4 Universitas Terbaik di London, Kejar Potensimu Sekarang!

Tahukah kamu dimana kota pelajar terbaik di dunia? Dan ingin mengetahui universitas terbaik di London?

Berdasarkan daftar kota pelajar terbaik di dunia yang dirilis oleh QS setiap tahunnya, London berhasil menjadi kota favorit pilihan pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di luar negeri, mengalahkan kota-kota besar lainnya di dunia seperti Seoul, Tokyo Melbourne hingga Paris. Ada banyak alasan mengapa London dinobatkan sebagai kota pelajar terbaik di dunia. Selain lingkungan yang multikultural yang menawarkan berbagai pengalaman unik dan kesempatan networking yang tidak terbatas, alasan utama mengapa London adalah kota pelajar terbaik di dunia adalah kualitas pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh banyak institusi perguruan tinggi di London. London memiliki setidaknya 40 institusi perguruan tinggi yang secara konsisten masuk ke dalam deretan perguruan tinggi terbaik dunia.

Apa saja universitas terbaik di London yang bisa kamu pilih? Simak berbagai informasi penting yang perlu kamu ketahui tentang beberapa universitas terbaik di London di bawah ini.

 

Imperial College London

Berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS Tahun 2023, Imperial College London berhasil menduduki peringkat pertama universitas terbaik di London. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1907 ini juga berhasil menduduki peringkat 7 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS 2023. 

Awalnya, Imperial College London berdiri berkat gagasan Prince Albert dari Kerajaan Inggris untuk mendirikan kawasan budaya yang mencakup beberapa bangunan penting di kawasan London, termasuk royal colleges. Sejak saat itu, Imperial College London yang berlokasi di South Kensington ini terus berkembang menjadi universitas kelas dunia dengan konsentrasi utama di bidang science, engineering, medicine dan business. Saat ini, terdapat setidaknya 17.000 mahasiswa yang sedang menempuh studi di Imperial College London.  

Imperial College London menawarkan banyak program studi untuk seluruh jenjang pendidikan yang tersebar di 4 (empat) fakultas yang berbeda, antara lain :

1. Faculty of Engineering

2. Faculty of Medicine

3. Faculty of Natural Science

4. Imperial College Busines Schools  

 

Baca Juga: Kenali Imperial College London Lebih Dekat

 

University College London

Universitas terbaik di London berikutnya adalah University College London atau yang biasa disingkat menjadi UCL, salah satu universitas negeri berorientasi riset yang berlokasi di area Bloomsbury di pusat Kota London. UCL yang sudah berdiri sejak tahun 1826 ini merupakan salah satu universitas pertama yang berdiri di London sekaligus juga universitas pertama yang menerima pelajar tanpa melihat latar belakang agama. Selain itu, UCL juga merupakan universitas pertama di Inggris yang menerima perempuan untuk belajar di universitas tersebut. Saat ini, UCL yang berada di peringkat 8 perguruan tinggi terbaik dunia versi QS 2023 ini memiliki setidaknya 51.000 mahasiswa (lebih dari separuhnya adalah pelajar internasional yang berasal dari 150 negara) dan 350.000 alumni yang tersebar di 190 negara.

Program studi yang dibuka di UCL untuk seluruh jenjang pendidikan cukup beragam serta tersebar di 11 Fakultas yang berbeda, termasuk di antaranya :

1. Faculty or Arts and Humanities

2. Faculty of Built Environment (The Bartlett)

3. Faculty of Brain Sciences

4. Faculty of Engineering Sciences

5. Faculty of Education and Society

6. Faculty of Laws

7. Faculty of Life Sciences

8. Faculty of Mathematical and Physical Sciences

9. Faculty of Medical Sciences

10. Faculty of Population Health

11. Faculty of Social and Historical Sciences

 

Baca Juga: Simak Informasi Menganai UCL!

 

King’s College London

Universitas terbaik di London selanjutnya adalah King’s College London, yang sudah berdiri sejak tahun 1829. Universitas yang memiliki 5 (lima) kampus berbeda yang tersebar di area Central London, Sungai Thames dan Bukit Denmark di South London ini kini menduduki peringkat 35 perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023. Saat ini, terdapat setidaknya lebih dari 33.000 mahasiswa dari 150 negara di dunia yang menempuh pendidikan tinggi King’s College London dan lebih dari 185.000 alumni yang tersebar di seluruh penjuru dunia. King’s College London juga adalah salah satu universitas dunia yang memiliki komitmen tinggi untuk berpartisipasi dalam mitigasi perubahan iklim di dunia. Salah satu cara yang dilakukan oleh King’s College London dengan menggunakan listrik yang berasal sepenuhnya dari tenaga angin di Inggris (sejak tahun 2017). Selain itu, King’s College London juga memiliki target untuk mencapai net zero carbon di tahun 2030.

Untuk program studi, King’s College London memiliki pilihan program yang beragam untuk seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana di bawah 9 (sembilan) fakultas yang berbeda antara lain :

1. Faculty of Arts and Humanities

2. King’s Business School

3. Faculty of Dentistry, Oral and Craniofacial Sciences

4. The Dickson Poon School of Law

5. Faculty of Life Sciences and Medicine

6. Faculty of Natural, Mathematical and Engineering Sciences

7. Faculty of Nursing, Midwifery and Palliative Care

8. Institute of Psychiatry, Psychology and Neuroscience

9. Faculty of Social Science and Public Policy

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Terbaik di London

Ingin lolos masuk ke universitas terbaik di London? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas terbaik di London? Cek program terbaik dari Schoters  untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Universitas Terbaik di London