem pembelajaraan yang bagus, fasilitas-fasilitas penunjang juga ramah untuk pelajar.

Untuk Hunters yang berencana ingin kuliah ke Jepang, berikut lima universitas terbaik di Jepang yang bisa menjadi rujukan dalam mencari universitas ya!

1. University Of Tokyo

University of Tokyo berada di peringkat 23 dengan overall score 86.2 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia, University Of Tokyo di peringkat keenam berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini terletak di Bunkyo City, Tokyo. 

Universitas yang telah berumur 117 tahun ini merupakan universitas penelitian negeri ternama di Jepang, dan juga merupakan anggota pertama dari tujuh universitas nasional. Fakultas Seni Liberal dan Sains di universitas ini, menawarkan program S-1 dalam bahasa Inggris. Selain itu, beberapa program S-2 bidang Ekonomi, Ilmu Lingkungan dan Teknik juga ditawarkan dalam bahasa Inggris. 

Selain fasilitasnya yang lengkap, University of Tokyo juga menawarkan bantuan dana kuliah, beragam beasiswa dan dukungan karir bagi pelajar internasional.

2. Kyoto University

Berdasarkan QS World University Rankings 2022, Kyoto University berada di peringkat 33 dengan overall score 82,3 dan berada di peringkat ke 12 se-Asia menurut The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini berdiri pada tahun 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto, dan merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang.

Ciri khas universitas ini adalah tradisi akademik yang menghargai semangat kebebasan dan kemerdekaan akademik. Penelitian dilakukan berdasarkan minat dan tujuan masing-masing individu. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto hingga kini telah menghasilkan lima penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika, teori, kimia, dan biologi molekuler.

           Baca Juga: Beasiswa Mitsui Bussan Jepang untuk S-1

3. Tokyo Institute of Technology

Tokyo Institute of Technology, biasanya disebut Tokodai, atau Tokyo Tech, merupakan lembaga terbesar pendidikan tinggi di Jepang yang ditujukan untuk ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam ilmu alam dan teknik lapangan. Universitas ini berada di berada di peringkat 56 dengan overall score 73,5 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia Tokyo Institute of Technology berada di peringkat 49 berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Universitas ini telah berdiri selama lebih dari 130 tahun.

4. Osaka University

Osaka University adalah universitas riset publik yang berada di Prefektur Osaka, Jepang. Universitas ini merupakan salah satu universitas nasional Jepang yang ditunjuk dan dipilih sebagai universitas top oleh pemerintah Jepang dari "Program Universitas Top Global". Universitas ini adalah salah satu dari tiga universitas negeri teratas di Jepang. Berdasarkan QS World University Rankings 2022, Osaka University berada di peringkat 75 dengan overall score 66,2 dan berada di peringkat ke-53 se-Asia menurut The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Didirikan pada tahun 1931, Universitas Osaka adalah universitas modern keenam di Jepang.

5. Tohoku University

Tohoku University adalah universitas negeri di Sendai, Prefektur Miyagi, wilayah Tohoku, Jepang. Universitas ini adalah salah satu dari tujuh universitas negeri di Jepang, didirikan tahun 1907 sebagai Universitas Imperial ketiga di Jepang. Universitas ini merupakan universitas negeri pertama di Jepang yang menerima mahasiswa perempuan (menerima 3 mahasiswi pada tahun 1913).

Tohoku University berada di peringkat 82 dengan overall score 65,2 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia, Tohoku University berada di peringkat 31 berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022.

Bagaimana Hunters, apakah kamu sudah menetapkan pilihan untuk melanjutkan pendidikan di universitas mana? Jangan ragu ya, di Jepang juga kamu bisa mengikuti program beasiswa loh. Jadi tunggu apalagi? Yuk siapkan dokumennya!

           Baca Juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian ---> Yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

universitas terbaik di jepang