Informasi Pendaftaran 5 Universitas Terbaik di Turki

Kuliah di Luar Negeri, 28 Okt 2022

Popularitas Turki sebagai negara destinasi studi impian terus meningkat dari tahun ke tahun. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari kualitas pendidikan Turki yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain kualitas pendidikan, Turki juga menawarkan beragam jurusan dari berbagai bidang studi kepada pelajar yang berminat melanjutkan pendidikan di negara ini.

Saat ini, Turki tercatat membuka lebih dari 45.000 program berbeda di berbagai jenjang pada 208 universitas yang ada. Selain itu, biaya studi dan biaya hidup yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Turki juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan destinasi studi populer lainnya seperti Amerika Serikat atau Inggris. Tentu saja, hal ini menambah daya tarik Turki sebagai alternatif destinasi studi yang ideal bagi pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia.

Lalu, universitas mana saja yang menjadi universitas terbaik di Turki?  

Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Times Higher Education, 5 (lima) universitas yang mendapatkan peringkat terbaik di Turki adalah Cankaya University, Koç University, Sabanci University, Middle East Technical University dan Bahçeşehir University.

1. Cankaya University

Cankaya University adalah salah satu universitas muda di Turki yang berdiri pada tahun 1997. Di tahun 2022, Cankaya University berhasil menjadi satu-satunya universitas di Turki yang berhasil mempertahankan posisinya di kisaran peringkat 401-500 dunia selama 4 tahun berturut-turut. Universitas yang berlokasi di Ankara, ibukota sekaligus kota kedua terbesar di Turki ini, membuka jurusan di berbagai bidang studi antara lain Arts and Humanities, Social Sciences, Physical Sciences, Engineering and Technology, Law, Computer Science dan Psychology. 

2. Koç University

Koç University adalah salah satu universitas terbaik di Turki yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Universitas yang berlokasi di Istanbul, kota terbesar di Turki ini membuka 22 program sarjana, 29 program pascasarjana dan 30 program doktoral di berbagai bidang studi termasuk di antaranya Social Sciences and Humanities, Administrative Science and Economics, Physics, Engineering, Law, Nursing and Medicine. Pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di Koç University juga tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa mengingat hampir seluruh program studi di universitas ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama (kecuali bidang studi Nursing dan Law).

Koç University juga menawarkan berbagai program beasiswa kepada pelajar internasional di berbagai jenjang, termasuk melalui program beasiswa Koç University Support Scholarship Program (KUDEB) yang diberikan berdasarkan hasil ujian masuk perguruan tinggi. Melalui program beasiswa ini, pelajar dapat menerima 50% atau 100% pembebasan biaya kuliah sekaligus kesempatan untuk menerima subsidi biaya akomodasi, biaya hidup bulanan dan biaya buku yang diperlukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh universitas (khusus untuk penerima full scholarship).

             Baca Juga: 5 Tips Cepat Belajar Bahasa Turki untuk Kuliah

3. Sabanci University

Sabanci University adalah salah satu universitas lain di Turki yang patut dipertimbangkan sebagai tujuan studi, khususnya bagi mahasiswa S1. Universitas yang berdiri sejak tahun 1994 ini merupakan universitas pertama di Turki yang menerapkan pendekatan multi-disipliner dimana mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih program yang diinginkan tanpa batasan sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas, di luar spesialisasi yang diminati. Berdasarkan hasil ujian masuk universitas, alih-alih jurusan, mahasiswa yang sudah diterima di Sabanci University dapat memilih “kelompok program” yang diinginkan antara lain :

  1. Kelompok program FENS: Industrial Engineering, Computer Science and Engineering, Molecular Biology, Genetics and Bioengineering, Materials Science and Nanoengineering, Mechatronics Engineering, Electronics Engineering
  2. Kelompok program FASS: Psychology, Economics, Political Science and International relations, Visual Arts and Visual Communication Design
  3. Kelompok Program YB: Management Science  

Sabanci University juga menawarkan beberapa beasiswa kepada pelajar yang melanjutkan studi di universitas ini antara lain:

  1. Program Outstanding Achievement Sakip Sabanci Scholarship. Mahasiswa yang berhasil mendapatkan peringkat 1000 teratas berdasarkan hasil ujian masuk universitas berhak untuk mendapatkan beasiswa dengan tipe full scholarship ini (selama kuota masih ada). Beasiswa ini mencakup:
    - Pembebasan biaya kuliah
    - Uang saku sebesar 2500 Turkish Lira per bulan selama 9 bulan
    -Pembebasan biaya asrama (mahasiswa yang tidak tinggal di asrama selama musim gugur dan semi, 2/3 biaya asrama akan diberikan dalam bentuk tunai)
  2. Program Honor Scholarship. Mahasiswa yang berhak menerima beasiswa ini ditentukan berdasarkan hasil ujian masuk universitas (selama kuota masih ada). Beasiswa ini mencakup:
    - Pembebasan biaya kuliah
    - Pembebasan biaya asrama (bagi mahasiswa yang memilih untuk tidak tinggal di asrama selama musim gugur dan semi, 2/3 biaya asrama akan diberikan dalam bentuk tunai)

4. Middle East Technical University

Middle East Technical University atau yang biasa disebut METU adalah salah satu universitas berorientasi riset di Turki yang memiliki spesialisasi di bidang engineering dan natural sciences. Universitas yang berlokasi di Ankara ini menawarkan 43 program sarjana, 107 program pascasarjana dan 69 program doktoral untuk berbagai bidang studi termasuk di antaranya Architecture, Engineering, Administrative Sciences, Arts and Sciences, Education, Natural Sciences, Social Sciences, Informatics, Applied Mathematics dan Marine Sciences. Menariknya lagi, seluruh program yang dibuka di METU menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Untuk membantu pembiayaan studi, METU juga menyediakan program beasiswa khusus bagi pelajar internasional yang diberikan berdasarkan prestasi akademik. Tidak ada aplikasi khusus yang diperlukan karena setiap tahunnya, seluruh mahasiswa METU akan dievaluasi untuk direkomendasikan menerima keringanan biaya kuliah.

5. Bahçeşehir University

Bahçeşehir University adalah salah satu universitas muda di Turki yang berlokasi di Istanbul. Berdiri sejak tahun 1998, Bahçeşehir University dianggap sebagai salah universitas swasta terbaik di Turki dengan misi utama menjadi sebuah universitas global. Bahçeşehir University membuka berbagai program baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana untuk bidang studi seperti Education, Dentistry, Pharmacy, Educational Sciences, law, communication, economics, administrative and social Sciences, Architecture and Design Conservatory, Engineering and Natural Sciences, Health Sciences dan Medicine. 

Seluruh program yang dibuka di Bahçeşehir University menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama, sehingga mahasiswa yang diterima diprioritaskan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris. 

Beasiswa Pemerintah Turki

Bagi pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi di universitas mana pun di Turki, Pemerintah Turki juga menyediakan beasiswa fully funded yang diberi nama Turkiye Burslari Scholarships untuk berbagai jurusan di tingkat S-1, S-2 dan S-3. Sebagai catatan, beasiswa ini memiliki batasan usia untuk pelamar program S-1 (maksimal 21 tahun), program S-2 (maksimal 30 tahun), program S-3 (maksimal 35 tahun) dan program research (40 tahun).

Terdapat 4 program beasiswa berbeda yang tersedia di bawah beasiswa ini antara lain :

  • Undergraduate Scholarship Program

Program beasiswa ini ditujukan kepada pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana di Turki. Beasiswa ini menerima pelamar dari hampir semua program S1 yang dibuka di Turki, kecuali associate degree dan vocational school. Lamaran diterima pada bulan Januari – Februari, melalui Turkish Scholarship Application System.

  • Graduate Scholarship Program

Program beasiswa ini ditujukan untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan Master dan Doktoral di Turki. Beasiswa ini menerima pelamar dari hampir seluruh program pascasarjana yang dibuka di Turki, kecuali program di bidang studi health.

  • Art Scholarship Program

Program beasiswa ini ditujukan kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di tingkat S1, S2 maupun S3 di bidang musical science, performing arts dan fine arts di Ankara Music and Fine Arts

  • Merit Scholarship Program

Program beasiswa ini dibuka khusus bagi pelajar internasional yang memiliki pencapaian akademik dan kemampuan berbahasa asing yang diakui, yang dibuktikan dengan dokumen-dokumen pendukung seperti GRE, GMAT, IELTS, TOEFL, SAT dan lain sebagainya

Cakupan Beasiswa

Cakupan Turkiye Burslari Scholarships antara lain:

  1. Uang saku bulanan sebesar 1000 TL bagi mahasiswa S-1, 1400 TL bagi mahasiswa S-2 dan 1800 TL bagi mahasiswa S-3
  2. Biaya kuliah
  3. Biaya kursus bahasa Turki selama 1 tahun
  4. Biaya akomodasi
  5. Biaya asuransi kesehatan
  6. Biaya penerbangan

Dokumen yang Diperlukan

Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran Turkiye Burslari Scholarships antara lain:

  1. Dokumen identitas diri seperti KTP atau paspor
  2. Foto terbaru yang diambil dalam waktu 1 tahun terakhir
  3. Hasil ujian nasional (apabila ada)
  4. Ijazah
  5. Transkrip nilai
  6. Hasil ujian yang diakui secara internasional seperti GRE, GMAT, SAT dll, apabila dibutuhkan oleh universitas atau program pilihan
  7. Sertifikat kemampuan berbahasa yang diakui secara internasional seperti TOEFL, DEFL, apabila dibutuhkan oleh universitas atau program pilihan
  8. Proposal penelitian dan contoh penelitian yang pernah dilakukan (khusus untuk pelamar PhD)

Seluruh dokumen harus diunggah ke dalam Turkiye Scholarship Application System untuk diseleksi lebih lanjut. 

Kapan Beasiswa Turki 2023 Dibuka?

Biasanya pendaftaran Turkiye Burslari Scholarships akan dibuka pada bulan Januari hingga Februari setiap tahunnya.

                      Baca Juga: 4 Beasiswa Turki Gratis untuk Pelajar

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa Turki 2023? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

universitas terbaik di turki