10 Universitas Terbaik di Thailand Versi QS World Rank 2024

Popularitas Thailand di kalangan mahasiswa untuk dijadikan negara tujuan kuliah sedang naik daun belakangan ini. Bukan hanya karena budaya dan sejarahnya yang unik, festival seru, dan pemandangan kota yang memanjakan mata, tetapi kualitas pendidikan universitas-universitas di Thailand juga menjadi alasan bagi para pelajar internasional tertarik untuk menempuh studi di negara ini. Simak daftar universitas terbaik di Thailand versi QS World Ranking 2024.

 

Universitas terbaik di Thailand versi QS World Ranking 2024

1. Chulalongkorn University

Chulalongkorn University adalah universitas tertua sekaligus menjadi universitas yang terbaik nomor 1 di Thailand. Dalam rangking dunia, Universitas Chulalongkorn berada di peringkat ke-211 dalam QS World Ranking 2024. Universitas ini berlokasi di Pathum Wan, Bangkok dan memiliki sekitar 37.000 mahasiswa yang dipilih dengan begitu selektif secara nasional untuk melanjutkan studi di 20 fakultas yang ditawarkan

Universitas ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sistem pembelajaran terbaik untuk menunjang pendidikan tinggi di sana. Beberapa pilihan jurusan yang ditawarkan meliputi, kesehatan, arsitektur, ekonomi, hukum, psikologi, pertanian, keperawatan, farmasi kedokteran, dan masih banyak lagi.

2. Mahidol University

Mahidol University (MU) berada pada peringkat ke-382 dalam QS World Ranking 2024. Universitas ini mulanya adalah universitas kedokteran pada tahun 1943 dan merupakan universitas yang meluluskan dokter pertama di Thailand. MU memiliki 2 fakultas kedokteran, yaitu Fakultas Kedokteran RS Siriraj dan Fakultas Kedokteran RS Ramathibodi. Seiring berjalannya waktu, Mahidol University terus berkembang dengan menambahkan bidang studi lain dan menjadi universitas umum di Thailand. MU adalah universitas negeri pertama di Thailand yang meluncurkan program internasional. Semua program internasional di MU kini disatukan di satu kolese khusus dengan nama Mahidol University International College (MUIC).

3. Chiang Mai University

Chiang Mai University (CMU) adalah universitas riset negeri yang terkenal karena memiliki fokus kuat pada bidang studi teknik, sains, pertanian, dan kedokteran. Universitas ini berlokasi di Thailand utara dan didirikan pada 8 Juni 1964. Dalam QS World Ranking 2024, Chiang Mai University berada pada peringkat ke-571.

Universitas ini memiliki 17 fakultas dengan 107 departemen. Universitas ini menawarkan 87 program pendidikan sarjana, 163 program pascasarjana dan diploma, serta 3 program sertifikasi. Selain itu universitas ini juga menawarkan 18 program magister dan doktor serta 2 program sarjana yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional.

4. Thammasat University

Universitas Thammasat menjadi universitas tertua kedua di Thailand. Universitas ini resmi menjadi universitas nasional pada 27 Juni 1934, yang mana sebelumnya bernama University of Moral and Political Science Act. Thammasat University berada pada peringkat ke-600 dalam QS World Ranking 2024.

Thammasat University menampung sekitar 33.000 mahasiswa mulai dari jenjang sarjana hingga doktor. Bidang studi terpopuler di Thammasat adalah ilmu sosial dan ilmu pengetahuan budaya. Oleh karena itu, proses seleksi mahasiswa baru untuk dua bidang studi ini sangat ketat di Thammasat University.

5. Kasetsart University

Kasetsart University adalah universitas agrikultural pertama di Thailand yang didirikan sejak 2 Februari 1943 sehingga dikenal pula sebagai universitas pertanian tertua di Thailand. Berlokasi di Chatuchak, Bangkok, universitas ini juga menjadi universitas terbesar di Thailand. Kasetsart University berada di peringkat antara 751-760 dalam QS World Ranking 2024. Universitas ini memiliki lebih dari 20 fakultas dan juga menyelenggarakan program perkuliahan internasional di bidang pertanian, administrasi bisnis, pariwisata, ekonomi, teknik, agro industri, sains, manajemen hotel, serta ilmu humaniora.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

universitas terbaik di thailand

 

6. Prince of Songkla University

Prince of Songkla University (PSU) adalah universitas pertama dan terbesar di wilayah selatan Thailand. Sebagai universitas dengan peringkat antara 901-950 dalam QS World Ranking 2024, universitas ini terkenal karena memiliki jejaring riset internasional yang mumpuni. Universitas ini memiliki 5 kampus yang berbeda lokasi dan kampus yang pertama berada di Hat Yai.

Prince of Songkla University menawarkan 20 fakultas, seperti Faculty of Law, Faculty of Pharmaceutical Sciences, Faculty of Traditional Thai Medicine, hingga Faculty of Agro-Industry. Selain itu, juga tersedia beberapa kolese seperti College of Computing, International College of Arts and Sciences bahkan ada pula College of Islamic Studies.

7. Khon Kaen University

Khon Kaen University (KKU) merupakan universitas riset negeri pertama dan terbesar di wilayah timur laut Thailand. Universitas ini berdiri sejak tahun 1966 dan memiliki 17 fakultas dengan berbagai disiplin keilmuan mulai dari hukum, kedokteran, sosial dan humaniora, hingga administrasi, bisnis, dan ekonomi. Khon Kaen University berada pada peringkat antara 951-1.000 dalam QS World Ranking 2024.

8. King Mongkut’s University of Technology Thonburi

King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT) didirikan pada tahun 1960 dan menjadi universitas teknologi terbaik di Thailand. Universitas ini sangat cocok bagi Hunters yang ingin menempuh studi di bidang teknologi di universitas terbaik.

Universitas ini juga berada pada peringkat antara 951-1.000 dalam QS World Ranking 2024. Universitas yang berlokasi di Bang Mot Country, Thung Khru, Bangkok ini menawarkan berbagai fakultas di bidang teknik dan teknologi, seperti contohnya adalah School of Architecture and Design.

9. King Mongkut’s University of Technology North Bangkok

King Mongkut’s University of Technology North Bangkok berada pada peringkat antara 1.201-1.400 dalam QS World Ranking 2024. Universitas yang satu ini memiliki visi “Globalized Engineers and World Class Technology” dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti laboratorium, perpustakaan yang kaya akan sumber daya, ruang kuliah dan auditorium, pusat olahraga, serta fasilitas hiburan dan kebudayaan.

10. King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang

King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang (KMITL) didirikan pada tahun 1960 dengan bantuan teknis dari Pemerintah Jepang. Institut ini masih menjalin kerjasama dengan Pemerintah Jepang dan berbagai institusi lain di Jepang untuk memberikan pendidikan terbaik bagi para mahasiswanya. 

King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang menjadi universitas ke-10 terbaik di Thailand dan berada di peringkat antara 1.201-1.400 dalam QS World Ranking 2024. Universitas ini berlokasi di distrik Lat Krabang, Bangkok dan memiliki tujuh fakultas seperti Faculty of Industrial Education, Faculty of Agricultural Technology, Faculty of Science, hingga Faculty of International College.

 

Baca Juga : Rekomendasi Beasiswa S2 ke Thailand yang Bisa Kamu Coba!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk universitas terbaik di Thailand

Ingin lolos ke universitas terbaik di Thailand? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas terbaik di thailand

Sumber:

QS World University Rankings 2024: Top global universities. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings?countries=my